Kuliner

Kuliner Jogja Wajib: Cicipi Enam Makanan Ini Saat di Yogyakarta

Tempat Makan Untuk Traveler


Jogja Street Food

Yogyakarta mencuat sebagai kota kuliner paling populer di Indonesia. Dari pasar malam hingga restoran mewah, kota ini memiliki banyak pilihan untuk dinikmati. Jika Anda ingin mencari ‘kuliner Jogja wajib’ untuk pengalaman kuliner otentik, maka Inilah tiga tempat makan untuk traveler yang harus dikunjungi.

Angkringan Mbah Satinem


Angkringan Mbah Satinem

Sekali makan di sini, tentu saja Anda akan disajikan dengan beragam menu yang lezat di tempat makan ini. Namun, Angkringan Mbah Satinem tidak hanya menawarkan kuliner yang lezat, tempat makan ini juga memberi sensasi yang cukup unik untuk para pelanggannya.

Para pengunjung tidak duduk di kursi atau di ruangan tertutup, mereka akan duduk di atas tikar dan meja yang ada di pinggir jalan. Sensasi ini terasa sangat berbeda dari ‘kuliner Jogja wajib’ pada umumnya dan semakin menambah kesan otentik akan kota ini.

Di sini, Anda bisa mencoba sekoteng, nasi kucing, dan makanan ringan seperti tempe mendoan. Semua menu yang ada di sini sangat terjangkau dan tidak akan membebani dompet Anda. Jadi, jangan lewatkan Angkringan Mbah Satinem ketika Anda berada di Jogja!

Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Menemukan tempat makan yang menyajikan Gudeg yang lezat dan otentik di Jogja tidak sulit, tetapi Gudeg Yu Djum adalah tempat makan yang paling populer dan harus Anda kunjungi.

Tempat ini adalah tempat makan yang recomended bagi para traveler untuk merasakan hidangan kuliner tradisional khas Jogja. Gudeg dihidangkan dengan nasi, ayam, dadar jagung, dan sambal. Semuanya disajikan secara lengkap dalam mangkuk kecil atau pincuk yang terbuat dari daun pisang.

Tidak hanya Gudegnya saja yang lezat, sambalnya dianggap sebagai sambal terenak di Jogja. Harga makanan di sini juga sangat terjangkau, jadi jangan lewatkan Gudeg Yu Djum ketika Anda berada di Jogja!

Warung Handayani


Warung Handayani

Warung Handayani adalah salah satu tempat makan di Jogja yang menyajikan makanan Indonesia. Namun, menu yang paling populer di tempat ini adalah sate dan gulai kambing. Di sini, Anda bisa merasakan hidangan khas Indonesia dari kambing yang lezat.

Pilihan sate kambingnya juga beragam, mulai dari sate cincang, sate usus, sate telur gulung, dan masih banyak lagi. Selain sate kambing, gulai kambing di tempat makan ini juga tidak boleh dilewatkan. Rasanya sangat lezat, dan bumbu gulainya sangat meresap. Sajian gulai dan sate kambingnya pas banget dengan nasi sebakul.

Warung Handayani buka dari pukul 09.00 – 23.00, Karena lokasinya yang strategis di pusat kota, tempat makan ini selalu ramai dikunjungi oleh pelanggan.

Jika Anda ingin mencoba ‘kuliner Jogja wajib,’ jangan sampai melewatkan ketiga tempat makan ini. Jangan khawatir tentang bujet, karena kesemua tempat makan yang kami rekomendasikan tersebut, harga makanannya sangat terjangkau bagi para pelanggan.

Baca Juga :   10 Tempat Kuliner Murah Meriah di Jogja yang Patut Dicoba

Mie Ayam Gajah Mada


Mie Ayam Gajah Mada

Mie Ayam Gajah Mada adalah salah satu hidangan legendaris di Jogja yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Menu andalan dari tempat ini adalah mie ayam pangsit dengan kuah ayam bening. Selain itu, mereka juga menyediakan mie ayam goreng crispy yang juga tak kalah lezat. Dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp. 10.000,-, kamu sudah bisa menikmati sajian mie ayam yang segar dan nikmat.

Es Buah PK


Es Buah PK

Jika kamu mencari hidangan segar dan manis di Jogja, Es Buah PK bisa menjadi pilihan tepat. Mereka menyajikan es buah dengan beragam jenis buah-buahan yang segar dan ditambah dengan selai kacang atau cocopandan. Selain itu, mereka juga menyediakan kolak pisang dan klepon yang terkenal enak. Dengan harga yang cukup murah, sekitar Rp. 10.000,- hingga Rp. 15.000,- kamu bisa menikmati sajian es buah yang nikmat di Jogja.

Bakmi Mbah Mo


Bakmi Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo adalah salah satu tempat makan yang cukup legendaris di Jogja, tempat ini sudah ada sejak tahun 1972. Menu andalan dari tempat ini adalah bakmi jawa dengan kuah kaldu ayam yang gurih, dihidangkan dengan taburan irisan ayam, sawi, tauge dan emping. Selain bakmi jawa, mereka juga menyediakan mie goreng dan bakso dengan rasa yang tak kalah enak. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp. 10.000,- hingga Rp. 20.000,-.

Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum adalah salah satu tempat makan gudeg yang paling terkenal dan legendaris di Jogja. Gudeg merupakan makanan khas Jogja, terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah dan santan. Gudeg Yu Djum mempunyai ciri khasnya sendiri, yaitu rasa manis yang pas dan teksturnya yang empuk. Dengan harga yang normal, Rp. 15.000,- hingga Rp. 30.000,- kamu sudah bisa merasakan nikmatnya gudeg yang lezat dan menggugah selera di Gudeg Yu Djum.

Nasi Langgi


Nasi Langgi

Nasi Langgi atau biasa disebut juga dengan Nasi Kucing ini merupakan hidangan khas Jogja yang menjadi favorit di kalangan mahasiswa dan wisatawan. Nasi Langgi biasanya dihidangkan dalam piring kecil yang disertai lauk dengan ukuran yang kecil pula, seperti ayam bakar, tempe goreng, tahu goreng, sambal, dan lainnya. Dengan harga yang sangat terjangkau, Rp. 1.500,- hingga Rp. 3.000,- kamu sudah bisa mencicipi semua hidangan tersebut dalam satu piring nasi.

Makanan Terkenal Saat Liburan di Jogja


Jogja adalah salah satu kota di Indonesia yang sangat terkenal dengan banyaknya makanan khas yang lezat dan unik. Di kota ini, kamu bisa menemukan banyak sekali tempat makan dan street food yang terkenal. Nah, jika kamu sedang berkunjung ke Jogja untuk berlibur, jangan sampai melewatkan makanan-makanan terbaik di kota ini.

Baca Juga :   5 Destinasi Kuliner Murah dan Enak di Jogja

1. Gudeg


Gudeg menjadi ikon kuliner khas Jogja yang paling terkenal. Makanan ini terbuat dari nangka muda, dimasak dengan santan, gula jawa, dan berbagai rempah-rempah. Gudeg biasanya disajikan dengan ketupat (nasi kukus yang dibungkus dalam daun kelapa) dan lauk pauk seperti tahu, ayam, dan sambal goreng kentang. Banyak sekali warung gudeg yang bisa kamu temukan di Jogja, mulai dari yang tradisional hingga yang modern.

2. Bakmi Jawa


Salah satu makanan yang juga sangat terkenal di Jogja adalah bakmi Jawa. Makanan ini terdiri dari mie kuning yang dipadukan dengan irisan daging ayam, toppings daun bawang, tauge, dan sambal khas. Ada juga versi bakmi godog, yang sama-sama enak dengan kuah kaldu ayam yang kental. Kamu bisa menemukan bakmi Jawa di restoran-restoran maupun penjual kaki lima di sepanjang jalan Jogja.

3. Sate Klathak


Sate Klathak adalah makanan khas Jogja yang terdiri dari sate daging sapi atau ayam yang diolah dengan cara dibakar. Sate ini kemudian dibumbui dengan rempah khas seperti ketumbar, kunyit dan jahe. Cara olahannya ya.. memang unik, menggunakan tungku setengah drum yang dapat membuat rasa daging semakin nikmat dan lezat. Ada banyak sekali warung atau kios Sate Klathak yang bisa kamu temukan di Jogja, seperti di sekitar jalan Magelang atau di desa Juminahan, Sleman.

4. Soto Betawi


Walaupun nama betawi, namun Soto Betawi tidak kalah nikmatnya dengan makanan-makanan khas Jogja. Soto Betawi terdiri dari kuah kaldu yang gurih, irisan daging sapi, bihun, kentang goreng, dan taburan bawang goreng. Rasa kuah soto yang dihasilkan sangat nikmat, dan cocok dengan nasi putih yang hangat. Kamu bisa mencari Soto Betawi ini di sekitar jalan Suryodiningratan.

5. Es Goyobod


Setelah makan-makanan berat yang di atas, jangan lupa untuk menyegarkan diri dengan es Goyobod. Camilan khas ini terbuat dari bahan alami seperti tepung ketan, air pandan dan gula aren yang ada di dalam minuman dan ditambahkan es serut. Rasanya sangat segar dan manis, cocok sekali untuk melengkapi liburanmu di Jogja. Kamu bisa mencari penjual es Goyobod di sekitar jalan Malioboro atau pasar Bringharjo.

Itulah beberapa kuliner khas Jogja yang sangat direkomendasikan saat kamu berkunjung ke kota ini. Selamat mencicipi!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button