Kuliner

Kuliner Jogja yang Tidak Boleh Dilewatkan

Kuliner Tradisional Jogja yang Menggoda Selera


Angkringan Jogja

Jogja merupakan kota yang terkenal dengan berbagai jenis kuliner yang lezat dan nikmat. Saking banyaknya, tidak heran jika Jogja juga dijuluki sebagai kota kuliner. Beragam kuliner tradisional Jogja telah menjadi penawar rasa lapar dan juga menggugah selera bagi banyak orang. Jika anda merencanakan untuk berkunjung ke Jogja, Anda tidak boleh melewatkan beberapa kuliner tradisional yang wajib dicoba yang akan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.

1. Angkringan


Angkringan Jogja

Kuliner yang pertama kali menjadi favorit para pelajar hingga pekerja adalah angkringan. Angkringan adalah sebuah warung kecil dengan menu yang terbilang murah meriah. Kendati berada di pinggir jalan raya, angkringan menjadi tempat kumpul menarik yang menawarkan menu andalan seperti nasi kucing, sate usus, tahu gejrot, dan masih banyak lagi. Namun, nasi kucing lah yang paling populer diantara menu-menu tersebut.

Nasi kucing pada dasarnya adalah nasi dengan sajian lauk-pauk yang sedikit. Biasanya terdiri dari telur pindang, sate usus, dan sayur. Rasanya yang enak dipadukan dengan sambal pedas yang dihidangkan pas dengan lidah orang Indonesia. Biasanya setiap konsumen akan diberikan sebutir telur sebagai umbul-umbul untuk memudahkan ketika memesan menu ke lima atau keenam kali. Sebuah pengalaman unik dan menyenangkan.

Jika ingin merasakan angkringan makanan khas Jogja, datanglah ke Angkringan Jawa Wijilan yang terletak di Jalan Wijilan 95, Yogyakarta. Selain menyajikan menu nasi kucing, Angkringan Jawa Wijilan juga menyajikan minuman unik seperti wedang angkringan, es campur, jus melon, dan lain-lain. Angkringan ini juga dilengkapi dengan gaya tradisional mulai dari tempat duduk yang dibuat dari bambu hingga alunan musik gamelan. Seperti yang dikatakan orang Jogja, “Ngangkring lewat malam wong kongsi, menikmati nasi kucing, sambil ngemil, dan berdiskusi”.

Kuliner Modern Jogja yang Layak Dicoba


Angkringan Jogja Modern

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Jogja adalah surganya kuliner. Setiap sudut kota ini dipenuhi dengan beragam makanan lezat yang siap memanjakan lidah kita. Mulai dari makanan tradisional hingga makanan modern, semuanya bisa kita temukan di kota ini. Saat kita berbicara tentang kuliner Jogja, pasti yang terlintas di benak kita adalah makanan-makanan khas seperti nasi gudeg, sate klathak, bakpia pathok, dan masih banyak lagi. Tapi, tahukah kamu bahwa Jogja juga memiliki kuliner modern yang nggak kalah nikmatnya? Nah, berikut ini adalah beberapa kuliner modern Jogja yang layak dicoba.

Lippo Plaza Jogja

1. Lippo Plaza Jogja

Jika kamu ingin mencari kuliner modern yang lengkap, maka Lippo Plaza Jogja bisa menjadi pilihan yang tepat. Di sini kamu bisa menikmati berbagai macam makanan modern dengan suasana yang nyaman dan mewah. Beberapa restoran yang wajib kamu kunjungi di antaranya adalah Texas Chicken, Solaria, KFC, Pizza Hut, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, setiap harinya Lippo Plaza Jogja juga mengadakan acara promo dan diskon yang sayang jika dilewatkan. Jadi, pastikan kamu sering-sering ke sini ya!

Bakmi GM Jogja

2. Bakmi GM

Jika kamu suka dengan makanan mie, maka kamu wajib mencoba bakmi GM. Restoran yang sudah memiliki cabang di seluruh Indonesia ini juga hadir di Jogja lho, tepatnya di Jalan Malioboro. Bakmi GM menyajikan mie yang lezat, dengan berbagai varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera. Salah satu menu andalan mereka adalah bakmi pangsit, dengan isi pangsit yang melimpah dan kuahnya yang gurih. Oh ya, selain mie, di Bakmi GM juga tersedia menu lain seperti nasi goreng, chicken wings, dan lain-lain. Selain rasanya yang enak, harganya juga terjangkau lho!

Soto Ayam Jogja

3. Soto Ayam Lamongan Ceker Pedas Bu Asih

Jika kamu mencari makanan yang cocok untuk sarapan atau brunch, maka soto ayam bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Di Jogja terdapat penjual soto ayam yang terkenal dengan kelezatannya, yaitu Soto Ayam Lamongan Ceker Pedas Bu Asih. Di sini kamu bisa menikmati soto ayam dengan kuah yang bening dan daging ayam yang lembut. Selain itu, soto ayam Bu Asih juga terkenal dengan cekernya yang pedas dan empuk. Harganya juga sangat terjangkau, hanya sekitar Rp10.000 – Rp15.000 per porsi. Jangan lupa datang ke sini sebelum jam 9 pagi ya!

Nasi Campur Jogja

4. Nasi Campur Gajahmada

Nasi campur adalah salah satu makanan Indonesia yang sangat terkenal dengan kelezatannya. Di Jogja, kamu bisa menemukan nasi campur yang nikmat di Nasi Campur Gajahmada. Restoran yang terletak di Jalan Gajahmada ini menyajikan nasi campur dengan berbagai macam lauk, seperti ayam goreng, rendang, tumis terong, telur, dan masih banyak lagi. Selain rasa yang lezat, di sini kamu juga bisa merasakan suasana yang mengingatkan kita pada masakan rumahan. Harganya juga bersahabat dengan kantong, hanya sekitar Rp20.000 per porsi. Jangan lupa kunjungi ya!

Nah, itu tadi adalah beberapa kuliner modern Jogja yang layak dicoba. Selain enak dan terjangkau, kuliner-kuliner di atas juga mudah ditemukan dan bisa kamu temukan di beberapa tempat strategis di kota Jogja. Jadi, tunggu apa lagi? Mari kulineran di Jogja!

Warung Omah Ambengan, Kaliurang


Warung Omah Ambengan, Kaliurang

Letaknya yang berada di kaki Gunung Merapi dan di sisi Sungai Kaliurang membuat Warung Omah Ambengan menjadi tempat kuliner yang wajib dikunjungi. Di sini kamu bisa menikmati ragam menu Masakan Jawa yang lezat dengan suguhan pemandangan alam yang memukau. Letaknya yang tersembunyi di tengah kebun sayur dan hutan pinus membuat Warung Omah Ambengan menjadi tempat makan unik yang menyenangkan.

Warung Omah Ambengan menyediakan berbagai macam menu Masakan Jawa yang wajib dicoba, seperti Sayur Godog, Sate Usus, dan Sate Klathak. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menikmati segelas Es Kelapa Muda yang segar serta gurih atau Es Dawet Ayu yang manis dan lezat.

Warung Omah Ambengan dibangun dengan gaya arsitektur tradisional Jawa yaitu joglo dengan ornamen ukiran kayu. Kesan yang didapat saat memasuki tempat makan ini adalah suasana Jawa dengan nuansa alam yang menyegarkan.

Setelah menikmati makanan yang lezat, cobalah untuk berjalan-jalan menikmati suasana sekitar yang hijau dan memukau atau bermain air di Sungai Kaliurang yang dengan airnya yang segar dan bersih.

Dusun Semilir, Bantul


Dusun Semilir, Bantul

Tempat makan unik berikutnya yang menawarkan pemandangan menakjubkan adalah Dusun Semilir. Terletak di tengah hamparan sawah, Dusun Semilir menawarkan pengalaman ngopi sambil menikmati hamparan sawah yang luas dan asri. Terdiri dari beberapa tempat makan berbeda, Dusun Semilir menyajikan menu berbagai macam menu makanan dan minuman.

Tempat makan favorit di Dusun Semilir adalah kafe bergaya Jepang yang bernama Glamping Cafe. Di sini kamu bisa menikmati minuman kopi atau teh dan dessert yang lezat sambil menikmati pemandangan sawah yang indah. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menu makanan yang ditawarkan seperti Salad Mangga, Kari Ayam, dan Nasi Goreng Dusun.

Dusun Semilir juga memiliki area untuk bermain anak, kebun memberikan kesempatan untuk memetik sayur dan buah-buahan, dan juga tempat yang cocok untuk mengadakan kegiatan seperti rapat atau acara keluarga. Banyak pengunjung yang datang ke Dusun Semilira untuk beristirahat dan menghabiskan waktu dalam suasana yang menyenangkan.

Hilltop Resto, Hutan Pinus Mangunan, Dlingo


Hilltop Resto, Hutan Pinus Mangunan, Dlingo

Kalau kamu mencari tempat makan dengan pemandangan yang menakjubkan di Jogja, Hilltop Resto Mangunan bisa menjadi pilihan yang tepat. Letaknya yang berada di Hutan Pinus Mangunan menawarkan pemandangan yang menakjubkan di sini. Suasana damai dan menenangkan di sekitarnya membuat Hilltop Resto menjadi tempat makan unik yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga.

Hilltop Resto menawarkan menu western dan masakan Indonesia yang lezat. Di sini, kamu bisa mencoba Burger, Steak, Sate, Sup Iga atau mie Goreng. Jika kamu ingin mencoba menu yang lebih ringan, coba salmon asap dengan saus rempah spesial dan salad.

Sajian utama pada Hilltop Resto bukanlah masakan yang disajikan, namun pemandangan di sekitarnya. Suasana yang cocok untuk bersantai dan suasana yang tenang dan damai cocok untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga.

Bakmi Jowo Mbah Mo


Bakmi Jowo Mbah Mo

Bakmi Jowo Mbah Mo is one of the most famous stalls in Yogyakarta. Established in 1972, this warung has successfully maintained its reputation as a unique culinary destination in the city. This legendary food stall offers traditional Javanese-style noodle dishes, which are served in a simple and modest setting. Not only does the taste of the dishes satisfy the customers, but the affordable prices also keep visitors coming back for more.

One of the most outstanding dishes on the menu is Mie Ayam Bakso Special (noodles with chicken and meatballs). The combination of the savory soup, chewy noodles, and tender chicken and meatballs creates a perfect balance of flavor. Other recommended dishes include Bakmi Goreng (fried noodles) and Nasi Goreng (fried rice). Bakmi Jowo Mbah Mo also offers various side dishes such as fried tofu, fried tempeh, and sambal (chili sauce) to perfectly complement the main dishes.

As the popularity of Bakmi Jowo Mbah Mo continues to grow, it has expanded to several branches in various locations in Yogyakarta and surrounding cities. The success and longevity of this warung can be attributed to its consistency in creating flavor-packed dishes for over four decades.

Mencicipi Berbagai Jenis Kuliner Khas Jogja di Pasar Beringharjo


pasar beringharjo

Berada di kota Jogja, tentu makanan khas Jogja menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi untuk menemukan berbagai jenis kuliner khas Jogja adalah Pasar Beringharjo. Pasar yang terletak di Jalan Margo Mulyo ini menyediakan berbagai jenis kuliner lezat yang membuat lidah bergoyang.

Mie Merapi

1. Mie Merapi
Mie Merapi adalah salah satu kuliner yang wajib dicoba di Pasar Beringharjo ini. Mie ini sangat berbeda dengan mie pada umumnya karena menggunakan bumbu khas merapi yang membuat rasanya pedas dan nikmat. Selain itu, mie ini juga diberi topping daging ayam dan potongan tahu yang semakin menambah cita rasa pada mie ini.

Sate Bantul

2. Sate Bantul
Sate bukanlah makanan yang asing lagi untuk kita. Di Pasar Beringharjo, terdapat Sate Bantul yang tidak boleh dilewatkan. Sate Bantul ini memiliki beberapa campuran rempah yang diolah sedemikian rupa yang membuatnya sangat nikmat sehingga sangat cocok bagi yang suka dengan makanan berbumbu.

Nasi Liwet Mbah Margo

3. Nasi Liwet Mbah Margo
Nasi Liwet Mbah Margo menjadi menu yang wajib dicoba saat menyambangi Pasar Beringharjo. Selain rasanya yang nikmat, hidangan ini juga disajikan dengan tampilan yang unik dan artistik. Nasi liwet ini memiliki tekstur yang lembut dengan aroma daun pandan yang khas.

Gudek

4. Gudeg
Gudeg merupakan kuliner khas Jogja yang terkenal dan mudah ditemukan, begitu pula di Pasar Beringharjo. Rasanya manis dengan bahan utama nangka muda, fakta menarik tentang kuliner gudeg ini adalah lintah yang digunakan sebagai bahan pengempuknya sehingga gudeg menjadi empuk dan lezat.

Ayam Geprek Bu Rudi

5. Ayam Geprek Bu Rudi
Ayam geprek juga menjadi salah satu kuliner yang sedang hits, begitu pula di Pasar Beringharjo. Ayam geprek Bu Rudi memiliki cita rasa yang nikmat, pedas dan gurih yang cocok bagi pecinta pedas. Terlebih lagi, ayam geprek ini diberikan topping yang berlimpah sehingga menambah rasa dan kenikmatan.

Itulah lima jenis kuliner khas Jogja yang wajib dicoba saat berkunjung ke Pasar Beringharjo, tentunya masih banyak lagi kuliner lainnya yang mungkin belum dicoba. Oleh karena itu, ketika terlewatkan kesempatan untuk mencoba kuliner khas Jogja ini, maka sajikan ulang akan menjadi hal yang sangat menyesal. Selamat mencoba!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button