Perhotelan

making bed adalah

Membuat Ranjang: Langkah-Langkah Perhotelan untuk Menyediakan Tempat Tidur yang Nyaman

Pengertian Making Bed di Perhotelan

Membuat bed atau istilahnya making bed adalah proses persiapan tempat tidur dalam industri perhotelan sebelum tamu masuk ke kamar. Pada dasarnya, tujuan dari making bed adalah untuk memberikan kenyamanan dan kesan rapi pada tamu yang akan menginap di hotel. Oleh karena itu, proses ini harus dilakukan dengan teliti dan baik agar tamu merasa nyaman dan puas selama menginap di hotel tersebut.

Proses making bed tidak hanya sekedar merapikan seprai dan bantal, melainkan juga mencakup penggantian linen, membersihkan kasur, mengatur bantal dan selimut, serta menyelesaikan beberapa detail lainnya yang akan menyesuaikan kebutuhan tamu.

Jangan salah, meskipun terlihat mudah, tetapi proses making bed di hotel sangatlah penting. Karena jika dilakukan dengan sembarangan dan tidak sesuai dengan standar perhotelan, maka akan mengakibatkan kerugian bagi hotel, baik itu dari sisi finansial maupun dari kepuasan tamu.

Oleh karena itu, para housekeeper atau staf kebersihan hotel harus memperhatikan dan menjalankan proses making bed ini dengan sangat baik. Hal ini juga harus dibarengi dengan persiapan yang matang seperti mempersiapkan alat dan bahan seperti cleaner dan pembersih lainya yang dibutuhkan sehingga proses making bed bisa berjalan dengan lancar.

Ada standar yang harus diikuti dalam proses making bed di hotel. Standar tersebut merupakan arahan dari manajemen hotel, sehingga harus benar-benar dipatuhi oleh seluruh staf. Selain itu, para staf juga harus memahami bahwa setiap tamu memiliki preferensi yang berbeda-beda, sehingga dalam melakukan making bed, harus dilakukan dengan fleksibilitas dan kesabaran sehingga dapat memenuhi kebutuhan setiap tamu dengan baik.

Gambar Making Bed di Perhotelan

Untuk memudahkan proses making bed, staf harus memahami bagaimana urutan tata letak tempat tidur. Setiap jenis bed memiliki jenis linen yang berbeda-beda dan harus diperhatikan saat proses pembersihan dan penyusunan.

Selain itu, staf juga harus memperhatikan baunya bed di kamar. Sebagian besar tamu ingin merasakan aroma yang menyegarkan, bukan hanya pada linen, tetapi juga pada kasur dan gorden, oleh karena itu, staf housekeeping harus memperhatikan kebersihan dan keharuman kamar sebelum membuat bed.

Proses making bed sebaiknya dilakukan ketika tamu tidak berada di kamar, agar staf housekeeper dapat dengan leluasa dan cepat merapikan kamar tersebut. Namun, jika tamu masih berada di kamar, staf dapat meminta izin terlebih dahulu sebelum melakukan proses making bed.

Intinya, making bed adalah proses yang sangat penting bagi hotel dan tamu. Proses ini harus dilakukan dengan baik dan sesuai dengan standar agar memberikan kesan yang baik pada tamu. Oleh karena itu, para staf housekeeping harus memperhatikan setiap detail dalam proses making bed, dari penggantian linen, pengaturan bantal dan selimut, hingga membersihkan kasur, sehingga tamu merasa nyaman dan puas saat menginap di hotel.

Keindahan dan Keselamatan

Keindahan tempat tidur di perhotelan dapat menjadi alasan berarti untuk tamu ketika memilih kamar mereka. Kebanyakan tamu ingin merasa nyaman dan senang saat masuk ke dalam kamar mereka. Oleh karena itu, penting untuk memberikan tempat tidur yang bersih, rapi, dan menarik. Tamu harus merasa terkesan dengan kesan pertama mereka saat masuk kamar, oleh karena itu kamar mereka harus terampil dirapikan.

Di sisi lain, selain keindahan, tujuan making bed adalah untuk menjaga keselamatan tamu. Dalam membuat tempat tidur, ada beberapa tahap yang harus dipertimbangkan. Meskipun tugas ini mungkin tampak mudah, namun bila dilakukan dengan tidak benar, bisa saja berakibat fatal bagi tamu.

Pertama, perhatikan selalu perlengkapan dalam kamar. Sebelum membersihkan tiba, pastikan tidur bebas dari barang elektronik atau barang mistis lainnya yang dapat mengganggu tamu. Pastikan juga tidak ada kabel atau benda lain di atas tempat tidur yang dapat membahayakan tamu. Hal ini penting untuk mengurangi risiko kecelakaan yang tidak perlu pada tamu hotel.

Kemudian, mulailah dari pemasangan sprei. Pilih sprei yang selalu segar dan bersih dan selalu pastikan bentuknya sesuai dengan ukuran kasur. Sprei yang terlalu besar atau terlalu kecil tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan, tapi juga menjadi potensi risiko keamanan bagi tamu. Pastikan sprei pas ketika menutupi seluruh tempat tidur.

Lakukan checklist aktual setiap kali membuat tempat tidur, pastikan bahwa semua barang berdekatan seperti bantal atau tas tidur ditempatkan di tempat yang tepat, dan tidak akan membahayakan tamu ketika mereka tidur nyenyak di malam hari. Letakkan selimut dengan benar dengan cara menggulingkannya.

Setelah sprei, berikutnya adalah menyusun bantal. Dalam menentukan jumlah bantal, pastikan tidak terlalu banyak maupun terlalu sedikit. Penempatan bantal yang tepat bisa membuat tempat tidur terlihat sangat menarik.

Selanjutnya, tempatkan meja di dekat tempat tidur dan jangan biarkan benda apa pun menyangkut atau terlalu dekat dengannya. Mengapa? Karena ketika orang minum minuman di meja samping tempat tidur, terdapat kemungkinan tumpah dan membahayakan tamu ketika bergerak ke tempat tidur.

Baca Juga :   gueridon service adalah

Terakhir, kurangi risiko kecelakaan dengan menempatkan karpet atau handuk di bawah tempat tidur sehingga tidak perlu berjalan langsung di atas ubin tebal yang dapat membahayakan tamu yang tidak menggunakan alas kaki.

Dengan demikian, menjaga keamanan dan keindahan tempat tidur di perhotelan sangat penting dan berguna. Selalulah memastikan bahwa tempat tidur benar-benar aman dan nyaman bagi tamu dengan making bed dengan benar.

Kamar hotel yang bersih dan rapi

Basic Make Up Bed

Basic make up bed adalah jenis penataan kasur yang paling sederhana dan umum dilakukan di perhotelan. Pada proses ini, housekeeping hanya membersihkan kamar dan menarik kembali selimut serta sprei ke tempat semula. Housekeeping juga mengecek kebersihan dan ketersediaan handuk serta peralatan mandi yang diletakkan di kamar tamu. Basic make up bed layaknya penataan kasur sederhana yang biasa kita lakukan di rumah sendiri.

basic make up bed di perhotelan

Turndown Bed

Proses turndown bed umumnya dilakukan di malam hari, ketika tamu sedang tidak berada di kamar. Selama proses ini, housekeeping membersihkan kamar dan menata kembali kasur agar lebih rapi. Selain itu, housekeeping akan menyesuaikan pencahayaan di kamar sesuai dengan keinginan tamu dan menempatkan karangan bunga kecil sebagai penambah estetika di kamar. Terakhir, housekeeping menempatkan sandal hotel dan memberikan air mineral untuk kebutuhan tamu di malam hari.

turndown bed di perhotelan

Full Change Bed

Full change bed adalah penataan kasur paling lengkap yang biasanya dilakukan ketika tamu check-out atau setelah tamu menginap selama beberapa hari. Proses ini melibatkan pergantian seluruh seprai dan selimut, serta membersihkan tempat tidur dari kotoran dan debu. Housekeeping juga memastikan kamar dalam keadaan bersih dan rapi serta mengganti semua perlengkapan mandi dengan yang baru. Full change bed adalah bentuk penataan kasur yang paling komprehensif dan menyediakan kamar yang bersih dan nyaman bagi tamu yang baru datang.

full change bed di perhotelan

Mengganti Seprai dan Kasur

Langkah pertama dalam membuat bed adalah mengganti seprai dan kasur. Saat membersihkan seprai, pastikan untuk melepasnya dari kasur dengan hati-hati, kemudian lipat dan tempatkan di atas bangku atau tempat yang bersih. Setelah itu, ganti kasur dengan yang bersih. Saat mengganti kasur, pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu dari debu atau kotoran menggunakan vacuum cleaner atau lap basah sehingga tetap bersih dan terjaga kebersihannya. Setelah itu, pasang kembali seprai yang telah dibersihkan tersebut pada kasur. Pastikan benda tersebut sudah terpasang dengan rata dan tidak ada kerutan pada penutup kasur.

Langkah mengganti seprai dan kasur

Menata Bantal dan Guling

Selanjutnya, tata bantal dan guling sesuai dengan standar perhotelan. Letakkan dua bantal di tengah ranjang dengan rapi dan simetris. Kemudian, tempatkan guling di atas bantal dengan posisi yang sama-sama simetris. Pastikan guling berada di tengah ranjang. Selain itu, pastikan penampilan bantal dan guling selalu terjaga dengan cara merapikan semuanya agar terlihat menarik.

Langkah menata bantal dan guling

Meletakkan Selimut

Setelah tahap menata bantal dan guling selesai, selanjutnya meletakkan selimut di atas seprai. Letakkan selimut di tengah-tengah ranjang dengan bagian bawah selimut melebihi ujung kasur sekitar 15-20 cm. Kemudian, rapi-rapikan selimut dan lipat ke bagian atas kasur pada ketinggian sekitar 20 cm. Setelah itu, letakkan sarung bantal di atas bantal dengan posisi yang rapi. Hal ini dapat meningkatkan penampilan atas kasur dan memberikan kesan bersih dan rapi.

Langkah meletakkan selimut

Menyisir Rambut Kasur

Setelah seluruh tahapan selesai dijalankan, tahap terakhir adalah menyisir rambut pada kasur menggunakan vacuum cleaner yang telah disiapkan sebelumnya. Sisir kasur dengan gerakan yang lembut dan perlahan agar rambut yang menempel pada kasur tersisir dengan rapi. Merapikan rambut pada kasur dapat meningkatkan kualitas tidur tamu serta meningkatkan standar kebersihan dalam sebuah perhotelan.

Langkah menyisir rambut kasur

Kesimpulan

Membuat bed atau mengatur kasur tentunya tidak sekedar memerhatikan aspek kenyamanan, hal ini juga memerlukan penampilan yang menarik. Oleh karena itu, anda dapat mengikuti beberapa tahapan diatas agar dapat membuat suatu bed yang menarik, nyaman dan terjaga kebersihannya. Semua tahapan diatas dapat meningkatkan pengalaman tidur tamu serta meningkatkan citra sebuah perhotelan sebagai tempat istirahat yang nyaman dan bersih.

Hospital Corner

Teknik hospital corner adalah salah satu teknik yang sering digunakan untuk membuat bed yang rapi dan terlihat indah. Caranya adalah dengan melebarkan kain yang sudah terlipat menjungkir balik di sisi kaki tempat tidur. Kemudian lipatlah penjuru kain yang lebih panjang di sisi kepala tempat tidur hingga terbentuk segitiga. Setelah itu, letakkan satu sisi penjuru tersebut di atas kasur sambil menarik ujung kain ke arah bawah, sejajar dengan kaki kasur. Lipat secara rapi dan benar di bawah kasur. Lakukan hal yang sama pada penjuru sisi kanan kain yang lebih pendek. Setelah itu, pastikan pemasangan bedsheet telah rapi dan terlihat sempurna.

Teknik Hospital Corner

Envelope

Teknik lipatan envelope membuat bed terlihat rapi dan mudah dibersihkan. Lipatan ini juga membuat bedroom terlihat lebih teratur. Caranya adalah dengan menarik kedua sudut bawah kain bedsheet ke atas, hingga menutupi ujung kepala tempat tidur. Setelah itu, bungkus kedua sudut tersebut seperti membungkus kado, sehingga membentuk lipatan segitiga. Setelah itu, bungkus kedua ujung kain tersebut di bawah kasur dan jadikan rapi. Tidak seperti teknik Hospital Corner, lipatan Envelope hanya ditarik ke atas hingga setengah dari tempat tidur.

Baca Juga :   mengapa sistem kerja di hotel menggunakan 3 shift

Teknik Envelope

Triangle Fold

Teknik triangle fold adalah teknik lipatan yang sangat sederhana dan mudah dilakukan. Caranya dengan melipat bedsheet menjadi dua bagian diagonal, sehingga tercipta seperti bentuk segitiga. Setelah itu, lipat lembaran bedsheet terlipat ke dalam, dan lenturkan paling ujung lipatan ke bawah kasur, rapihkan. Teknik ini cocok dilakukan pada bedroom dengan medium atau bantal yang tidak tinggi. Dengan teknik ini, bedroom kita akan terlihat sangat rapi dan indah.

Teknik Triangle Fold

Teknik Making Bed menggunakan Bed Skirt

Jika seseorang tidak ingin menampilkan kasur mereka atau ingin memberi area tidur yang lebih ramping dan rapi, bed skirt bisa sangat membantu. Bed skirt adalah kain yang pada dasarnya mencakup area penyangga kasur dari sisi luar sehingga kasur terlihat sempurna dan rapi. Caranya dengan meletakkan bed skirt di bawah kasur, maka tampilan bed kita akan terlihat lebih rapi dan tidak terlihat berantakan. Namun, pilihlah bed skirt yang terbuat dari kain tipis karena bed skirt yang tebal akan membuat kasur terlihat bengkak. Pilih warna dan jenis kain yang tepat sesuai dengan interior kamar kita.

Teknik Making Bed menggunakan Bed Skirt

Teknik Menggunakan Throw Blanket

Untuk menambah kesan indah dan mewah pada bedroom, throw blanket bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan menambahkannya ke bed, akan membuat bedroom tampil lebih ramah dan mengundang. Letakkan throw blanket di atas bedsheet pada bagian paling atas, bebas dari bantal dan sprei. Throw blanket dengan warna yang tepat bisa menciptakan nuansa yang menyenangkan dan membuat bedroom terlihat sangat indah. Tentu saja pilihlah warna yang sesuai dengan selera dan gaya dekorasi kamar.

Teknik Menggunakan Throw Blanket

Cara Membuat Tempat Tidur yang Nyaman

Tempat tidur adalah tempat di mana Anda menghabiskan waktu istirahat Anda setiap hari, sehingga penting untuk memiliki tempat tidur yang nyaman dan rapi. Namun, seringkali membuat tempat tidur terlihat rapi dan rapi dapat memakan waktu dan bersusah payah. Berikut adalah beberapa tips dan trik dalam melakukan making bed yang cepat dan tepat.

tempat tidur

Persiapkan Semua Bahan dan Perlengkapan Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan saat membuat tempat tidur adalah mempersiapkan semua bahan dan perlengkapan terlebih dahulu. Pastikan Anda memiliki seluruh set seprai, sarung bantal dan selimut yang akan digunakan untuk membuat tempat tidur, serta sikat debu untuk membersihkan kasur dan bantal dari debu dan kotoran.

Mulailah dari Bagian Miring

Setelah Anda mempersiapkan semua bahan dan perlengkapan, langkah selanjutnya adalah mulai membuat tempat tidur Anda dengan memulai dari bagian miring. Pegang ujung seprai dari atas dan lepaskan bagian yang melingkar di sekitar kepala kasur Anda. Tarik kain ke sisi sebelah kiri kasur dan gulung kecil sehingga menjadi rapi dan bersih. Lakukan hal yang sama pada sisi sebelah kanan.

Perhatikan Jenis Kasur

Sebelum membuat tempat tidur, perhatikan jenis kasur Anda. Setiap jenis kasur memerlukan cara membersihkan yang berbeda. Jika Anda memiliki kasur yang empuk, anda harus melakukan tips tersebut secara lembut dan hati-hati agar tidak merusak kasur. Selain itu, Anda juga dapat menyemprotkan parfum atau pewangi pada kasur Anda agar terasa lebih segar dan wangi.

Gunakan Selimut sesuai Ukuran

Setelah seprai terlipat dengan baik, langkah selanjutnya adalah menggunakan selimut. Pastikan Anda menggunakan selimut yang sesuai ukuran dengan kasur Anda agar terlihat rapi. Untuk penampilan yang lebih nyaman dan rapi, letakkan selimut di tengah-tengah tempat tidur dan lipat masing-masing sudut di bagian bawah.

Lipat Seprai Dengan Rapi

Langkah terakhir dalam membuat tempat tidur yang rapi adalah melipat seprai dengan rapi. Setelah seprai terletak dengan benar, lipat ujung seprai yang paling dekat dengan kepala Anda. Kemudian lipat seprai menjadi segitiga, dan letakkan pada ujung kasur. Lakukan hal yang sama pada ujung seprai yang menjauh dari kepala kasur Anda.

Jaga Kebersihan dan Keteraturan

Agar menjaga tempat tidur selalu terlihat rapi dan nyaman, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan keteraturan ruangan. Pastikan Anda menjaga kebersihan tempat tidur, mengganti seprai secara teratur dan mematikan lampu jika tidak digunakan. Selain itu, pastikan Anda juga merapikan seluruh tempat tidur dan meletakkan bantal dan selimut kembali ke tempat semula setelah selesai tidur.

Dengan mengikuti tips dan trik ini, Anda dapat membuat tempat tidur yang rapi dan nyaman dengan cepat dan mudah setiap hari. Selamat mencoba!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button