Wisata Jogja 2023: Destinasi Liburan yang Wajib Dikunjungi

Wisata Budaya di Jogja 2023


Keraton Yogyakarta

Jogja adalah salah satu tempat wisata di Indonesia yang kaya akan warisan budaya. Sebagai kota pelajar, Jogja memiliki segudang destinasi wisata budaya yang patut dikunjungi, mulai dari Keraton Yogyakarta, Taman Sari, hingga Candi Prambanan. Dan pada tahun 2023 nanti, Jogja akan semakin meriah dengan ajang akbar “Yogyakarta International Cultural Festival”, di mana semua budaya Indonesia bisa ditemukan di sana. Berikut adalah daftar destinasi wisata budaya yang bisa dikunjungi di Jogja.

Tubuh di Museum De Batavia

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan istana kesultanan Yogyakarta yang sebenarnya masih digunakan oleh Sultan Hamengkubuwono dan keluarga. Di sini pengunjung dapat menemukan lebih banyak tentang sejarah Yogyakarta dan budayanya. Pemandu wisata lokal tersedia untuk menjelaskan tentang gedung-gedung bersejarah, seperti Pagelaran, Sasana Hinggil, dan Bangsal Kencono.

Selain itu, siapkan kamera untuk mengambil foto di dalam area Keraton. Beberapa tempat di Keraton seperti Gua Selarong, Tamansari, dan Bangsal Kencana yang terdapat air mancur bisa menjadi objek foto terbaikmu.

Selain itu, keraton Yogyakarta juga memberikan kesempatan pada pengunjung untuk menyaksikan pentas seni dan budaya tradisional Jawa. Ada beberapa jenis tarian dan gamelan dari berbagai wilayah di Yogyakarta yang dipentaskan secara berkala. Tentu akan sangat menarik bagi para pengunjung melihat langsung kesenian dan budaya yang masih terjaga di Yogyakarta.

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang terletak sekitar 15 kilometer timur laut Yogyakarta. Candi yang terletak di Desa Prambanan ini termasuk salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Candi Prambanan merupakan salah satu bangunan penting yang dapat merepresentasikan kesenian dan kebudayaan Hindu di Tanah Jawa pada abad ke-10 Masehi.

Candi ini memiliki cerita yang menarik yang berhubungan dengan bangsa dari India. Candi Prambanan memiliki sebuah patung terkenal yaitu Dewi Durga yang tidak biasa. Dia digambarkan sebagai seorang wanita setengah terbang lakon yang dianggap aneh oleh pengunjung. Selain itu, Candi Prambanan juga menjadi lokasi penting untuk kegiatan matahari terbit dan malam purnama di mana pengunjung bisa menyaksikan keindahan panorama alam yang sangat menakjubkan.

Taman Sari Water Castle

Taman Sari

Taman Sari awalnya dibangun sebagai kawasan istana air oleh Sultan Hamengkubuwana I pada tahun 1758 dan diperluas pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwana II pada tahun 1820-an. Terletak di Kraton, Yogyakarta, kawasan ini dulunya merupakan area hiburan dan tempat mandi yang dibangun di dalam kompleks keraton.

Di Taman Sari, pengunjung dapat menemukan bangunan-bangunan yang bersejarah seperti Sumur Gumuling yang menjadi perwujudan pendidikan langit dan bumi di dalam tradisi Jawa. Di Sumur Gumuling, pengunjung bisa merasakan sensasi suara goresan kaki di tanah yang sebenarnya tidak ada. Juga ada Benteng Vredeburg, yang telah menjadi salah satu bangunan bersejarah yang terkenal sebagai bekas Benteng Belanda di Yogyakarta.

Dalam ajang “Yogyakarta International Cultural Festival” pada tahun 2023 nanti, selain Keraton, Taman Sari, dan Candi Prambanan, kita juga bisa menyaksikan pentas seni budaya serta aktivitas berkaitan dengan budaya di Jogja. Pada ajang ini, seluruh etnis dan budaya di Indonesia akan berkumpul dan menampilkan keunikan dan keindahan budayanya masing-masing.

Wisata Kuliner di Jogja 2023


Wisata Kuliner di Jogja 2023

Jogja terkenal dengan warung makanannya yang enak-enak. Bahkan deretan jajanan tradisionalnya sudah terkenal hingga ke luar kota Yogyakarta. Wisata kuliner jogja 2023 masih menjadi incaran banyak pengunjung, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran bintang lima, semua tak kalah menarik untuk dicoba. Berikut ulasan kami mengenai wisata kuliner yang wajib kamu coba saat mengunjungi Yogyakarta.

1. Gudeg Bu Tjitro 1925

Gudeg Bu Tjitro 1925

Gudeg Bu Tjitro 1925 adalah sebuah warung makan yang terkenal dengan gudegnya. Gudeg adalah sebuah makanan tradisional yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan bumbu yang khas. Banyak orang yang mengatakan bahwa gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana. Di Gudeg Bu Tjitro 1925, kamu bisa menikmati gudeg dengan cita rasa yang enak dan khas. Selain gudeg, ada pula menu lain yang bisa dicoba, seperti ayam goreng dan tahu tempe.

2. Warung Makan Sate Klathak Pak Pong

Warung Makan Sate Klathak Pak Pong

Warung Makan Sate Klathak Pak Pong adalah tempat yang wajib kamu kunjungi jika kamu mencari sate klathak yang enak di Yogyakarta. Sate klathak adalah sate yang terbuat dari daging ayam, tetapi bagian yang digunakan adalah paha atas atas atau sayap. Sate klathak disajikan dengan bumbu kacang, irisan bawang merah, dan nasi. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1981 dan rasanya sudah terkenal enak. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

3. Soto Kadipiro

Soto Kadipiro

Soto Kadipiro adalah tempat makan soto yang terkenal enak di Yogyakarta. Soto adalah makanan berkuah yang terbuat dari daging ayam atau daging sapi yang dimasak dengan bumbu yang khas. Di Soto Kadipiro, kamu bisa menikmati soto ayam yang enak dengan kuah yang gurih. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

4. Sate Buntel Mbah Gito

Sate Buntel Mbah Gito

Kalau kamu mencari sate buntel yang enak di Yogyakarta, maka kamu harus mencoba Sate Buntel Mbah Gito. Sate buntel adalah sate yang terbuat dari daging sapi atau daging kambing yang dibungkus memakai jeroan. Sate ini diolah dengan sangat baik dan bumbunya diracik dengan resep yang sangat khas.

5. Bakmi Jawa Pak Pele

Bakmi Jawa Pak Pele

Bakmi Jawa Pak Pele adalah tempat makan bakmi jawa yang terkenal enak di Yogyakarta. Bakmi jawa adalah makanan mi yang biasanya disajikan dengan irisan ayam, telur, dan sayuran. Di Bakmi Jawa Pak Pele, kamu bisa menikmati bakmi jawa yang enak dengan cita rasa yang khas. Rasanya gurih dan tidak terlalu pedas. Sesuai untuk kamu yang suka makanan yang tidak terlalu pedas.

Nah, itu dia 5 wisata kuliner di Yogyakarta yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana. Semoga informasi ini bisa membantu kamu dalam merencanakan kunjungan ke Yogyakarta. Selamat mencoba!

Destinasi Belanja di Jogja 2023


Kerajinan Jogja

Jogja, atau Yogyakarta, merupakan salah satu kota yang paling populer di Indonesia dan menjadi destinasi wisata yang paling diminati oleh para wisatawan. Selain menjadi destinasi wisata, Jogja juga dikenal sebagai pusat kerajinan tangan yang unik dan menarik. Karena itu, Jogja menjadi tempat yang cocok untuk memperoleh barang-barang unik dan the best of Jogja akan bisa di temukan di Tempat Wisata Jogja 2023.

Ada banyak tempat belanja di Jogja yang akan menawarkan banyak barang yang unik dan murah. Anda dapat menjelajahi berbagai pasar tradisional, pedagang kaki lima hingga pusat-pusat perbelanjaan modern, semuanya ada di Jogja. Berikut adalah tiga pilihan destinasi belanja yang paling populer di Jogja untuk dikunjungi pada tahun 2023.

Pasar Beringharjo


Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo adalah salah satu pasar tradisional tertua yang berlokasi di pusat kota Jogja. Pasar ini membentang di sepanjang jalan Malioboro dan menawarkan berbagai barang dagangan dari kerajinan tradisional seperti batik, baju, tas, boneka, hingga oleh-oleh khas Jogja. Pasar ini selalu ramai dan penuh dengan warna-warni yang menarik dan menarik banyak wisatawan, terutama wisatawan asing. Barang-barang dijual dengan harga yang cukup murah dan bisa didiskon dengan mudah, terutama jika Anda pandai menawar dan mendapatkan barang yang sesuai dengan keinginan Anda. Oleh karena itu, Pasar Beringharjo tidak hanya menjadi tempat belanja, tetapi juga menjadi tempat yang cocok untuk mencari pengalaman budaya yang otentik.

Malioboro Mall


Malioboro Mall

Jika Anda ingin berbelanja dengan suasana yang lebih modern, maka kunjungilah Malioboro Mall. Malioboro Mall menawarkan berbagai barang-barang dengan harga yang terjangkau. Di dalam mall terdapat banyak toko yang menjual produk dari merek terkenal baik lokal maupun internasional. Karena kepopulerannya, mall ini selalu menjadi destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Selain itu, mall ini juga dilengkapi dengan bioskop, restoran, dan pusat permainan anak, sehingga menyediakan hiburan lengkap dan cocok untuk segala usia.

Pasar Depok


Pasar Depok

Pasar Depok terletak di pusat kota Jogja dan menawarkan berbagai pakaian, aksesoris, dan kerajinan yang unik dan menarik. Pasar ini terkenal dengan barang-barang berkualitas tinggi dan jumlah pengunjungnya yang ramai. Selain itu, Pasar Depok juga menjadi tempat yang cocok untuk mencicipi kuliner khas Jogja, seperti nasi kucing, Gudeg, bakso, dan sate ayam. Pasar ini terbuka setiap hari dan Anda bisa mengunjunginya kapan saja tanpa harus khawatir kehabisan waktu untuk berbelanja.

Nah, itu dia ketiga destinasi belanja yang paling populer di Jogja, dan mereka tetap akan menjadi trendsetter dan jadi the best of Jogja hingga tahun 2023. Dengan berbelanja, Anda akan membawa pulang barang yang unik dan memukau, serta dapat menjadi suvenir yang akan mengingatkan Anda pada pengalaman liburan yang luar biasa di Jogja. Jangan lupa untuk menyempatkan diri Anda untuk berkunjung ke tempat-tempat belanja yang disebutkan di atas pada saat mengunjungi Jogja.

Wisata Alam di Jogja 2023


Hutan Jogja

Jogja dikenal sebagai salah satu kota pariwisata yang banyak menawarkan wisata alam yang menakjubkan. Yogyakarta yang terletak di daerah Jawa Tengah memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik dan cocok untuk dikunjungi. Pada tahun 2023, Jogja akan semakin memperlihatkan keindahan alamnya. Berikut ini beberapa tempat wisata alam di Jogja 2023 yang patut dikunjungi.

1. Pantai Nguyahan


Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan adalah tempat wisata paling direkomendasikan untuk dikunjungi di Jogja. Pantai ini menawarkan air laut yang jernih dan pasir putih yang indah. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam pantai dan melihat matahari terbenam yang spektakuler. Tidak heran jika Pantai Nguyahan menjadi tempat favorit bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam Jogja.

2. Goa Pindul


Goa Pindul

Goa Pindul terletak di daerah Karangmojo dan menawarkan pengalaman seru bagi pengunjung yang menyukai adventure. Goa ini memiliki air yang jernih dengan keindahan stalagtit dan stalagmit yang menakjubkan. Pengunjung dapat menyusuri sungai bawah tanah dengan menggunakan inner tube yang akan membawa pengunjung masuk kedalam goa.

3. Gunung Merapi


Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan gunung api aktif yang terletak di Jogjakarta. Sama seperti Gunung Bromo di daerah Jawa Timur, Gunung Merapi juga menawarkan keindahan alamnya yang menakjubkan. Berjalan-jalan di sekitar kaki Gunung Merapi dan melihat pemandangan kerlap-kerlip kota Jogja di malamhari, akan memberikan suasana yang sangat berbeda dan menenangkan.

4. Hutan Pinus Mangunan Kidul


Hutan Pinus Mangunan Kidul

Hutan Pinus Mangunan Kidul terletak di daerah Bantul Jogja dan menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Hutan ini berada di atas pegunungan dan mempunyai beberapa spot indah untuk mengambil foto dengan latar belakang pemandangan yang menakjubkan. Pengunjung juga dapat menikmati segarnya udara pegunungan dan berjalan-jalan di kaki Gunung Kidul yang asri dan menyejukkan.

5. Air Terjun Kedung Pedut


Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut terletak di daerah Gunungkidul Jogja, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan air yang jernih dan memiliki kolam air yang dalam. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam pegunungan dan menikmati spot indah yang tersedia di sekitar air terjun.

Penutup

Demikianlah beberapa tempat wisata alam di Jogja 2023 yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat wisata ini dan merasakan pengalaman menakjubkan yang ditawarkan oleh wisata alam di Jogja.

Wisata Sejarah di Jogja 2023


Keraton Yogyakarta

Yogyakarta adalah salah satu kota di Indonesia yang penuh dengan kekayaan sejarah dan kebudayaan. Tidak heran jika kota ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan dalam dan luar negeri. Pada tahun 2023, Yogya diproyeksikan menjadi kota yang semakin ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Jadi, kali ini mari kita bahas beberapa tempat wisata sejarah di Jogja yang sayang untuk dilewatkan.

Keraton Yogyakarta


Keraton Yogyakarta

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Yogyakarta tanpa mengunjungi Keraton Yogyakarta. Keraton ini merupakan istana kerajaan yang dibangun pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I. Selain sebagai keraton, tempat ini juga sebagai pusat seni dan budaya Jawa yang memperlihatkan megahnya sebuah kerajaan.

Di Keraton Yogyakarta, kita bisa mengetahui berbagai informasi terkait sejarah kebesaran Keraton Yogyakarta. Selain itu, kita juga bisa melihat berbagai koleksi peninggalan kerajaan seperti topi kerajaan, kereta kencana, gamelan, serta pusaka kerajaan lainnya.

Tidak hanya itu, kita juga bisa menyaksikan tarian-tarian keraton yang memukau seperti tari Bedhaya, Srimpi, dan masih banyak lagi. Kita juga bisa fotografi di berbagai spot yang menarik.

Candi Prambanan


Prambanan

Tempat wisata sejarah lainnya yang tidak kalah menarik adalah Candi Prambanan. Candi ini adalah salah satu warisan budaya dunia yang terletak di kawasan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh Kerajaan Mataram Kuno untuk memuja para dewa Hindu.

Candi Prambanan memiliki arsitektur yang sangat megah dan indah. Selain itu, kita juga bisa mengetahui berbagai ilmu yang terkait dengan sejarah peradaban manusia pada zaman dahulu.

Di Candi Prambanan, kita bisa menyaksikan pertunjukan tari Ramayana yang begitu indah. Pertunjukan ini memperlihatkan kisah cinta dan peperangan antara tokoh Ramayana seperti Rama, Sita, Laksmana, dan Hanoman. Berbagai karakter dalam pertunjukan dihadirkan dengan kostum indah dan make up yang menawan.

Benteng Vredeburg


Benteng Vredeburg

Tempat wisata sejarah selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah Benteng Vredeburg. Benteng ini didirikan oleh Gubernur Jenderal Jansens pada tahun 1760. Benteng ini terdiri dari dua lantai, dan kita bisa menjelajahi seluruh bagian benteng.

Vredeburg juga pernah menjadi saksi bisu perjuangan melawan penjajah Belanda. Di dalamnya, kita bisa mengetahui berbagai informasi terkait sejarah perjuangan bangsa Indonesia menghadapi penjajah Belanda. Selain itu, di dalam benteng terdapat Museum Perjuangan Yogyakarta yang menyimpan berbagai koleksi peninggalan perjuangan rakyat Yogyakarta terhadap kolonial Belanda.

Tidak hanya itu, di tempat ini juga sering diadakan berbagai event menarik seperti pameran seni, konser musik serta seminar dan workshop yang menarik.

Taman Sari


Taman Sari

Tempat wisata sejarah berikutnya adalah Taman Sari. Taman Sari adalah sebuah situs bekas kebun istana Keraton Yogyakarta yang dibangun pada abad ke-18 oleh Sultan Hamengkubuwono I. Selain sebagai tempat bermain sekaligus kolam renang bagi keluarga kerajaan, Taman Sari juga difungsikan sebagai pusat seni dan kebudayaan.

Taman Sari terdiri dari empat bagian, yaitu sumur gumuling, pasarean ledok sari, petirtaan dan kompleks Made Gedhe. Di dalamnya, kita bisa melihat berbagai peninggalan sejarah yang masih ada hingga saat ini. Selain itu, kita juga bisa menikmati keindahan struktur bangunannya yang begitu megah dicirikan dengan arsitektur Jawa kuno.

Museum Sonobudoyo


Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo adalah museum yang berlokasi di Jalan Trikora, Gondomanan, Yogyakarta. Museum ini memberikan informasi sejarah dan kebudayaan tentang Jawa Tengah, Yogyakarta dan Surakarta. Koleksi museum Sonobudoyo berupa berbagai benda peninggalan sejarah kerajaan.

Informasi sejarah yang disuguhkan di dalamnya sangat komprehensif dan detail. Kita bisa mengetahui berbagai peralatan rumah tangga, alat transportasi, karya sastra, bahkan informasi tentang makanan dan minuman khas dari Yogya dan sebagainya. Selain itu juga koleksi yang ditampilkan sangat beragam dari tingkat Kerajaan Mataram hingga Kerajaan Ngayogyakarta hingga peninggalan masa pergerakan nasional.

Museum yang dilengkapi taman dan suasana tenang membuat Museum Sonobudoyo menjadi salah satu destinasi wisata budaya di Jogjakarta yang harus didatangi.

Temukan Keindahan Jogja dengan Brosur Paket Wisata Kami

Kenapa Harus Memilih Brosur Paket Wisata Jogja Brosur paket wisata Jogja adalah pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kota yang kaya akan kebudayaan...
Ar Rayan Alif
6 min read

Menikmati Keindahan Wisata Jogja dengan Bus Wisata

Bus Wisata Jogja: Solusi Seru Liburan Keluarga Yogyakarta adalah salah satu kota wisata terfavorit di Indonesia. Kota ini menyuguhkan beberapa destinasi wisata menarik, seperti...
Ar Rayan Alif
8 min read

Menikmati Wisata Jogja di Daerah Wisata yang Menarik

Warisan Budaya Jogja Warisan Budaya Jogja atau Yogyakarta Heritage adalah suatu kemuliaan dari kearifan lokal di Yogyakarta. Budaya memang menjadi hal yang sangat kental...
Ar Rayan Alif
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *