Kuliner

Enaknya Makan di Jogja: Temukan Spot Kuliner yang Menggoda di Kota Gudeg

Variasi Kuliner Tradisional di Jogja


Kuliner Tradisional di Jogja

Jogja selalu menjadi tujuan wisata kuliner bagi banyak orang. Kota ini memang terkenal memiliki ragam makanan tradisional yang lezat. Makanan-makanan tersebut biasanya memiliki citarasa yang kuat, dan semuanya dikenal sebagai kuliner tradisional. Berikut ini adalah beberapa variasi kuliner tradisional di Jogja yang tentunya wajib kamu coba!

Nasi Gudeg

Nasi Gudeg

Makanan paling terkenal di Jogja adalah nasi gudeg. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan rempah-rempah khas Jogja. Biasanya, nasi gudeg disajikan dengan sate ayam, telur rebus, dan tahu dan tempe goreng. Jangan lupa cicipi juga kerupuknya yang renyah!

Nasi gudeg paling enak disajikan dengan kuah santen kental yang kental dan sedikit pedas. Kamu bisa menemukan kuliner ini di berbagai tempat di Jogja, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran yang mewah.

Sate Klathak

Sate Klathak

Barangkali, kamu pernah mendengar sate klathak? Makanan ini kini menjadi kuliner legendaris di Jogja. Sate klathak terdiri dari daging sapi atau ayam yang dipanggang dengan arang dalam bentuk kotak kecil yang dinamakan ‘klathak’. Potongan daging dipanggang hingga matang dan kemudian diberi bumbu kacang yang dibuat dengan rempah-rempah khas Jogja.

Sate klathak disajikan dengan nasi, irisan kol, dan sayur kangkung untuk memperkuat rasa pedas yang khas. Kamu bisa mencoba sate klathak di beberapa tempat seperti Malioboro dan Sindu Kusuma Edupark.

Bakmi Jawa

Bakmi Jawa

Bakmi jawa adalah makanan tradisional berupa mie yang diaduk dengan sayuran dan kerupuk. Seperti namanya, bakmi jawa memang berasal dari daerah Jawa yang menyebar ke seluruh Indonesia. Ciri khas dari bakmi jawa adalah rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, dan kecap manis. Bahan-bahan itu kemudian dicampur dengan bebek atau ayam yang dagingnya empuk.

Kamu bisa mencicipi bakmi jawa di Restoran Gudeg Yu Djum atau pada seorang penjual kaki lima yang menjual di sekitaran Malioboro

Gudeg Mercon

Gudeg Mercon

Bagi penggemar makanan pedas, gudeg mercon sangat cocok untuk dicoba. Makanan ini adalah bentuk upgrade dari gudeg biasa. Rempah-rempah yang digunakan pada gudeg mercon lebih pedas dari rempah-rempah pada gudeg biasa. Jika biasanya, gudeg disajikan dengan potongan ayam, telur rebus dan tempe, maka pada gudeg mercon, semua bahan disajikan dengan cabai rawit utuh sebagai garnish-nya.

Jika kamu ingin mencoba kuliner yang satu ini, kamu bisa mencarinya di kawasan Giwangan atau Blvd UGM.

Kipo

Kipo

Kipo adalah kue khas Jogja yang terbuat dari tepung ketan dengan isian kelapa dan gula merah. Uniknya, kipo dikemas dalam daun pandan dan direbus. Ketika kamu memakannya, aroma pandan yang khas akan tercium. Kuliner ini merupakan salah satu variasi kue tradisional yang terkenal di Jogja. Kamu bisa mencari Kipo pada pasar tradisional seperti Pasar Beringharjo maupun Jalan Malioboro.

Itulah beberapa variasi kuliner tradisional di Jogja yang wajib kamu coba. Terlebih bagi pecinta makanan tradisional, rasanya sayang kalau tidak mencicipinya.

Kuliner Street Food Favorit di Jogja


Makanan Khas Jogja

Jogja memang dikenal sebagai kota budaya yang terkenal dengan wisata sejarah dan kuliner. Tak heran jika Jogja selalu menarik minat wisatawan, mulai dari yang ingin menikmati wisata sejarah hingga kuliner khas. Selain makanan khasnya yang terkenal, kota Jogja juga memiliki spot kuliner street food yang tidak kalah terkenal. Berikut beberapa kuliner street food favorit di Jogja yang patut kamu coba saat berkunjung ke Jogja.

Tahu Bacem


Tahu Bacem

Tahu Bacem adalah kuliner street food yang berasal dari Kota Jogja. Sesuai dengan namanya, Tahu Bacem adalah tahu yang sudah dibacem (dimasak) dengan bumbu-bumbu yang sudah dicampur dengan air kelapa, kemudian ditambahkan gula merah, sehingga rasanya manis dan gurih. Kuliner Tahu Bacem biasanya dihidangkan bersama nasi atau untuk cemilan saat santai. Tahu Bacem dapat kamu temukan di Jalan Malioboro dan kawasan Candi Borobudur dekat dengan pintu keluar lorong beberapa menuju parkiran.

Angkringan


Angkringan

Angkringan adalah kuliner street food yang sudah terkenal di Jogja. Angkringan berasal dari Bahasa Jawa ‘angkring’, yang berarti kumpul-kumpul. Kalau kamu ingin merasakan sensasi makan dengan suasana santai dan murah meriah, angkringan dapat menjadi pilihannya. Di angkringan, kamu bisa mencari aneka jajanan seperti nasi kucing, sate kelinci, sayur daun singkong, gorengan seperti pisang dan mie ayam, dan lain-lain. Biasanya para pelanggan sering berkumpul pada malam hari. Angkringan dapat kamu temukan di Jalan Kaliurang, Jalan Taman Siswa, dan Jalan Parangtritis.

Es Teler


Es Teler

Es Teler merupakan salah satu kuliner khas Indonesia, tapi es teler ala Jogja memiliki rasa yang lebih khas. Es teler terdiri dari berbagai macam potongan buah, seperti jambu biji, alpokat, kelapa muda, dan nangka yang kemudian dicampur dengan susu kental manis, sirup, dan es serut. Es teler sangat cocok untuk menemani saat siang atau malam hari dengan cuaca yang panas. Es Teler dapat kamu temukan di banyak tempat di Jogja, seperti di Jalan Kaliurang, Jalan Taman Siswa, dan Jalan Malioboro.

Sate Klathak


Sate Klathak

Sate Klathak merupakan sate kambing yang khas dari Jogja, daging kambing yang digunakan adalah daging ijuk atau yang disebut juga dengan daging kambing hitam. Sate klathak dibumbui dengan bawang goreng dan kecap manis, sangat enak disantap dengan nasi atau lontong. Sate klathak biasanya dihidangkan di tempat makan pinggir jalan atau warung-warung kecil yang biasanya buka pada malam hari. Sate klathak dapat kamu temukan di banyak tempat, salah satunya adalah di daerah Bantul.

Bakmi Jowo Mbah Mo


Bakmi Jowo Mbah Mo

Bakmi Jowo Mbah Mo merupakan kuliner street food yang terkenal dengan bakmi jowo-nya. Bakmi jowo Mbah Mo dibuat dengan mie khas Jawa yang dipadukan dengan suwiran daging ayam atau sapi, kemudian ditambahkan bumbu rempah-rempah yang khas. Bakmi jowo Mbah Mo buka pada siang sampai malam hari di Jalan Pasar Kembang.

Conclusion

Jogja memang selalu menarik minat para wisatawan, baik dari dalam ataupun luar negeri. Selain spot wisata sejarahnya, Jogja juga memiliki spot kuliner street food yang tak kalah populer. Banyak kuliner street food yang wajib dicoba saat berkunjung ke Jogja, seperti Tahu Bacem, Angkringan, Es Teler, Sate Klathak, dan Bakmi Jowo Mbah Mo. Selamat mencoba kuliner street food yang lezat di Jogja!

Spot Makan Malam Romantis di Jogja


Makan Malam Romantis di Jogja

Makan malam romantis di Jogja? Kenapa tidak! Di kota ini, banyak tempat makan yang menawarkan suasana yang cocok untuk momen khusus bersama pasangan Anda. Apalagi jika Anda adalah pasangan yang suka kulineran, pasti tak ingin melewatkan pengalaman baru ini. Berikut adalah 3 lokasi makan malam romantis di Jogja yang wajib Anda coba:

1. Kedai Kopi Klotok


Kedai Kopi Klotok

Terletak di Jalan Dagen, Kedai Kopi Klotok menawarkan suasana yang unik dan hangat. Ruangannya berbentuk seperti joglo yang dihiasi dengan lampu-lampu yang memberikan kesan hangat dan romantis. Menu yang ditawarkan juga unik seperti Nasi Kucing Ayam atau Nasi Pecel Lele. Selain itu, kopi dari Kedai Kopi Klotok juga terkenal enak dan cocok bagi Anda pecinta kopi.

2. Patio Restaurant


Patio Restaurant

Saat malam tiba, suasana di Patio Restaurant Jogja semakin romantis dengan cahaya lilin yang menyala dan lampu-lampu kecil di sekitar meja. Patio Restaurant terletak di tengah kebun dan taman. Selain suasana yang romantis, menu dari Patio Restaurant Jogja juga sangat bervariasi, ada masakan Indonesia, Eropa, hingga Asia. Tidak hanya Makan malam romantis, restoran ini juga cocok untuk brunch atau acara keluarga.

3. Jejamuran Resto


Jjemburan Resto

Restoran yang terkenal dengan jamur ini juga memiliki suasana yang romantis di malam hari. Terdapat gazebo-gazebo cantik yang dihiasi dengan lampu-lampu berwarna kuning yang memberikan kesan hangat. Menu yang ditawarkan pun sangat banyak, mulai dari sop jamur, tumis jamur, hingga steak jamur. Suasana romantis dan menu yang beragam, tak heran jika Jejamuran Resto menjadi tempat favorit bagi pasangan di Jogja.

Itulah 3 daftar tempat romantis yang bisa Anda kunjungi untuk makan malam bersama pasangan atau acara lainnya. Semua tempat makan di atas menawarkan suasana yang sangat berbeda satu sama lain. Namun, ketiganya sama-sama menawarkan suasana yang romantis dan cocok untuk pasangan yang ingin merayakan momen khusus bersama-sama. Selamat mencoba!

Tempat Makan Unik dan Terkenal di Jogja


Tempat Makan Unik dan Terkenal di Jogja

Yogyakarta, or Jogja, is known as the city of culture, education, and food. Talking about food, Jogja has so many unique and renowned places to eat that will not disappoint your taste buds. Here are some must-try places to eat in Jogja:

1. Warung Bu Ageng


Warung Bu Ageng

Warung Bu Ageng is a legendary local restaurant that has been around for over 30 years. It is located in Umbulharjo, and it is best known for its authentic Javanese dishes. The restaurant has a homey atmosphere with traditional Javanese decor and an outdoor seating area. If you come here, don’t forget to try its famous Sego Godog and Nasi Pecel, which are both traditional Javanese rice dishes with flavorful spices and unique taste.

2. Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Gudeg, a sweet and savory jackfruit stew, is one of Jogja’s most famous dishes. Gudeg Yu Djum is the go-to place if you want to try this dish. It is located in Wijilan and has been around since 1950. Gudeg Yu Djum has a variety of gudeg dishes that you can choose from, including the traditional gudeg and gudeg with chicken, egg, and tofu. You can enjoy your gudeg with rice, chicken, and krecek (crispy buffalo skin).

3. Depot Setiawan


Depot Setiawan

Depot Setiawan is a humble eatery in Prawirotaman that serves the most delicious fried chicken in Jogja. The chicken is crispy on the outside and tender on the inside, and it is served with its special sweet soy sauce. The best part of this place is that the price is affordable, and the portion is quite big.

4. House of Raminten


House of Raminten

House of Raminten is a unique restaurant in the city center that offers traditional Javanese dishes with a twist. It is also a one-stop destination for those who want to experience Javanese culture through its interior design and performances. The restaurant has several themed rooms, such as Papat-Lima, a room filled with batik, and Kampung Joho, a room decorated with Javanese traditional houses. House of Raminten has a variety of dishes, such as Nasi Goreng Lidah, a fried rice dish with beef tongue, and Nasi Langgi, a rice dish wrapped in banana leaf with savory chicken and tofu. Don’t forget to try its unique beverages, such as Jahe Telasih, a ginger drink with basil seeds, and Wedhang Uwuh, a traditional Javanese herbal drink.

5. Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong is a popular place for meat lovers. It is located in Pakualaman and serves the most tender and juicy beef and chicken satay. The unique thing about this place is that the satay is grilled on cow’s bone instead of a regular skewer. The satay is served with a traditional peanut sauce and spicy sauce. You can also try its fried rice and fried noodles, which are also popular.

These are just a few of the many unique and renowned places to eat in Jogja. Make sure to try them all during your visit to this vibrant city.

Café Instagramable di Jogja


Café Instagramable di Jogja

Jogja adalah kota yang kaya akan wisata kuliner dan salah satu hal yang paling mencolok dari kota ini adalah café Instagramable yang tersebar di manapun. Tidak hanya menyajikan menu makanan dan minuman yang enak, café ini juga memiliki dekorasi yang menarik dan unik sehingga cocok untuk menjadi lokasi foto dan tempat nongkrong bersama teman atau keluarga. Berikut adalah daftar café Instagramable di Jogja yang patut kamu kunjungi:

1. Kopikelasika


Kopikelasika

Kopikelasika merupkan sebuah cafe yang terletak di Kaliurang Road No.1, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman. Cafe ini menawarkan konsep yang berbeda dibandingkan dengan cafe yang lain, dengan dekorasi yang menggabungan unsur dari kayu, batu alam dan tanaman yang jumlahnya cukup banyak. Menu andalan dari café ini adalah kopi dan juga kue-kue ala Eropa. Kopikelasika memiliki area indoor dan outdoor yang cocok untuk berfoto, tempat ngobrol santai atau bahkan berkumpul bersama mini konser mereka.

2. Warung Kopi Klotok


Warung Kopi Klotok

Warung Kopi Klotok merupakan tempat nongkrong yang populer dan sangat diminati oleh anak muda saat ini. Berlokasi di Jalan Gondomanan, Prawirotaman, Warung Kopi Klotok menyajikan aneka minuman dan makanan tradisional Indonesia yang enak dan harganya juga terjangkau. Café ini memiliki dekorasi yang unik dengan lampu-lampu tembaga yang mengirimkan nuansa yang cozy banget. Jika kamu ingin berkumpul bersama teman dan keluarga, Warung Kopi Klotok bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

3. Klinik Kopi


Klinik Kopi

Jika kamu menyukai kopi, Klinik Kopi adalah satu-satunya tempat yang harus kamu kunjungi. Terletak di Jalan Tirtodipuran, Klinik Kopi menyajikan kopi-kopi dari berbagai negara dan jenis kopi lokal di Indonesia. Selain itu, café ini memiliki dekorasi yang minimalis namun juga elegan dan unik dengan dominasi warna hitam dan putih. Cocok untuk kamu yang ingin menemukan ketenangan dan kekhusyukan saat menikmati secangkir kopi yang arabika murni.

4. Batik Resto & Gallery


Batik Resto & Gallery

Batik Resto & Gallery adalah café Instagramable di Jogja yang wajib kamu coba. Café ini terletak di Jalan Tirtodipuran, Mantrijeron. Batik Resto & Gallery memiliki dekorasi yang unik dengan aksen batik pada dinding dan juga interior yang bergaya urban. Konsep yang ditawarkan di café ini adalah kopi dan makanan dengan sentuhan Indonesia, mulai dari Soto Ayam, Sate Ayam hingga Es Dawet. Selain itu, café ini juga dilengkapi dengan gallery yang menunjukkan berbagai jenis batik khas Indonesia dengan harga yang terjangkau.

5. Rumah Miring


Rumah Miring

Rumah Miring adalah café Instagramable di Jogja yang memiliki dekorasi ala Eropa dengan dominant warna kuning dan nuansa yang cozy banget. Berlokasi di Jalan Parangtritis KM.7,5, Pantai Depok, Sleman, café ini menyuguhkan menu makanan tradisional Indonesia yang enak dan teh luar biasa. Cafe ini dijamin cocok untuk kamu yang ingin menghabiskan sore di tengah keindahan alam yang indah.

Itulah deretan café Instagramable di Jogja yang bisa kamu kunjungi untuk memebuat feed Instagram kamu semakin kekinian. Pilihlah café yang sesuai dengan selera kamu dan ajaklah teman-teman atau keluarga kamu untuk berkunjung ke sana. Selamat berjalan-jalan!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button