Keuangan

Lirik Keuntungan Dari Bisnis Jasa Fotografi

Bisnis Jasa Fotografi – Bagaimana pekerjaan atau keuangan kalian? jika Anda terdampak penurunan secara finansial mungkin saatnya mencoba hal baru. Namun sebelum memulai hal baru Anda haus pastikan perhitungan modal dan potensi bisnis tersebut dengan matang. Sekarang coba kita simak dari kaca mata bisnis sebagai jasa fotografi.

Bagi Anda yang mempunyai hobby dan keahlian di bidang Fotografi, mungkin ini saatnya untuk menerima penghasilan dari bisnis fotografi. Fotografi merupakankegiatan yang menggembirakan, lewat foto Anda bisa mengabadikan berbagai peristiwa yang terjadi di sekeliling Anda. Misalnya: pernikahan, ulang tahun, piknik, dan lain sebagainya.

Perhitungan Modal Dasar Untuk Memulai Bisnis Fotografi

Berkat kedahsyatan teknologi, saat ini semua orang bisa memotret lewat ponsel pintar, tetapi peluang Anda sebagai fotografer tidak tertutup oleh maraknya kehadiran ponsel berkamera, moment – moment berharga mirip insiden ijab kabul tidak bisa diabadikan dengan baik lewat ponsel berkamera, jasa fotografer masih sangat diharapkan untuk menghasilkan foto-foto  yang indah agar kenangannya infinit sepanjang masa.

Jika Anda salah satu pecinta fotografi yang ingin buka usaha, di sinilah letak kesempatan Anda. Mulailah untuk mengawali karier gres Anda dibidang fotografi utuk meliput sebuah event. Anda mampu melaksanakan pekerjaan ini sendiri atau dibantu oleh seorang sahabat yang bebas ke mana saja tergantung orderan. Berikut tindakan antisipasi yang dapat Anda lakukan yaitu:

  • Lengkapi berbagai perlengkapan fotografi Anda. Tidak harus membeli perlengkapan gres, yang penting kualitasnya baik.  Sekarang ini banyak toko perlengkapan kamera yang memasarkan barang second dengan keadaan yang masih baik
  •  Tingkatkan pengetahuan dan skill Anda tentang dunia fotografi, dengan membaca banyak buku acuan, artikel, maupun feature yang ada di media online, dan bergabunglah dengan komunitas fotografi di kota Anda untuk meng-up grade kemampuan dan melebarkan jaringan pertemanan Anda di bisnis ini.
  • Jalin relasi dengan pemilik studio foto, atau toko – toko yang memasarkan peralatan fotografi agar Anda mendapat discount di saat memerlukan peralatan untuk memotret.
  •  Jalin relasi dengan pengurus daerah – tempat wisata supaya Anda diperkenankan untuk memotret di sana pada hari tamat pekan di saat daerah rekreasi tersebut ramai dipadati pengunjung, contohnya : Taman Safari, Kebun Raya Bogor, Taman Mini, Dufan, dan lain sebagainya.
  • Anda juga bisa menambah layanan Anda dengan menyediakan jasa Video atau bekerjasamadengan perusahaan Event Organizer.
Berikut perkiraan biaya dan pendapatan yang didapat dari jasa Fotografi :

Modal Awal :
–         Kamera Digital Pro     : Rp. 7.000.000
–         Peralatan Pendukung : Rp. 3.000.000
–         Tas Khusus                  : Rp.  500.000
TOTAL                                   : Rp. 10.500.000

Baca Juga :   Cara Kontrol Dan Atur Uang Rumah Tangga

Peralatan mengalami penyusutanselama 4 thn dan memiliki nilai residu Rp.1.000.000 Maka biaya penyusutan pertahun : 10.500.000 – 1.000.000 / 4 = Rp. 2.375.000 / thn atau Rp. 197.916 Rp.200 rb/bln

Potensi Pendapatan :

–         Jasa dalam 1 bulan (estimasi 8 x panggilanselama 1 bln)            : 1 juta x 8= Rp. 8.000.000

–         Laba cetak foto (Rp. 50.000 x 8 panggilan)                                   : Rp. 400.000

Total pendapatan                                                                                     : Rp. 8.400.000

Pengeluaran :

–         Transportasi                                                                                 : Rp. 500.000

–         Fee rekan kerja                                                                            : Rp. 1.000.000

–         Biaya promo (cetak brosur & kartu nama)                                  : Rp. 100.000

–         Penyusutan                                                                                  : Rp. 200.000

–         Perlengkapan                                                                               : Rp. 250.000

Baca Juga :   Cara Memilih Investasi Untuk Office Boy

Total Pengeluaran                                                                                   : Rp. 2.050.000

Laba Bersih : Rp. 8.400.000 – Rp.2.050.000 = Rp. 6.350.000 tidak mengecewakan kan?

Jika Anda sudah memiliki pelanggan, tentunya potensi pendapatan tersebut akan lebih besar lagi. Agar jasa fotografi Anda bisa terus berkembang, jangan lupa sisihkan sebagian dari laba untuk membeli modal kerja yang lebih anggun, jangan seluruhnya dihabiskan untuk pengeluaran sehari-hari. Dengan bertambahnya modal kerja, perjuangan Anda akanterus meningkat . Siapa tahu kelak Anda memiliki studio fotografi sendiri.

Untuk eksklusif mendapatkan pelanggan yang bersedia menggunakan jasa kita tentunya tidak mudah pada awalnya.  Berikut beberapa tips untuk menggaet pelanggan :

  1. Ajukan penawaran fotografi kepada  keluarga, saudara, tetangga dekat, dan kawan – kawan dekat Anda khususnya bagi mereka yang akan mengadakan acara akad nikah, ulang tahun, akikah, dan lain sebagainya.
  2. Jadilah anggota dianeka macam media umum seperti Twitter, Facebook, Linkedin, dan Instagram. Update terus kesibukan yang Anda kerjakan dan upload hasil jepretan sebagai langkah penawaran spesial dan menggaet pelanggan gres.
  3. Berikan layanan terbaik bagi pengguna jasa Anda, alasannya ini ialah salah satu cara untuk memperpanjang rantai penawaran spesial Anda. Jika konsumen puas dengan hasil karya Anda, mereka secara sukarela akan mengiklankan jasa Anda kepada sahabat-temanterdekat mereka.
  4. Untuk alasan yang sama seperti di atas, buatlah data base orang yang pernah menggunakan jasa Anda. Secara terencana atau di hari-hari khusus seperti Ulang tahun, Hari Raya, menjelang Liburan Sekolah, dll kirimkan SMS atau email.
  5. Anda juga dapat berpromosi melalui broadcast Whatsapp di ponsel, atau Line. Buatlah penawaran khusus atau diskon dalam iklan tersebut.
Selamat memulai karier Anda di dunia fotografi. Salam sobat Tipntrik.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button