Kuliner

Enaknya Kuliner di Jogja: 100 Menu Terbaik yang Wajib Kamu Coba

Makanan Khas yang Wajib Dicoba di Jogja


Makanan Khas yang Wajib Dicoba di Jogja

Yogyakarta atau Jogja dikenal di seluruh dunia sebagai salah satu kota tujuan wisata kuliner terbaik di Indonesia. Hal ini dikarenakan Jogja memiliki banyak sekali masakan tradisional yang unik dan lezat. Hampir tiap sudut kota Jogja mempunyai hidangan khas yang siap memanjakan wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Dalam artikel ini akan membahas tentang 8 makanan khas yang wajib dicoba di Jogja, beberapa diantaranya sudah mulai terkenal ke seluruh dunia.

1. Gudeg


Gudeg Jogja

Salah satu makanan khas Jogja yang terkenal di seluruh Indonesia adalah Gudeg. Gudeg berupa olahan nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Makanan ini biasanya disajikan dengan ayam kampung, telur, dan sambal goreng krecek. Gudeg dimakan bersama dengan nasi ditambah sayur kelor dan sambal.

Sekarang Gudeg Jogja sudah menjadi makanan yang langka, karena kesulitan dalam mendapatkan bahan-bahan yang alami. Bagi para penikmat kuliner khususnya Gudeg, tempat terbaik untuk mencoba Gudeg adalah di Jalan Wijilan, Tugu, dan di daerah Prambanan.

Seiring berjalannya waktu, terdapat beberapa inovasi atau Kreasi Gudeg. Misalnya Gudeg Bu Tjitro yang berlokasi di Jalan Kaliurang Agam No 70A ini menyajikan Gudeg dengan opsi daging ayam, paru, babat, telur pindang, dan jaket.

Di Daerah Bantul terdapat tempat kuliner Nusantara Kuliner (NUKU) atau Sweet Martabak yang menyajikan Gudeg Martabak. Gudeg Martabak yang unik ini dibuat dengan tampilan seperti martabak dan disajikan dengan berbagai topping. Gudeg Martabak sangat cocok disajikan sebagai snack kudapan sore.

Gudeg tidak hanya dikenal oleh orang Indonesia, wisatawan asing juga sangat suka dengan makanan ini. Di dunia internasional, Gudeg sudah mendunia, bahkan banyak orang asing menyebutnya sebagai “Indonesian National Dish”.

2. Sate Klathak


Sate Klathak

Di Jogja, sate bukan hanya terbuat dari daging ayam atau sapi saja. Sate klathak merupakan salah satu sate khas Jogja yang berasal dari Dusun Klathak Desa Sabdodadi, Sleman, Yogyakarta. Dalam bahasa Jawa, klathak berarti batang kayu yang dijadikan tusuk sate. Sate klathak sendiri terbuat dari daging sapi atau daging kambing yang dipotong kecil kecil, kemudian diolah dengan rempah-rempah khas.

Keunikan dari sate klathak ini adalah cara penyajian dan pengolahannya yang berbeda. Biasanya sate klathak disajikan tidak di tusuk seperti sate lainnya. Daging yang sudah diolah kemudian dihamparkan diatas kayu klathak atau batang kayu melintang kemudian dibakar diatas bara api. Hal ini membuat menambah aroma khas pada sate klathak.

Di Jogja terdapat beberapa tempat yang menyajikan sate klathak yang enak. Salah satunya yaitu Sate Klathak Pak Pong yang terletak di Jalan Goldokeng. Untuk mendapatkan sate klathak dengan cita rasa yang lebih enak, makan sate klathak dengan kuning telur dan sambal khas Jogja.

3. Ayam Goreng Kalasan


Ayam Goreng Kalasan

Ayam goreng Kalasan merupakan sajian nasi dengan lauk ayam goreng krispi yang berasal dari Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Bagi penggemar ayam goreng, ayam goreng kalasan patut dicoba karena menggunakan petunjuk yang khusus. Misalnya hanya menggunakan ayam kampung ukuran kecil dengan umur maksimal 4 bulan dan bumbu penyedap yang khas.

Tips jika ingin mencoba Ayam goreng Kalasan yang mantap adalah mencarinya di warung-warung sepanjang Jalan Kalasan. Satu tempat yang cukup terkenal yaitu Ayam Goreng Kalasan Mbah Cempluk yang sudah berdiri sejak tahun 1960-an.

Berikut cara makan yang unik, karena ayam goreng kalasan biasa disajikan dengan serundeng dan sambal khas Jogja. Serundeng ini terbuat dari kelapa dan bumbu rempah khas Jogja yang memiliki rasa manis dan gurih sehingga sangat pas dikombinasikan dengan ayam goreng kalasan.

4. Bakmi Jawa


Bakmi Jawa

Bakmi Jawa merupakan makanan khas dari Yogyakarta yang terbuat dari mi kuning yang dicampur dengan irisan ayam, tauge, daun bawang, dan perkedel jagung. Dalam penyajian bakmi jawa, juga disajikan kuah kental yang gurih sehingga sangat cocok untuk dinikmati pada saat hujan maupun cuaca yang dingin.

Bakmi Jawa bisa ditemukan di seluruh Jalan Malioboro khususnya di kawasan Bakmi / Nasi Gudeg Bu Tjitro, Bakmi Pak Pele. Selain disini juga ada di tempat-tempat lain seperti di jalan Prawirotaman, warung Gethek Singo, dan lain-lain.

Bakmi jawa ini cocok dijadikan sebagai sajian sarapan atau makan siang karena hasil olahannya yang praktis dan lezat. Rasanya yang gurih dan kuah kental membuat rasa lapar hilang.

5. Soto Gudeg


Soto Gudeg

Soto Gudeg merupakan pengembangan dari hidangan khas Yogyakarta yakni soto ayam. Hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar nangka muda seperti Gudeg dan ayam. Kuah soto gudeg ini terbuat dari campuran kaldu ayam dan berbagai rempah-rempah pilihan sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang sedap.

Soto Gudeg mulai banyak diminati oleh para penikmat kuliner khususnya di Jogja karena mempunyai cita rasa yang lezat dan unik yang sangat sulit untuk didapatkan di tempat lain. Ada beberapa tempat yang menyajikan soto gudeg dan terkenal di Yogyakarta seperti Soto Ayam Bu Siti (Jalan Brigjend Katamso), Soto Gudeg Pak Lang (depan LP3I) dan lain-lain.

Soto Gudeg sangat cocok untuk dijadikan makanan sarapan atau makan siang karena rasa yang hangat dan kuah yang lezat membuat tubuh menjadi segar, sehat dan bertenaga untuk beraktivitas.

6. Bakpia


Bakpia

Bakpia merupakan Kue khas Yogyakarta yang awalnya berasal dari Tiongkok. Bakpia terbuat dari tepung terigu yang diisi dengan kacang hijau yang dicincang halus dan gula. Kacang hijau yang digunakan terasa manis dan gurih dan campuran gula membuat sensasi rasa yang menyenangkan.

Bakpia sangat mudah didapatkan di Jogja karena kemana-mana bertebaran penjual bakpia namun tetap mempunyai kenikmatan tersendiri jika Bakpia dibeli dari produsen gerai-gerai terpopuler. Ada beberapa jenis bakpia yang terkenal seperti Bakpia Bharyt, Bakpia Kencana, Bakpia Pathok dan lain-lain. Namun Bakpia Pathok menjadi pilihan utama bagi wisatawan khususnya di Jogja.

Bakpia Pathok bukan hanya terkenal di Jogja tapi sudah dikenal di seluruh Indonesia. Bakpia Pathok sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jogja yang dibeli wisatawan ketika pulang perjalanan. Bagi wisatawan yang ingin mencicipi Bakpia Pathok bisa membelinya di Daerah Pasar Beringharjo atau warung Bakpia Pathok Dharmawangsa.

Baca Juga :   Peta Kuliner Jogja: Wisata Kuliner Terbaik di Yogyakarta

7. Sate Padang


Sate Padang

Sate Padang adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer di Yogyakarta. Sate Padang terdiri dari daging sapi yang dipotong tipis kemudian ditusuk dengan tusuk sate dan dibakar hingga matang. Sate Padang diolah dengan bumbu khas Padang yang sangat khas dengan kelezatannya.

Salah satu tempat yang menyajikan sate padang di Yogyakarta yaitu Sate Padang Ajo Ramon. Warung sate padang ini selalu diserbu oleh para pelanggan yang sudah merasakan kelezatan dari sate padang bu otak yang disajikan.

Sate padang sama halnya dengan sate lainnya, sate padang juga biasanya disajikan dengan kuah kacang, irisan timun dan bawang kacang. Kuah kacang ini memiliki cita rasa yang sangat pas dengan sate padang khususnya.

8. Es Dawet Telasih


Es Dawet Telasih

Es Dawet Telasih merupakan dessert khas Jogja yang sangat segar dan enak. Es Dawet Telasih ini terbuat dari tepung hunkue atau tepung ketan yang dicampur dengan air dan dipadukan dengan Santan kelapa. Es Dawet Telasih ini disajikan dengan potongan nangka dan Gula jawa yang membuat rasanya semakin lezat. Tidak hanya es dawet telasih, masih banyak dessert enak lainnya di Jogja seperti Es Kelapa Muda, Es Kopyor, dan lain-lain.

Jika ingin mencicipi es dawet telasih yang lezat, bisa dicari di tempat-tempat tertentu seperti di jalan Prawirotaman atau di sepanjang jalan Malioboro. Ada beberapa tempat yang menyajikan es dawet telasih seperti warung Gading (Jalan Tirtodipuran) atau Es Dawet Telasih Mbah Darmo (Jalan Kusumanegara).

Dalam menyajikan dessert es dawet telasih biasanya ditambahkan dengan sirup cocopandan dan sari kelapa. Oleh karena itu, es dawet telasih dapat menjadi sajian yang menyegarkan pada saat cuaca yang panas dan sesuai sebagai penutup setelah makan.

Warung Makan Unik dengan Konsep yang Menarik


Warung Makan Unik Jogja

Jogja adalah kota yang terkenal sebagai surga untuk para pecinta kuliner. Selain makanan khasnya yang lezat, Jogja juga dikenal dengan warung makan yang unik dan memiliki konsep yang menarik. Di sini, kamu bisa menikmati makanan dengan suasana yang berbeda dari biasanya.

Menariknya, warung makan unik Jogja tersebut tidak hanya memberikan pengalaman yang asyik saat makan, namun juga terkadang menjadi tempat turis menarik untuk berfoto dan mengabadikan kenangan mereka di Jogja.

Berikut ini adalah beberapa warung makan unik yang bisa kamu kunjungi ketika berwisata kuliner di Jogja:

1. Jeep Merapi Pakem

Jeep Merapi Pakem

Jeep Merapi Pakem berbeda dari warung makan lainnya. Warung ini memiliki konsep unik dan menarik yakni, kamu bisa menikmati makanan dengan menyusuri jalanan desa atau jalan setapak di atas Jeep. Mobil Jeep tersebut akan membawa kamu untuk menjelajahi Gunung Merapi, hingga bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan menakjubkan.

Selain itu, Jeep Merapi Pakem juga menyediakan beberapa pilihan menu makanan yang pastinya enak di lidah seperti pecel lele dan nasi goreng. Dengan menggabungkan pengalaman mengeksplorasi alam dengan makanan yang enak, pastinya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

2. Yammie Pathuk 1967

Yammie Pathuk 1967

Jika kamu ingin mencari warung makan unik dengan konsep yang vintage, Yammie Pathuk 1967 adalah tempat yang wajib kamu kunjungi. Dengan konsep tahun 1960an, tempat ini menunya menyajikan bakmi jawa, mie godog, dan sate ayam. Warung yang mengekspresikan masa lalu Jogja ini sangat asyik untuk dijadikan tempat makan dengan keluarga atau bersama teman-teman.

Fasilitas di Yammie Pathuk juga sangat lengkap, mulai dari panggung musik, retro photobooth hingga berbagai poster tematis tahun 1960an. Tempat ini benar-benar mengambil konsep nostalgia dan membawanya ke zaman modern.

3. Milkbar Boutique

Milkbar Boutique

Milkbar Boutique adalah tempat makan yang sangat nyaman dan instagrammable. Konsep milkbar sendiri diadaptasi dari Amerika, bergaya retro-modern. Milkbar menyediakan makanan pencuci mulut seperti kue dan es krim dengan rasa yang beragam.

Yang menarik dari Milkbar Boutique adalah tempatnya yang sangat cocok digunakan untuk bersantai dengan teman-teman. Uniknya, warung ini juga bisa digunakan sebagai coworking space, berkat fasilitas free wifi dan suasana yang nyaman.

4. Warung Bu Ageng

Warung Bu Ageng

Warung makan Bu Ageng tidak hanya menawarkan makanan yang lezat, namun juga memiliki konsep yang menarik. Konsep rumah jawa dan suasana pedesaan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana makan seperti di desa yang nyaman. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai macam makanan khas Jawa dan juga berbagai jajanan pasar.

Selain itu, warung Bu Ageng juga mempunyai spot foto yang Instagrammable seperti di atas pedati dan gardu pandang.

Dengan banyaknya warung makan unik dengan konsep yang menarik di Jogja, tentunya kamu tidak akan pernah bosan untuk mencoba sensasi baru saat di kota tersebut. Selamat coba dan selamat menikmati wisata kuliner Jogja!

Restoran dengan Pengalaman Makan yang Berbeda


Pengalaman Makan yang Berbeda di Restoran Yogyakarta

Liburan ke Jogja tidak lengkap jika tidak mencoba kuliner yang lezat dan berbeda dari kota-kota lain. Tidak hanya rasanya yang enak, tapi juga pengalaman makan yang berbeda bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan. Berikut adalah tiga restoran dengan pengalaman makan yang berbeda dan pastinya lezat yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Jogja.

1. Jejamuran


Jejamuran

Jamur identik dengan olahan sederhana seperti tumis atau sup. Tapi di Jejamuran, kamu bisa menikmati hidangan olahan jamur dengan pengalaman menyenangkan. Restoran yang terletak di Jalan Magelang ini menawarkan suasana alam yang nyaman di tengah kota dengan dekorasi rumah pohon, kursi gantung, dan lesehan. Di Jejamuran, kamu bisa memilih berbagai jenis jamur segar yang dikelola langsung oleh petani dari dataran tinggi Dieng. Olahannya pun beragam, mulai dari Goreng Tempe Jamur, Jamur Enoki Goreng Tepung, Sup Jamur, hingga Steak Jamur.

Baca Juga :   7 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Lagi Hits

2. The House of Raminten


The House of Raminten

Restoran ini seperti sebuah warung kopi kuno dengan hiasan ornamen Jawa dan lampu-lampu gantung. Terdapat banyak sekali menu makanan dan minuman tradisional yang menarik di The House of Raminten, yang paling terkenal adalah Menu Sungkem Pelas dengan Pecel Lele, Ayam Kremes, Telur Asin, Sayur Pelengkap, dan minuman teh jahe hangat. Kamu juga bisa mencoba beberapa hidangan lain seperti Nasi Gandul, Lontong Cap Gomeh, dan Sate Jamur. Pengalaman makan akan lebih spesial dengan suara musik tradisional Jawa dari artis dan pengunjung yang kadang tampil spontan di tepi kolam di area tengah restoran.

3. Kedai Kebun Forum


Kedai Kebun Forum

Jika kamu sedang mencari pengalaman makan yang santai dan ingin bercengkerama dengan teman-teman di tempat yang nyaman dan asri, Kedai Kebun Forum adalah tempat yang tepat. Restoran yang memiliki nuansa kafe ini terletak di tengah kebun pohon-pohon besar, termasuk pohon mangga, sirsak, dan avokad. Menu makanannya pun sangat variatif, mulai dari makanan Indonesia hingga makanan barat. Ada juga beberapa kuliner yang hanya bisa kamu temukan di sini seperti Bakso Bejo, Nasi Kucing, Nasi Goreng Srikaya, dan Pangsit Gepeng. Di Kedai Kebun Forum, kamu bisa menikmati hidangan yang lezat sambil berbincang di bawah pohon rindang, menikmati taman dan musik akustik.

Itulah tiga restoran dengan pengalaman makan yang berbeda yang bisa kamu kunjungi saat di Jogja. Selamat mencoba dan semoga kepuasan kuliner kamu tercukupi!

Makanan Enak dengan Harga yang Terjangkau di Jogja


Jajanan Jogja Harga Terjangkau

Jogja memang terkenal dengan berbagai kuliner lezat yang menjadi primadona bagi para wisatawan. Namun, kebanyakan wisatawan sering kali merasa khawatir dengan harga kuliner yang terbilang mahal di Jogja. Meski begitu, jangan khawatir! Jogja juga menyediakan berbagai macam kuliner enak dengan harga yang terjangkau. Berikut ini adalah beberapa pilihan kuliner enak dengan harga terjangkau yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Jogja.

Bakmi Jowo Pak Man


Bakmi jogja pak man

Siapa yang tidak kenal dengan Bakmi Jowo Pak Man? Bakmi ini memang terkenal dengan kelezatannya dan sudah menjadi favorit bagi masyarakat Jogja. Pak Man sudah membuka kedai bakmi sejak tahun 1980 dan hingga saat ini Bakmi Jowo Pak Man telah memiliki cabang yang tersebar di beberapa daerah di Jogja. Harga bakmi di kedai Pak Man mudah dipikir dengan kresek (kemasan daun pisang) dimana 1 kresek bakmi Jowo hanya di banderol dengan harga Rp. 8000 sajah.

Gudeg Bu Tjitro


Gudeg bu tjitro

Gudeg Bu Tjitro merupakan salah satu kuliner legendaris khas Jogja yang sudah terkenal ke menyeluruh Indonesia. Lokasi kuliner gudeg yang terletak di jalan Wijilan ini menyajikan menu andalah dan tentu saja nggak mungkin kalau para pelayannya gak bikin ice breaking saat pelanggan menunggu pesanan. Gudeg di sini memang terkenal enak dan cocok untuk dinikmati di siang dan malam hari. Untuk satu porsi gudeg disini di bandrol dengan harga Rp 20.000 saja, cukup terjangkau bagi kebanyakan traveler

Sate Klathak Pak Pong


Sate klathak pak pong

Selanjutnya, ada kuliner enak lainnya di Jogja khususnya kuliner khas Jawa yaitu Sate Klathak Pak Pong. Kuliner yang satu ini memang telah menjadi salah satu kuliner terfavorit bagi masyarakat Jogja. Bahan dasarnya adalah daging sapi atau ayam yang sudah dibelah dan digulung seperti klatkak (besi) yang kemudian di bakar hingga matang. Harganya pun terjangkau dengan hanya Rp. 5.000 per tusuknya.

Serabi Notosuman


Serabi notosuman

Serabi Notosuman merupakan kuliner khas Yogyakarta yang biasa dijadikan sebagai oleh-oleh atau oleh-oleh khas Yogyakarta. Serabi ini terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis. Di Jogja, Serabi Notosuman sudah sangat terkenal dan banyak dijual di warung makan. Harganya pun terjangkau dengan hanya Rp. 8.000 per buahnya. Nyamannya, kamu bisa langsung makan di warung tepat ketika membelinya.

Itu tadi beberapa pilihan kuliner enak dengan harga yang terjangkau di Jogja. Selain itu, pastinya masih banyak lagi kuliner enak dengan harga yang terjangkau yang bisa kamu temukan di Jogja. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin berwisata kuliner di Jogja.

Kuliner Malam Hari yang Pastinya Memuaskan Selera Anda


Makan-Malam-Jogja

Jogja dikenal sebagai kota kuliner dengan beragam pilihan makanan yang menggugah selera. Tidak hanya siang hari, kuliner malam hari di Jogja juga tidak kalah lezat. Di bawah ini adalah 5 rekomendasi kuliner malam hari di Jogja yang pastinya memuaskan selera Anda.

1. Bakmi Pak Pele


Bakmi-Pak-Pele-Jogja

Terletak di Jalan Ngadinegaran No. 2, Yogyakarta, Bakmi Pak Pele telah menjadi incaran para pecinta kuliner. Bakmi yang dihidangkan disini sangat lezat dan berbeda dari bakmi pada umumnya. Harga yang ditawarkan pun cukup bersahabat.

2. Sate Klatak Mbah Margo


Sate-Klatak-Mbah-Margo-Jogja

Sate Klatak Mbah Margo bisa Anda temukan di Jalan Kaliurang KM 10,5. Anda dapat mencicipi sate yang dihidangkan dengan sangat lezat dan khas Jogja. Sate Klatak dihidangkan dengan sambal khas Jogja, nasi, dan lalapan.

3. Kopitiam Oey


Kopitiam-Oey-Jogja

Berlokasi di Jalan Mataram No. 45, Jogja, Kopitiam Oey menjadi tempat nongkrong yang populer bagi para pecinta kopi. Tidak hanya itu, Kopitiam Oey juga menyediakan aneka makanan yang sangat lezat, seperti nasi goreng kambing dan capcay goreng.

4. Gudeg Sagan


Gudeg-Sagan-Jogja

Gudeg merupakan kuliner khas Jogja yang tak boleh dilewatkan. Anda bisa mencoba Gudeg Sagan yang terkenal enak di Jalan Sagan No. 3, Jogja. Gudeg Sagan berbeda dengan gudeg pada umumnya. Gudeg Sagan dihidangkan dengan beragam lauk, seperti telur, ayam, dan tempe, sehingga membuatnya semakin lezat.

5. Soto Kadipiro


Soto-Kadipiro-Jogja

Di Jalan Kadipiro No. 36, Jogja, terdapat Soto Kadipiro yang terkenal enak dan lezat. Soto Kadipiro memiliki kuah yang gurih dan hadir dengan beragam lauk, seperti suwir ayam dan telur kampung. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Jangan sampai melewatkan kuliner malam hari yang satu ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button