5 Rekomendasi Kuliner Wajib Coba di Jogja

Kuliner Nostalgia yang Harus Kamu Cicipi di Jogja


Ketika kamu berada di Jogja, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi salah satu kuliner nostalgia yang populer di kota ini, yaitu sate klatak.

Sate klatak merupakan varian dari sate kambing yang dibuat dengan daging kambing yang kemudian diiris tipis, dicampur dengan bumbu, dan panggang di atas arang. Satenya pun memiliki tampilan yang unik dan berbeda dengan sate lain, karena irisan dagingnya disajikan dengan tulang.

Jika kamu ingin mencoba sate klatak, datanglah ke Tempat Makan Sate Klatak Pak Pong, yang berlokasi di Jalan Kaliurang km. 18,4.

Selain sate klatak, ada juga sate kelinci yang bisa kamu coba di Jogja. Sate kelinci di Jogja hampir sama dengan sate ayam atau sate kambing, namun daging kelinci diolah dengan bumbu khas dan kemudian dipanggang. Rasanya enak, empuk, dan lezat. Banyak tempat makan di Jogja yang menyediakan sate kelinci, namun salah satu yang terkenal adalah warung Sate Kelinci Pak Tri di Maguwoharjo, Depok.

Bagi yang menyukai makanan berkuah, gudeg adalah jawaban yang tepat. Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan bumbu rempah dan santan, kemudian disajikan dengan nasi, ayam suwir, telur pindang, krecek, dan sambal goreng krecek. Gudeg jadi makanan favorit di Jogja karena rasanya yang manis, lezat, dan khas.

gudeg jogja

Salah satu tempat gudeg legendaris di Jogja adalah Gudeg Yu Djum, yang berlokasi di Jalan Wijilan No.167, Kota Yogyakarta. Tempat makan ini selalu ramai pengunjung, bahkan jika kamu ingin mencicipi gudeg di sini, kamu harus sabar menunggu.

Nah, itu dia beberapa kuliner nostalgia yang harus kamu cicipi jika kamu berada di Jogja. Jangan lupa mencoba dan rasakan sensasi makanannya!

Warung Makan Khas yang Wajib Dikunjungi di Jogja


Warteg Jogja

Setelah mengenal kuliner khas Jogja seperti nasi gudeg, lesehan, dan jajanan pasar, saatnya untuk mencoba makan di warung khas Jogja lainnya. Warung-warung makan dengan menu nasi campur atau nasi rames seperti warteg dan warung padang sangat populer di Jogja. Nah, berikut adalah beberapa warung makan khas yang wajib dikunjungi di Jogja:

1. Warteg Bu Kris


Warteg Bu Kris

Warteg Bu Kris memiliki dua cabang yang berada di daerah Caturtunggal dan Depok, dan menjadi salah satu warteg paling populer di Jogja. Warteg ini menyajikan berbagai macam lauk pauk, sayuran, dan sambal yang lezat di atas nasi putih. Harga di Warteg Bu Kris juga terjangkau dengan rasa yang sangat terjamin, dimana setiap lauk pauk yang dicatat bisa langsung dimasak dan disajikan kepada pembeli. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan menu berbagai jenis gorengan, seperti bakwan, risol, atau tahu untuk menambah cita rasa.

2. Laskar Melayu


Laskar Melayu

Laskar Melayu adalah sebuah warung makan sederhana, yang menyajikan menu makanan Padang. Pilihan menu dimulai dari nasi, opor ayam, rendang, sampai gulai kambing, lengkap dengan sayur dan sambal. Harganya cukup terjangkau dengan rasanya yang istimewa. Pilihan waktu untuk makan di Laskar Melayu juga cukup fleksibel, karena mereka buka dari pukul 9 pagi hingga 9 malam. Lokasinya juga sangat strategis, yaitu di Jalan C.iksa Atmaja No. 68.

Jangan lupa jika kamu berkunjung ke Jogja, untuk mencicipi dan menikmati berbagai kuliner khas. Ada banyak pilihan warung makan enak serta murah di Jogja yang bisa kamu kunjungi, salah satunya adalah Warteg Bu Kris dan Laskar Melayu. Selamat mencoba.

Rekomendasi Kuliner Jogja untuk Wisatawan Muslim


Kuliner Halal Favorit untuk Wisatawan Muslim di Jogja


Kuliner Halal Jogja

Kota Yogyakarta atau Jogja adalah kota budaya yang terkenal dengan panorama alamnya yang indah, juga kulinernya yang khas dan menggugah selera. Namun, pecinta kuliner Muslim harus selektif dalam memilih makanan yang akan dinikmati selama berwisata di Jogja.

Berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner halal favorit wisatawan Muslim di Jogja.

1. Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong adalah tempat makan sate khas Jogja yang legendaris. Kuliner ini berbeda dengan sate pada umumnya, karena sate yang dihidangkan berukuran lebih kecil dari biasanya dan tidak dipanggang di atas arang. Sate ini justru disajikan di dalam wadah kerak tanah liat kecil dan dimasak menggunakan arang kendil yang menjadikan daging terasa lebih gurih dan aromanya lebih khas.

Paket sate klathak terdiri dari 20 tusukan sate ditambah lontong, irisan mentimun, dan bawang merah. Daging yang digunakan juga cukup variatif, mulai dari sapi, kambing, ayam, hingga usus yang dicampur dengan bumbu kacang yang kental dan pedas.

Alamat: Jl. Kaliurang KM 12,5, Pakembinangun, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

2. Gudeg Mbah Lindu


Gudeg Mbah Lindu

Gudeg Mbah Lindu adalah tempat makan gudeg yang legendaris di Jogja. Gudeg ini terkenal karena diolah dengan resep tradisional yang turun temurun dan dijamin halal karena menggunakan bahan-bahan yang pasti halal, yang menghasilkan cita rasa yang otentik.

Menu yang ditawarkan cukup variatif, mulai dari nangka muda yang gudegnya ‘mencapai’ hingga idolanya, yaitu ‘sego kucing’. Selain itu, juga terdapat sambal goreng krecek, ayam suwir, dan berbagai lauk lainnya yang cocok disantap dengan nasi.

Alamat: Jl. Sitihinggil Selatan No.78A, Bausasran, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55213

3. Ayam Goreng Suharti


Ayam Goreng Suharti

Makanan yang tak kalah direkomendasikan adalah Ayam Goreng Suharti. Ayam goreng Suharti terkenal dengan cita rasa ayam yang empuk, kulit yang renyah dan kering, serta bumbu yang meresap sempurna. Selain ayam goreng, terdapat juga menu gorengan lain yang tidak kalah lezat seperti tempe, tahu, dan bakwan jagung.

Bukan hanya lezat, ayam goreng yang diolah bersih dan sehat menjadi pilihan terbaik bagi para wisatawan musim yang ingin menikmati kuliner dengan cita rasa lezat namun tetap menjaga kesehatan.

Alamat: Jl. Laksda Adisucipto No.207C, Catur Tunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

4. Soto Ayam Ambengan Pak Sadi


Soto Ayam Ambengan Pak Sadi

Bagi pecinta soto, Soto Ayam Ambengan Pak Sadi menjadi salah satu kuliner halal favorit wisatawan Muslim di Jogja yang wajib dicoba. Kuliner ini terkenal dengan ciata rasa kaldu ayamnya yang kaya dan unik.

Salah satu menu andalannya yang jadi favorit wisatawan adalah soto ayam. Soto ayam yang dihidangkan dengan nasi putih, mi, telur kecap, dan kerupuk ini, memiliki kuah yang segar dan gurih serta potongan ayam yang empuk dan lezat.

Alamat: Jalan Wijilan No.31, Wijilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55251

Jogja memang memiliki banyak kuliner yang begitu lezat. Namun, sebagai wisatawan muslim, memilih kuliner yang halal dan bersih menjadi suatu keharusan. Oleh karena itu, dengan mengetahui kuliner halal favorit wisatawan Muslim di Jogja, kita bisa menikmati lezatnya kuliner Jogja tanpa harus khawatir.

Kawasan Kuliner Baru yang Hits di Jogja


Kawasan Kuliner Baru yang Hits di Jogja

Yogyakarta memang selalu menyimpan banyak kejutan dan hal baru yang sangat menarik untuk dijelajahi. Terutama bagi para pecinta kuliner, Jogja selalu menawarkan berbagai macam kuliner yang sangat khas dan lezat. Salah satu hal baru yang ada di Jogja adalah munculnya kawasan kuliner baru yang hits dan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Berikut ini adalah beberapa kawasan kuliner baru yang menjadi rekomendasi bagi kalian yang ingin kulineran di Jogja.

1. Kayen Restaurant and Sky Lounge


Kayen Restaurant and Sky Lounge

Kayen Restaurant and Sky Lounge menjadi salah satu pilihan terbaik bagi kalian yang ingin menikmati makanan lezat dengan suasana yang nyaman dan elegan. Terletak di Jalan Kayen Utara, Jogja, restoran ini memiliki konsep modern dan minimalis dengan dominasi warna putih dan hitam. Kayen Restaurant and Sky Lounge menawarkan berbagai macam hidangan seperti, Thai Mango Salad, Crispy Duck with Sambal Matah, dan juga Sirloin Steak.

2. Kopi Tubruk Jogja Vaganza


Kopi Tubruk Jogja Vaganza

Kopi Tubruk Jogja Vaganza menjadi salah satu café yang hits dan selalu ramai dikunjungi oleh turis lokal maupun internasional. Terletak di Jalan Tirtodipuran, Jogja, Kopi Tubruk Jogja Vaganza menawarkan kopi tubruk yang khas dan aroma yang khas dari tempat pengolahan kopi yang berada di Jogja. Selain kopi tubruk, café ini juga menyediakan berbagai kudapan dan makanan ringan yang cocok dinikmati saat bersantai.

3. Maestro Food Hall


Maestro Food Hall

Maestro Food Hall menjadi pusat kuliner baru yang hits dan selalu ramai oleh pengunjung. Terletak di Jalan Monjali, Jogja, Maestro Food Hall menawarkan berbagai macam pilihan kuliner yang bervariasi dari masakan Indonesia, Western, kue-kue, hingga minuman seperti kopi dan juice. Selain itu, Maestro Food Hall juga menawarkan suasana yang nyaman dan elegan dengan dekorasi interior yang modern dan minimalis.

4. Bakmi Jawa Bu Tumini


Bakmi Jawa Bu Tumini

Bakmi Jawa Bu Tumini menjadi salah satu kuliner khas Jogja yang harus kalian cicipi saat berkunjung ke Jogja. Terletak di Jalan Langenharjo, Bakmi Jawa Bu Tumini menawarkan bakmi jawa yang lezat dengan harga yang terjangkau. Selain bakmi jawa, Bu Tumini juga menyediakan nasi goreng, mie godhog, dan juga sate kambing yang menjadi menu andalan. Bu Tumini juga memiliki suasana yang nyaman dan cocok untuk dijadikan tempat nongkrong bersama teman atau keluarga.

5. Chizze Restaurant & Desserts


Chizze Restaurant & Desserts

Chizze Restaurant & Desserts menjadi salah satu tempat kuliner baru yang hits dan selalu ramai dikunjungi turis lokal maupun internasional. Terletak di Jalan C. Simanjuntak, Chizze Restaurant & Desserts akan menyajikan berbagai macam jenis makanan. Di sini Anda bisa menikmati makanan khas regional Indonesia, seperti Sate Ayam Manis dan Nasi Goreng Daging Empuk. Chizze Restaurant & Desserts juga menyediakan aneka minuman dan dessert yang sangat menggiurkan dan lezat, seperti milkshake dan kudapan tropikal.

6. Tirta Resto & Lounge


Tirta Resto & Lounge

Tirta Resto & Lounge menjadi tempat kuliner yang hits dan salah satu destinasi wisata kuliner yang sangat populer di Jogja. Terletak di Jalan Magelang Km 5.7, Tirta Resto & Lounge menawarkan menu-menu yang super lezat, seperti Tajil Ayam, Ikan Kakap Panggang, hingga Sup Kambing. Di sini Anda juga bisa menikmati suasana malam Jogja yang kekinian dengan nongkrong di rooftop Tirta Resto & Lounge yang indah dan berkelas.

Itulah beberapa kawasan kuliner baru yang hits dan selalu ramai dikunjungi wisatawan. Bagi kamu yang ingin mencari pengalaman baru dalam bidang kuliner, segera kunjungi destinasi kuliner di atas dan nikmati sensasi kuliner yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya.

Kuliner Malam yang Harus Kamu Coba di Jogja


Jajan Malam Jogja

Ketika berkunjung ke Yogyakarta, selain wisata sejarah yang bikin kagum, sebetulnya kelezatan kuliner Jogja juga tak kalah menjadikan seseorang ketagihan. Selain kuliner siang hari, malam hari pun Jogja menyimpan banyak aneka kuliner yang menantang lidah untuk dicoba. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa kuliner malam yang harus kamu coba ketika berada di Yogyakarta.

1. Angkringan.

Angkringan Jogja

Bagi sebagian warga Jogja, nongkrong di angkringan malam hari adalah kegiatan yang lumrah. Karena itu, ketika berkunjung ke Jogja, kamu wajib mencoba wisata kuliner malam yang satu ini. Angkringan merupakan tempat makan yang berjualan makanan ringan dan minuman dengan harga sangat terjangkau. Kamu bisa memesan segala jenis jajanan mulai dari nasi kucing, sate usus hingga wedang jahe dengan harga yang sangat terjangkau. Tempatnya pun beragam, kamu dapat menemukannya di berbagai sudut kota Jogja baik yang berupa mobil tua yang difungsikan sebagai angkringan keliling atau angkringan tetap yang menjual segala jenis jajanan.

2. Soto Kadipiro.

Soto Kadipiro

Hidangan yang satu ini merupakan soto khas Jogja. Harganya yang cukup terjangkau dan rasanya yang enak, menjadikan Soto Kadipiro menjadi favorit bagi masyarakat Jogja. Berlokasi di Jalan Kadipiro, Soto Kadipiro ini memiliki cita rasa yang khas, dikombinasi dengan rempah-rempah dan bahan turun-menurun, sehingga tidak heran bila tempat tersebut selalu ramai pengunjung. Pilihan kuah yang tersedia ada kuah bening atau kuah krecek yang sudah terkenal di Jogja.

3. Gudeg Pawon.

Gudeg Pawon

Kuliner malam Jogja selanjutnya yang wajib dicicipi adalah Gudeg pawon. Dari namanya sudah unik, “pawon” yang memiliki arti dapur tradisional atau tempat memasak ala Jogja. Selain itu, dalam pepohonan, tepatnya di Jalan Drupadi, Karangjati, Sinduadi, Mlati, Sleman, kamu bisa menemukan gerobak yang berjualan. Gudeg Pawon ini mempunyai cita rasa gudeg yang khas, dengan tekstur dagingnya yang lembut, manis dan tipis serta kuahnya yang gurih. Di samping rasa yang nikmat, para wisatawan juga tertarik lantaran pelayanannya yang sehat.

4. Bebek Goreng H. Slamet.

Bebek Goreng H. Slamet

Indonesia memang identik dengan kuliner bebek, termasuk Jogja. Bebek Goreng H. Slamet memang salah satu menu andalan yang harus dicoba ketika berada di Jogja. Gerai ini terletak di jalan Kaliurang KM 8. Bebek Goreng H. Slamet menyajikan hidangan bebek goreng krispi yang gurih di luar dan empuk di dalamnya. Cocok dijadikan menu malam hari.

5. Warung Makan Pak Bari.

Warung Makan Pak Bari

Terakhir, tempat makan malam di Jogja yang harus kamu coba adalah Warung Makan Pak Bari. Sebuah warung makan sederhana yang bersih dan terletak di Kalasan, Sleman. Warung makan ini menyajikan berbagai jenis hidangan, dari sup ikan, tempe mendoan, hingga nasi goreng. Ramuan rempah yang dibuat dengan baik dan perpaduan bahan yang pas menjadikan cita rasa masakan Pak Bari sungguh luar biasa.

Itulah lima rekomendasi kuliner malam yang wajib kamu coba saat berada di Jogja. Selain cita rasa masakan yang nikmat, kamu juga bisa merasakan suasana dan budaya Jogja yang menyenangkan. Jangan lupa untuk memilih hidangan yang sesuai dengan selera.

Enaknya Kuliner di Jogja: Wisata Kuliner yang Bikin Lidah…

Warung Sate Sapi Pak Pong Jogja tak hanya terkenal dengan keindahan bicaranya, namun juga terkenal akan wisata kuliner di setiap sudutnya. Namanya saja pernah...
Ar Rayan Alif
7 min read

Kuliner Jogja: Menikmati Kelezatan Bakmi

Sejarah Bakmi di Jogja Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budayanya. Budaya tersebut juga diwariskan pada makanannya. Salah satunya...
Ar Rayan Alif
5 min read

Menikmati Wisata Kuliner Jogja yang Menggoyang Lidah

Keunikan Instagram Wisata Kuliner Jogja Jogja dikenal sebagai salah satu kota yang sangat kaya akan kuliner. Ada banyak makanan khas Jogja yang menjadi tujuan...
Ar Rayan Alif
9 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *