Kampus

nama universitas di jogja

Universitas Terkemuka di Jogja


Universitas Gadjah Mada

Jogja, or Yogyakarta, is a city with a long history and cultural tradition. In addition, Jogja has various educational institutions, ranging from elementary to higher education level. Higher education institutions, in particular, are mushrooming in Jogja. According to the Ministry of Education and Culture, there are around 30 universities in Jogja, ranging from state, private, majors, and others. In this article, we will discuss the most well-known universities or Universitas Terkemuka di Jogja.

Universitas Gadjah Mada (UGM) is a state university established on December 19, 1949. The campus is located in Bulaksumur Yogyakarta, and is known as the oldest and most prestigious university in Indonesia outside Java. UGM offers undergraduate, graduate, and postgraduate programs in various fields. The number of faculties in UGM is 18 and continues to grow from year to year. UGM’s vision is to be a leading university in the development of science, technology, and arts based on cultural values and humanism.

UGM has a variety of excellent facilities to support the achievement of these visions, such as libraries, laboratories, research centers, and sports facilities. Some of the best-known centers at UGM are the Center for Southeast Asian Social Studies (CESASS), the Center for Women’s Studies, and the Center for Agro-Technology Innovation (PIAT).

UGM not only offers excellent academic programs, but also encourages students to participate in various organizational activities. The Student Executive Board (BEM) or Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) is a place where students can develop their leadership skills and social activities. There are also various student activities that have been established in UGM, such as the Student Choir, the Student Orchestra, and the Student Theater.

One of the characteristics of UGM graduates is their social contribution. Many UGM graduates are known for their efforts to improve the quality of life of Indonesian people. Some notable UGM alumni include former Indonesian presidents such as B.J Habibie and Susilo Bambang Yudhoyono, founder of Gojek Nadiem Makarim, and many more.

In conclusion, Universitas Gadjah Mada is one of the most well-known universities in Jogja and offers various academic programs and organizational activities for students. UGM also has an excellent record of producing graduates who are committed to contributing to society.

Sejarah Nama-Nama Universitas di Jogja


Universitas Gadjah Mada Jogja

Di Yogyakarta terdapat beberapa universitas besar yang telah lama berdiri dan memberikan kontribusi besar bagi masyarakat dan dunia pendidikan Indonesia. Berikut adalah sejarah nama-nama universitas di Jogja:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)


UGM Yogyakarta

UGM merupakan universitas tertua di Indonesia yang didirikan pada tahun 1949. Awalnya bernama Universitas Negeri Gadjah Mada, yang kemudian diganti menjadi Universitas Gadjah Mada pada tahun 1951. Nama Gadjah Mada sendiri diambil dari tokoh Gajah Mada yang merupakan perdana menteri dalam Kerajaan Majapahit. Universitas ini terkenal dengan bidang studi di bidang kedokteran, ekonomi, hukum, sains, dan teknologi.

2. Universitas Islam Indonesia (UII)


Universitas Islam Indonesia Jogja

UII didirikan pada tahun 1945 dengan nama Stichting Universitas Islam Indonesia (UII), oleh sejumlah tokoh-tokoh muslim Indonesia yang tergabung dalam organisasi Persatuan Islam. Pada awalnya UII hanya mengajarkan Ilmu Agama Islam baik itu dari kalangan pelajar atau guru. Universitas ini terkenal dengan jurusan Psikologi, Teknik Industri, Kedokteran, Hukum, dan Komunikasi.

UII memiliki keunikan tersendiri dalam pengelolaannya, dimana universitas ini menerapkan adat keaucapuan dan mengutamakan nilai-nilai Islam. Hal ini bisa terlihat dari arsitektur bangunan kampus yang terlihat etnikini.

3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)


UNY Yogyakarta

UNY didirikan pada tahun 1964 dengan nama IKIP Yogyakarta yang kemudian berubah nama menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Pada tahun 1999, FKIP menjadi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Universitas ini terkenal dengan pendidikan guru yang unggul dan jurusan seni seperti Tari, Musik, Seni Rupa, dan Pendidikan Seni Rupa.

4. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)


UAJY Yogyakarta

UAJY didirikan pada tahun 1989 oleh Yayasan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Universitas yang awalnya hanya mengajarkan ilmu ekonomi dan bisnis ini kini telah meluas ke berbagai fakultas diantaranya Fakultas Teknik, Komunikasi dan Hukum.

5. Universitas Sanata Dharma (USD)


USD Yogyakarta

USD berdiri sejak tahun 1955 dengan nama Akademi Filsafat, Kemudian berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Filsafat Katolik pada tahun 1960. Pada tahun 1963 Akademi Filsafat dijadikan Fakultas Filsafat pada Universitas Sanata Dharma, Universitas yang senantiasa mengajarkan nilai-nilai kristiani dalam setiap kegiatannya. USD terkenal dengan jurusan Sastra Inggris, Sastra Jawa dan Psikologi.

Itulah sejarah dan profil singkat dari nama-nama universitas yang ada di Yogyakarta yang semuanya cukup dikenal di Indonesia bahkan sampai ke penjuru dunia.

Universitas Swasta Populer di Jogja


Universitas Swasta Populer di Jogja

Jogja dikenal sebagai kota pelajar yang menyediakan berbagai pilihan perguruan tinggi. Tidak hanya universitas negeri, universitas swasta pun banyak tersebar di kota ini. Berikut ini adalah 4 Universitas Swasta Populer di Jogja yang dapat menjadi referensi bagi siapa saja yang ingin melanjutkan pendidikan di Yogyakarta.

1. Universitas Kristen Duta Wacana
Universitas Kristen Duta Wacana
Universitas Kristen Duta Wacana atau UKDW merupakan universitas swasta pertama di Yogya yang didirikan pada tahun 1985. Kampus ini berada di daerah Gondokusuman, Yogyakarta. Bahkan, universitas ini sudah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. UKDW memiliki 4 fakultas yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Fakultas Teologi.

2. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Kampus Atma Jaya Jogjakarta, merupakan salah satu kampus yang populer dan termasuk dalam deretan universitas terbaik di Yogyakarta. Atma Jaya berdiri sejak tanggal 23 Juli 1965 dan memiliki beberapa fakultas yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Hukum, serta Program Magister. Selama lebih dari 50 tahun keberadaannya, Atma Jaya telah mampu membuktikan dirinya menjadi salah satu kampus unggulan yang memiliki program studi terbaik dan kualitas pendidikan yang terjaga.

3. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Terletak di kampus pleburan Timur, Universitas Sanata Dharma atau disingkat USD merupakan universitas swasta terbaik di Jogja yang didirikan pada tanggal 4 November 1955 dan berada di bawah naungan Yayasan Sanata Dharma. Kampus ini memiliki 6 Fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Teologi. USD juga dikenal memiliki Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Sastra Inggris yang terbaik di Indonesia.

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY merupakan institusi pendidikan tinggi swasta terbesar kedua di kota Yogyakarta. Didirikan pada tahun 1964, kampus ini memiliki 10 fakultas dengan total 39 program sarjana dan 15 program pascasarjana. Fakultas-fakultas di UMY mencakup ilmu-ilmu sosial, ekonomi, hukum, dan agama. UMY juga dikenal sebagai universitas Islam yang sangat baik karena berbagai program studi, terutama dalam bidang keagamaan.

Perbandingan Kualitas Universitas di Jogja


Perbandingan Kualitas Universitas di Jogja

Yogyakarta – Salah satu kota pelajar terbesar di Indonesia adalah Yogyakarta. Di kota ini, terdapat banyak universitas dengan beragam kualitas. Belum lagi dengan fakta bahwa Jogja juga masih menjadi salah satu kota pendidikan yang menjadi incaran mahasiswa dari berbagai daerah. Maka dari itu, perlu adanya perbandingan kualitas universitas di Jogja agar dapat membantu calon mahasiswa dalam menentukan universitas yang akan dipilih. Berikut adalah perbandingan kualitas universitas di Jogja.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) terletak di kota Yogyakarta. UGM telah lama diakui sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia. Fakultas-fakultas di UGM memiliki kualitas dan reputasi yang sangat baik. Selain itu, UGM memiliki banyak program magister dan doktor yang menjadikannya salah satu universitas terbaik untuk penelitian dan pengembangan.

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) juga termasuk dalam universitas terbaik di Yogyakarta. UNY memiliki banyak fakultas atau jurusan dengan kualitas pendidikan yang baik. Salah satunya adalah Fakultas Matematika dan IPA, yang selalu menghasilkan lulusan yang berkualitas di bidang teknologi.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memiliki kurikulum yang seimbang antara bidang akademis dan praktis. Hal ini membuat lulusan UMY memiliki keterampilan yang sangat baik dalam bekerja. UMY juga memiliki fakultas hukum dan sastra yang memiliki kualitas pendidikan yang baik.

4. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah salah satu universitas swasta terbaik di Yogyakarta. UAJY memiliki banyak fakultas atau jurusan dengan kualitas pendidikan yang baik. Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Komputer merupakan fakultas paling populer di UAJY.

5. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta (USD)

Universitas Sanata Dharma Yogyakarta (USD)

Universitas Sanata Dharma Yogyakarta (USD) adalah salah satu universitas swasta tertua di Yogyakarta. Terletak di kota Jogja, USD memiliki jurusan beragam mulai dari ekonomi, teknik, sastra dan seni. Fakultas filsafat di Universitas Sanata Dharma terkenal sebagai yang terbaik di Indonesia.

Selain itu, salah satu keunggulan dari USD adalah keterlibatannya dalam pengembangan masyarakat. Universitas ini memiliki banyak program yang berfokus pada masalah sosial dan lingkungan. USD juga sangat ramah lingkungan karena mempromosikan program pengurangan limbah dan penggunaan energi terbarukan.

Dari beberapa pilihan universitas di Jogja, sangat dianjurkan untuk membuat perbandingan kualitas universitas tersebut agar bisa menentukan pilihan yang tepat. Semoga informasi di atas dapat membantu dalam menentukan universitas yang akan menjadi tempat belajar dan pengembangan diri selanjutnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button