Wisata

8 Tempat Wisata Gratis di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Jogja Gratis yang Populer


Taman Sari Jogja

Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang kaya akan sejarah dan budaya. Banyak wisatawan yang mengunjungi kota ini untuk menikmati keindahan alam, budaya serta keanekaragaman kuliner dan tentunya wisata sejarah. Tapi tidak semua wisatawan memiliki banyak uang untuk menikmati seluruh wisata di Jogja. Nah, bagi kamu yang sedang berkunjung ke Jogja untuk mencari tempat wisata Jogja gratis yang populer. Berikut ini adalah daftar tempat wisata Jogja gratis yang bisa kamu kunjungi.

Taman Sari

Taman Sari Jogja

Taman Sari merupakan sebuah istana dari kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat di masa lampau. Beberapa bangunan yang masih berdiri kokoh sampai saat ini di antaranya adalah sumur gumuling, kampung batik serta kompleks kaputren. Taman Sari yang memiliki banyak bangunan bersejarah ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Kamu juga bisa berkunjung ke bawah tanah yang masih terjaga sampai saat ini dan menyusuri lorong-lorong bawah tanah yang misterius.

Bagi para penggemar fotografi, Taman Sari juga menjadi tempat yang sangat menarik untuk menghasilkan foto yang kekinian. Terdapat beberapa spot fotografi yang dijamin akan membawa nuansa instagramable ke dalam feed Instagram kamu. Memang tidak dipungkiri jika selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, namun tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa menikmati tempat ini secara gratis.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg yang berlokasi di pusat Kota Yogyakarta, merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Konsep wisata museum yang diterapkan membuat pengunjungnya bisa belajar sejarah Indonesia secara lebih dekat. Pengunjung juga bisa mempelajari berbagai jenis senjata yang digunakan di masa lampau, peta dan lukisan-lukisan bersejarah yang menarik.

Benteng Vredeburg memiliki desain dan arsitektur yang sangat menarik dan Instagramable sehingga tidak heran jika tempat ini menjadi populer di kalangan wisatawan. Selain itu, kamu bisa menikmati pertunjukan film atau drama yang diselenggarakan di gedung pertunjukan Benteng Vredeburg. Semuanya bisa kamu nikmati secara gratis.

Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo terkenal sebagai museum terbesar di Yogyakarta. Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi benda bersejarah seperti artefak prasejarah, senjata kerajaan, alat musik tradisional dan masih banyak lagi. Dalam museum ini juga terdapat ruangan khusus yang menampilkan berbagai jenis batik dari berbagai daerah di Indonesia.

Museum Sonobudoyo memiliki arsitektur tradisional Jawa yang kental karena terletak tepat di tengah Kota Yogyakarta. Kamu bisa belajar sejarah Indonesia secara lebih dekat dan memperkaya wawasan kamu tanpa harus keluar banyak uang. Di samping itu, museum ini sekarang juga sudah menyediakan fasilitas gratis pada anak-anak agar lebih mudah dalam mengakses informasi tentang sejarah.

Beringharjo

Beringharjo

Beringharjo merupakan pasar tradisional yang terletak di pusat Kota Yogyakarta. Tempat ini menjadi tujuan wisatawan yang ingin berbelanja oleh-oleh khas dari Jogja. Kamu dapat menemukan berbagai produk khas Yogyakarta seperti batik, gudeg dan makanan khas lainnya dengan harga yang terjangkau. Namun, bukan hanya membeli oleh-oleh, Beringharjo juga menawarkan pengalaman berbelanja yang unik dan menarik.

Beringharjo tidak hanya menyediakan tempat untuk berbelanja, namun juga menawarkan pengalaman belanja yang berbeda. Kamu dapat bersosialisasi dengan para penjual dan pengunjung lainnya, mempraktikkan kemampuan tawar-menawar hingga menikmati suasana pasar yang ramai dan meriah. Kamu bisa mengunjungi pasar ini secara gratis tanpa dipungut biaya masuk.

Wisata Sejarah Gratis di Jogja


Wisata Sejarah Gratis di Jogja

Kota Yogyakarta kaya akan sejarah dan budaya. Oleh karena itu, wisata sejarah menjadi salah satu jenis wisata yang paling dicari oleh para wisatawan yang datang ke kota ini. Jangan khawatir, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati wisata sejarah di Jogja. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata sejarah gratis yang bisa kamu kunjungi di Jogja:

Keraton Yogyakarta


Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta, juga dikenal sebagai Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, merupakan istana resmi Sultan Yogyakarta. Bangunan ini menjadi simbol dari kekuasaan dan kebudayaan masyarakat Yogyakarta selama beberapa abad. Kamu bisa mengunjungi Keraton Yogyakarta tanpa harus membayar biaya tiket masuk karena tempat ini merupakan wisata sejarah gratis yang dibuka untuk umum.

Keraton Yogyakarta menyediakan informasi tentang sejarah dan kebudayaan Jawa yang sangat lengkap, mulai dari museum, galeri hingga pusat seni. Fasilitas ini dapat membantu kamu untuk mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan budaya Jawa. Kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan gamelan gratis yang dilakukan secara berkala di area keraton.

Taman Sari


Taman Sari

Taman Sari merupakan sebuah kompleks bangunan kuno yang terletak di pusat kota Yogyakarta. Berdiri pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I, tempat ini dulunya digunakan sebagai tempat bersantai bagi keluarga kerajaan. Taman Sari kini menjadi salah satu objek wisata sejarah gratis yang bisa kamu kunjungi.

Kompleks Taman Sari terdiri dari beberapa bangunan, seperti Sumur Gumuling, Pasarean Ledok Sari, dan Kolam Renang Umbul Binangun. Kamu bisa berjalan-jalan dan menikmati pesona sejarah dari tiap-tiap bangunan yang ada di kompleks Taman Sari.

Cagar Budaya Kotagede


Cagar Budaya Kotagede

Kotagede merupakan kawasan di Jogja yang terkenal dengan budaya dan sejarahnya. Cagar budaya Kotagede merupakan salah satu tempat wisata sejarah gratis yang bisa kamu kunjungi. Lokasi ini merupakan kawasan pemukiman tua dengan suasana khas Jogja.

Baca Juga :   wisata jogja terbaru dan murah

Pada masa lampau, Kotagede menjadi pusat perdagangan dan kerajinan perak bagi masyarakat Yogyakarta. Di sini kamu bisa menelusuri sejarah perdagangan perak yang khas dan juga sejarah pembangunan Kota Yogyakarta. Di sini kamu juga bisa menemukan banyak makam pahlawan nasional dan tokoh penting, seperti makam Ki Ageng Pemanahan, yaitu leluhur Sultan Hamengkubuwono I.

Benteng Vredeburg


Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg adalah sebuah bangunan bersejarah yang terletak di Jalan Malioboro, Yogyakarta. Bangunan ini didirikan pada masa kolonial Belanda di Indonesia sebagai benteng pertahanan dari serangan musuh. Kini benteng ini telah dipugar dan dijadikan sebagai museum sejarah.

Museum Benteng Vredeburg menyajikan informasi mengenai sejarah Yogyakarta pada masa kolonial hingga kemerdekaan. Kamu bisa menikmati koleksi foto, senjata, prangko, benda-benda perjuangan serta mempelajari bagaimana akhir dari penjajahan Belanda di Yogyakarta. Museum ini ramah bagi pelajar dan mahasiswa yang ingin belajar mengenal sejarah Jogja secara gratis.

Nah, itulah beberapa tempat wisata sejarah gratis yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke kota Yogyakarta. Selain menambah wawasan sejarah kamu, wisata ke tempat-tempat tersebut juga bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin berwisata dengan budget minim.

Tempat Wisata Gratis di Jogja untuk Keluarga


Monumen Tugu Yogyakarta

Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia. Kota ini penuh dengan keindahan alam, kekayaan sejarah, dan budaya yang tak terlupakan. Namun, dengan kemewahan yang ditawarkan itu, tidak dapat dipungkiri bahwa biaya liburan di Jogja bisa menjadi sangat mahal. Jangan khawatir, karena ada banyak tempat wisata gratis di Jogja yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Mari kita lihat beberapa di antaranya.

1. Monumen Tugu Yogyakarta


Bekas Pondok Gede Yogyakarta

Monumen Tugu Yogyakarta adalah salah satu ikon kota. Terletak di tengah kota, Monumen Tugu Yogyakarta dibangun untuk memperingati keberanian para pahlawan kota selama perjuangan melawan penjajahan Belanda. Tidak hanya sebuah tempat sejarah, tempat ini juga memiliki keindahan arsitektur yang mempesona. Kunjungi Monumen Tugu Yogyakarta untuk bersantai bersama keluarga sambil menikmati pemandangan malam yang indah.

2. Museum Ulen Sentalu


Museum Ulen Sentalu

Museum Ulen Sentalu terletak di lereng Gunung Merapi yang memukau. Museum ini berisi sejarah tentang Keluarga Kerajaan Yogyakarta dan budaya Jawa. Anda akan menemukan banyak koleksi seni dan artefak, seperti lukisan, patung, dan pakaian tradisional. Jika Anda ingin mengenali lebih dekat budaya dan sejarah Jogja, kunjungi Museum Ulen Sentalu bersama keluarga.

3. Taman Budaya Yogyakarta


Taman Budaya Yogyakarta

Taman Budaya Yogyakarta adalah sebuah taman terbuka hijau yang menawarkan berbagai macam aktivitas gratis untuk seluruh keluarga. Taman ini memiliki area bermain anak, gelanggang olahraga, bioskop dalam ruangan dan panggung terbuka. Taman juga menjadi tempat festival seni dan event kebudayaan. Jika ingin menghabiskan waktu yang menyenangkan dengan keluarga dan merasakan kegiatan budaya gratis, kunjungi Taman Budaya Yogyakarta.

Taman ini memiliki terowongan bambu yang akan membawa Anda ke Taman Teater, di mana Anda dapat menyaksikan pertunjukan tradisional Jawa. Ada juga area yang dihiasi dengan hiasan cantik dari foto para pengunjung. Yang tak kalah menarik adalah Taman Filsafat, di mana Anda dapat melihat patung-patung filsafat yang menginspirasi.

Setelah itu, coba jelajah lapangan terbuka di mana Anda bisa menikmati keindahan sekitarnya. Di sana juga terdapat belahan bumi emas yang akrab disebut “Mbah Mijan.” Di sana, Anda dapat meminta berbagai macam petuah permintaan.

4. Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai terkenal di Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 kilometer di sebelah selatan kota Jogja. Selain pemandangan pantai yang mempesona, Pantai Parangtritis menawarkan banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Anda dapat bermain pasir, berenang, surfing, dan memasang tenda. Ada juga warung makanan yang menjual makanan lezat dan menyegarkan. Nikmati waktu yang menyenangkan bersama keluarga di pantai ini.

Jadi, itu dia empat tempat wisata gratis di Jogja yang paling populer untuk dikunjungi bersama keluarga. Anda dapat mengunjungi tempat-tempat ini secara gratis, tetapi pastikan Anda tetap menghormati lingkungan sekitar. Jangan lupa untuk membawa peralatan yang diperlukan untuk menyimpan foto kenangan.

Wisata Alam Gratis di Jogja yang Menyegarkan


Lembah Hijau Yogyakarta

Jogja memang tak pernah kehabisan tempat wisata gratis yang menarik dan menyegarkan. Selain pantai-pantai yang indah dan air terjun yang eksotik, wisata alam di Jogja juga sangat banyak. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata gratis di Jogja yang cocok untuk menghilangkan penat Anda.

1. Hutan Pinus Asri Mangunan


Hutan Pinus Asri Mangunan

Jangan cuma ke mal atau membaca buku di rumah saja saat weekend. Kunjungi Hutan Pinus Asri Mangunan yang berada di Dlingo, Bantul. Hutan yang juga sering disebut sebagai Hutan Pinus Imogiri ini menawarkan kesegaran dan ketenangan yang susah ditemukan di kota. Jangan lupa membawa bekal atau makanan ringan, karena Anda bisa menikmati bersantai di bawah pohon pinus sambil menikmati pemandangan yang sangat indah.

2. Lembah Nirwana Kalibiru


Lembah Nirwana Kalibiru

Berada di Desa Hargowilis, Kulon Progo, tempat wisata gratis di Jogja ini cukup hits untuk dikunjungi, yaitu Lembah Nirwana Kalibiru. Pemandangan yang begitu indah dari ujung ke ujung Lembah Nirwana Kalibiru membuat pengunjung tak bosan untuk mengambil foto. Di samping menikmati panorama indah, pengunjung juga bisa menikmati udara segar dan bernuansa hijau di samping air terjun setinggi 82 meter yang dibatasai dengan hutan lebat serta pemandangan sawah-sawah.

Baca Juga :   10 Tempat Wisata Murah di Jogja yang Wajib Dikunjungi

3. Pantai Drini


Pantai Drini

Pantai Drini ini mungkin masih terkesan sepi, namun indah dan memiliki pesona tersendiri. Pantai Drini dengan pasir putih yang bersih serta batu karang yang indah tentu bisa menjadi tempat wisata yang menarik. Pasirnya yang ombaknya berirama, angin yang menerpa kulit. Anda tak hanya menikmati pemandangan yang indah tapi ikut merasakan sensasi menenangkan hati. Untuk mencapai Pantai Drini lebih mudah nanti kalian bisa mencari tahu di google map.

4. Lembah Hijau Yogyakarta


Lembah hijau yogyakarta

Lembah Hijau Yogyakarta merupakan sebuah perkebunan kopi dengan keindahan alam di tengahnya. Terletak Desa Ngargogondang, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogro, DIY. Yang menarik dari tempat ini adalah ladang kopi sejauh mata memandang. Lalu terdapat pula hamparan terasering yang cukup menantang untuk dijelajahi. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah yang menyejukkan mata. Kendati tiket masuk ke tempat ini gratis, pengunjung wajib membayar biaya parkir sebesar Rp 2.500,00 untuk sepedamotor dan Rp 5.000,00 untuk sepeda mobil.

5. Embung Nglanggeran


Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran berada di Dusun Nglanggeran, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Terdapat sebuah embung dan pemandangan pegunungan yang begitu indah. Dari atas bukit, tampak luas keindahan alam sekitar. Anda bisa bersantai di bawah pohon yang tenang, sambil menikmati segarnya udara pegunungan. Embung Nglanggeran bisa dijadikan alternatif tempat wisata untuk menikmati indahnya pagi atau senja di Jogja.

Tak hanya wisata alam gratis di atas, masih banyak tempat wisata gratis lain di Jogja yang membuat Anda terkesan serta membantu merilekskan diri. Selamat bereksplorasi di Jogja!

Pilihan Tempat Wisata Gratis Lainnya di Jogja


Taman Sari Yogyakarta

Tidak hanya Pantai Glagah yang menjadi opsi tempat wisata gratis, Jogja juga memiliki banyak objek wisata alam yang gratis. Salah satunya adalah Taman Sari. Taman Sari berlokasi di Jalan Tamanan, Yogyakarta. Taman ini dulunya merupakan taman istana yang dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I pada abad ke-18. Saat ini, Taman Sari menjadi tempat wisata sejarah yang populer di Jogja.

Selain itu, Taman Sari juga sudah menjelma menjadi kompleks wisata dengan berbagai fasilitas seperti kolam, masjid, hingga museum. Pengunjung dapat mengunjungi bekas istana dengan membayar tiket masuk seharga Rp5.000, tetapi juga dapat menikmati keindahan Taman Sari dari luar dan mengambil foto secara gratis.

Puncak Becici

Pilihan tempat wisata gratis lainnya di Jogja adalah Puncak Becici. Terletak di kawasan gunung Merapi, Puncak Becici memberikan pemandangan yang sangat menakjubkan. Bagi penggemar trekking, Puncak Becici menjadi salah satu tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan alam secara gratis.

Trekking ke Puncak Becici tergolong mudah karena jalur yang dilalui sudah dibuat oleh para pendaki yang sering melewati kawasan tersebut. Namun, di beberapa bagian jalur, para pendaki harus melewati tanjakan dan tikungan yang cukup terjal. Oleh karena itu, pengunjung disarankan untuk memakai pakaian dan sepatu yang nyaman agar tidak terpeleset saat mendaki.

Goa Jomblang

Satu lagi tempat wisata gratis yang menarik dikunjungi di Jogja adalah Goa Jomblang. Goa Jomblang berlokasi di Desa Jetis Wetan, Semanu, Gunung Kidul. Goa ini memiliki keunikan karena memiliki gua bawah tanah yang sangat mendalam dan di dalamnya tumbuh vegetasi lengkap dengan cahaya alami. Pengunjung dapat menikmati keindahan gua secara gratis dan hanya dikenakan biaya untuk menyewa alat keselamatan dan pemandu.

Perjalanan menuju Goa Jomblang tergolong melelahkan karena pengunjung harus menuruni tebing dengan menyusuri tangga sepanjang 20 meter. Namun, semua perjuangan itu akan terbayar saat pengunjung sampai di bagian bawah dan menyaksikan keindahan gua bawah tanah yang spektakuler.

Hutan Pinus Mangunan

Jogja juga memiliki tempat wisata asri lainnya yang gratis. Salah satunya adalah Hutan Pinus Mangunan. Terletak di kawasan Dlingo, Bantul, Hutan Pinus Mangunan memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Hutan ini merupakan kawasan hutan pinus yang luas dan dipercantik dengan pepohonan bunga dan tanaman lainnya sehingga menciptakan paduan warna yang menarik.

Pengunjung dapat menikmati keindahan Hutan Pinus Mangunan dengan berjalan-jalan santai atau berfoto-foto. Pengunjung juga dapat menyewa cottage yang sudah disediakan di kawasan tersebut agar dapat berkunjung dengan lebih santai. Namun, meskipun gratis, pengunjung disarankan untuk menjaga kebersihan kawasan ini dengan tidak membuang sampah sembarangan agar tetap terjaga keasriannya.

Kraton Yogyakarta

Terakhir, tempat wisata gratis lainnya di Jogja yang juga tak kalah menarik adalah Kraton Yogyakarta. Kraton merupakan kompleks istana yang sangat bersejarah dan menjadi pusat kebudayaan Jawa. Di Kraton, pengunjung dapat menikmati berbagai kesenian tradisional seperti tari, gamelan, dan pertunjukan wayang kulit yang sangat terkenal.

Pengunjung dapat masuk ke kawasan kompleks ini secara gratis, tetapi tiket masuk akan dibutuhkan jika ingin melihat-lihat museum atau balai pertemuan lainnya. Pengunjung juga dapat mengemaskan kendaraan di halaman parkir yang sudah disediakan dengan tarif yang cukup terjangkau.

Itulah beberapa pilihan tempat wisata gratis yang dapat ditemukan di Jogja. Selain memberikan pengalaman yang seru dan menarik, berkunjung ke tempat-tempat ini juga dapat membantu anggaran liburan bagi yang tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk tiket masuk wisata.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button