Kuliner

Kuliner Enak di Jogja: Nikmati Kelezatan Makanan Khas Yogyakarta

Kuliner Populer di Jogja


Kuliner Populer di Jogja

Kota Jogja selalu menjadi kota yang ramai oleh wisatawan, terutama saat musim liburan. Namun, bukan sekedar tempat wisata ataupun budaya yang menjadi daya tarik wisatawan di sini. Kuliner Jogja juga menjadi hal yang tak bisa dilewatkana oleh para pengunjung. Berbagai kuliner enak bisa dinikmati di sini, mulai dari makanan berat hingga camilan.

Salah satu kuliner populer di Jogja adalah gudeg. Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak bersama berbagai bumbu dan rempah. Gudeg biasanya disajikan bersama nasi, ayam suwir, telur, dan sambal krecek. Jika ingin mencari tempat makan gudeg yang enak, sangat disarankan untuk mencoba Gudeg Yu Djum.

Gudeg Yu Djum merupakan salah satu tempat makan gudeg yang populer di Jogja. Makanan yang disajikan di sini terkenal sangat enak dan cocok dengan selera masyarakat Jogja. Tidak hanya itu, tempat ini juga terkenal dengan tempatnya yang nyaman dan bersih. Harganya pun cukup terjangkau, sekitar Rp. 25.000,- untuk satu porsi.

Tidak hanya gudeg, kuliner populer lainnya di Jogja adalah bakmi Jawa. Bakmi Jawa adalah sejenis mie yang dimasak dengan beragai rempah dan bumbu. Bakmi Jawa biasanya disajikan dengan suwiran ayam, irisan daun bawang, dan emping sebagai pelengkap nya. Jika ingin mencari tempat makan bakmi Jawa yang enak, sangat disarankan untuk mencoba bakmi Jawa Pak Pele.

Bakmi Jawa Pak Pele merupakan salah satu tempat makan bakmi Jawa yang populer di Jogja. Makanan yang disajikan di sini terkenal sangat enak dan banyak pelanggan yang puas dengan rasa masakan di sini. Harganya pun cukup terjangkau, sekitar Rp. 15.000,- untuk satu porsi.

Tidak hanya makanan berat, camilan juga menjadi kuliner populer di Jogja. Salah satu camilan khas Jogja adalah wedang ronde. Wedang ronde adalah minuman jahe yang di dalamnya terdapat bola-bola ketan berisi kacang hijau. Jika ingin mencari tempat makan wedang ronde yang enak, sangat disarankan untuk mencoba wedang ronde Pak Agus.

Wedang ronde Pak Agus merupakan salah satu tempat makan wedang ronde yang populer di Jogja. Wedang ronde yang disajikan di sini terkenal sangat enak dan memiliki cita rasa yang khas. Tidak hanya itu, tempat ini juga terkenal dengan suasana nya yang nyaman. Harganya pun cukup terjangkau, sekitar Rp. 8.000,- untuk satu gelas.

Kuliner populer lainnya di Jogja adalah nasi kucing yang bisa ditemukan di hampir seluruh area wisata kota ini. Nasi kucing adalah nasi yang disajikan dalam porsi kecil dengan berbagai macam lauk. Pilihan lauk di sini sangat beragam dan cocok untuk para pengunjung yang ingin mencicipi beragam makanan dengan porsi kecil.

Demikianlah beberapa kuliner populer di Jogja yang enak dan bisa menjadi rekomendasi bagi para pengunjung yang berkunjung ke kota ini. Sebagai salah satu kota wisata terkenal, sangat penting untuk mencicipi kuliner khas Jogja untuk menambah pengalaman berkesan selama di sini.

Makanan Khas Jogja yang Terkenal


mie aceh jogja

Salah satu makanan khas Jogja yang terkenal di kalangan wisatawan, khususnya yang berasal dari Aceh, adalah Mie Aceh. Meskipun bukan makanan asli Jogja, namun mie yang dipadukan dengan kuah kental berbumbu rempah ini sudah merakyat di kalangan warga Jogja. Terdapat berbagai olahan mie aceh yang tersedia di Jogja, mulai dari mie aceh goreng, mie aceh kuah, hingga mie aceh telur. Penggemar pedas juga dapat memesan mie aceh dengan tingkat kepedasan yang bisa disesuaikan dengan selera.

gudeg

Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Olahan nangka muda yang dimasak dalam santan dan gula merah ini diolah hingga empuk dan menghasilkan rasa manis yang begitu khas. Saat menyantap gudeg, biasanya disajikan dengan tempe, tahu, dan ayam suwir. Warga Jogja biasanya menyantap gudeg sebagai menu sarapan, namun kini makanan khas Jogja ini juga bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja.

sate klathak jogja

Masih dengan olahan daging, namun kali ini daging yang digunakan yaitu daging kambing. Sate klathak merupakan makanan khas Jogja yang terkenal dengan tekstur dagingnya yang lembut dan berbumbu rempah-rempah. Penyajiannya yang unik dengan menggunakan batang bambu sebagai tusuk sate dan kayu bakar sebagai bahan bakarnya, membuat sate klathak lebih terasa nikmat. Sate klathak juga sering dihidangkan dengan nasi, lalapan sayur, dan sambal.

gulai kambing krakatau jogja

Gulai Kambing Krakatau merupakan makanan khas Jogja terbaru yang sedang tren di kalangan penikmat kuliner. Olahan kambing ini dimasak dengan bumbu rempah pilihan seperti daun jeruk, belimbing wuluh, dan serai. Selain rasanya yang enak, makanan khas Jogja ini juga dikenal sebagai makanan yang sehat karena daging kambing yang digunakan dikukus terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bumbu rempah.

Baca Juga :   Kuliner Jogja: Mencicipi Lezatnya Kuliner Tradisional

mingkem jogja

Jika kamu mencari makanan khas Jogja yang murah meriah, maka Mingkem adalah pilihan yang tepat. Mingkem merupakan warung makan yang menyajikan berbagai kuliner khas Jogja dengan harga yang sangat terjangkau. Tempe bacem, ayam goreng, hingga tongseng, semuanya dijual dengan harga yang tidak lebih dari Rp 10.000 per porsi. Selain harganya yang murah, rasa dari setiap menu yang disajikan tetap memuaskan lidah.

Wisata Kuliner Malam di Jogja


Jajanan Malam Yogyakarta

Ketika malam tiba, kota Jogja menjadi semakin ramai dengan para pelancong yang ingin menikmati kuliner malamnya yang terkenal enak dan murah meriah. Beberapa jajanan malam yang bisa kamu cicipi di Jogja antara lain Bakmi Jawa, Gudeg, Sate Klathak, dan masih banyak lagi.

1. Bakmi Jawa
Bakmi Jawa adalah makanan khas Jawa Tengah yang juga banyak ditemukan di Jogja. Bakmi Jawa terdiri dari mie kuning yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang khas. Untuk penyajiannya, bakmi jawa ditambahkan daun bawang, tauge, emping, dan irisan daging ayam/shrimp. Bakmi Jawa dapat kamu temukan di berbagai kedai dan gerobak di sepanjang jalan Malioboro.

2. Gudeg
Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan berbagai bumbu rempah-rempah, biasanya disajikan dengan ayam, telor, dan sambal krecek. Gudeg menjadi salah satu jajanan malam yang paling terkenal di Jogja dan kamu bisa menemukan berbagai kedai gudeg di Jogja.

3. Sate Klathak
Sate Klathak adalah makanan khas Jogja yang dibuat dari daging ayam atau sapi yang kemudian dilumuri bumbu dan dibakar menggunakan tusuk sate. Yang membuat Sate Klathak berbeda dengan sate pada umumnya adalah teknik pembakarannya menggunakan gentong yang ukurannya lebih kecil dari pada tusuk sate pada umumnya. Kamu bisa mencicipi Sate Klathak di samping Masjid Agung Jogja.

4. Nasi Kucing
Sajian nasi kucing berikutnya dapat kamu temukan di Areal UII. Nasi kuning yang tersemat dalam bungkus daun pisang ini nikmat disantap dengan tambahan lauk seperti sambel, ayam goreng, tempe penyet, ataupun dengan baceman. Tampilannya yang kecil – kecil dan harganya yang terjangkau tentunya membuat makanan ini menjadi buruan para mahasiswa dan juga wisatawan.

5. Sate Buntel
Sate Buntel merupakan sajian sate khas yang terdapat di Jogja. Tampilan dari sate buntel sendiri sangat unik karena mirip dengan lemper, tetapi yang membedakannya adalah adonan tepung sagu dengan parutan kelapa di dalamnya. Bahan daging yang digunakan pun juga bisa disesuaikan, mulai dari daging sapi, ayam, hingga daging santan. Salah satu tempat yang terkenal dengan sajian Sate Buntel ini ada di Warung Buntel Pak Coman.

6. Gepuk Nyonya Onis
Gepuk Nyonya Onis menjadi salah satu sajian yang tidak dapat kamu lewatkan ketika di Yogyakarta. Gepuk sendiri merupakan makanan khas dari Jawa Barat yang dilengkapi dengan rempah-rempah khas serta cabai yang mempunyai rasa yang sangat gurih dan pedas. Di Jogja sendiri, kamu bisa menemukan Gepuk Nyonya Onis tersebut di Jalan Laksda Adisucipto Km 7,5.

Itulah beberapa jajanan malam yang wajib dicoba ketika kamu mengunjungi Jogja. Selain enak, jajanan malam di Jogja ini juga terkenal dengan harga yang terjangkau sehingga dapat memenuhi hasrat kamu akan makanan selama melakukan perjalanan.

Kuliner Jalanan Favorit di Jogja


Kuliner Jalanan Favorit di Jogja

Kota Yogyakarta sangat terkenal dengan kekayaan kuliner tradisionalnya. Ada banyak sekali jajanan khas yang bisa ditemukan di kota tersebut. Apalagi, Jogja memiliki banyak sekali kuliner jalanan yang sangat lezat dan murah meriah. Berikut ini adalah beberapa kuliner jalanan favorit di Jogja yang patut untuk dicoba:

1. Gudeg


Gudeg Jogja

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak selama berjam-jam dengan campuran rempah-rempah khas. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, tahu, tempe, ayam suwir, dan sambal krecek. Kuliner jalanan ini sangat terkenal di Jogja dan banyak sekali pedagang-pedagang yang menjajakan makanan ini.

2. Bakmi Jawa


Bakmi Jawa

Bakmi Jawa adalah masakan mie khas Jawa yang sangat lezat. Mie ini dimasak dengan bumbu kacang dan daging ayam atau sapi. Biasanya Bakmi Jawa disajikan dengan kerupuk, tauge, dan telur. Kuliner jalanan ini juga sangat mudah ditemukan di Jogja dan harganya cukup terjangkau.

3. Sate Klathak


Sate Klathak

Sate Klathak adalah sate dari daging sapi atau ayam yang dipanggang dengan arang yang sangat nikmat. Sate ini sangat terkenal di Jogja dan biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang pedas. Kuliner jalanan ini juga sangat cocok untuk dimakan sebagai makanan ringan atau untuk makan malam.

Baca Juga :   Enaknya Makan di Jogja: Temukan Spot Kuliner yang Menggoda di Kota Gudeg

4. Es Goyobod


Es Goyobod

Es Goyobod adalah minuman segar yang terbuat dari tepung ketan hitam, gula aren, dan air. Minuman ini sangat populer di Jogja dan cukup mudah ditemukan di berbagai daerah di kota tersebut. Es Goyobod sangat cocok untuk dinikmati saat siang hari yang terik.

5. Burger Bakar Pak Ndut


Burger Bakar Pak Ndut

Burger Bakar Pak Ndut adalah makanan burger yang sangat lezat dan unik. Makanan ini terbuat dari roti bakar yang diisi dengan daging sapi atau ayam, sayuran segar, dan saus keju yang melimpah. Kuliner jalanan ini sangat terkenal di Jogja dan biasanya disajikan dengan sambal pedas yang menggigit.

Itulah beberapa kuliner jalanan favorit di Jogja yang patut untuk dicoba. Selain sebagai makanan yang lezat, kuliner jalanan di Jogja juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh jika berkunjung ke kota tersebut. Semoga bermanfaat!

Kuliner Mewah di Jogja yang Tak Terlupakan


Kuliner Mewah di Jogja

Jogja, or Yogyakarta, may be famous for its friendly locals and cultural delicacies, but the city is also home to some of the most luxurious culinary experiences you can find in the country. Below are some of the best and unforgettable luxurious culinary destinations in Jogja:

1. Canting Restaurant and Café


Canting Restaurant and Café

If you’re looking for an elegant and relaxing culinary experience, Canting Restaurant and Café is a must-visit destination. The restaurant’s classic interior design and beautiful ambience make it the perfect place to enjoy a romantic dinner or a night out with friends. The menu is a mix of Indonesian and Western dishes, and dishes are created using only the freshest local ingredients. Some of the highly recommended menu items include wagyu steak and crab bisque. For dessert, you can try their famous soufflé or chocolate lava cake.

2. Queen of the South


Queen of The South

Queen of the South is a lounge and restaurant located in the busy part of Jogja and known for its perfect blend of Indonesian and Colombian cuisine. It’s the perfect destination for those looking for an elegant ambience and a mouth-watering menu. Try their Beef Rendang, Peruvian Ceviche, or the Grilled Octopus. For drinks, the signature cocktails are a must-try. The view of the city’s skyline from the rooftop terrace is icing on the cake.

3. Sekar Kedaton


Sekar Kedaton

Located in an old-building in central Jogja, Sekar Kedaton is a restaurant that offers a blend of Javanese royalty and Arabian luxury. Guests can enjoy their meals in cozy booths or in one of the private gazebos. The restaurant is famous for its royal-style Javanese cuisine and the Arabian-style Mezze-Platters. Recommended dishes include the nasi ambeng, and the crème brûlée. A range of shisha flavors is also available to choose from.

4. Java Paragon Hotel


Java Paragon Hotel

Java Paragon Hotel is a 5-star hotel that offers some of Jogja’s best culinary experiences. Located on the outskirts of the city center, the hotel is famous for its high-class restaurants, including Tamansari, which serves Indonesian and Western cuisine, while The Japanese Restaurant Oku offers traditional Japanese cuisine. The Cantonese-style restaurant takes pride in using only the finest ingredients cooked masterfully. For dessert, you can savor their unique Indonesian-inspired ice creams such as the durian-flavored ice cream..

5. D’Omah Food and Art Space


D'Omah Food and Artspace

As the name suggests, D’Omah Food and Art Space is a restaurant and an art gallery rolled into one. It is located inside a traditional Javanese house that has been transformed into a luxurious art space. The menu features a wide range of Indonesian and international cuisine, and guests can choose to dine inside the restaurant or al fresco under the moon and stars in the outdoor garden area. One of the things that set D’Omah Food and Art Space apart from others on the list is that the dishes are made with fresh, organic ingredients picked straight from the restaurant garden.

If you’re in Jogja and looking for top-notch culinary experiences, these five places won’t disappoint. Relax and savor the taste while enjoying the lavish ambiance of these luxurious culinary destinations.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button