Enaknya Kulineran di Jogja: Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Terbaik

Kuliner Khas Jogja yang Wajib Dicoba


Gudeg Jogja

Jogja, atau yang sering disebut sebagai Kota Gudeg, memiliki banyak sekali wisata kuliner yang wajib dicoba. Salah satu makanan khas Jogja yang pastinya tak boleh terlewatkan adalah Gudeg. Gudeg adalah makanan dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula merah serta dihidangkan dengan tambahan telur, ayam suwir, dan sambal goreng krecek. Rasanya manis legit dan sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan atau makan siang.

Bilangan Malioboro, kawasan Kranggan, dan Wijilan adalah tempat-tempat yang dapat menjadi pilihan untuk mencicipi gudeg di Jogja. Namun, jika ingin menikmati gudeg dengan waktu 24 jam nonstop, maka Gudeg Yu Djum yang berlokasi di Jalan Wijilan adalah pilihannya.

Bakmi Jogja

Selain Gudeg, Jogja juga memiliki makanan khas lainnya seperti Bakmi. Bakmi adalah mie dengan kuah kental dan dihidangkan dengan irisan daging ayam atau sapi, pangsit, dan sayuran segar seperti sawi, kol, dan daun bawang. Bakmi Jogja memiliki rasa yang berbeda dengan bakmi lainnya karena menggunakan bumbu khas Jogja dan kuahnya yang kental dan gurih.

Bakmi Jawa Bu Ageng, Bakmi Lestari Jogja, dan Bakmi Pathuk 75 adalah beberapa tempat yang terkenal dengan bakmi Jogjanya. Namun, jika ingin mencari pengalaman kuliner yang unik, maka bakmi Ayam Gondangdia yang berlokasi di Kepanjen, Yogyakarta dapat menjadi pilihannya. Bakmi Ayam Gondangdia tersebut menjadi populer karena lokasinya yang berada di depan LAPAS Klas II A Kepanjen dan juga harga yang terjangkau.

Sate Kambing Jogja

Bagi pecinta sate, maka Sate Kambing harus masuk dalam daftar kuliner khas Jogja yang wajib dicoba. Sate Kambing Jogja biasanya terbuat dari daging kambing muda yang diolah dengan bumbu khas Jogja seperti kecap manis, bawang putih, dan ketumbar.

Sate Klathak Pak Pong dan Sate Kambing Tugu Pahlawan adalah tempat yang sering dijadikan tujuan untuk mencicipi sate kambing di Jogja. Namun, jika ingin merasakan sate kambing dengan pengalaman yang berbeda, maka Sate Kambing Muda Djitoe di Jalan Gondokusuman dapat menjadi pilihan yang menarik. Sate Kambing Muda Djitoe tidak hanya menyajikan sate kambing tetapi juga minuman khas Jogja seperti Es Kacang Merah dan Es Cendol.

Pengalaman Menyantap Makanan di Warung Tradisional Jogja


Warung Tradisional Jogja

Makanan di Jogja begitu terkenal dengan kelezatannya, hal ini tak terlepas dari bumbu rempah yang disajikan. Banyak sekali tempat kuliner di Jogja yang bisa kita temukan dan dijadikan sebagai tempat makan. Namun, sensasi makan yang berbeda bisa kita rasakan dengan menyantap makanan di warung tradisional Jogja. Kita bisa menemukan berbagai jenis makanan khas Jogja di sana dengan harga yang cukup terjangkau. Berikut adalah pengalaman saya menyantap makanan di warung tradisional Jogja yang tak terlupakan.

Ketoprak

1. Ketoprak

Ketoprak Jogja

Ketoprak adalah salah satu makanan khas Jogja yang wajib dicoba. Saya menemukan warung ketoprak yang cukup terkenal di daerah Kaliurang. Ketoprak di warung tersebut sangat lezat dan menggugah selera. Pembuatannya pun dilakukan secara tradisional, mulai dari cara membuat bumbu kacang hingga mengiris tahu dan tempe menjadi irisan kecil sehingga mudah dipadukan dengan bumbu kacang dan kerupuk. Harganya pun cukup terjangkau, kurang lebih sekitar 15 ribu rupiah saja.

Gudeg Jogja

2. Gudeg

Gudeg

Gudeg menjadi salah satu makanan khas Jogja yang tak boleh dilewatkan untuk dicicipi. Saya menemukan warung gudeg yang cukup terkenal di daerah Jalan Kaliurang. Warung tersebut menyajikan gudeg dengan rempah-rempah yang terasa sangat khas. Gudegnya empuk dan disajikan dengan berbagai macam lauk-pauk seperti ayam kampung dan telur. Harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar 20 ribu rupiah per porsi. Sensasi makan gudeg yang lezat membuat saya ingin datang kembali dan mencicipinya lagi.

Sate Kambing Jogja

3. Sate Kambing

Sate Kambing

Pernah mencoba sate kambing ala Jogja? Rasanya sangat lezat dan bikin ketagihan. Saya menemukan warung sate kambing yang cukup unik di daerah Mantrijeron. Warung tersebut menyajikan sate kambing dengan bumbu kecap khas Jogja. Daging kambing yang sudah dimasak secara perlahan membuatnya menjadi empuk dan disajikan dengan nasi putih. Harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar 25 ribu rupiah untuk dua tusuk sate.

Bakmi Jowo

4. Bakmi Jowo

Bakmi Jowo Jogja

Bakmi jowo menjadi salah satu makanan khas Jogja yang tak boleh dilewatkan. Saya menemukan warung bakmi jowo yang cukup terkenal di daerah Kaliurang. Bakmi jowo tersebut disajikan dengan kuah yang berisi daging ayam serta jamur. Rasanya sangat pas pada lidah dan kuahnya terasa kental. Harganya terjangkau, sekitar 12 ribu rupiah per porsi. Bakmi jowo di warung tersebut benar-benar lezat dan membuat saya ingin mencicipinya lagi.

Nasi Bowl

5. Nasi Bowl

Nasi Bowl Jogja

Nasi bowl menjadi menu yang sangat cocok disantap saat lapar namun tidak ingin makan berat. Saya menemukan warung nasi bowl yang cukup unik di daerah Kaliurang. Warung tersebut menyajikan nasi bowl dengan lauk-pauk seperti ayam, tempe, dan telur. Rasanya sangat pas dan cocok disantap setelah berkeliling Jogja. Harganya pun cukup terjangkau, sekitar 20 ribu rupiah saja.

Itulah beberapa pengalaman saya menyantap makanan di warung tradisional Jogja. Makanan khas Jogja sangat terkenal lezat dan tak boleh dilewatkan. Ada banyak warung khas Jogja yang bisa kita temukan dan nikmati di daerah sekitar Jogja. Harganya pun tak terlalu mahal dan cukup terjangkau. Jadi, bagi kamu yang ingin mencari pengalaman baru dalam menyantap makanan, coba datang ke warung tradisional di Jogja untuk merasakan sensasi makan yang cukup berbeda.

Wisata kuliner malam di Jogja yang menawan


Wisata kuliner malam di Jogja

Jogja dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang tak hanya memiliki banyak tempat wisata, namun juga kuliner khas yang lezat. Berbagai hidangan khas Jogja dapat kamu temukan di berbagai tempat wisata kuliner yang tersebar di seluruh penjuru kota. Jika kamu ingin mencoba wisata kuliner di Jogja di malam hari, berikut beberapa tempat rekomendasi yang bisa kamu kunjungi.

1. Warung Handayani


Warung Handayani

Warung Handayani menyajikan menu Nasi Gudeg, salah satu hidangan khas Jogja yang wajib dicoba. Menjadi salah satu warung kuliner yang telah beroperasi selama lebih dari 40 tahun, sehingga bukan hanya lezat tetapi juga terjamin kebersihannya. Kamu bisa menikmati hidangan ini dengan harga terjangkau mulai dari Rp10.000,- per porsi. Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai macam lauk pendamping seperti ayam, telur pindang, tempe, dan tahu bacem.

2. Angkringan Lik Man


Angkringan Lik Man

Siapa yang tidak tahu Angkringan Lik Man? Wajib hukumnya untuk mencicipi menu-menu unik dan khasikhas angkringan ini. Kamu bisa mencoba berbagai macam menu seperti Nasi Kucing dengan berbagai macam lauk, gorengan, dan tentunya minuman khas seperti angkringan dan wedang ronde. Suasananya yang khas bikin kamu betah berlama-lama di sini, apalagi dengan harga yang cukup ramah kantong mulai dari Rp1.000,- per itemnya.

3. D’Crepes


D'Crepes

Jika menyantap makanan khas Jogja sudah terlalu mainstream, kamu bisa mencoba tempat yang satu ini. D’Crepes menyajikan menu crepes dengan berbagai rasa dan topping yang menggoda selera. Pilihan toppingnya pun bervariasi, mulai dari nutella, stroberi, keju, hingga es krim. D’Crepes juga menyediakan menu lain seperti pasta dan berbagai minuman segar. Tempatnya berada di Jalan Bantul dan buka setiap hari mulai pukul 17.00 WIB hingga 23.00 WIB. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dengan kisaran Rp25.000,- hingga Rp30.000,- per itemnya.

4. Jejamuran


Jejamuran

Jejamuran tidak sekedar menawarkan makanan lezat, tetapi juga memiliki konsep tempat makan yang unik karena memiliki desain yang identik dengan padepokan. Kamu bisa menikmati berbagai jenis masakan yang bahan utamanya menggunakan jamur, antara lain jamur crispy, jamur goreng, mie, dan masih banyak lagi. Selain itu, Jejamuran juga menyediakan berbagai jenis minuman segar yang cocok untuk melengkapi santapan malammu. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau mulai dari Rp5.000,- hingga Rp70.000,- per itemnya, tergantung pada jenis makanan yang dipesan.

5. Gudeg Prawirotaman


Gudeg Prawirotaman

Gudeg Prawirotaman menjadi salah satu tempat wisata kuliner yang ramai dikunjungi, terutama di malam hari. Gudeg yang disajikan sangat lezat, dengan bahan yang menggunakan ayam kampung dan kacang kedelai utuh serta rempah yang khas. Kamu bisa menikmati menu gudeg spesial dengan harga Rp20.000,- dan lainnya mulai dari Rp7.000,- per porsi. Keunikan dari gudeg Prawirotaman dibandingkan gudeg di tempat lainnya adalah penggunaan bahan daun jati yang membuat gudegnya terasa lebih khas dan cocok disantap dengan Pendapatan Nasi Rames atau Nasi Uduk.

Itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner malam di Jogja yang menawan dan patut untuk dicoba. Sekarang kamu tinggal memilih mana yang akan dikunjungi terlebih dahulu. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan khas Jogja di malam hari.

Tempat kuliner dengan pemandangan alam yang indah di sekitar Jogja


Wisata Alam Jogja

Wisata kuliner Jogja selalu memiliki keunikan tersendiri, tidak hanya dengan citarasa yang khas, tetapi juga dengan lokasi yang menawan. Banyak tempat wisata kuliner di Jogja yang menawarkan pemandangan alam yang indah di sekitarnya, cocok untuk dinikmati bersama keluarga maupun teman-teman. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat kuliner dengan pemandangan alam yang indah di sekitar Jogja yang harus kamu coba:

1. Indrayanti Beach Resto


Indrayanti Beach Resto

Indrayanti Beach Resto adalah salah satu tempat wisata kuliner yang terletak di sekitar Pantai Indrayanti di Yogyakarta. Tempat wisata kuliner ini menyajikan berbagai menu seafood dengan cita rasa yang lezat. Kamu dapat menyantap hidangan sambil menikmati keindahan panorama alam pantai yang sangat memukau. Di sini, kamu juga bisa melihat matahari terbenam yang sangat indah. Harga makanan di Indrayanti Beach Resto terbilang cukup terjangkau, sekitar Rp 50.000-100.000 per orang.

2. Bale Raos


Bale Raos

Bale Raos adalah salah satu restoran mewah yang menyajikan masakan tradisional Jawa dengan pemandangan yang indah. Restoran ini memiliki taman yang hijau dan kolam ikan yang sangat memukau dan menyajikan beberapa hidangan tradisional seperti nasi gudeg, ayam goreng kampung, sate kere dan masih banyak lagi dengan cita rasa yang enak. Suasana di Bale Raos sangat nyaman dan tenang, cocok untuk bersantai dengan keluarga atau teman-teman. Harga makanan di Bale Raos sekitar Rp 75.000-150.000 per orang.

3. The Peak Resto


The Peak Resto

Tempat wisata kuliner ini merupakan restoran dengan konsep outdoor yang menyajikan berbagai makanan lezat dengan panorama Kota Jogja yang indah. The Peak Resto berada di atas tebing Bukit Bintang yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Makanan yang disajikan di sini juga sangat beragam dengan harga yang bervariasi. Harga makanan di The Peak Resto sekitar Rp 50.000 – 150.000 per orang. Restoran ini cocok dikunjungi pada malam hari karena pemandangan kota yang begitu indah pada malam hari.

4. Kopi Ledhek


Kopi Ledhek

Bagi kamu pecinta kopi, Kopi Ledhek bisa jadi pilihan yang tepat untuk menikmati aroma khas kopi Jogja sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Tempat wisata kuliner ini berlokasi di perbukitan Bukit Gledug, cukup jauh dari keramaian kota dan lebih menawarkan pemandangan persawahan yang masih alami dengan suasana tenang. Selain minuman kopi dengan aroma dan rasa yang khas, Kopi Ledhek juga menyajikan makanan ringan seperti pisang goreng dan lemper. Harga makanan di Kopi Ledhek sekitar Rp 20.000-50.000 per orang. Kopi Ledhek buka setiap hari dari pukul 08.00-20.00 WIB.

Jogja memang selalu menawarkan pengalaman baru, termasuk dalam segi wisata kuliner. Bagi kamu yang ingin menikmati makanan dengan suasana yang indah dan menawan, tidak ada salahnya mencoba beberapa tempat kuliner dengan pemandangan alam yang indah di sekitar Jogja di atas. Selamat mencoba!

Kuliner Jogja yang Ramah di Kantong bagi Pelajar dan Backpacker


Jajan Kuliner Jogja yang Ramah di Kantong Pelajar dan Backpacker

Ketika berbicara tentang wisata kuliner di Yogyakarta, tidak perlu merogoh kocek yang dalam hanya untuk mencicipi makanan lezat yang tersedia di sini. Sebagai kota pelajar, Jogja menawarkan banyak pilihan kuliner yang lezat dan murah yang cocok bagi para pelajar dan backpacker. Berikut adalah lima kuliner Jogja yang ramah di kantong bagi pelajar dan backpacker:

1. Gudeg Pawon


Gudeg Pawon

Salah satu tempat makan yang wajib dikunjungi ketika berada di Jogja adalah Gudeg Pawon. Tempat makan yang buka selama 24 jam ini selalu ramai dikunjungi oleh pelajar maupun backpacker karena harganya yang terjangkau. Gudeg Pawon menyajikan masakan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan berbagai rempah-rempah yang membuatnya sangat lezat. Harga satu porsi di Gudeg Pawon hanya sekitar 15 ribu hingga 25 ribu rupiah saja.

2. Bakmi Mbah Mo


Bakmi Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo adalah salah satu tempat makan yang cocok bagi para pelajar dan backpacker. Harga yang terjangkau dan rasa yang lezat membuatnya selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Bakmi Mbah Mo menyajikan mie ayam dengan kaldu ayam yang kaya rasa, dan juga terdapat menu lainnya seperti mi goreng, nasi goreng, dan banyak lagi. Harga satu porsi mie ayam di Bakmi Mbah Mo hanya sekitar 20 ribu rupiah saja.

3. Kipo-Kipo


Kipo-Kipo

Kipo-Kipo adalah sebuah kue khas Yogyakarta yang terbuat dari kelapa parut dan gula merah. Kue ini dijual di banyak tempat di Jogja, namun salah satu tempat terkenal untuk mencicipinya adalah di Toko Kue Kipo-Kipo. Kue ini sangat cocok sebagai oleh-oleh karena harganya yang terjangkau dan juga bisa bertahan lama. Harga satu bungkus kue Kipo-Kipo di Toko Kue Kipo-Kipo hanya sekitar 10 ribu rupiah saja.

4. Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong adalah salah satu kuliner Jogja yang cukup terkenal. Sate ini disajikan dengan potongan daging ayam atau sapi yang dipanggang dengan bumbu rempah-rempah. Satenya nikmat dan harganya terjangkau, sehingga cocok bagi para pelajar atau backpacker. Harga satu porsi sate klathak di warung Pak Pong hanya sekitar 20 ribu rupiah saja.

5. Nasi Kucing


Nasi Kucing

Nasi Kucing adalah makanan khas Jogja yang cukup terkenal karena harganya yang terjangkau dan rasanya yang khas. Nasi Kucing disajikan dalam porsi kecil yang cocok sebagai lauk tambahan atau camilan. Nasi Kucing tersedia di banyak warung makan di Jogja dengan harga yang sangat terjangkau, biasanya hanya sekitar 1 ribu rupiah per porsi. Anda dapat mencoba nasi kucing di Pasar Legi atau di jalan Malioboro.

Itulah lima kuliner Jogja yang ramah di kantong bagi pelajar dan backpacker. Selain kelima kuliner di atas, masih banyak lagi makanan lezat lainnya di Jogja yang harganya terjangkau. Oleh karena itu, saat berkunjung ke Jogja, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner-kuliner enak di atas.

Enaknya Kuliner di Jogja: Wisata Kuliner yang Bikin Lidah…

Warung Sate Sapi Pak Pong Jogja tak hanya terkenal dengan keindahan bicaranya, namun juga terkenal akan wisata kuliner di setiap sudutnya. Namanya saja pernah...
Ar Rayan Alif
7 min read

Kuliner Jogja: Menikmati Kelezatan Bakmi

Sejarah Bakmi di Jogja Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budayanya. Budaya tersebut juga diwariskan pada makanannya. Salah satunya...
Ar Rayan Alif
5 min read

Menikmati Wisata Kuliner Jogja yang Menggoyang Lidah

Keunikan Instagram Wisata Kuliner Jogja Jogja dikenal sebagai salah satu kota yang sangat kaya akan kuliner. Ada banyak makanan khas Jogja yang menjadi tujuan...
Ar Rayan Alif
9 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *