Perhotelan

order taker adalah

Peran Penting Order Taker di Industri Perhotelan

Memahami Peran dan Tanggung Jawab Order Taker di Restoran

Restoran adalah tempat dimana orang-orang datang untuk menikmati makanan dan minuman serta merasa dihibur dan dilayani dengan baik. Agar tujuan ini tercapai, kerja sama tim yang baik sangat diperlukan. Salah satu tim yang sangat penting di restoran adalah order taker. Order taker adalah orang yang bertanggung jawab menerima pesanan tamu di restoran.

Setiap restoran memiliki peran dan tanggung jawab order taker yang berbeda-beda. Namun, secara umum, order taker harus memiliki pengetahuan yang baik tentang menu yang tersedia, baik dari segi rasa maupun ketersediaan stok. Selain itu, order taker juga harus dapat memberikan rekomendasi menu kepada tamu.

Order taker harus memahami pentingnya memberikan pelayanan yang baik kepada tamu. Pelayanan yang baik akan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi tamu dan dapat membuat mereka kembali lagi ke restoran. Oleh karena itu, order taker harus bisa menghadapi tamu dengan sikap yang ramah dan sopan. Bahkan di saat-saat yang sulit, seperti saat restoran penuh atau stok makanan yang habis, order taker harus tetap bisa menjaga sikapnya dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada tamu.

Sebagai seorang order taker, mempelajari penjelasan tentang menu restoran sangat penting. Order taker harus memahami secara menyeluruh setiap menu yang disajikan dalam restoran. Mulai dari bahan makanan yang digunakan, harganya, cara penyajian, serta variasi masakan yang dibuat. Dengan pemahaman yang baik tentang menu serta pengetahuan yang kuat tentang selera tamu, order taker dapat memberikan rekomendasi menu terbaik yang sesuai dengan selera tamu.

Selain itu, order taker harus bisa bekerja sama dengan dapur. Orang yang bekerja di dapur bertanggung jawab untuk mempersiapkan dan menyajikan makanan bagi tamu. Oleh karena itu, order taker harus mengerti bagaimana cara memasak dan mempersiapkan menu yang diinginkan tamu. Hal ini akan mempermudah order taker saat harus memberikan informasi tentang menu kepada tamu.

Di samping itu, order taker juga harus menguasai sistem komputerisasi yang digunakan di restoran. Hal ini untuk memperlancar proses dalam mencatat pesanan tamu serta melakukan penghitungan harga dengan tepat. Kemampuan memahami komputer sangat penting, terutama saat melakukan transaksi pembayaran dengan tamu.

Secara keseluruhan, order taker memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjamu tamu dengan pelayanan yang baik. Dari mengamati menu, memberikan rekomendasi, bekerja sama dengan dapur, hingga memerhatikan tingkah laku tamu, order taker harus dapat menjalankan semua peran yang diberikan pada dirinya secara profesional. Oleh karena itu, seorang order taker harus memahami betul tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar restoran dapat memberikan pelayanan terbaik kepada tamu.

Order Taker

Kesimpulan

Melihat betapa pentingnya peran order taker di sebuah restoran, maka dapat disimpulkan bahwa order taker harus memiliki pengetahuan yang luas tentang menu, mampu memberikan rekomendasi makanan dan minuman untuk tamu, serta memberikan pelayanan yang baik dan menyenangkan. Order taker juga harus memahami sistem komputerisasi yang digunakan di restoran dan harus bekerja sama dengan dapur. Dengan peran dan tanggung jawab yang besar, order taker harus mampu memahami tugasnya secara keseluruhan sehingga tamu dapat merasa nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan di restoran.

Baca Juga :   cara menghitung revpar hotel

Keterampilan Komunikasi yang Baik

Keterampilan komunikasi yang baik sangat penting bagi seorang order taker. Selain dapat memahami pesanan pelanggan dengan baik, seorang order taker juga harus mampu membangun hubungan baik dengan pelanggan agar pelanggan merasa puas dan senang dengan pelayanan yang diberikan. Seorang order taker juga harus dapat menjelaskan dengan jelas tentang menu yang tersedia serta memberikan rekomendasi jika diperlukan. Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika berkomunikasi dengan pelanggan adalah intonasi suara yang jelas, penggunaan bahasa yang sopan dan lugas, serta responsif terhadap setiap permintaan atau pertanyaan pelanggan.

order taker

Menguasai Pengetahuan tentang Menu dan Harga

Seorang order taker harus menguasai pengetahuan tentang menu dan harga yang tersedia di restoran atau tempat makan yang diwakilinya. Hal ini dilakukan agar order taker dapat membantu pelanggan dalam memilih makanan atau minuman yang sesuai dengan selera, kebutuhan, dan budget pelanggan. Selain itu, order taker juga harus mampu memberikan penjelasan yang jelas tentang setiap menu dan harga yang tertera pada daftar menu, termasuk promo yang sedang berlangsung. Dengan mengetahui pengetahuan tentang menu dan harga, seorang order taker juga dapat memberikan rekomendasi atau saran untuk pesanan pelanggan yang lebih memuaskan.

daftar menu

Kemampuan Multitasking

Seorang order taker harus memiliki kemampuan multitasking yang baik agar dapat melayani lebih dari satu pelanggan sekaligus dengan cepat dan efisien. Semakin ramai restoran atau tempat makan yang diwakilinya, semakin banyak pula pesanan yang harus ditangani dan diambil. Oleh karena itu, seorang order taker harus mampu menerima pesanan dari pelanggan satu sambil mengecek pesanan atau mempersiapkan pesanan dari pelanggan lainnya. Selain itu, seorang order taker juga harus mampu mengatur waktu dengan baik agar pesanan pelanggan dapat disajikan dengan cepat dan tepat waktu.

kemampuan multitasking

Peluang Karir Sebagai Order Taker di Dunia Perhotelan dan Restoran

Order taker adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk menerima dan mencatat pesanan pelanggan di restoran dan hotel. Meskipun pekerjaan ini terlihat sederhana, namun order taker memiliki peran yang penting dalam menjaga kepuasan pelanggan. Di samping itu, profesi ini juga menjanjikan peluang karir yang menarik di bidang perhotelan dan restoran.

1. Jabatan Supervisor Restoran

Sebagai order taker, Anda dapat memulai karir di bidang restoran dengan menjadi supervisor restoran. Posisi ini merupakan tangga awal dalam hierarki jabatan di restoran, di mana Anda akan bertanggung jawab untuk mengawasi kinerja staff, mengatur jadwal kerja, mengelola inventaris, dan memastikan pelanggan merasa puas dengan layanan yang diberikan. Selain itu, sebagai seorang supervisor, Anda juga dapat terlibat dalam pelatihan dan pengembangan karyawan.

supervisor-restoran

2. Jabatan Manajer Restoran

Jika Anda bertugas sebagai order taker dalam waktu yang cukup lama dan telah memperoleh pengalaman yang cukup, maka Anda dapat membidik posisi yang lebih tinggi, yaitu manajer restoran. Posisi ini memiliki tanggung jawab yang lebih besar, di mana Anda akan menjadi pemimpin restoran dan bertanggung jawab atas seluruh aspek operasional, mulai dari pengelolaan staf, pendapatan, pengeluaran, hingga strategi pemasaran. Tentu saja, untuk mendapatkan posisi ini, Anda harus memiliki pemahaman yang komprehensif tentang dunia bisnis restoran dan mempunyai kemampuan kepemimpinan yang baik.

Baca Juga :   Jenis-Jenis Glassware untuk Perhotelan

manajer-restoran

3. Bidang Perhotelan Lainnya

Tidak hanya di bidang restoran, peluang karir sebagai order taker juga terbuka di bidang perhotelan lainnya. Anda dapat mencoba melamar pekerjaan sebagai order taker di hotel, seperti resepsionis atau call center. Dalam posisi ini, Anda tidak hanya bertanggung jawab untuk menerima pesanan tamu, namun juga memberikan informasi yang akurat tentang pelayanan hotel dan membuat reservasi.

resepsionis-hotel

4. Karir Freelance

Selain berkarir di perusahaan tertentu, Anda juga dapat mencoba menjadi order taker sebagai pekerja lepas atau freelance. Dalam hal ini, Anda bekerja dengan sistem komisi dan tidak terikat dengan perusahaan tertentu. Anda dapat bergabung dengan platform freelance yang menyediakan layanan order taker online, seperti GrabFood, Go-Food atau Zomato, atau bekerja sama dengan restoran atau hotel secara mandiri.

order-taker-freelance

Kesimpulan

Peluang karir sebagai order taker sangat menarik untuk diikuti, terutama bagi Anda yang ingin merintis karir di bidang perhotelan dan restoran. Melalui tangga karir dari supervisor restoran hingga manajer restoran, serta peluang berkarir sebagai pekerja lepas, Anda dapat memperoleh pengalaman dan penghasilan yang menjanjikan.

Pengertian Order Taker dalam Industri Perhotelan

Order taker adalah seorang staf di hotel yang bertanggung jawab untuk menerima pesanan dan permintaan dari tamu hotel. Seorang order taker dapat bekerja di departemen Food and Beverage, Housekeeping, atau Front Office. Tugas utama dari seorang order taker adalah untuk memastikan kepuasan tamu dengan melayani kebutuhan mereka sesuai dengan standar yang diinginkan.

Gambar Order Taker

Keterampilan yang Dibutuhkan untuk Menjadi Order Taker yang Baik

Untuk menjadi seorang order taker yang baik, seseorang harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan. Kemampuan multitasking dan memprioritaskan tugas juga sangat penting karena order taker harus melayani permintaan dari banyak tamu sekaligus. Selain itu, seorang order taker juga harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang produk dan layanan yang ditawarkan oleh hotel sehingga dapat memberikan informasi yang akurat dan memuaskan kepada tamu.

Tanggung Jawab Seorang Order Taker

Tanggung jawab utama seorang order taker adalah melayani tamu secepat dan sebaik mungkin. Order taker harus dapat memahami permintaan dari tamu dan memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan mereka. Selain itu, order taker juga harus mampu memberikan informasi tentang harga dan ketersediaan produk dan layanan yang ditawarkan oleh hotel. Peran order taker sangat penting dalam menjaga kualitas layanan hotel dan kepuasan tamu.

Peluang Karir untuk Order Taker

Setelah bertugas sebagai order taker, seseorang dapat mengembangkan karir di industri perhotelan dengan naik ke posisi yang lebih tinggi seperti supervisor, manajer, atau bahkan direktur. Seiring dengan pengalaman dan keterampilan yang diperoleh dari menjadi order taker, seseorang dapat memperoleh pengetahuan yang cukup untuk memimpin tim dan mengembangkan strategi bisnis yang sukses di industri perhotelan.

Kesimpulan

Order taker adalah posisi yang sangat penting di industri perhotelan karena bertugas untuk melayani tamu dan menjaga kualitas layanan hotel. Dalam menjalankan tugasnya, order taker harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan kemampuan multitasking untuk memberikan pelayanan terbaik. Selain itu, karir yang menjanjikan juga dapat diikuti setelah bertugas sebagai order taker.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button