Kuliner

makanan kuliner jogja

Wisata Kuliner di Yogyakarta yang Wajib Dicoba


Makanan Kuliner Yogyakarta

Jogja, seperti yang kita semua tahu, merupakan surganya makanan. Semua orang pasti setuju dengan klaim bahwa Jogja memiliki berbagai macam makanan lezat yang menarik untuk dicoba. Dari pempek, mie godog, soto ayam, dan masih banyak lagi. Salah satu yang memiliki keunikan tersendiri dan wajib untuk dicoba adalah makanan kuliner Jogja. Berikut ini adalah beberapa wisata kuliner di Yogyakarta yang wajib dicoba:

Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Ketika membicarakan makanan kuliner Jogja, gudeg haruslah di dalam daftar. Dan jika Anda sedang berada di Yogyakarta, Gudeg Yu Djum adalah pilihan yang tepat untuk mencoba gudeg. Gudeg Yu Djum adalah salah satu yang paling terkenal di kota ini selain Gudeg Bu Tjitro. Gudeg Yu Djum adalah gudeg kering dengan cita rasa manis, dihidangkan dengan nasi, ayam kampung, dan sayuran. Ada menu Gudeg basah, Gudeg kering, dan menu spesial yang bisa Anda pilih di sini. Yang paling enak dari gudeg Yu Djum adalah empuk dan gurihnya sayurannya yang melimpah.

Dapat Anda temukan Gudeg Yu Djum di Jalan Wijilan No. 167.

Angkringan Lik Man


Angkringan Lik Man

Angkringan adalah budaya makanan di Yogyakarta yang sudah ada sejak dulu. Biasanya, angkringan adalah tempat yang sempit dengan stasiun kereta api sebagai meja, tempat hangout bagi siswa dan mahasiswa. Salah satu angkringan terkenal di kota ini adalah Angkringan Lik Man. Disini Anda bisa memilih menu makanan apa saja yang ingin Anda nikmati, seperti nasi kucing, sate usus, telur pindang, dan ramain lainnya. Uniknya, Anda dapat menyantap makanan di dalam warung atau di luar dalam kereta api yang terparkir. Selama lima puluh tahun lebih, Lik Man terus mempertahankan cita rasa dan tradisi angkringan di dalam kota Yogyakarta.

Dapat Anda temukan Angkringan Lik Man di Jalan Wongsodirjan No. 121.

Iga Bakar Si Jangkung


Iga Bakar Si Jangkung

Salah satu kuliner populer di Jogja adalah iga bakar. Iga Bakar Si Jangkung adalah salah satu tempat terbaik untuk mencoba iga bakar di kota ini. Makanan ini tersedia dalam tiga jenis saus, yaitu saus kecap pedas, saus BBQ, dan saus original. Selain iga bakar, di sini Anda dapat mencoba olahan sapi lainnya seperti tongseng sapi dan sapi goreng. Lokasi ini sangat nyaman untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan hutan pinus, membuat pengalaman makan Anda menjadi lebih menyenangkan.

Dapat Anda temukan Iga Bakar Si Jangkung di Dusun Wadi, Desa Sumberwatu, Kecamatan Samigaluh, Sleman, Yogyakarta.

Bakmi Jowo Mbah Gito


Bakmi Jowo Mbah Gito

Jika selama ini Anda merasa bahwa Bakmi Jawa hanya tersedia di Jawa Timur, maka jangan salah. Jogja juga memiliki sajian Bakmi Jowo dengan cita rasa yang khas. Bakmi Jowo Mbah Gito adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati bakmi Jowo di kota ini. Terkenal dengan bakmie jawanya, di sini Anda akan menikmati mie Jawa dengan bumbu yang khas dari Jogja. Satu porsi bakmi Jowo ditambah minyak, kecap, irisan ayam, dan taburan bawang goreng. Menu ini menjadi lebih lengkap jika ditambah bakso dan pangsitnya.

Dapat Anda temukan Bakmi Jowo Mbah Gito di Jalan Wates KM 10,5 No. 20, Dengkel, Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Mie Ayam Tumini


Mie Ayam Tumini

Mie Ayam Tumini selalu menjadi pilihan utama bagi Anda yang ingin menikmati mie ayam di Jogja. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1970-an dan memiliki keistimewaan dari mie ayam lainnya. Tidak hanya mie ayam, Tumini juga menyajikan bakso, pangsit goreng, dan seblak. Seperti halnya angkringan, Anda bisa menyantap mie ayam di dalam warung atau di luar. Selama bertahun-tahun bisnis ini berjalan, Tumini telah menjadi legenda untuk makanan mie ayam di Jogja.

Dapat Anda temukan Mie Ayam Tumini di Jalan Wongsodirjan No. 17.

Itulah beberapa pilihan wisata kuliner di Yogyakarta yang wajib dicoba. Selamat mencoba dan semoga menikmati!

Makanan Tradisional Khas Yogyakarta yang Menggugah Selera


Makanan Tradisional Khas Yogyakarta

Yogyakarta, atau yang sering disebut Kota Gudeg, adalah salah satu tempat wisata kuliner yang paling diminati di Indonesia. Kota ini menyajikan berbagai jenis makanan yang berasal dari resep turun-temurun, di antaranya adalah gudeg, bakmi, sate klathak, dan masih banyak lagi. Di bawah ini, kami akan membahas 5 makanan tradisional khas Yogyakarta yang harus kamu coba saat ke sana.

1. Gudeg


Gudeg

Siapa yang tidak kenal gudeg? Mumpung sedang berkunjung ke Yogyakarta, kamu wajib mencicipi makanan khas ini. Gudeg adalah makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan bumbu khas, seperti gula merah, santan, dan rempah-rempah. Biasanya gudeg disajikan dengan telur, ayam kampung, dan kerupuk sebagai pelengkap. Rasanya yang legit dan manis, membuat gudeg menjadi makanan yang banyak dicari dan menjadi kebanggaan masyarakat Yogyakarta.

2. Sate Klathak


Sate Klathak

Sate klathak adalah makanan yang menggunakan daging sapi atau kambing sebagai bahan utamanya. Cara membuatnya adalah dengan membakar daging yang telah dilumuri dengan bumbu dan rempah khas Yogyakarta, seperti kunyit, ketumbar, dan bawang putih. Penyajiannya unik, yaitu dengan menggunakan pemanggang dari besi yang dilubangi. Tekstur dan cita rasanya yang luar biasa, membuat sate klathak menjadi salah satu makanan yang wajib dicicipi saat wisata kuliner di Yogyakarta.

Selain itu, di sate klathak terdapat irisan paru yang dibakar dan diberi potongan emping sebagai pelengkap. Selain irisan paru, ada juga organs dalam lainnya seperti hati, usus, atau babat. Bahan tambahan seperti potongan tomat dan terong juga ditambahkan dalam setiap penyajiannya.

3. Bakmi Jawa


Bakmi Jawa

Bakmi Jawa adalah makanan berkuah dengan mi kuning yang lembut dan gurih. Kuah dari bakmi Jawa ini disajikan dengan potongan daging ayam, tauge, irisan kol, tomat dan di atasnya diberi kripik kerupuk dan seledri. Bakmi Jawa memiliki rasa pedas, asam, dan manis yang seimbang. Kelezatan dari hidangan ini terletak pada bumbu kuah khas dari Yogyakarta, seperti bawang putih, kemiri, gula merah, dan rempah-rempah lainnya.

Bakmi Jawa juga mempunyai variasi, yakni Bakmi Jogja. Di mana Bakmi Jogja ditambahkan dengan suwiran daging sapi tipis sebagai pelengkap. Penyajiannya yang kelezatan bikin kamu nggak bisa berhenti memakannya.

4. Sambal Goreng Krecek


Sambal Goreng Krecek

Sambal goreng krecek adalah masakan pedas khas Yogyakarta yang terdiri dari krecek yang diolah dengan bumbu berupa cabe merah, bawang merah, bawang putih, daun salam, dan gula merah sebagai pengganti santan kelapa. Bumbu ini lalu ditumis dengan krecek yang telah direbus sampai empuk. Rasanya pedas dan gurih membuat sambal goreng krecek sangat cocok dijadikan sebagai pendamping makanan utama, seperti nasi atau ketupat.

5. Jadah Tempe


Jadah Tempe

Jadah tempe adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari campuran tepung ketan, tepung beras, dan tempe yang diiris tipis dan dicampur dengan bawang goreng dan bawang putih. Jadah tempe ini lalu dipanggang dan disajikan dengan parutan kelapa di atasnya. Rasanya gurih dengan tekstur yang lembut, dan aroma bawang putih yang kuat membuat jadah tempe menjadi hidangan yang sangat lezat dan khas Yogyakarta.

Nah, itu dia vila lima makanan tradisional khas Yogyakarta yang wajib kamu coba saat ke sana. Jangan lupa untuk berhati-hati dalam memilih tempat makan yang aman dan bersih, ya. Selamat mencicipi!

Spot Kuliner Favorit di Yogyakarta untuk Wisatawan


Makanan Kuliner Jogja

Jogja adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan yang mencari pengalaman budaya yang unik. Salah satu hal yang sering menjadi daya tarik Jogja adalah makanannya yang lezat dan autentik. Di bawah ini kami telah merangkum beberapa spot kuliner favorit di Yogyakarta yang harus dicobai oleh wisatawan.

1. Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang dibuat dari nangka muda yang dimasak dengan beragam rempah-rempah dan gula merah. Gudeg Yu Djum adalah salah satu restoran tertua di Jogja yang menyajikan gudeg dengan citarasa terbaik. Dalam setiap hidangannya, mereka memberikan banyak pilihan nasi dan lauk yang lezat. Lokasinya berada di Jalan Wijilan. Gudeg Yu Djum dibuka pada pukul 09.00 pagi hingga habis, jadi jangan datang terlambat karena akan kehabisan gudeg.

2. Bakmi Jawa Mbah Gito


Bakmi Jawa Mbah Gito

Saat berkunjung ke Jogja, jangan lewatkan mencoba Bakmi Jawa di Mbah Gito. Bakmi Jawa merupakan hidangan mie yang disajikan dengan orak-arik telur, irisan ayam, dan irisan bakso. Bakmi Jawa Mbah Gito populer karena rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau. Lokasinya berada di Jalan Gejayan. Mereka buka mulai jam 08.00 hingga jam 20.00.

3. Warung Handayani


Warung Handayani Jogja

Warung Handayani terkenal dengan sate kambingnya yang lezat. Sate kambingnya disajikan dengan sambal kacang yang khas dan dibuat dengan bumbu yang diolah dengan cara tradisional sehingga hasilnya sangat lezat. Selain sate kambing, warung ini juga menyajikan berbagai macam hidangan khas yang patut dicoba, seperti tongseng, gulai, dan masih banyak lagi. Warung Handayani buka setiap hari mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 21.00 malam. Warung Handayani berlokasi di Jalan Brigjen Katamso.

4. Ayam Goreng Suharti


Ayam Goreng Suharti

Ayam Goreng Suharti merupakan salah satu kuliner nusantara terfavorit di Jogja. Ayam goreng yang disajikan di sana sangat nikmat dan sangat terkenal. Ayamnya dapan disajikan dengan nasi dan sambal yang khas. Warung Ayam Goreng Suharti berlokasi di Jalan Gandekan, Prawirotaman. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 22.00 malam.

5. Depot Setiawan


Depot Setiawan

Depot Setiawan merupakan salah satu tempat makan favorit yang menyajikan sate padang yang lezat serta berbagai macam menu lainnya seperti ayam pop, gulai kambing, dan juga nasi goreng. Restoran ini berlokasi di Jalan KH. Ahmad Dahlan, tegalrejo. Depot Setiawan buka setiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 21.00 malam.

Nah, itu dia beberapa spot kuliner favorit di Yogyakarta yang wajib dicoba oleh para wisatawan. Selamat menemukan tempat-tempat makan yang paling cocok dengan selera Anda. Jangan lupa untuk mencicipi semua hidangan lezat saat berkunjung ke Jogja!

Kuliner Malam di Yogyakarta, Sensasi Berbeda yang Menggugah Selera


Kuliner Malam di Yogyakarta

Yogyakarta juga dikenal sebagai kota kuliner yang memikat. Ada banyak makanan khas Jogja yang harus dicoba. Mulai dari makanan ringan seperti jajanan pasar hingga makanan berat seperti nasi goreng krecek. Salah satu waktu terbaik untuk menikmati kuliner Jogja yaitu saat malam hari. Maka dari itu, selama berada di Jogja jangan lupa mencoba kuliner malam di Yogyakarta yang dikenal lezat dan cocok untuk menghangatkan badan saat malam hari.

Sekoteng Surabi

Sekoteng Surabi

Pertama, ada Sekoteng Surabi yang menjadi salah satu makanan paling populer di Jogja. Makanan ini terdiri dari sekoteng (minuman hangat yang terdiri dari kacang hijau, kacang merah, pacar cina, biji selasih, dan potongan roti tawar) dan beberapa potong surabi (pancake berbahan dasar tepung beras). Kombinasi rasa yang berbeda dari sekoteng dan surabi menjadikan Sekoteng Surabi terasa sangat nikmat. Sekoteng Surabi biasanya dijual di sekitar Jalan Malioboro, Beringharjo, dan Alun-Alun Kidul.

Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Jangan pernah melewatkan Gudeg Yu Djum jika berkunjung ke Jogja. Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dalam santan dan bumbu rempah. Gudeg Yu Djum terkenal dengan cita rasa yang nikmat dan bumbu yang pas. Selain itu, pilihan lauk-pauk juga beragam mulai dari tahu, tempe, ayam, telur, hingga sambal goreng krecek. Restoran Gudeg Yu Djum buka mulai pukul 22.00 hingga pagi hari dan terletak di Jalan Wijilan, Yogyakarta.

Kipo

Kipo

Jika ingin mencoba makanan ringan ketika malam hari, Kipo adalah pilihan yang tepat. Kipo adalah kue tradisional khas Jogja yang terbuat dari ketela pohon yang diisi dengan parutan kelapa dan gula merah. Ketela pohon diiris tipis dan diisi dengan kelapa parut serta gula merah lalu diikat satu persatu. Kipo biasanya dijual oleh pedagang keliling pada malam hari atau bisa didapatkan di Pasar Beringharjo atau Pasar Malioboro.

Mie Ayam Tumini

Mie Ayam Tumini

Mie Ayam Tumini sudah menjadi tempat makan favorit para pengunjung dan warga Jogja sejak tahun 1970-an. Mie Ayam Tumini terkenal dengan mie ayamnya yang lezat dan bahan-bahan berkualitas. Daging ayamnya empuk dan mie-nya digoreng dengan baik. Tidak hanya mie ayam, Mie Ayam Tumini juga menyediakan aneka hidangan lain seperti bakmi godhog, sate telur puyuh, dan nasi goreng. Restoran ini buka hingga pukul 02.00 dini hari dan letaknya di Jalan Wongsodirjan, Yogyakarta.

Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong

Yang terakhir adalah Sate Klathak Pak Pong. Sate klathak merupakan sate yang terbuat dari daging sapi berbumbu asam dan dilengkapi dengan kuah kacang dan acar. Lokasi Sate Klathak Pak Pong adalah di Jalan Klathak Pak Pong, Kotabaru, Yogyakarta. Waktu pembukaannya dimulai pukul 17.00 hingga malam hari. Kalian bisa memesan sate klathak dalam porsi satu tusuk hingga ketupat isi tiga tusuk. Harganya pun cukup murah meriah yaitu satu tusuk sate klathak hanya Rp 5.000 sedangkan ketupat isi tiga tusuk mulai dari Rp 15.000.

Nah, itulah beberapa kuliner malam di Yogyakarta yang wajib kamu coba saat berkunjung ke kota pelajar ini. Selamat mencicipi!

Kuliner Jajanan Pasar Yogyakarta yang Khas dan Unik


Gudeg Jogja

Yogyakarta is known to have delicious and unique culinary delights, especially street food or “jajanan pasar” that can be found on traditional markets. If you happen to visit Yogyakarta, these street foods should not be missed:

1. Gudeg


Gudeg

Gudeg is a traditional dish from Yogyakarta made from young jackfruit cooked in sweet coconut milk and various spices. This dish is usually served with rice, chicken, tempeh, and boiled eggs. Gudeg can be found easily on almost every corner of the city, but the most famous ones are located in the area of Wijilan, where you can find various gudeg food stalls with different variations and flavors. Gudeg Bu Tjitro, Sold Gudeg, and Warung Yu Djum are some of the best-known vendors in this area.

2. Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak

Sate Klathak is a skewered beef that is uniquely grilled on a perforated iron plate. The meat is then marinated with soy sauce, garlic, and other special spices to create a flavorful and juicy taste. One of the well-known vendors for this dish is Sate Klathak Pak Pong, located in the area of Bantul.

3. Bakpia Pathok


Bakpia Pathok

Bakpia Pathok is a traditional cake from Yogyakarta typically made from mung bean paste and wrapped in a thin layer of dough. This cake is known for its crispy texture and sweet taste. The most popular Bakpia Pathok store in Yogyakarta is Bakpia Pathok 145 located on Jl. Aip K.S. Tubun.

4. Soto Bathok Mbah Katro


Soto Bathok

Soto Bathok is a Javanese chicken soup with rice cakes and various spices. The uniqueness of Soto Bathok is the way it is served. The soup is served in a bamboo container called “bathok,” adding a distinctive aroma to the dish. Soto Bathok Mbah Katro is located in Jl. Ipda Tut Harsono and became very popular due to its unique serving style.

5. Es Krim Pak Didit


Es Krim Pak Didit

Es Krim Pak Didit is a homemade ice cream made from natural ingredients such as fresh milk and various fruits. The ice cream has a creamy and soft texture and comes in many flavors such as chocolate, durian, jackfruit, green tea, and many more. The most famous branch of Es Krim Pak Didit is located in Jl. Jambon, where you can see many people queueing to get this delicious ice cream.

Overall, these street foods are the foods that you must try when visiting Yogyakarta. They are not only delicious but also represent the uniqueness of Yogyakarta’s culture.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button