Wisata

Pilihan Paket Wisata Jogja untuk Keluarga yang Seru dan Menyenangkan

Destinasi Wisata Keluarga di Yogyakarta


Taman Sari Yogyakarta

Jogja is known as a city of culture and arts. However, don’t underestimate the city’s touristic diversity, as the Yogyakarta region also boasts numerous exciting tourist destinations and attractions that are perfect for family holidays. Here are some of the most popular places to visit in Yogyakarta that you can add to your paket wisata jogja untuk keluarga itinerary.

Taman Sari


Taman Sari Yogyakarta

One of Yogyakarta’s most popular tourist destinations is Taman Sari, a former palace garden that was built during the reign of Sultan Hamengkubuwono I. Taman Sari, which translates to the `Garden of Flowers`, was once used as a hiding place by the royal family during war fare. Today, Taman Sari has become an attractive and beautiful spot for tourists to visit when they are in Yogyakarta.

Here, visitors can explore the ruins of a palace that belonged to the Sultanate, which consists of various buildings such as a bathing complex, a water castle, a mosque, a resting area, and an underground passage-room. The unique architectural concept at Taman Sari will capture the eyes of every visitor.

Visitors can also taste traditional Javanese beverages and snacks while enjoying cultural performances such as traditional Javanese dance at Taman Sari. For a more unique experience, visitors can explore the area using various modes of transportation like a horse-drawn carriage or becak (pedicab).

Exploring Taman Sari is an exciting activity the whole family can enjoy. Don’t forget to bring your camera since the garden’s natural beauty and unique architecture make it an ideal place for family photographs.

Make sure to wear comfortable shoes since you will take a lot of steps while exploring Taman Sari’s various attractions. Your kids will love the experience and will undoubtedly want to visit the place again.

Aktivitas Seru untuk Seluruh Keluarga


Aktivitas Keluarga Jogja

Di Jogja, terdapat banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh seluruh anggota keluarga saat berlibur bersama. Mulai dari aktivitas yang santai hingga yang bisa menyimpan adrenalin, semua tersedia untuk para wisatawan yang ingin membawa keluarga untuk berlibur ke kota ini. Berikut 5 aktivitas seru untuk seluruh keluarga yang bisa dicoba:

1. Mengunjungi Candi Borobudur


Candi Borobudur

Bagi keluarga yang ingin menikmati aktivitas yang santai, mengunjungi Candi Borobudur bisa menjadi pilihan yang tepat. Candi ini merupakan salah satu warisan budaya dunia yang terkenal di Indonesia. Selain menikmati keindahan Candi Borobudur, keluarga juga bisa belajar banyak mengenai sejarah dan budaya Indonesia. Dengan panorama alam yang indah, mencoba membangun replika candi dari pasir bersama keluarga bisa menjadi kesempatan yang baik untuk mengikatkan hubungan keluarga.

2. Menjelajahi Gua Jomblang


Gua Jomblang

Bagi keluarga yang mencari pengalaman yang lebih menantang, menjelajahi Gua Jomblang bisa menjadi pilihan yang menarik. Berlokasi di Kecamatan Semanu, Gunungkidul, gua ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Bayangkan turun ke dalam gua dengan tali dan selanjutnya mengeksplor setiap sudut gua. Selain itu, keluarga juga bisa berfoto di tempat yang instagramable untuk mengabadikan momen berlibur ke Jogja. Namun, pastikan untuk tetap menjaga keselamatan dan tidak melanggar aturan saat berada di gua ini.

3. Melihat Matahari Terbit di Bukit Panguk


Bukit Panguk

Bagi keluarga yang suka dengan pemandangan alam, melihat matahari terbit di Bukit Panguk bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Bukit Panguk berlokasi di kawasan Gunung Merapi dan Merbabu. Agar bisa mengamati keindahan matahari terbit, keluarga harus mendaki bukit sekitar pukul 04.00 pagi. Meskipun melelahkan, saat keluarga tiba di puncak akan dipenuhi dengan panorama alam yang sangat menakjubkan.

4. Bermain Layang-Layang di Pantai Parangtritis

Bagi keluarga yang suka dengan aktivitas di pantai, Parangtritis bisa menjadi pilihan yang asyik. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang cukup besar, sehingga sangat cocok untuk digunakan untuk bermain layang-layang. Selain itu, keluarga juga bisa menikmati panorama indah Laut Selatan yang eloquent. Makanan khas Jogja juga bisa ditemukan di sekitar pantai.

5. Berbelanja Oleh-Oleh di Pasar Beringharjo


Pasar Beringharjo

Bagi keluarga yang suka berbelanja, Pasar Beringharjo bisa menjadi destinasi wisata yang mengasyikan. Pasar ini menawarkan berbagai macam oleh-oleh khas Jogja seperti batik, kerajinan tangan, sampai makanan khas daerah. Selain itu, harga yang ditawarkan di pasar tradisional ini juga cukup terjangkau. Keluarga bisa berbelanja sepuasnya dan membawa oleh-oleh yang unik untuk dibawa pulang.

Itulah beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan secara bersama-sama dengan keluarga saat berlibur di Jogja. Selamat berlibur!

Paket Wisata Hemat untuk Keluarga


paket wisata jogja

Liburan bersama keluarga menjadi aktivitas yang tak hanya menyenangkan tetapi juga memberikan peluang yang baik untuk mempererat hubungan antar anggota keluarga. Namun, sering kali satu-satunya hal yang menghambat keluarga untuk pergi berlibur adalah karena terkendala masalah biaya yang harus dikeluarkan. Namun jangan khawatir, jika ingin liburan hemat tetapi tetap seru, ada banyak alternatif paket wisata Jogja untuk keluarga yang bisa dipilih.

wisata malam jogja

Pilih Wisata Malam

Wisata Jogja ternyata sangat sesuai untuk wisata malam. Dalam paket wisata malam di Jogja, keluarga bisa menikmati keindahan kota Jogja pada saat malam hari dengan pergi ke Tugu Jogja, Malioboro, atau Alun-Alun Kidul. Selain itu wisata malam di Jogja akan melibatkan keluarga dalam permainan-permainan tradisional khas Jogja yang membuat keseruan yang tiada henti selama berlibur di sana. Dengan memilih paket wisata malam Jogja, keluarga bisa menghemat biaya karena paket wisata malam cenderung lebih murah dari paket wisata pada siang hari.

wisata gratis jogja

Pilih Wisata Gratis

Kota Jogja memiliki banyak spot wisata yang bisa dikunjungi secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya sama sekali. Wisata Jogja yang gratis biasanya menawarkan pemandangan alam yang masih asri dan sangat menakjubkan. Wisata gratis yang bisa dipilih antara lain Pantai Parangtritis, Bukit Bintang Jogja, Taman Sari, hingga Malioboro.

wisata sejarah jogja

Pilih Wisata Bersejarah

Jogja menawarkan banyak sekali wisata bersejarah yang menarik, mulai dari candi-candi bersejarah, bangunan-bangunan peninggalan Belanda, tempat-tempat bersejarah lainnya yang merupakan bagian penting dari sejarah Jogja. Pilihan wisata bersejarah yang bisa dipilih antara lain Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Taman Sari. Selain memberikan edukasi tentang sejarah Jogja, keluarga juga bisa menikmati pemandangan yang sangat menakjubkan pada tempat-tempat wisata bersejarah tersebut. Paket wisata bersejarah cenderung lebih murah dibandingkan dengan wisata pada sore atau saat matahari terbit.

Tidak perlu khawatir dan ragu untuk memilih paket wisata Jogja untuk keluarga. Di Jogja, keluarga bisa menentukan sendiri budget yang bisa dikeluarkan untuk liburan dan memilih paket wisata yang sesuai dengan budget. Semua yang ditawarkan Jogja akan selalu menarik, menyenangkan, dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi keluarga tercinta. Mengunjungi Jogja bisa menjadi liburan hemat dan terbaik untuk keluarga Anda.

Destinasi Kuliner untuk Keluarga di Yogyakarta


destinasi kuliner untuk keluarga di yogyakarta

Yogyakarta, terkenal sebagai kota budaya sekaligus kota pelajar, memiliki banyak destinasi kuliner yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Berikut beberapa rekomendasi tempat makan yang wajib anda coba ketika berkunjung ke Jogja.

Mangut Lele Mbah Marto


mangut lele mbah marto

Jika anda ingin mencicipi kuliner yang khas dari Jogja, cobalah untuk makan ikan lele dengan olahan mangut di Mangut Lele Mbah Marto. Olahan mangut ini terbuat dari bumbu khas Jogja yang dicampur dengan santan. Selain ikan lele, terdapat juga pilihan menu lainnya, seperti ayam, bebek, tulang, dan usus yang diolah dengan olahan mangut yang sama. Harga menu di sini berkisar antara Rp 25.000 – 35.000.

Gudeg Wijilan


gudeg wijilan

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja tanpa mencicipi kuliner nusantara yang satu ini. Gudeg Wijilan adalah tempat makan legendaris yang sudah ada sejak tahun 1950-an. Terdapat berbagai macam pilihan menu gudeg di sini, mulai dari gudeg miskin hingga gudeg istimewa yang diolah dengan bahan-bahan berkualitas tinggi. Harga menu di sini berkisar antara Rp 20.000 – 35.000.

Warung Iga Bakar Pak Yanto


warung iga bakar pak yanto

Jika anda ingin mencoba makanan yang enak dan pedas, Warung Iga Bakar Pak Yanto adalah tempat yang tepat untuk anda kunjungi. Menu andalan di sini adalah iga bakar pedas yang disajikan dengan nasi dan sambal yang menggugah selera. Harga menu di sini berkisar antara Rp 25.000 – 40.000.

Konro Bakar Warung Pak Sadi


konro bakar warung pak sadi

Konro Bakar Warung Pak Sadi adalah salah satu tempat makan yang menjadi favorit warga setempat. Olahan daging sapi yang disajikan di sini sangat lezat dan empuk, dilengkapi dengan sambal khas yang pedas. Selain konro bakar, terdapat juga menu lainnya, seperti gulai kepala, iga, dan daging yang diolah dengan rempah khas Jogja. Harga menu di sini berkisar antara Rp 20.000 – 39.000.

Es Peyeum Pak Miskam


es peyeum pak miskam

Agar rasa pedas dari olahan makanan menjadi lebih mereda, cobalah untuk mencicipi es peyeum Pak Miskam yang terkenal enak dan sejuk. Olahan es peyeum ini terbuat dari bahan alami, seperti akar peyeum, gula aren, dan rempah-rempah pilihan yang diaduk dengan es batu. Harga es di sini berkisar antara Rp 3.000 – 5.000.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat makan yang wajib anda coba ketika berkunjung ke Jogja bersama dengan keluarga. Selain nikmati suasana kota yang kaya akan budaya, Anda juga bisa mencicipi hasil olahan makanan yang kaya akan rempah dan rasa. Selamat menikmati!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button