Kuliner

Peta Kuliner Jogja: Wisata Kuliner Terbaik di Yogyakarta

Melahirkan Rasa Yogyakarta Lewat Kuliner


Kuliner Yogyakarta

Jogja sangat terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan menggugah selera. Banyak pengunjung datang ke daerah ini untuk mencicipi makanan khasnya yang terkenal di seluruh Indonesia. Bahkan, kuliner khas Jogja menjadi bagian penting dalam promosi wisata di Yogyakarta. Peta kuliner Jogja yang berisi daftar makanan khas memudahkan para wisatawan untuk mengeksplorasi area wisata sekaligus mencicipi makanan khas. Semua kuliner Jogja memiliki ciri khas yang berbeda-beda dan tidak ada yang bisa mengalahkan lezatnya.

Berikut adalah beberapa makanan khas Jogja yang harus dicoba:

Nasi Gudeg

Nasi Gudeg

Nasi Gudeg adalah hidangan nasi khas Jogja yang terbuat dari nangka muda, ayam, dan telur yang dimasak dalam kuah santan dengan rempah-rempah khas. Rasanya manis dan sangat sedap. Ketika Anda berada di Jogja, tidak akan sulit menemukan nasi gudeg di mana-mana. Salah satu tempat terbaik untuk mencoba nasi gudeg adalah di pusat kuliner Jalan Wijilan. Banyak restoran khas Jogja yang menyajikan nasi gudeg di sini, seperti Gudeg Yu Djum, Gudeg Permata, dan Gudeg Pawon.

Bakmi Jawa

Bakmi Jawa

Bakmi Jawa merupakan hidangan mie khas Yogyakarta dengan bumbu dan rempah-rempah khas Jawa yang sangat enak. Bakmi Jawa biasanya disajikan dengan irisan daging ayam atau sudah dihidangkan dengan suwiran ayam, rempah-rempah, dan telur. Salah satu tempat terbaik untuk mencari bakmi jawa adalah di kawasan Malioboro ataupun sekitar Klitikan. Bakmi Jawa Mbah Gito di kawasan Malioboro dan Bakmi Pak Pele di daerah Kraton menjadi satu di antara restoran yang terkenal dengan Bakmi Jawa mereka.

Sate Klathak

Sate Klathak

Sate Klathak adalah sajian sate yang terbuat dari daging sapi atau kambing dan ditusuk dengan tusuk bambu. Yang membedakan sate klathak dengan yang lainnya adalah cara pembakarannya. Sate klathak dimasak dengan menggunakan bara api yang berasal dari bara kayu. Hal ini membuat aroma bakar yang sangat khas dan memberikan nuansa alamiah pada sate klathak. Jika Anda mencari sate klathak yang paling terkenal di Jogja, maka Warung Pak Pong di daerah Bantul adalah pilihan terbaik.

Itulah beberapa hidangan kuliner Jogja yang sangat lezat dan menggugah selera. Setiap kuliner memiliki cita rasa yang khas dan akan membuat pengunjung merasakan perbedaan kuliner Jogja dibandingan kuliner lainnya. Jangan lupa cicipi sate klathak, bakmi jawa, nasi gudeg, dan makanan khas lainnya di Jogja. Ayo nikmati dan rasakan kelezatan kuliner Yogyakarta!

Jalan-jalan Halal Kuliner di Yogyakarta


Peta Kuliner Jogja

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata budayanya, namun juga terkenal dengan kuliner khasnya yang menggugah selera. Bagi pecinta kuliner halal, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat makan halal di Yogyakarta yang wajib untuk dicoba.

1. Gudeg Bromo Bu Teklik


Gudeg Bromo Bu Teklik

Gudeg Bromo Bu Teklik terkenal dengan gudegnya yang lezat dan berbeda dengan gudeg pada umumnya. Gudeg disini menggunakan bahan daging sapi yang empuk dan tidak berbau prengus, serta menggunakan bumbu yang pas. Selain gudeg, juga tersedia aneka menu khas jogja lainnya. Lokasinya sendiri terletak di Jalan Kaliurang KM 5,5, Sleman Yogyakarta.

2. Oseng Mercon Bu Narti


Oseng Mercon Bu Narti

Bagi yang suka pedas, Oseng Mercon Bu Narti ini layak untuk dicoba. Rasanya yang pedas dan nikmat akan membuat siapa saja ketagihan. Terlebih lagi, Oseng Mercon Bu Narti ini tidak mengandung bahan haram atau bahan tidak halal, jadi aman untuk dikonsumsi oleh orang muslim. Lokasinya di Jalan Pandega Mawar, Demangan, Yogyakarta.

Namun perlu diingat, bagi yang tidak terbiasa makan pedas disarankan mencoba level pedas yang rendah terlebih dahulu agar tidak terlalu terkejut dengan pedasnya.

3. Sate Padang Pak Ajo


Sate Padang Pak Ajo

Bagi yang ingin mencoba kuliner dari Sumatera Barat, bisa mencoba Sate Padang Pak Ajo di Yogyakarta. Sate Padang ini terbuat dari daging sapi pilihan dan bumbu kacang yang khas, serta sambal merah yang pedas. Lokasinya di Jalan Rejowinangun Selatan, Kota Yogyakarta.

4. Sop Ayam Pak Min


Sop Ayam Pak Min

Sop ayam menjadi salah satu menu andalan dari Sop Ayam Pak Min. Terbuat dari ayam yang empuk, kuah kaldu yang kental dan disajikan dengan nasi putih akan berpadu dengan sempurna. Lokasinya berada di Jalan Asem Gede nomor 3, Kota Yogyakarta.

5. Bakso Cak Man


Bakso Cak Man

Bakso Cak Man menjadi favorit di kota Yogyakarta. Bakso ini terkenal dengan rasanya yang khas dan juga terbuat dari bahan-bahan yang halal. Harga yang terjangkau juga menjadi salah satu keunggulan Bakso Cak Man. Lokasinya di Jalan Veteran, Umbulharjo, Yogyakarta.

Itulah beberapa rekomendasi tempat makan halal di Jogja yang wajib untuk dicoba. Dijamin makanan yang disajikan sangat lezat, sehingga membuat siapa saja ketagihan dan ingin datang lagi ke tempat tersebut. Selamat mencoba!

Mengintip Kuliner Tradisional Khas Yogyakarta


Kuliner Tradisional Khas Yogyakarta

Jogja adalah surganya kuliner di Indonesia. Dengan beragam jenis masakan khas yang dapat ditemui dimana saja, menjadikan kota ini menjadi salah satu destinasi kuliner terbaik. Berikut adanya kami membawa beberapa kuliner tradisional khas Yogyakarta yang wajib untuk dicoba.

Rujak Uleg


Rujak Uleg

Menu pertama yang wajib kamu coba saat di Jogja adalah rujak uleg. Yakni, campuran dari berbagai macam buah yang dihancurkan menggunakan gilingan batu. Campuran bumbu kacang yang sangat khas menjadikan rasa dari rujak uleg ini sangat unik dan menggugah selera. Rujak uleg dapat ditemukan di daerah Bantul, Yogyakarta dan biasanya disajikan dengan kerupuk pangsit.

Gudeg


Gudeg

Kuliner khas Jogja yang satu ini tentu saja tidak boleh terlewatkan. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah dan santan, menjadi makanan yang sangat menggoyang lidah. Biasanya, gudeg disajikan dengan berbagai macam lauk pendamping seperti ayam atau tempe bacem. Kamu dapat menemukan gudeg di daerah Wijilan, Jogja.

Nasi Langgi


Nasi Langgi

Untuk kamu yang sedang mencari lauk kemangi, cobalah untuk mencari Nasi Langgi saat berada di Jogja. Nasi Langgi merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari nasi yang dibungkus dalam daun pisang dan dihidangkan dengan berbagai macam lauk tambahan seperti ayam atau daging suwir, serta tahu tempe. Satu porsi nasi Langgi biasanya dapat kamu nikmati dengan harga sekitar 15 ribu rupiah.

Bakpia


Bakpia

Bagi kamu yang menyukai makanan yang manis-manis, Bakpia sangat cocok sebagai cemilan. Bakpia sendiri terbuat dari tepung yang diisi dengan kacang hijau, gula, dan mentega. Kemudian dipanggang hingga matang. Bakpia dapat kamu temukan di daerah Mlati maupun Kotagede Jogja dengan berbagai varian rasa seperti original, coklat, keju, dan masih banyak lagi.

Sate Klathak


Sate Klathak

Kuliner khas Jogja selanjutnya ialah Sate Klathak. Sate Klathak sendiri terdiri dari daging ayam atau sapi yang sudah dipotong-potong kemudian dibakar dengan campuran bumbu rempah spesial. Daging yang sangat empuk dan bumbu yang lezat menjadikan sate klathak sangat cocok dijadikan sebagai menu makanan ketika berada di Jogja. Kamu dapat mencarinya di daerah Dlingo, Bantul.

Bakmi Jawa


Bakmi Jawa

Jogja bukan hanya menghadirkan makanan yang lezat saja, tetapi juga menghadirkan menu yang sangat unik. Salah satunya adalah Bakmi Jawa yang terbuat dari bahan-bahan seperti mie, irisan ayam, jamur, tauge, dan daun bawang. Biasanya, Bakmi Jawa disajikan dengan kuah kaldu ayam yang sangat gurih sehingga membuat lidahmu meleleh. Kamu dapat menemukan Bakmi Jawa di daerah Wijilan atau Malioboro Jogja.

Conclusion

Demikian kuliner-kuliner tradisional khas Yogyakarta yang wajib kalian coba. Selain enak, harganya pun sangat terjangkau. Semoga dengan artikel ini, kamu dapat menambah referensi tempat makan saat berkunjung ke Jogja.

Kuliner khas Yogyakarta yang sering dijadiin oleh-oleh


Kue Lapis Legit Yogyakarta

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja tanpa membawa oleh-oleh khas dari kota ini. Dalam hal kuliner, Jogja memang sangat memanjakan para pengunjungnya dengan berbagai jenis makanan dan jajanan yang sangat khas. Selain nikmat untuk dinikmati sendiri, makanan-makanan khas Jogja juga jadi pilihan yang tepat untuk dijadikan oleh-oleh. Berikut ini adalah beberapa kuliner khas Yogyakarta yang sering dijadikan oleh-oleh.

Gudeg


Gudeg Yogyakarta

Sudah banyak yang tahu bahwa Gudeg menjadi makanan khas Jogja yang paling populer. Terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan rempah-rempah dan gula merah, Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, ayam kampung, telur, dan krecek. Sekarang, kamu tidak perlu repot-repot mencari kuliner yang satu ini karena sudah banyak tersedia di berbagai tempat di Jogja, bahkan hampir di setiap sudut kota. Bisa membawa oleh-oleh dalam wadah vakum yang dijual di toko-toko oleh-oleh pilihan di Jogja, ataupun mampir langsung ke salah satu tempat penyedia Gudeg legendaris di Kota Gudeg, seperti Gudeg Yu Djum atau Gudeg Bu Tjitro.

Wedang Ronde


Wedang Ronde Yogyakarta

Kalau kamu ingin oleh-oleh yang cocok untuk dihidangkan di malam hari, Wedang Ronde bisa jadi pilihan. Minuman ini terbuat dari bola-bola ketan yang dicampur dengan wijen, kacang hijau, keju, dan gula merah, serta disiram dengan kuah jahe hangat. Kamu bisa menemukan Wedang Ronde di setiap pasar malam Jogja, tetapi untuk membawa oleh-oleh dengan kualitas terbaik, kamu bisa mampir ke toko oleh-oleh khas Jogja seperti Warung Kopi Klotok atau Otten.

Bakpia


Bakpia Yogyakarta

Bakpia merupakan jajanan khas Jogja yang sudah sangat terkenal. Terbuat dari tepung terigu, gula, dan kacang hijau, Bakpia sangat cocok untuk disantap saat bersantai sambil minum teh atau kopi. Kamu bisa memilih berbagai varian rasa dari Bakpia, seperti cokelat, durian, keju, dan kacang hijau, dan membelinya di berbagai toko oleh-oleh khas Jogja di kota ini. Beberapa tempat yang paling direkomendasikan untuk membeli Bakpia adalah Bakpia Pathuk 25 dan Bakpia Kurnia Sari.

Kue Lapis Legit


Kue Lapis Legit Yogyakarta

Kue Lapis Legit adalah salah satu oleh-oleh khas Jogja yang paling terkenal. Terbuat dari susu, telur, tepung terigu, dan gula, kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis serta legit. Kue Lapis Legit sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena dapat bertahan hingga cukup lama. Kamu bisa memilih Kue Lapis Legit dari berbagai toko-toko oleh-oleh di Jogja, seperti Kue Lapis Legit Bu Sri, Kue Lapis Legit Amanda, atau Kue Lapis Legit Saadah.

In Conclusion

Nah, itulah beberapa pilihan kuliner khas Jogja untuk dijadikan oleh-oleh yang bisa kamu pilih. Tidak hanya enak untuk dinikmati langsung, makanan dan jajanan khas Jogja juga sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Selamat membeli dan mengeksplorasi kuliner khas lainnya yang Jogja miliki!

Kuliner legendaris yang wajib kamu cicipi di Yogyakarta


Gudeg Yu Djum

Yogyakarta selalu menjadi surga kuliner untuk para pecinta makanan Indonesia. Banyak tempat makan yang terkenal di Yogyakarta, makanannya lezat dan terjangkau di kantong. Kali ini, Peta Kuliner Jogja akan merekomendasikan kuliner legendaris yang wajib kamu cicipi di Yogyakarta.

1. Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Kuliner khas Jogja yang satu ini sudah terkenal di seluruh Indonesia. Gudeg sendiri terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan rempah-rempah dan gula merah. Salah satu tempat yang terkenal di Jogja untuk mencicipi Gudeg adalah di Gudeg Yu Djum.

Menurut sejarah, Gudeg Yu Djum sudah berdiri sejak tahun 1950-an. Usaha keluarga yang kini sudah diwariskan dari generasi ke generasi ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Sebagian besar tamunya adalah orang asing yang sangat penasaran dengan makanan khas Jogja ini.

Untuk cicip Gudeg Yu Djum, kamu bisa datang ke Jl. Wijilan No 167, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Harganya pun cukup terjangkau, kurang lebih Rp 30.000,- untuk satu porsi gudeg.

2. Bakmi Jawa Pak Pele


Bakmi Jawa Pak Pele

Jika kamu bosan dengan Kuliner khas yaitu Gudeg, cobalah Bakmi Jawa Pak Pele. Bakmi jawa ini punya rasa yang sangat khas dengan bumbu-bumbu tradisional. Porsi Bakmi Jawa Pak Pele yang cukup besar dan harganya yang terjangkau, menjadi pilihan para wisatawan ketika berkunjung ke Yogyakarta.

Lokasinya sangat mudah ditemukan di Jl. I Dewa Gede Rarya No. 26, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Kamu bisa menyicipi Bakmi Jawa Pak Pele hanya dengan membayar Rp 17.000,- dan sudah termasuk dengan air mineral.

3. Sate Klatak Pak Pong


Sate Klatak Pak Pong

Sudah pernah mencicipi sate dengan ukuran yang besar dan panjang tak biasa? Sate Klatak Pak Pong adalah jawabannya. Sate Klatak terbuat dari daging sapi yang dipotong besar dan dilumuri bumbu lalu dibakar. Sate ini sangat populer dan banyak diminati oleh pengunjung yang ingin mencicipi makanan khas Jogja.

Kamu bisa menyicipi Sate Klatak hanya dengan membayar Rp 14.000,- saja di Jl. Kaliurang KM 15,5, Airpakiran, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Gudeg Pawon


Gudeg Pawon

Tempat makan satu ini memiliki ciri khas yang unik. Makanan yang dipasarkan menggunakan asap dan panggangan kayu. Hal ini menambah rasa gurih pada Gudeg yang hanya biasa kamu jumpai. Tak hanya Gudeg, kamu juga bisa menikmati menu Prendes dan Sate Panggang.

Harganya pun terjangkau, sekitar Rp 25.000,- untuk 1 porsinya. Gudeg Pawon sudah berdiri sejak lama dan menjadi tempat favorit para wisatawan yang ingin mencoba kuliner khas Yogyakarta. Beralamat di Jl. Gedongkuning No. 99, Mantrijeron, Kota Yogyakarta.

5. Es Dawet Telasih


Dawet Telasih

Es Dawet Telasih adalah es khas kota Jogja. Es ini terdiri dari berbagai bahan seperti ketan hitam, gula merah, air kelapa muda, agar-agar, cocopandan, dan tentu saja yang membuatnya berbeda adalah Telasih. Telasih adalah biji-bijian yang memiliki tekstur kenyal dan sedap untuk dicicipi.

Terdapat beberapa tempat di Yogyakarta yang menjual es Dawet Telasih, namun tempat yang paling direkomendasikan adalah di Jalan Alun-Alun Utara, Kota Yogyakarta.

Bagaimana? Sudah mengetahui kuliner legendaris di Yogyakarta yang wajib kamu cicipi? Selamat menikmati dan menjelajahi kuliner khas kota pelajar ini. Jangan lupa berbagi pengalaman kamu dengan kami!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button