Wisata

20 Destinasi Wisata Populer di Jogja dan Sekitarnya

Sejarah Wisata Jogja dan Sekitarnya


Kraton Yogyakarta

Yogyakarta adalah kota yang unik karena memiliki berbagai macam tempat wisata dengan sejarah yang kaya. Dalam bahasa Jawa, Yogyakarta artinya “Kota yang Membawa Kebahagiaan”. Kota ini memiliki berbagai macam tinggalan sejarah, mulai dari keraton yang masih berdiri hingga pura-pura peninggalan Hindu.

Salah satu tujuan wisata yang paling terkenal di Yogyakarta adalah Keraton Yogyakarta, sebagai lambang kekuatan Kesultanan Yogyakarta. Keraton ini dianggap simbol kekuatan dan kehormatan bangsa Jawa karena ia memiliki nilai seni, budaya dan arsitektur yang unik dan indah. Kehadiran Keraton Yogyakarta telah memberikan kontribusi penting bagi sejarah perkembangan Yogyakarta dan kebudayaannya. Dalam Keraton Yogyakarta, kita dapat menemukan berbagai saintifikasi dalam kehidupan kerajaan yang unik dan sulit dijumpai di tempat wisata lain.

Selain Keraton, Menara Air Taman Sari juga menyimpan keberadaan sejarah yang tak kalah menarik. Menara Air ini merupakan salah satu bangunan peninggalan kebudayaan Jawa yang terletak di Taman Sari, salah satu tempat wisata sejarah di Yogyakarta yang cukup terkenal. Menara Air pada awalnya dimanfaatkan sebagai tempat mandi para keraton. Menara ini memiliki ketinggian 10 meter dan setengah juta liter air yang mengalir ke dalam kolam.

Tidak jauh dari Taman Sari, terdapat juga kompleks Candi Prambanan, yang merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Mataram pada masa Hindu-Buddha. Candi Prambanan dahulu didirikan sebagai tempat pemujaan para Dewa dan Dewi Hindu. Terdapat tiga candi besar di tengah, yaitu Candi Siwa, Candi Brahma, dan Candi Wishnu. Ketiga candi tersebut diapit oleh candi-candi kecil yang jumlahnya mencapai 224 buah. Keindahan arsitektur dan penataan stonework candi membuktikan kecakapan para bangsa Jawa kuno dalam mengatur sejumlah besar batu besar itu seperti teka-teki.

Kompleks Candi Borobudur juga menjadi tujuan wisata sejarah lainnya yang tidak boleh dilewatkan. Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 oleh raja Wangsa Syailendra. Candi ini merupakan pusat agama Buddha, di mana para biksu mempraktekkan ajaran mereka. Bangunan candi terdiri dari tujuh tingkat yang terdirsri dari empat lantai dan tiga teras.
Bagian-bagian pada tiap pura di Candi Borobudur menunjukkan pemahaman Buddha. Peninggalan pura ini hanya terbuat dari batu dan tidak menggunakan plester. Pada masa sekarang, Candi Borobudur telah menjadi cagar budaya dunia UNESCO.

Itulah beberapa tempat wisata sejarah yang dapat dikunjungi di Jogja. Bagi mereka yang menyukai sejarah dan kebudayaan, Yogyakarta adalah tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu berlibur. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan ketika berkunjung ke tempat wisata ini.

Wisata Budaya di Jogja dan Sekitarnya


Keraton Yogyakarta

Jogja dan sekitarnya terkenal sebagai kawasan wisata budaya. Banyak tempat di daerah ini yang menunjukkan nilai-nilai budaya Indonesia. Tidak heran jika Jogja sangat diminati oleh wisatawan yang ingin belajar tentang Indonesia. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata budaya di Jogja dan sekitarnya yang harus Anda kunjungi:

Keraton Yogyakarta


keraton yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah tempat Anda harus mengunjungi pertama kali ketika Anda berada di Jogja. Keraton ini merupakan kompleks istana yang menjadi tempat tinggal Sultan Hamengkubuwono X, raja kesultanan Yogyakarta. Anda bisa belajar banyak tentang sejarah dan kebudayaan Jogja ketika berada di tempat ini. Mengunjungi keraton ini akan memperlihatkan Anda betapa kaya nilai sejarah, budaya, dan tradisi yang dimiliki masyarakat Jawa.

Candi Borobudur


Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu situs warisan dunia yang harus dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Jogja. Candi ini merupakan peninggalan sejarah dari kerajaan Budha Jawa pada abad ke-9. Candi Borobudur sangat megah dengan arsitekturnya yang memukau dan ukiran-ukiran yang indah. Selain itu, Anda juga dapat mempelajari nilai-nilai agama Buddha ketika berada di tempat ini dan mengikuti tur wisata sejarah yang disediakan.

Candi Prambanan


Prambanan

Candi Prambanan terletak di sebelah timur Jogja. Candi ini menjadi salah satu situs warisan dunia yang terkenal di Indonesia. Candi ini merupakan kompleks candi Hindu dan dianggap sebagai salah satu bangunan terbesar dari kerajaan Hindu di Nusantara. Memiliki nilai sejarah dan budaya yang sangat tinggi, Candi Prambanan banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dan domestik. Dalam satu tempat ini, wisatawan dapat menemukan nilai-nilai sejarah, arsitektur, agama, dan juga mitos dewa-dewi Hindu.

Benteng Vredeburg


Vredeburg

Benteng Vredeburg merupakan suatu benteng yang ada di Kota Yogyakarta. Benteng ini bekerja sama dengan Museum Nasional Indonesia dalam menjaga peninggalan sejarah di Indonesia. Di dalam Benteng ini Anda akan menemukan banyak koleksi tentang sejarah dan perjuangan Indonesia. Ada patung-patung pahlawan, peninggalan gua Pamijahan, replika perahu Cipulir, dan juga perangkat musik tradisional. Overall, ini merupakan sebuah destinasi yang mengesankan bagi pengguna yang ingin mengenal perjuangan motif gerakan nasional Indonesia.

Taman Sari


Taman Sari

Taman Sari atau yang juga dikenal sebagai Water Castle memiliki sejarah dan arsitektur yang sangat menarik. Taman ini terletak di pusat perumahan Kraton Jogja. Bangunan-bangunan di sana sering disebut sebagai Istana Air karena keberadaan kolam-kolam buatan yang berukuran besar. Para pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur yang masih asli, mengagumi kolam-kolam, dan menjelajahi lorong bawah tanah yang terdapat di Taman Sari. Hal ini menjadi sebuah pengalaman yang sangat unik dan tidak bisa Anda temukan di tempat lain.

Wisata budaya Jogja yang menakjubkan ini berikan pengguna pengalaman luar biasa tentang sejarah, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan. Tempat-tempat ini menunjukkan betapa kaya dan indahnya warisan budaya yang dimiliki oleh orang Indonesia. Jadi, pastikan Anda mengunjungi sebanyak mungkin tempat wisata budaya di Jogja dan sekitarnya saat berlibur.

Wisata Alam di Jogja dan Sekitarnya


Pantai Indrayanti Gunungkidul Yogyakarta

Jogja dan sekitarnya, selain menjadi kota yang kaya akan kebudayaan, pun juga menjadi surganya wisata alam. Tersedia berbagai tempat wisata alam yang memikat perhatian untuk dikunjungi. Berikut ini beberapa wisata alam di Jogja dan sekitarnya yang wajib kamu kunjungi saat liburan di sana:

Pantai Indrayanti


Pantai Indrayanti Gunungkidul Yogyakarta

Pantai Indrayanti yang terletak di Gunungkidul, Yogyakarta, memiliki keindahan pasir putih dan air laut yang jernih dapat memanjakan mata Anda. Tidak hanya itu, kegiatan yang dapat dilakukan juga beragam, seperti berenang, bermain pasir, memancing, atau sekadar duduk dan menikmati keindahan pantai. Menariknya lagi, pantai ini menjadi populer karena terdapat banyak warung makan yang menjual makanan seafood yang enak dan murah.

Berbagai aktivitas pun bisa dinikmati bersama keluarga maupun teman. Selain itu, di Pantai Indrayanti Anda juga bisa melakukan kegiatan naik perahu dan mengeksplorasi hamparan birunya laut. Pantai ini buka mulai pukul 08.00 hingga 18.00 dan akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 5.000/orang. Selamat menikmati keindahan Pantai Indrayanti!

Taman Nasional Merapi


Taman Nasional Merapi Yogyakarta

Taman Nasional Merapi yang mempunyai panorama yang menakjubkan adalah tempat wisata alam yang wajib Anda kunjungi di Jogja. Dengan luas lebih dari 6.000 ha, taman nasional ini juga memiliki kawah gunung merapi yang legendaris yang masih aktif. Selain itu, di sana juga terdapat beberapa situs peninggalan erupsi Gunung Merapi, seperti Batu Alien dan Puncak Merapi.

Anda bisa melakukan beberapa aktivitas di sana, seperti mendaki gunung, tracking, atau sekadar menikmati keindahan alam itu sendiri dari ketinggian. Jangan lupa sebelum ke sana, persiapkan beberapa hal yang bisa Anda butuhkan seperti masker, karena udara di sana masih terdapat asap vulkanik yang menyebar di sekitar kawasan Merapi. Untuk pendaftaran masuk Taman Nasional Merapi akan dikenai tiket masuk yaitu Rp 5.000/orang, sementara untuk trekking dikenai biaya sekitar Rp 10.000 – Rp 30.000 tergantung rute yang akan Anda pilih.

Goa Jomblang


Goa Jomblang

Goa Jomblang, yang berada di kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, merupakan salah satu goa vertical yang mesti kamu coba untuk dijelajahi. Di dalam goa, kamu akan melihat panorama sungai bawah tanah dan cahaya natural, dimana cahaya tersebut membentuk permainan cahaya dan bayangan di dalam goa. Untuk kamu yang ingin berfoto-foto cantik, tempat ini sangat cocok untuk melakukan foto prewedding, foto keluarga, atau sekadar foto untuk mengabadikan momen.

Tidak hanya itu, di Goa Jomblang juga terdapat kawasan alam Pringgodani yang sangat indah dengan pemandangan alam yang memukau. Kamu juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti hikking atau berkeliling di kawasan tersebut. Untuk masuk Goa Jomblang, kamu akan dikenakan tiket sekitar Rp 450.000 – Rp 550.000 tergantung dari jasa tour yang kamu pilih.

Masing-masing tempat wisata alam di Jogja dan sekitarnya memiliki daya tarik yang berbeda, namun setiap tempat tersebut mampu menyejukkan pikiran dan hati yang penat. Yuk, liburan ke Jogja dan sekitarnya, sambil mengeksplorasi tempat-tempat wisata yang telah kami rekomendasikan. Selamat liburan!

Wisata Kuliner di Jogja dan Sekitarnya


Wisata Kuliner di Jogja dan Sekitarnya

Jogja adalah surganya makanan enak dan murah meriah. Hampir setiap sudut di Jogja pasti ada kuliner khas yang bisa dinikmati dengan harga terjangkau. Tidak mengherankan jika Jogja selalu menjadi destinasi wisata kuliner favorit para traveler. Berikut beberapa kuliner khas Jogja dan sekitarnya yang wajib dicicipi.

Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Makanan yang wajib dicicipi saat berada di Jogja adalah gudeg. Salah satu tempat yang terkenal dengan gudegnya adalah Gudeg Yu Djum. Gudegnya lezat dan terbuat dari bahan-bahan berkualitas. Ada beberapa jenis menu yang bisa dipilih seperti gudeg krecek, gudeg telur, atau gudeg lengkap.

Bakmi Jowo Mbah Gito

Bakmi Jowo Mbah Gito

Bakmi Jowo atau mi jawa adalah makanan yang terbuat dari mi yang dicampur dengan bumbu kacang, petis, dan irisan ayam. Salah satu tempat yang terkenal dengan bakmi jowonya adalah Bakmi Jowo Mbah Gito. Harga yang terjangkau dan rasanya yang lezat menjadi daya tarik tersendiri bagi para traveler.

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon

Tempat makan yang satu ini pasti tidak asing lagi. Gudeg Pawon menjadi salah satu kuliner khas Jogja yang terkenal dengan kelezatan gudegnya. Selain itu, suasana makan yang unik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para traveler. Tidak heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi.

Bakpia Patuk 25

Bakpia Patuk 25

Bakpia menjadi oleh-oleh khas Jogja yang tidak boleh terlewatkan. Salah satu tempat yang terkenal dengan bakpianya adalah Bakpia Patuk 25. Bakpianya dijamin lezat dan renyah, dengan isi yang bervariasi seperti kacang hijau, coklat, dan keju. Bakpia Patuk 25 juga terkenal dengan varian rasa terbaru yang selalu diperbarui setiap bulannya.

Gudeg Bu Tjitro

Gudeg Bu Tjitro

Gudeg Bu Tjitro sudah ada sejak tahun 1925 dan menjadi salah satu kuliner khas Jogja yang wajib dicoba. Rasanya yang enak dan aroma wangi dari rempah-rempah yang digunakan membuat gudeg Bu Tjitro semakin terkenal. Selain itu, ada juga menu-menu lain seperti nasi campur dan ketoprak yang juga ciamik.

Nah, itu dia kuliner khas Jogja dan sekitarnya yang wajib dicicipi. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner-kuliner tersebut saat berkunjung ke Jogja ya!

Aktivitas Wisata Seru di Jogja dan Sekitarnya


Pantai Parangtritis Jogja

Jogja selalu jadi tempat yang menyenangkan untuk untuk mengisi waktu liburan. Ada banyak sekali wisata seru yang bisa kamu temukan di daerah Jogja dan sekitarnya. Mulai dari berburu kuliner khas, mengunjungi destinasi wisata terkenal, hingga menyaksikan sunrise atau sunset. Berikut adalah beberapa aktivitas wisata yang bisa kamu nikmati selama berkunjung ke Jogja dan sekitarnya.

1. Menikmati Keindahan Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis selalu menjadi salah satu tujuan favorit para wisatawan yang datang ke Jogja. Pantai yang identik dengan legenda Nyai Loro Kidul ini memang memiliki keindahan yang memukau. Wisatawan bisa menikmati panorama laut yang indah, bermain air, atau hanya sekedar menikmati matahari terbenam. Selain menikmati pesona pantai, kamu juga bisa bergelantungan di terbang tinggi di atas pantai Parangtritis menggunakan layang-layang, atau menyusuri aliran sungai Oya yang terlihat begitu eksotis.

2. Berpetualang ke Candi Prambanan


Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika kamu berada di Jogja. Candi ini merupakan salah satu warisan budaya dunia dan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Di dalam kompleks candi, terdapat lima candi utama ditambah beberapa buah candi kecil. Kamu bisa menyusuri keindahan candi yang bersejarah ini sambil menikmati cerita sejarah di balik megahnya candi Prambanan

3. Menyapa Matahari di Puncak Merapi


Puncak Merapi

Buat kamu yang suka dengan pemandangan alam yang indah, cobalah menyambut matahari di puncak gunung Merapi saat pagi hari. Kamu bisa menikmati pesona alam yang memukau dan tentunya punya konotasi yang mengesankan dengan gunung yang selalu aktif meletus ini. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan hiking yang lengkap untuk mendaki gunung ini ya!

4. Menikmati Kuliner Lezat di Malioboro


Malioboro

Malioboro selalu menjadi pusat kuliner khas Jogja yang wajib kamu coba. Di sini kamu bisa menemukan banyak jajanan yang khas dan lezat seperti gudeg, bakmi jowo, nasi kucing, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa membawa oleh-oleh khas Jogja sebagai kenang-kenangan untuk teman dan keluarga di rumah. Jangan lupa juga untuk mencicipi wedang ronde, atau es buah segar khas Jogja yang menyegarkan.

5. Melepas Penat di Air Terjun Kedung Pedut


Kedung Pedut

Bagi kamu yang ingin mengambil jeda dari keramaian kota, coba kunjungi air terjun Kedung Pedut. Lokasi air terjun Kedung Pedut termasuk cukup tersembunyi, tetapi keindahan yang ditawarkannya sangatlah memukau. Kamu akan disajikan pemandangan alam yang menghijau, dan tentunya air terjun yang menyejukkan. Menyusuri aliran air terjun sambil menikmati segarnya air akan terasa begitu menyegarkan dan bisa menghilangkan kepenatanmu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button