Perhotelan

macam macam profesi pekerjaan

Jenis-jenis Profesi Pekerjaan dalam Industri Perhotelan

Industri perhotelan adalah salah satu industri yang terus berkembang dengan cepat di seluruh dunia dan mendapatkan perhatian besar dari masyarakat dunia. Di dalam industri perhotelan, ada banyak macam profesi pekerjaan yang dapat diambil oleh seseorang sesuai dengan bidangnya. Berikut ini adalah beberapa jenis profesi pekerjaan dalam industri perhotelan yang bisa diambil dan menjanjikan masa depan yang cerah.

Industri perhotelan

1. Manajer Hotel

Manajer hotel adalah orang yang bertanggung jawab atas operasi hotel. Tugas-tugasnya meliputi mengawasi setiap departemen, mengatur anggaran, memastikan penerapan prosedur operasi standar, memonitor kinerja staf, dan mengembangkan strategi pemasaran untuk meningkatkan kehadiran tamu dan meningkatkan penjualan. Biasanya, orang yang memilih profesi ini adalah orang yang sudah berpengalaman dan memiliki pengetahuan yang cukup dalam manajemen hotel. Dalam posisi ini, seseorang biasanya menanggung tanggung jawab besar dan diharapkan untuk memastikan pengelolaan hotel yang efektif dan efisien.

2. Koki

Posisi koki dalam industri perhotelan cukup menjanjikan dan menantang. Tugas mereka adalah untuk memasak dan menyajikan makanan dengan cita rasa yang enak, menarik, dan sehat untuk tamu hotel. Seorang koki harus memiliki skill dasar di bidang kuliner, memahami teknik memasak, dan memiliki kemampuan mengelola dapur hotel. Selain itu, koki harus selalu memperhatikan kebersihan dan keamanan makanan.

3. Housekeeping

Housekeeping adalah posisi yang bertanggung jawab atas kebersihan dan kerapian kamar dan hotel secara keseluruhan. Tugas-tugas mereka meliputi menyiapkan kamar, mengganti sprei, membersihkan kamar mandi, dan menyediakan perlengkapan mandi dan handuk bagi tamu. Mereka juga harus memastikan kebersihan dan kesehatan ruangan secara teratur. Oleh karena itu, posisi ini memerlukan kemampuan fisik dan kesadaran yang tinggi agar dapat bekerja dengan baik dan terus memperhatikan setiap detail.

4. Resepsionis

Resepsionis adalah orang yang bertanggung jawab atas penerimaan tamu dan memberikan informasi yang diperlukan untuk mengakomodasi tamu dengan baik. Tugas mereka meliputi proses check-in dan check-out, menjawab pertanyaan tamu, memberikan arahan terkait tempat wisata, dan melaksanakan tugas-tugas administrasi seperti mengelola pembayaran tamu. Seorang resepsionis harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan dapat bekerja dengan baik di bawah tekanan dan situasi yang berbeda-beda.

5. Sales and Marketing

Posisi ini bertanggung jawab atas mengembangkan dan melaksanakan strategi pemasaran dan penjualan hotel. Tugas mereka meliputi membangun hubungan kerja dengan orang-orang di sekitar kegiatan hotel, mengasah keterampilan bisnis, membangun promosi hotel, dan memperkuat citra hotel. Orang yang bekerja di posisi ini memiliki kemampuan bisnis dan kemampuan interpersonal yang hebat.

6. Concierge

Concierge adalah orang yang bertanggung jawab atas menyediakan layanan informasi untuk tamu di hotel. Tugas mereka meliputi memberikan informasi tentang tempat-tempat wisata, mengatur pemesanan restoran, mengatur transportasi, dan membantu tamu hotel dengan kebutuhan mereka. Seorang concierge harus memiliki skill interpersonal dan bahasa yang baik untuk dapat berkomunikasi dengan tamu dengan baik.

Dari enam posisi di atas, tentunya setiap posisi memerlukan skill dasar dan kemampuan yang berbeda. Namun, dalam setiap posisi, seseorang harus memiliki kemampuan untuk kerja tim dan kerja keras agar dapat bekerja dengan baik dan memenuhi kebutuhan tamu hotel dengan baik.

Front Office

Profesi di bidang Front Office merupakan pekerjaan yang berhubungan langsung dengan tamu atau pelanggan sebuah hotel atau perusahaan. Beberapa jenis pekerjaan yang termasuk di dalamnya antara lain:

  • Resepsionis hotel
  • Guest service agent
  • Telephone operator
  • Porter

Sebagai seorang resepsionis atau front desk officer, tugasnya adalah menerima tamu yang datang, melakukan check-in, memberikan kunci kamar serta menjelaskan tentang fasilitas hotel. Mereka juga harus siap sedia membantu menjawab pertanyaan dan keluhan yang mungkin dihadapi oleh tamu.

Jika kamu ingin menjadi seorang guest service agent, kamu harus siap untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi tamu hotel. Tugasnya antara lain adalah memberikan rekomendasi mengenai tempat wisata dan kuliner yang terbaik di kota tersebut, membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi tamu, dan menangani permintaan khusus dari tamu hotel.

Seorang telephone operator bertugas menerima dan menghubungkan panggilan telepon dari tamu atau pelanggan perusahaan. Mereka harus ramah, fluen dalam bahasa Inggris, dan mampu memberikan informasi yang akurat mengenai perusahaan atau hotel.

Sementara itu, porter adalah seorang pekerja yang membantu tamu hotel membawa barang bawaan dan menempatkannya di kamar. Mereka juga bertanggung jawab memastikan fasilitas hotel terjaga dengan baik dan memberikan bantuan ketika tamu membutuhkannya.

Profesi di bidang Front Office membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik, ramah, serta melek teknologi. Jika kamu ingin berkarier di bidang ini, pastikan kamu mampu bekerja dengan tim dan siap memberikan pelayanan terbaik bagi tamu atau pelanggan perusahaan.

Profesi Housekeeper

Bagi sebagian orang, housekeeper mungkin tidak dianggap sebagai pekerjaan yang berprestasi, namun pekerjaan housekeeper ternyata sangat penting untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan lingkungan kita. Tugas utama dari seorang housekeeper adalah membersihkan kamar, ruang tamu, dapur, dan area publik di hotel atau apartemen. Mereka juga bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan dengan merapikan kamar dan memberikan bantuan jika diperlukan. Selain itu, housekeeper juga bertanggung jawab untuk memeriksa persediaan di kamar seperti handuk, sabun, dan perlengkapan mandi lainnya.

housekeeper image

Agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, seorang housekeeper harus memiliki keterampilan mengatur waktu, kejelian, dan ketelitian. Mereka juga harus bisa bekerja cepat dan tetap teliti dalam melaksanakan tugas. Seorang housekeeper juga harus dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerjanya, karena setiap hotel atau apartemen memiliki aturan atau system yang berbeda-beda.

Profesi Room Attendant

Profesi Room Attendant adalah satu pekerjaan yang paling banyak terlihat di hotel. Tugas utama dari seorang room attendant adalah merapikan atau membersihkan kamar hotel mulai dari membuat tempat tidur, membersihkan bak mandi, lantai, handuk, hingga perlengkapan mandi yang harus disediakan bagi setiap tamu. Seorang room attendant juga bertanggung jawab untuk membuat suasana kamar lebih nyaman dan menyenangkan bagi tamu. Selain itu, mereka juga harus siap memberikan bantuan jika diperlukan.

room attendant image

Untuk menjadi seorang room attendant, dibutuhkan keterampilan organizing, kejelian, dan teliti dalam melaksanakan tugasnya. Seorang room attendant juga harus mampu berkomunikasi dengan baik agar dapat memberikan pelayanan yang baik kepada tamu. Selain itu, seorang room attendant harus siap bekerja secara shift dan siap dihubungi kapan saja jika terdapat tamu yang membutuhkan bantuan.

Profesi Gardener

Profesi Gardener adalah pekerjaan yang sangat penting dalam perawatan halaman atau taman hotel ataupun apartemen. Seorang gardener bertanggung jawab untuk merawat tanaman di hotel atau apartemen agar tetap segar dan indah. Mereka juga bertanggung jawab atas perawatan tanaman di halaman hotel untuk memberikan kenyamanan bagi para tamu.

gardener image

Bagi seorang gardener, dibutuhkan keterampilan khusus dalam merawat tanaman seperti mengenal jenis tanaman, cara merawat, dan tata cara penanaman. Sebuah kesalahan dalam merawat tanaman, seperti memberikan pupuk yang salah atau pengairan yang kurang, dapat membuat tanaman mati dan merusak tampilan hotel atau apartemen. Selain itu, seorang gardener juga harus siap bekerja dalam segala kondisi cuaca dan siap bekerja di luar ruangan.

Profesi Laundry Attendant

Profesi Laundry Attendant adalah pekerjaan penting dalam menjaga kebersihan baju yang digunakan tamu di hotel atau apartemen. Seorang laundry attendant bertanggung jawab untuk mencuci, mengeringkan, melipat, dan juga menyetrika baju tamu. Seorang laundry attendant juga bertanggung jawab untuk memeriksa setiap baju tamu yang dikirim ke laundry untuk memastikan tidak ada kerusakan dan kehilangan baju.

laundry attendant image

Dibutuhkan keterampilan tertentu untuk menjadi seorang laundry attendant seperti kemampuan mengatur waktu, ketelitian, dan keterampilan dalam penanganan baju yang berbeda-beda. Selain itu, seorang laundry attendant harus memiliki kemampuan dalam menggunakan mesin laundry yang biasanya digunakan di hotel yang berbeda-beda.

Kesimpulan

Housekeeping termasuk dalam profesi yang penting dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan hotel serta apartemen. Selain housekeeper dan room attendant, terdapat pula profesi gardener dan laundry attendant yang tidak kalah pentingnya dalam menjalankan tugasnya. Setiap profesi tersebut membutuhkan keterampilan yang khusus dan siap bekerja kapan saja agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu.

Koki Hotel

Profesi koki hotel memainkan peran yang sangat penting dalam industri perhotelan. Mereka bertanggung jawab untuk menyiapkan makanan dan minuman bagi tamu yang menginap di hotel tersebut. Para koki hotel sangat terampil dalam memasak dan mempersiapkan hidangan yang lezat, dan dapat ditemukan di berbagai tempat seperti restoran hotel, bar, dan fasilitas lainnya di dalam hotel itu sendiri seperti layanan kamar.

Tugas seorang koki hotel tidak hanya sebatas memasak, tetapi juga termasuk dalam merencanakan menu makanan dan minuman, memilih bahan yang berkualitas, memeriksa dan mengelola persediaan, mengatur waktu dan menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Mereka juga harus membiasakan diri menggunakan peralatan dapur yang rumit dan memahami berbagai teknik memasak untuk memastikan bahwa makanan yang mereka buat memenuhi standar tertinggi.

Di dalam dapur hotel, seorang koki hotel akan bekerja di bawah tekanan yang tinggi dalam mempersiapkan hidangan yang cepat dan efisien dengan memerhatikan tampilan, rasa, dan aroma agar terlihat menarik dan enak. Mereka juga harus selalu menjaga kebersihan dan keamanan di dapur hotel untuk memastikan makanan yang disajikan aman dan sehat untuk dikonsumsi oleh para tamu.

Hampir di semua hotel, tamu mengharapkan untuk mendapatkan makanan lezat, baik untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Oleh karena itu, tuntutan akan koki hotel yang terampil dan berpengalaman sangat tinggi di dalam industri perhotelan, terutama di era perkembangan pandemi COVID-19 ini, dimana banyak hotel yang melakukan pembatasan layanan restoran umum dan hanya menyediakan layanan kamar.

Jika Anda memiliki bakat dalam memasak dan tertarik untuk bekerja di industri perhotelan, maka profesi koki hotel dapat menjadi pilihan yang sangat menjanjikan. Selain memerlukan keterampilan dapur yang terampil, Anda juga akan memasuki dunia yang terus berkembang dan penuh dengan tantangan dan peluang.

koki hotel

Selain kemampuan memasak, peluang untuk belajar lebih banyak tentang industri perhotelan agar dapat menjadi koki hotel profesional juga sangat diperlukan. Menurut data BLK (Balai Latihan Kerja) yang diterbitkan tahun 2019, standar persyaratan minimal untuk menjadi koki hotel adalah dengan memiliki sertifikasi kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan kategori level dua atau tiga. Selain itu, para koki hotel yang menunjukkan kemampuan, keterampilan, dan dedikasi mereka juga dapat memperoleh sertifikasi profesional lebih lanjut dari lembaga-lembaga kuliner seperti Asosiasi Chef Indonesia.

Jika Anda ingin menjadi koki hotel yang sukses, pastikan untuk mengembangkan keterampilan Anda di dapur, memperoleh sertifikasi kompetensi yang diperlukan, dan terus belajar tentang perkembangan terbaru dalam dunia kuliner serta persyaratan higienis untuk makanan dan minuman yang sehat dan aman untuk dikonsumsi. Dengan demikian, Anda dapat mengembangkan karir dalam industri perhotelan yang menggiurkan, dimana pangsa pasar akan terus berkembang dengan meningkatnya permintaan untuk kebutuhan makanan dan minuman dalam layanan hotel yang semakin luas.

Keamanan

Profesi keamanan di hotel bertugas untuk memastikan keamanan dan kenyamanan tamu dan karyawan. Mereka bertanggung jawab untuk mengawasi pintu masuk, keluar, dan lift serta memastikan tidak ada orang yang masuk tanpa izin. Selain itu, mereka juga harus selalu waspada dan siap mengatasi situasi darurat seperti kebakaran atau tindakan kriminal. Mereka juga bertugas untuk membuat laporan keamanan dan penegakan peraturan di hotel.

Seorang petugas keamanan di hotel biasanya dilengkapi dengan peralatan seperti walkie-talkie, alat pelindung diri, dan CCTV. Mereka harus siap sedia melintasi seluruh area hotel untuk memantau potensi kejahatan dan melapor jika ada situasi yang mencurigakan.

Hal yang perlu dipahami oleh petugas keamanan adalah kebijakan keselamatan di hotel dan perlindungan tamu dan karyawan. Mereka harus pandai menyampaikan pesan secara bersahabat tetapi tetap tegas. Selain itu, keahlian komunikasi juga sangat penting bagi mereka untuk dapat menyelesaikan situasi yang dihadapi secara efektif.

Teknisi

Teknisi adalah salah satu profesi penting dalam operasional hotel. Mereka bertanggung jawab untuk menjaga kelancaran dan keefektifan peralatan dan fasilitas di hotel. Banyak peralatan dan sistem yang diperlukan untuk menjalankan operasional hotel, seperti AC, kelistrikan, kunci pintu elektronik, dan sistem keamanan. Oleh karena itu, seorang teknisi harus mampu mengatasi masalah yang berkaitan dengan peralatan tersebut dan cepat merespon bila ada kerusakan atau masalah teknis di hotel.

Tugas seorang teknisi meliputi perawatan rutin dan pengerjaan proyek yang melibatkan perbaikan atau instalasi. Mereka juga harus membuat laporan dan mempertahankan catatan atas perbaikan yang telah dilaksanakan.

Ketika tamu mengalami masalah dengan peralatan di kamar, teknisi akan menjadi orang yang pertama kali dipanggil. Ada kalanya masalahnya hanya sepele, tetapi ada juga masalah teknis yang memerlukan perbaikan fisik. Oleh karena itu, seorang teknisi harus cepat merespon panggilan tamu dan mampu menjawab pertanyaan dengan sopan dan jelas.

Kesimpulan

Keselamatan dan kelancaran teknis sangat penting dalam operasional hotel. Untuk memastikan hal ini, hotel mempekerjakan orang-orang yang ahli dalam bidang keamanan dan teknis. Seorang petugas keamanan dan teknisi yang handal dapat memastikan bahwa tamu dapat menikmati waktu mereka tanpa adanya gangguan teknis atau keamanan yang merugikan.

Profesi keamanan dan teknisi merupakan bentuk tanggung jawab yang besar di hotel dan dibutuhkan komunikasi yang baik antara kedua profesi tersebut. Hotel harus menempatkan posisi keamanan dan teknisi yang strategis agar mereka dapat dengan mudah dan cepat merespon permintaan tamu atau situasi darurat. Dalam keamanan dan teknis, kesigapan dan ketepatan waktu sangat penting untuk memastikan tamu merasa aman dan nyaman selama mereka berada di hotel.

General Manager

General Manager adalah orang yang memimpin semua kegiatan di hotel dan bertanggung jawab untuk menjaga agar hotel berjalan dengan baik. Tugas utama dari seorang general manager adalah mengelola dan mengawasi operasional hotel, termasuk perekrutan staf baru, membayar gaji pegawai, mengatur keuangan, merencanakan strategi pemasaran, dan mengelola hubungan dengan pelanggan. General manager juga harus memastikan bahwa hotel memiliki fasilitas yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan tamu.

General Manager Hotel

Director of Human Resources

Director of Human Resources bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan strategi perekrutan dan manajemen karyawan di hotel. Tugasnya mencakup perekrutan, pelatihan, dan pengembangan karyawan agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada tamu. Selain itu, director of human resources juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa hotel memiliki staf yang berkualitas dan memenuhi persyaratan hukum dalam hubungan kerja.

Director of Human Resources Hotel

Sales and Marketing Manager

Sales and Marketing Manager adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi pemasaran dan penjualan hotel agar dapat mencapai target keuntungan. Tugasnya mencakup perencanaan dan pelaksanaan kampanye iklan, promosi, dan penjualan di berbagai media, serta mengelola hubungan dengan mitra bisnis seperti agen perjalanan, korporasi, dan konvensi.

Sales and Marketing Manager Hotel

Financial Controller

Financial Controller bertanggung jawab untuk mengelola keuangan hotel secara efektif dan efisien. Tugasnya mencakup menyusun anggaran, merencanakan strategi keuangan, memonitor laporan keuangan, mengatur pembayaran, dan mengelola risiko keuangan. Financial controller juga harus memastikan bahwa hotel mematuhi peraturan dan ketentuan pajak yang berlaku.

Financial Controller Hotel

Front Office Manager

Front Office Manager adalah orang yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa layanan di hotel berjalan dengan baik di depan pengunjung. Tugasnya termasuk merencanakan dan mengelola seluruh operasi di lobi hotel, check-in, check-out, dan pelayanan kamar. Front office manager juga harus memastikan bahwa staf di lobi hotel memiliki penampilan yang sopan dan terampil dalam melayani tamu.

Front Office Manager Hotel

Juru Masak

Juru masak atau chef adalah orang yang bertanggung jawab untuk memasak dan mengatur menu di dapur hotel. Tugasnya mencakup merencanakan menu, memilih bahan baku yang terbaik, mengatur stok bahan makanan yang diperlukan, dan mengawasi staf dapur. Seorang juru masak yang handal harus memiliki kreativitas dalam menyajikan hidangan dan kemampuan dalam memimpin staf dapur.

Juru Masak Hotel

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button