Kuliner

10 Tempat Kuliner Wajib di Jogja

Ragam Makanan Khas Yogyakarta


Gudeg Jogja

Jogja adalah kota yang sangat terkenal dengan kekayaan kuliner khasnya. Tak hanya terkenal di Indonesia tapi juga hingga ke mancanegara. Pelancong yang datang ke Jogja pasti tidak akan melewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khasnya. Kuliner khas Jogja terdiri dari menus yang sangat beragam, berbeda dengan kuliner khas Indonesia lainnya, Jogja memiliki cita rasa yang unik karena pengaruh dari berbagai kultur yang ada di kota tersebut. Oleh sebab itu, saat mengunjungi Jogja, satu-satunya hal yang harus anda lakukan adalah mencicipi makanan khasnya. Berikut ini adalah daftar makanan khas Yogyakarta yang harus anda mencoba jika berkunjung ke kota budaya ini.

Gudeg

Gudeg Jogja

Gudeg adalah makanan khas Jogjakarta yang kaya dan lezat. Gudeg biasanya terdiri dari potongan nangka yang dimasak dengan dibumbui dengan kacang kedelai dan santan. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi, ayam, telur, dan sambal Korek. Sajian khas ini bisa dengan mudah ditemukan di berbagai tempat di Jogja, terutama di pusat kuliner seperti Jalan Wijilan, Jalan Malioboro, dan sekitar Stasiun Tugu. Selain itu, saat berkunjung ke daerah Wijilan, anda akan menemukan Gudeg Wijilan, produsen berusia tua dari makanan khas Jogja yang bertahan selama bertahun-tahun.

Sate Klathak

Sate Klathak Jogja

Sate Klathak adalah sajian daging kecil yang biasanya disajikan dengan nasi, kol goreng, dan kuah kacang. Namun, apa yang membedakan Sate Klathak dengan sate pada umumnya adalah bahan bakunya. Dalam pembuatan Sate Klathak, daging yang digunakan adalah daging kambing yang diiris tipis dan disiram dengan bumbu rempah yang kaya rasa. Sate Klathak populer di Jogja dan bisa dengan mudah ditemukan di kota ini.

Bakpia

Bakpia Jogja

Makanan manis yang terkenal di Jogja ini biasanya terbuat dari tepung kacang hijau yang dilumuri gula daun pandan dan diisi di dalam kulit yang tipis dan lembut. Bakpia tersedia dalam bermacam rasa, seperti keju, cokelat, keju, kacang hijau, dan berbagai rasa lainnya. Bakpia memang sangat pas dijadikan oleh-oleh karena kelezatannya dan juga porsinya yang kecil sehingga mudah untuk dimakan kapan saja dan di mana saja. Ada beberapa toko Bakpia legendaris di Jogja yang sudah tersebar di mana-mana, termasuk di Jalan Malioboro, Jalan Urip Sumoharjo, atau di sekitar Kampung Gede.

Soto

Soto Jogja

Soto merupakan makanan tradisional khas Indonesia yang populernya telah merambah ke berbagai provinsi di Sumatera hingga Papua. In Indonesia But, Soto Jogja memiliki karakteristiknya masing-masing, yaitu dengan racikan kuah kaldu sapi, potongan daging ayam yang lezat, mie kuning, irisan telur rebus, dan kerupuk sebagai pelengkap. Soto Jogja memiliki kuah yang bening dan gurih dengan aroma rempah-rempah segar yang kuat. Soto Jogja bisa ditemukan di berbagai daerah, mulai dari rumah makan, kaki lima, hingga warung-warung yang dijajakan di pinggir jalan.

Tiwul

Tiwul Jogja

Tiwul adalah makanan asli Jogja yang terbuat dari singkong dan termasuk dalam kelompok makanan yang lezat namun ringan. Tiwul biasanya dicampur dengan air atau kuah dan makanan ini sangat cocok untuk menu sarapan atau sebagai makanan ringan. Jika anda datang ke Jogja, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan ini. Tiwul sering dihidangkan dengan lauk sederhana seperti sambal goreng, ayam atau ikan, dan sayur.

Demikianlah beberapa makanan khas Jogja yang wajib anda coba saat mengunjungi kota yang terkenal dengan budaya dan kuliner khasnya. Selain itu, di Jogja juga banyak terdapat makanan populer lainnya seperti Wedang Ronde, Es Pleret, Geplak, Bubur Sumsum, Bakmi Jawa, dan masih banyak lagi. Rasakan kuliner khas Jogja dan nikmati perjalanan anda di kota budaya yang penuh dengan sensasi ini.

Kuliner Murah Meriah di Jogja


Indonesian food in Yogyakarta

Selain terkenal dengan wisata sejarah dan budaya, Jogja juga merupakan surganya kuliner di Indonesia. Berbagai macam masakan khas Indonesia hadir di Jogja, mulai dari jajanan pasar hingga hidangan berat. Tidak perlu khawatir dengan kantong kempis, Jogja menyediakan beragam kuliner murah meriah yang tidak kalah lezatnya dengan harga yang bersahabat. Berikut ini adalah beberapa kuliner murah meriah di Jogja yang wajib di coba.

1. Gudeg Pawon


Gudeg Pawon Jogja

Gudeg adalah masakan tradisional yang terbuat dari sayur nangka muda yang dimasak bersamaan dengan santan dan rempah-rempah khas Jogja. Untuk mencicipi Gudeg yang paling enak, datanglah ke Gudeg Pawon. Tempat ini menyajikan Gudeg yang dimasak dengan cara tradisional menggunakan tungku. Meski ada antriannya, namun rasanya yang lezat akan membayar semua perjuangan Anda menunggu. Harga per porsinya mulai 12.000 rupiah.

2. Bakmi Jawa Bu Gendut


Bakmi Jawa Bu Gendut Jogja

Bakmi Jawa merupakan masakan khas Jawa yang terbuat dari mie kuning yang kenyal, diberi isian ayam atau daging sapi, sayuran dan dibumbui dengan rempah-rempah. Bakmi Jawa Bu Gendut menjadi favorit wisatawan karena rasanya yang khas dan harganya yang sangat murah. Di sini satu porsi bakmi jawa hanya seharga 10.000 rupiah saja.

3. Sate Buntel Pak Sadi


Sate Buntel Pak Sadi Jogja

Sate Buntel merupakan sate pengganti lontong dengan beras ketan yang diisi daging cincang yang telah dibumbui dengan rempah-rempah khas. Di Jogja, Sate Buntel paling terkenal adalah Sate Buntel Pak Sadi yang berlokasi di Jalan Brigjend Katamso. Porsinya hanya 10.000 hingga 15.000 rupiah. Harganya murah, namun rasanya sangat lezat.

4. Gempol Pleret


Gempol Pleret

Gempol Pleret merupakan jajanan pasar tradisional yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah, dibentuk bulat dan dicelupkan ke dalam air daun pandan. Kuliner ini bisa ditemukan di pasar tradisional seperti Pasar Kranggan di Tegalrejo, lalu meluas ke tempat-tempat lain. Di Jogja, Gempol Pleret disajikan dengan taburan parutan kelapa dan dijual dengan harga 2.000-3.000 rupiah saja per bijinya. Makanan ini sangat cocok dinikmati saat bersantai atau diminum bersama segelas kopi.

5. Wedang Ronde


Wedang Ronde Jogja

Wedang Ronde adalah minuman tradisional yang terbuat dari bola-bola ketan yang diisi dengan kacang hijau hingga biji wijen dengan kuah manis yang hangat. Cara menyajikannya sangat sederhana, bola-bola ketan tersebut direbus dan disajikan dengan kuah manis hangat serta taburan irisan kacang tanah dan wijen. Minuman ini paling cocok dinikmati saat cuaca dingin atau hujan. Harga per gelasnya mulai dari 5000 rupiah saja.

Dari sekian banyak kuliner murah meriah di Jogja di atas, mana yang paling sering Anda cicipi? Jangan lupa untuk mencatat beberapa tempat kuliner tersebut agar mudah ditemukan saat berlibur ke Jogja. Selamat menikmati!

Sensasi Makan Malam di Jogja


Sensasi Makan Malam di Jogja

Makan malam di Jogja tidak hanya tentang menikmati sajian lezat, tapi juga menikmati suasana kota yang nyaman di malam hari. Banyak tempat makan di Jogja yang menyajikan menu istimewa dengan seni arsitektur dan sejarah, membuat Anda merasa seperti melakukan perjalanan waktu ke masa lampau dengan menikmati tempat-tempat kuliner yang mempunyai nuansa tradisional.

1. Bu Ageng Restaurant

Bu Ageng Restaurant

Bu Ageng Restaurant adalah tempat makan malam di Jogja paling terkenal untuk menikmati masakan khas Indonesia. Terletak di dalam sebuah rumah joglo kuno yang besar, pengunjung akan merasa seolah-olahberada di rumah sendiri dengan suasananya yang hangat dan ramah. Restoran ini menyajikan beragam menu yang unik, seperti nasi liwet, sate klathak, dan masih banyak lagi hidangan lezat lainnya.

2. The House of Raminten

The House of Raminten

The House of Raminten menyajikan makanan dan minuman tradisional khas Jawa dengan harga yang terjangkau. Makan di sini Iebih dari sekedar makan malam, tapi seperti melakukan perjalanan kembali ke masa lalu dengan dekorasi yang sangat unik dan sarat dengan nilai sejarah. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati suasana yang tenang dan nyaman, cocok untuk bersantai dan bernostalgia.

3. Gudeg Pawon Bu Tjitro

Gudeg Pawon Bu Tjitro

Gudeg Pawon Bu Tjitro adalah tempat makan malam di Jogja yang paling terkenal dengan gudegnya yang enak dan khas. Gudeg sendiri adalah makanan tradisional Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan rempah-rempah khas Jawa, sehingga menciptakan rasa dan aroma khas yang sangat sedap. Gudeg Pawon Bu Tjitro berbeda dengan tempat makan lainnya karena menggunakan dapur terbuka dekat jalan, sehingga memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjung.

4. Mediterranea Restaurant by Kamil

Mediterranea Restaurant by Kamil

Mediterranea Restaurant by Kamil adalah tempat makan malam di Jogja yang cocok bagi mereka yang ingin mencoba sajian internasional. Menu yang ditawarkan oleh restoran ini terdiri dari hidangan mediterania yang lezat seperti pizza, pasta, steak dan masih banyak lagi. Restoran ini memiliki suasananya yang sangat nyaman, dengan dekorasi yang menawan dan tempat yang sangat cocok untuk berkumpul dengan keluarga atau teman-teman.

5. Iga Bakar Si Jangkung

Iga Bakar Si Jangkung

Iga Bakar Si Jangkung adalah tempat makan malam di Jogja yang menyajikan hidangan daging iga bakar khas yang sangat lezat dan untuk harga sangat terjangkau. Tempat makan ini baru-baru ini dipindah ke Jalan Magelang, sehingga tempat makan ini lebih baik dari sebelumnya. Porsi yang besar dan harga yang cukup ramah di kantong membuat tempat ini menjadi salah satu tempat makan yang paling disukai oleh orang-orang Jogja.

Daging yang disajikan sangat empuk dan lezat, dagingnya bisa terlepas tulangnya secara mudah dan dipadukan dengan sambal khas Jogja sehingga menambah kenikmatan saat menikmatinya. Selain itu, tempatnya sangat bersih dan unik, terdapat beberapa tanaman yang membuat suasana lebih asri dan menenangkan.

Jadi, ada banyak pilihan tempat makan malam di Jogja, dari restoran klasik hingga tempat makan modern, semua cukup menarik untuk dicoba. Namun, apapun pilihan Anda, pastikan untuk menikmati keindahan kota Jogja dan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button