Kuliner

10 Rekomendasi Kuliner di Sekitar Malioboro Yogyakarta

Kuliner Legendaris di Kaki Malioboro


Bakmi Gajah Mada Yogyakarta

Malioboro is one of the most famous tourist attractions in Yogyakarta. This area is known for its various culinary specialties that are rich in taste and affordable prices. Here are some legendary culinary recommendations in the Kaki (foot) Malioboro area that you must try:

Bakmi Gajah Mada


Bakmi Gajah Mada Yogyakarta

Bakmi Gajah Mada is one of the legendary culinary specialties that you can only find in the Kaki Malioboro area. This noodle dish has been around since 1963 and has consistently maintained its quality ever since. What makes Bakmi Gajah Mada special is its savory broth that is made from chicken bones, shrimp, and special spices. Coupled with thick noodles and chicken meat that is seasoned with soy sauce, this dish is truly mouth-watering. In addition to the savory taste, the portion is quite large with a very affordable price (starting from IDR 12,000), making it the perfect choice for those of you who want to fill up your tummy without breaking the bank.

Bakmi Gajah Mada is open from 9 a.m. to 9 p.m., and is always crowded with customers eager to enjoy the deliciousness of this legendary noodle dish. If you’re planning to come during the peak hours (lunch and dinner), you should be prepared to queue and wait for a bit before you can taste this legendary dish.

Do not forget to ask for the special sambal (chili paste) that is available at each table to add a spicy kick to your Bakmi Gajah Mada experience. And if you are a fan of tofu and tempeh, you can also add them as a side dish to accompany your meal.

Bakmi Gajah Mada is located on Jalan Gajah Mada No. 31, Yogyakarta. The location is quite strategic and easy to find, being only about 200 meters north of the famous Tugu Yogyakarta Monument. So, if you haven’t tried this legendary noodle dish yet, make sure to stop by Bakmi Gajah Mada when you visit Kaki Malioboro.

Menu Padang Paling Favorit di Sekitar Malioboro


Menu Padang

Jogja memang selalu menjadi tempat yang menarik untuk dijelajahi karena banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi, termasuk tempat-tempat kuliner yang terkenal. Salah satu makanan yang paling diminati oleh penduduk lokal dan turis di Jogja adalah makanan Padang. Makanan ini banyak ditemukan di sekitar Malioboro.

Nasi Padang

Nasi Padang adalah salah satu makanan Padang yang paling terkenal hingga ke seluruh Indonesia. Rasa khas bumbu masakan yang pedas dan gurih serta daging empuk dalam hidangan nasi Padang memang membuat banyak orang tergoda. Nasi Padang tersedia di banyak kedai makanan di sekitar Malioboro. Harga yang diberikan mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 50.000, namun Anda dapat menikmati makanan enak di kedai-kedai ini.

Rendang Padang

Rendang Padang adalah hidangan masakan yang paling dijaga oleh orang-orang di Sumatra Barat. Masakan ini juga sangat populer di Jogja dan sering dijumpai di daerah Malioboro. Rendang biasanya dibuat dari daging sapi, dipotong kecil-kecil, dan dimasak dalam waktu yang sangat lama. Rendang Padang memiliki cita rasa pedas dan gurih yang sangat khas dari bumbu rendang yang digunakan. Hidangan ini cocok disajikan dengan nasi hangat. Anda tidak akan kecewa jika mencoba rendang Padang di sekitar Malioboro.

Gulai Ikan Padang

Gulai Ikan adalah salah satu masakan khas Sumatra Barat yang sangat digemari oleh orang di Jogja. Gulai berbahan dasar ikan ini biasanya dimasak dengan santan dan rempah-rempah pilihan yang khas dari masakan Padang. Gulai yang dijual di daerah Malioboro di Jogja memiliki rasa yang sangat lezat dan cocok sekali disajikan dengan nasi hangat. Gulai Ikan Padang yang dijual di Malioboro juga terkenal dengan aroma dan kelezatan yang sangat khas.

Pempek

Pempek begitu populer bagi orang Sumatra Selatan dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia, termasuk di daerah Malioboro Jogja. Pempek terbuat dari daging ikan dan biasanya disajikan dengan kuah cuka dan bumbu rempah khas. Hidangan ini sangat cocok dijadikan sebagai camilan dan disajikan sebagai hidangan pembuka. Jadi, jangan lewatkan untuk mencoba Pempek ketika berada di sekitar Malioboro.

Sate Padang

Sate Padang merupakan salah satu makanan terpopuler di Jogja. Bumbu kacang coklat yang disiramkan pada daging ayam atau daging sapi yang lezat, sangat cocok untuk disajikan sebagai hidangan pembuka. Sate Padang dijual di banyak tempat di sekitar Malioboro Jogja, tempatnya pun sangat ramai dan cukup mudah untuk ditemukan. Jangan lupa untuk mencoba Sate Padang ketika berkunjung ke Malioboro.

Nah, itu dia beberapa menu Padang yang paling populer di sekitar Malioboro, Jogja. Jangan ragu untuk mencoba hidangan Padang yang lezat tersebut saat Anda berlibur ke Jogja.

Nongkrong Asik dengan Kopi dan Snack Enak


Makanan Enak di Jogja

Berbicara tentang kuliner di kawasan Malioboro, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas rekomendasi tempat nongkrong yang asik dengan menikmati kopi dan snack enak. Terutama bagi Anda yang suka nongkrong di kafe, Anda akan dimanjakan dengan berbagai pilihan kopi dan makanan ringan yang enak dan harganya terjangkau di daerah ini.

Salah satu tempat nongkrong yang direkomendasikan di daerah Malioboro adalah Kedai Kopi Sastro. Terletak di Jl. Dagen No.14, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, kedai kopi ini mempunyai desain dan nuansa yang nyaman serta tempat yang luas sehingga dapat menampung banyak pengunjung. Di kedai ini, Anda bisa menikmati berbagai jenis kopi, mulai dari kopi latte, cappuccino, espressso, hingga kopi manual dari berbagai daerah.

Kedai Kopi Sastro

Selain kopi, Kedai Kopi Sastro juga menyajikan makanan ringan yang sehat dan lezat, seperti roti bakar dengan berbagai toppings, roti kukus, bakpao, dan banyak lagi. Harga yang ditawarkan juga cukup murah, sehingga Anda bisa menikmati kopi dan makanan ringan favorit Anda dengan budget yang minim.

Rekomendasi kedai kopi berikutnya yang juga recommended untuk nongkrong dengan teman-teman atau keluarga di kawasan Malioboro adalah Kopi Manyar. Terletak di Jl. Prawirotaman No.20b, Kota Yogyakarta, kedai kopi ini menawarkan kopi berkualitas dengan harga yang terjangkau. Selain itu, lokasinya yang strategis di kawasan Prawirotaman, serta desainnya yang unik, membuat Kopi Manyar selalu ramai dikunjungi pengunjung.

Kopi Manyar

Menu kopi yang disajikan di Kopi Manyar memang cukup bervariasi, seperti kopi arabica, robusta, dan kopi manual. Bagi penggemar kopi yang ingin mencoba sesuatu yang unik dan berbeda, Anda bisa mencoba kopi susu Manyar yang legendaris di kedai ini. Selain kopi, Kopi Manyar juga menyajikan makanan-makanan ringan seperti nasi goreng, mie goreng, mie ayam, dan berbagai hidangan lainnya.

Nah, bagi Anda yang ingin menikmati suasana tempat nongkrong yang asik di kawasan Malioboro, kedai kopi Oasis Cafe bisa menjadi pilihan tepat. Terletak di Jl. Dagen No.7, Sosromenduran, Gedongtengen, Kota Yogyakarta, kedai kopi ini mempunyai konsep outdoor yang unik dengan nuansa alam yang asri.

Oasis Cafe

Selain tempatnya yang Instagramable, makanan dan minuman yang disajikan di Oasis Cafe juga cukup beragam dan lezat. Salah satu menu andalannya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Rainbow Gelato.

Jadi, bagi Anda yang ingin mencari tempat nongkrong asik dengan kopi dan snack enak di sekitar Malioboro, Kedai Kopi Sastro, Kopi Manyar, dan Oasis Cafe bisa menjadi tempat pilihan yang tepat. Selain harga yang terjangkau, menu yang disajikan di tempat-tempat tersebut juga cukup bervariasi dan enak untuk dinikmati bersama teman dan keluarga. Mari nongkrong sambil menikmati suasana dan kuliner enak di Malioboro!

Kuliner Khas Indonesia yang Wajib Dicicipi di Malioboro


Sate Kere

Bagi para pecinta kuliner, kawasan Malioboro memang menjadi surganya kuliner di Yogyakarta. Selain menyediakan aneka kuliner lokal, kawasan ini juga menyediakan sejumlah hidangan khas Indonesia yang wajib kamu cicipi selama berada di Malioboro. Apa saja kuliner khas Indonesia tersebut? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Gudeg


Gudeg

Pertama kali melihat gudeg mungkin terlihat sepele dan biasa saja. Namun, rasanya yang manis dari berbagai rempah seperti kemiri, lengkuas, cabai merah, dan gula jawa yang dikombinasi dengan santan, membuat rasanya begitu nikmat. Gudeg biasanya disajikan dengan ayam kampung, telur, dan krecek, lalu ditambahkan nasi putih atau ketupat. Warung gudeg yang paling legendaris di kawasan Malioboro adalah Gudeg Yu Djum atau Gudeg Bu Tjitro.

2. Bakmi Jawa


Bakmi Jawa

Bakmi jawa merupakan makanan yang cukup terkenal di Yogyakarta. Seperti namanya, bakmi ini berasal dari Jawa Tengah yang kemudian berkembang di Yogyakarta dan menjadi salah satu kuliner yang ramai dijual di Malioboro. Pada umumnya, bakmi jawa disajikan dengan bumbu ayam dan potongan sayuran seperti irisan kol, seledri, dan daun bawang. Salah satu bakmi jawa legendaris di Malioboro adalah Bakmi Jawa Pak Pele.

3. Sate Kere


Sate Kere

Jika kamu berkunjung ke Malioboro, sate kere adalah salah satu kuliner paling terkenal di sana. Sate Kere adalah sate daging sapi atau ayam yang dibakar dengan bumbu kacang dan disajikan dengan lontong dan sayur lodeh. Yang membuat Sate Kere menjadi begitu spesial dan terkenal adalah harganya yang terjangkau namun rasanya tetap enak. Warung sate kere yang paling legendik di Malioboro adalah Sate Kere H. Slamet.

4. Soto


Soto

Soto adalah makanan yang sangat cocok untuk disantap di pagi hari. Soto merupakan semacam sup dengan ayam, sayuran, dan tambahan rempah-rempah seperti kunyit, bawang putih, dan jahe. Biasanya soto disajikan dengan nasi goreng atau nasi putih. Warung soto yang paling legendaris di Malioboro adalah Soto Pak Marto. Soto pak marto menyediakan soto dengan kuah yang gurih kental, dengan irisan daging ayam yang empuk, kerupuk, dan nasi putih. Rasanya yang nikmat pasti akan memanjakan lidah kamu.

5. Es Dawet


Es Dawet

Untuk melengkapi perjalanan kuliner kamu di Malioboro, jangan lupa mencoba es dawet. Es Dawet adalah minuman tradisional dari Jawa Tengah yang terdiri dari kelapa muda dan tepung ketan dengan kuah santan gula dan larutan air pandan yang segar. Ada beberapa kedai yang menyediakan es dawet, tetapi Es Dawet Bu Padmo menjadi salah satu pilihan yang paling populer di Malioboro.

Nah itulah beberapa rekomendasi kuliner khas Indonesia yang wajib kamu cicipi di Malioboro. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk mencicipi makanan yang lain ketika kamu berkunjung ke kawasan Malioboro.

Warung Pringsewu


Warung Pringsewu Jogja

Jika Anda mencari tempat makan yang murah meriah dan enak di sekitar Malioboro, maka Warung Pringsewu patut dicoba. Keunikan dari warung tersebut adalah penggunaan nasi merah yang dianggap lebih sehat daripada nasi putih biasa. Menu andalannya adalah Nasi Goreng Warung dan Nasi Goreng Kebuli yang bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp. 10.000 saja. Selain itu, tersedia juga menu pecel, sate, dan mi ayam yang tak kalah lezat dan terjangkau harganya. Jangan khawatir kalau tak punya banyak waktu, pesanannya bisa dibawa pulang atau disantap di tempat yang nyaman dan bersih. Suasana sederhana, harga terjangkau, dan juga rasa yang lezat membuat Warung Pringsewu menjadi pilihan tepat bagi Anda, terutama bagi para pelajar yang ingin menikmati kuliner murah dan lezat di sekitar Malioboro.

Tahu Petis Bu Narti


Tahu Petis Bu Narti Jogja

Bu Narti bukan sekadar sosok ibu rumah tangga biasa, tapi ia pedagang yang handal dan dikenal oleh banyak orang karena tahu petis yang dijualnya. Tempat makan yang sederhana ini menyajikan tahu goreng dengan bumbu petis yang khas dan memiliki rasa yang gurih dan lezat. Tempatnya selalu ramai pengunjung, namun jangan khawatir, Anda bisa membeli tahu petis ini dalam jumlah besar karena harganya memang cukup terjangkau. Cukup dengan Rp. 6.000, Anda bisa mendapatkan tahu petis sebanyak 4 buah. Tahu Petis Bu Narti cocok bagi Anda yang sedang mencari kuliner ringan dan murah meriah di sekitar Malioboro.

Bakmi Jowo Mbah Gito


Bakmi Jowo Mbah Gito Jogja

Warung makan selanjutnya yang cocok bagi pelajar di sekitar Malioboro adalah Bakmi Jowo Mbah Gito. Tempat ini berlokasi di Jalan Dagen No. 19, Malioboro, Yogyakarta. Banyak pengunjung yang datang ke sini hanya untuk menikmati satu menu andalan yang khas, yaitu bakmi campur. Bakmi campur Mbah Gito berisi mie rebus, irisan daging ayam, dan kuah santan yang kental dengan rasa yang nikmat. Selain bakmi campur, ada juga menu mie goreng yang tak kalah lezat. Harganya sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp. 7.000 sampai Rp. 10.000 saja. Bakmi Jowo Mbah Gito juga memiliki suasana yang sederhana dengan meja dan bangku kayu, namun mampu memberikan pengalaman makan yang tak terlupakan karena cita rasanya yang khas dan unik.

Gudeg Wijilan Mbak Yuni


Gudeg Wijilan Mbak Yuni

Gudeg Wijilan Mbak Yuni terkenal dengan kelezatan, kebersihan, dan pelayanannya yang memuaskan. Keunikan dari gudeg wijilan ini adalah warna gudeg kuning dan lebih segar karena tidak menggunakan gula kelapa dalam proses masaknya. Gudeg Wijilan Mbak Yuni hadir dengan banyak varian, mulai dari suwir, kupat tahu, telur, tempe, ayam, dll. Semua varian tersebut memiliki cita rasa yang lezat dan enak. Harganya juga terjangkau, sekitar Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000 saja per porsi. Kebersihan tempat makan juga menjadi nilai plus dalam menikmati hidangan yang enak ini.

Bakso Bakar Pak Man


Bakso Bakar Pak Man Jogja

Bakso Bakar Pak Man memang sudah dikenal sebagai kuliner khas Jogja. Keunikan dari bakso ini adalah bakarnya, bukan direbus yang biasanya. Proses bakarnya sendiri membuat daging bakso menjadi lebih segar dan kenyal. Selain itu, bakso bakar Pak Man juga memilih bahan-bahan berkualitas tinggi, dari bakso daging sapi yang kenyal hingga saus sambal yang pedas dan lezat. Harganya sekitar Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000 saja per porsi. Waktu belum sarapan atau belum makan siang, tidak ada salahnya mencoba bakso bakar Pak Man, yang bukan hanya cocok bagi pelajar, tapi juga bagi pecinta kuliner yang ingin mencoba hal baru.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button