Kuliner Jogja dengan Harga Terjangkau

Lezat Tak Harus Mahal


Kuliner Jogja Murah Meriah

Jogja terkenal dengan beragam kuliner yang lezat dan terjangkau. Kalau kamu mau makan enak namun tidak ingin merogoh kocek terlalu dalam, beberapa kuliner berikut bisa jadi pilihan untuk kamu.

Pertama, ada gudeg. Gudeg adalah makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak bersama dengan bumbu rempah khas Jawa seperti gula jawa, jinten, dan daun salam. Biasanya gudeg disajikan dengan ayam kampung, telur, tempe, dan tahu. Salah satu tempat yang terkenal dengan gudegnya adalah Gudeg Yu Djum yang berada di Jalan Wijilan.

Selanjutnya, ada bakmi Jawa. Kuliner yang satu ini sudah sangat populer di kalangan warga Jogja dan bahkan traveler yang berkunjung ke sana. Bakmi Jawa biasanya disajikan dengan kuah kaldu ayam atau sapi dan bumbu kacang. Kita bisa menemukan banyak penjual bakmi Jawa di Jogja, namun ada beberapa tempat yang menjadi favorit para wisatawan, seperti Bakmi Jowo Mbah Gito dan Bakmi Mbah Mo.

Ada juga sate klathak yang merupakan satu lagi kuliner khas Jogja yang bisa kamu nikmati dengan harga yang terjangkau. Sate klathak adalah sate ayam yang disajikan dengan bumbu kacang dan kecap manis. Yang membuat sate klathak berbeda adalah sate ini dibuat dengan bahan daging ayam paha dan drumstick yang diperas hingga tipis. Kamu bisa menemukan sate klathak di Sate Klathak Pak Pong, yang berada di Jalan Kusumanegara.

Selain itu, ada juga nasi kucing yang disebut juga sebagai nasi jingkrak. Nama nasi kucing berasal dari ukuran portion yang kecil, seperti porsi untuk kucing. Meski porsinya kecil, rasanya sangat nikmat dan bahkan bisa membuat perut kita kenyang. Nasi kucing umumnya disajikan dengan lauk berupa sambal, sayuran, telur, dan ikan asin. Ada beberapa warung nasi kucing murah meriah di Jogja, di antaranya Nasi Kucing Biyung dan Nasi Kucing Mbah Mangoen.

Tak ketinggalan, ada juga soto. Ada beberapa jenis soto yang bisa kamu temukan di Jogja, seperti soto ayam, soto mie, dan soto daging. Soto yang paling terkenal adalah soto ayam yang disajikan dengan daging ayam, mie, tauge, bawang goreng, dan kuah kaldu yang gurih. Beberapa tempat yang terkenal dengan sotonya adalah Soto Kadipiro dan Soto Bathok Mbah Katro.

Itulah beberapa kuliner murah meriah yang bisa kamu nikmati di Jogja. Selain mencicipi kuliner-kuliner tersebut, kamu juga bisa menikmati suasana khas Jogja yang asri dan damai. Semoga artikel ini bisa membantu mencari kuliner yang sesuai dengan budget kamu saat berkunjung ke Jogja!

Wisata Kuliner Hemat di Jogja


Wisata Kuliner Hemat

Yogyakarta merupakan kota yang tak pernah habis untuk dijelajahi. Tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, Jogja juga memiliki banyak kuliner tradisional yang terkenal dengan harganya yang murah meriah. Saat berwisata kuliner di Jogja, selain mencari rasa yang nikmat, tentunya wisatawan juga ingin menemukan hidangan yang hemat di kantong. Berikut adalah beberapa wisata kuliner hemat di Jogja yang bisa diminati wisatawan.

1. Gudeg


Gudeg

Ketika berbicara tentang kuliner Jogja, gudeg memang tak bisa dilewatkan. Hidangan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda ini sangat mudah ditemukan di berbagai tempat. Warung Gudeg Bu Tjitro di Jalan Wijilan adalah salah satu tempat yang terkenal dengan gudeg nya. Selain rasanya yang lezat, tempat ini juga menawarkan harga yang cukup terjangkau. Mulai dari Rp15.000, wisatawan sudah bisa menikmati kelezatan gudeg khas Jogja.

2. Batagor


Batagor

Batagor merupakan salah satu hidangan yang berasal dari Bandung yang kini sudah menjadi kuliner favorit di Jogja. Terbuat dari ikan dan tepung, batagor dadakan ini biasanya dihidangkan dengan saus kacang yang khas. Jika ingin mencoba batagor khas Jogja dengan harga yang terjangkau, wisatawan bisa langsung datang ke warung Batagor Mira di Jalan Janti. Harga satu porsi batagor di sini hanya sekitar Rp 8.000 saja.

Namun jika ingin mencicipi batagor yang lebih mewah, ada juga warung Batagor Riri di Jalan Kaliurang yang menawarkan batagor dengan berbagai topping seperti keju dan smoked beef. Harga satu porsi batagor di sini sekitar Rp15.000 saja.

3. Nasi Kucing


Nasi Kucing

Nasi kucing adalah sejenis nasi goreng dalam bentuk kecil yang dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Terdapat berbagai varian rasa nasi kucing seperti nasi kucing ayam, nasi kucing sate, hingga nasi kucing liwet. Resep nasi kucing ini biasanya terdiri dari nasi putih, irisan mentimun, serta sepiring kecil lauk. Warung nasi kucing Pecel Solo Mbah Gito di Jalan Kyai Mojo merupakan salah satu tempat yang terkenal dengan nasi kucing nya. Harga satu porsi nasi kucing di sini hanya sekitar Rp 2.000 saja.

4. Angkringan


Angkringan

Angkringan adalah sebuah warung makan yang khas di Jogja. Sajian di angkringan sangat bervariasi, mulai dari nasi kucing, nasi gudeg, hingga wedang ronde. Selain harga yang murah meriah, suasana di angkringan juga sangat asik, terutama pada malam hari. Lokasi angkringan biasanya terletak di sudut-sudut jalan dan di sekitar kampus-kampus. Harga makanan di angkringan cukup murah, berkisar antara Rp 1.000 hingga Rp 5.000 saja.

5. Es Dawet Telasih


Es Dawet Telasih

Es dawet telasih adalah minuman tradisional yang terbuat dari dawet yang disajikan bersama dengan santan kelapa, gula merah, dan bahan tambahan seperti cincau, kolang-kaling, dan tape ketan hitam. Jika ingin mencicipi es dawet yang legendaris di Jogja, wisatawan bisa datang ke warung Mirota Batik di kawasan Malioboro. Harga satu gelas es dawet telasih di sini hanya sekitar Rp 5.000 saja.

Dari beberapa wisata kuliner hemat di Jogja di atas, dapat dilihat bahwa wisata kuliner Jogja memang sangat terjangkau di kantong. Selain murah meriah, menjelajahi berbagai kuliner tradisional Jogja dapat membuka wawasan wisatawan terhadap berbagai jenis hidangan yang ada di Indonesia. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi Jogja dan nikmati wisata kuliner murah meriah-nya!

Cicipi Makanan Khas Jogja Tanpa Merogoh Kocek Dalam

Makanan Khas Jogja

Bicara soal wisata kuliner di Yogyakarta memang tak ada habisnya. Berbagai macam masakan dengan rasa yang berbeda-beda tersedia di sana. Tapi, seringkali makanan khas Jogja lebih identik dengan harga yang lumayan mahal. Padahal, ada banyak tempat makan di Jogja yang menyajikan kuliner lezat dengan harga terjangkau. Nah, jika kamu pengen kulineran di Jogja tanpa menguras kocek, yuk simak rekomendasi kuliner Jogja yang murah meriah berikut ini!

Gudeg Jogja

1. Gudeg Pawon


Gudeg Pawon

Siapa bilang makan gudeg hanya bisa dinikmati dengan mahal. Di Pawon Gudeg, kamu bisa menikmati Gudeg yang lezat dengan harga yang sangat terjangkau. Gudeg dengan rasa yang enak dan bumbu yang padat bisa didapatkan mulai dari Rp 7.000 saja. Tentu saja, dengan harga segitu, kamu hanya bisa makan di dalam,”

Angkringan

2. Angkringan Malioboro


Foto Angkringan Malioboro

Angkringan adalah salah satu makanan khas Jogja yang wajib kamu coba. Di Angkringan Malioboro, kamu bisa menikmati aneka makanan dengan harga yang cukup murah. Salah satu menu andalan di tempat ini adalah nasi kucing yang bisa didapatkan hanya dengan harga Rp 1.000 per satu mangkuk kecil. Selain itu, kamu juga bisa mencicipi hidangan lezat lainnya seperti sate usus, bakmi goreng, dan aneka gorengan lainnya.

Gudeg Bu Tutie

3. Gudeg Bu Tutie


Foto Gudeg Bu Tutie

Bukan hanya Gudeg Pawon saja yang terkenal murah meriah, Gudeg Bu Tutie juga menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin merasakan gudeg dengan harga terjangkau. Di sini, kamu bisa menikmati gudeg dengan rasa yang enak dan cukup terkenal di Jogja dengan harga mulai dari Rp 7.000 saja. Selain Gudeg, kamu juga bisa mencicipi menu-menu khas Jogja lainnya seperti nasi kucing, sate kere, dan wedang ronde.

Jadi, kamu nggak perlu khawatir lagi deh soal nguras kocek saat berwisata ke Jogja. Dengan kuliner Jogja murah meriah di atas, kamu bisa merasakan sensasi kuliner Jogja tanpa harus merogoh kocek dalam. Selamat berkuliner ria di Jogja!

1. Warung Soto Seger Klaten


Warung Soto Seger Klaten

Jogja seem not complete if we don’t mention soto. One of the legendary soto places in Jogja is Warung Soto Seger Klaten. Located at Jalan Kaliurang, you can enjoy a bowl of soto for IDR 15,000,- here. The savory taste of the broth and the tender meat is a perfect combination. Don’t worry, a portion at Warung Soto Seger Klaten is pretty generous.

2. Bakmi Mbah Mo


Bakmi Mbah Mo

Who doesn’t love a bowl of tasty noodles? Bakmi Mbah Mo is here to fulfill your noodle cravings. Located at Jalan Kyai Mojo, this Bakmi place is always crowded with noodle lovers. With a price range of IDR 15,000 – IDR 25,000, you can choose various toppings such as chicken, mushroom, meatballs, and many more. Don’t forget to add their special sauce that will make your noodles extra delicious.

3. Oseng Mercon Bu Narti


Oseng Mercon Bu Narti

For those who seek adventure in spicy food, Oseng Mercon Bu Narti is the perfect choice for you. This food place serves sambal with a level of spiciness that can burn your tongue. You can find them at Jalan Tegal Gendu, only for IDR 10,000 per portion. But be careful, because their sambal might be too much for some people. Remember to prepare a glass of cold drink to calm down the spiciness afterward.

4. Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak is another famous culinary in Jogja. What makes it unique is the usage of bamboo as a grill. You can try Sate Klathak at Pak Pong, on the edge of Kaliurang Street. The price of one portion is around IDR 20,000 – IDR 25,000, which consists of five skewers. The meat is tender and flavorful, and when you combine it with their special sauce, it’s going to create a wonderful harmony in your mouth.

But wait, there’s more! The location of Pak Pong is also worth mentioning. It is located at the foot of Mount Merapi, which makes it an ideal place to enjoy a warm and savory Sate Klathak while admiring the beautiful view of the mountain. But be careful though, they sometimes close early since it’s located in a disaster-prone area. So make sure to come early, around 11 am to 4 pm.

5. Gudeg Pawon


Gudeg Pawon

If you’re in Jogja, you cannot miss their signature dish, Gudeg. One of the famous Gudeg places in Jogja is Gudeg Pawon, located on Jalan Margo Mulyo. Gudeg Pawon has a unique touch, where they still use traditional cooking equipment, such as firewood and earthenware. The combination of traditional and modern cooking method creates an unforgettable taste of Gudeg. The price range is around IDR 15,000 – IDR 25,000 for one portion. They also provide various side dishes, such as chicken, tofu, and tempeh.

6. Warung Pelem Golek


Warung Pelem Golek

Pelem is a traditional Javanese cake made from rice flour. Warung Pelem Golek is here to serve you the best Pelem you can find in Jogja. Located at Jalan Godean, their Pelem is soft and chewy with a sweet aroma. You can enjoy one portion of Pelem for IDR 10,000 – IDR 15,000. Try to come in the morning since they are usually sold out at noon.

7. Soto Sawah Pak Slamet


Soto Sawah Pak Slamet

Another Soto place to try is Soto Sawah Pak Slamet, located on the edge of Jalan Kaliurang. The unique thing about this place is the usage of organic produce from their own farm, making every dish taste fresh and healthy. One portion of Soto Sawah costs around IDR 15,000, which is pretty affordable considering the quality of the ingredients. The savory broth combined with the tender meat, vegetables, and spring onion is a perfect dish to warm you on a cold rainy day.

8. Sate Buntel Pak Deri


Sate Buntel Pak Deri

Sate Buntel is a kind of satay that has meat and egg as the filling. One of the places to try this delicacy in Jogja is Sate Buntel Pak Deri, located on Jalan Janti. The price range is around IDR 25,000 – IDR 30,000 for one portion that consists of four skewers. The meat is juicy and flavorful, and when you combine it with the egg, it’s a whole new level of taste. Don’t forget to try their special sauce too!

9. Pecel Bu Tinah


Pecel Bu Tinah

If you’re a vegetarian or simply love fresh vegetables, Pecel Bu Tinah should be on your list. Located on Jalan Imogiri Timur, they serve various fresh vegetables that are accompanied by peanut sauce. The price range is around IDR 10,000 – IDR 15,000, depending on the choices of the vegetables. You can also add fried tempeh, tofu, and boiled cassava as side dishes. It’s a healthy yet delicious meal to try.

10. Sate Padang Pak Uda


Sate Padang Pak Uda

For those who are searching for a taste of Padang, Sate Padang Pak Uda is the best place to go. Located at Jalan Colombo, the price range is around IDR 20,000 – IDR 25,000 for one portion that consists of five skewers. The meat is tender and flavorful, and the Padang-style sauce adds an extra taste to it. You can choose between beef or chicken for the meat. If you’re a fan of spicy food, you can ask for extra chili sauce to go with it. Yum!

Pecinta Kuliner Wajib Coba Ini!


makanan enak jogja

Yogyakarta terkenal dengan wisata kuliner yang melegenda dan terjangkau. Tidak hanya nikmati wisata yang murah meriah, tapi kamu juga bisa mencicipi berbagai menu kuliner yang lezat dengan harga terjangkau. Oleh karena itu, pecinta kuliner wajib mengunjungi tempat-tempat berikut ini ketika berkunjung ke Jogja.

1. Gudeg Yu Nap


gudeg yu nap

Siapa yang tidak kenal dengan gudeg? Makanan tradisional Jogja ini sangat terkenal bahkan menjadi salah satu ikon kuliner Yogyakarta. Salah satu tempat yang menyediakan gudeg yang enak dan terjangkau adalah Gudeg Yu Nap. Menu gudeg di tempat ini harganya mulai dari Rp 10.000. Selain gudeg, kamu juga bisa mencoba tahu guling, ayam goreng, dan seblak yang tidak kalah nikmat. Lokasinya berada di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Yogyakarta.

2. Bakmi Jowo Mbah Gito


bakmi jowo mbah gito

Kuliner yang satu ini sudah menjadi ikon kuliner khas Jogja. Bakmi Jowo Mbah Gito yang berlokasi di Jalan Wijilan, Yogyakarta ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dan warga sekitar. Menu andalan di tempat ini tentu saja bakmi jowo dengan kuahnya yang gurih serta daging ayam yang disajikan dalam porsi yang besar. Selain itu, harga yang dibanderol hanya sekitar Rp 10.000, sangat terjangkau bukan?

3. Angkringan Seturan Mas Rony


angkringan seturan mas rony

Angkringan menjadi kuliner favorit yang banyak digemari baik oleh warga setempat maupun wisatawan yang datang ke Jogja. Angkringan Seturan Mas Rony yang berlokasi di Jalan Kaliurang KM 5,5, Sleman, Yogyakarta menjadi tempat yang patut kamu coba. Berbagai menu khas angkringan di tempat ini tersedia dengan harga yang terjangkau, seperti nasi kucing, sate usus, telur ceplok, hingga susu jahe yang cocok untuk menghangatkan tubuhmu di malam hari. Harga mulai dari Rp 1.000, murah meriah bukan?

4. Gudeg Bu Tjitro


gudeg bu tjitro

Satu lagi tempat gudeg yang harus dicoba yaitu Gudeg Bu Tjitro. Berdiri sejak tahun 1925, tempat ini sudah sangat terkenal di Jogja. Selain gudeg yang menjadi menu andalannya, tempat ini juga menyajikan berbagai menu masakan Indonesia seperti sate kambing, soto, nasi goreng, dan masih banyak lagi. Lokasinya berada di Jalan Wirosaban No. 11, Yogyakarta.

5. Sego Kucing Pak Lekir


sego kucing pak lekir

Jangan lupa mencicipi sego kucing ketika berkunjung ke Jogja. Salah satu tempat yang menyajikan sego kucing enak dan terjangkau adalah Sego Kucing Pak Lekir di Jalan Asem Gede No. 11, Yogyakarta. Menu yang tersedia di sini antara lain nasi goreng, tempe mendoan, dan berbagai lauk seperti sate ayam dan telur pindang. Semuanya disajikan dalam porsi kecil dengan harga yang sangat murah, berkisar antara Rp 2.000-5.000 saja.

Itulah beberapa tempat kuliner terbaik yang harus Anda coba ketika berkunjung ke Jogja. Semua makanan di atas terkenal dengan kelezatannya serta cukup terjangkau bagi kantong wisatawan. Selamat mencoba!

Enaknya Kuliner di Jogja: Wisata Kuliner yang Bikin Lidah…

Warung Sate Sapi Pak Pong Jogja tak hanya terkenal dengan keindahan bicaranya, namun juga terkenal akan wisata kuliner di setiap sudutnya. Namanya saja pernah...
Ar Rayan Alif
7 min read

Kuliner Jogja: Menikmati Kelezatan Bakmi

Sejarah Bakmi di Jogja Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budayanya. Budaya tersebut juga diwariskan pada makanannya. Salah satunya...
Ar Rayan Alif
5 min read

Menikmati Wisata Kuliner Jogja yang Menggoyang Lidah

Keunikan Instagram Wisata Kuliner Jogja Jogja dikenal sebagai salah satu kota yang sangat kaya akan kuliner. Ada banyak makanan khas Jogja yang menjadi tujuan...
Ar Rayan Alif
9 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *