Kuliner Jogja yang Wajib Dikunjungi: Menikmati Kelezatan Kuliner Khas Yogyakarta

Lezat dan Legendaris: Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Yogyakarta memang terkenal sebagai kota kuliner, dan salah satu makanan yang harus ada dalam daftar makanan wajib dicoba adalah Gudeg. Sebagai makanan khas Yogyakarta, gudeg merupakan menu yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan bumbu khas seperti kelapa parut, bawang merah, bawang putih, garam, dan gula. Namun, di antara banyak tempat makan gudeg di Yogyakarta, Gudeg Yu Djum merupakan kuliner legendaris yang sudah terkenal sejak 1958.

Gudeg Yu Djum terletak di Jalan Wijilan No.167 Yogyakarta. Meski terletak di sudut jalan, tempat makan ini selalu ramai pengunjung yang ingin menikmati menu andalannya, yaitu Gudeg Komplit. Gudeg Komplit sangat disukai oleh para pelanggan karena di dalamnya terdapat berbagai macam lauk seperti ayam goreng, tempe goreng, sambal goreng krecek, tahu, dan telur asin. Ditambah dengan nasi putih yang lembut dan gurih, Gudeg Komplit dari Yu Djum ini benar-benar mampu memuaskan selera.

Berbeda dari tempat makan gudeg umumnya, Gudeg Yu Djum memasak gudegnya dengan menggunakan tungku dan kayu bakar. Dengan memasak menggunakan tungku, rasa gudeg yang dihasilkan lebih nikmat dan aroma kayu bakar memberikan rasa sehat dan khas yang sulit didapat di tempat makan lain. Tak hanya itu, makan di Gudeg Yu Djum juga serasa menikmati kuliner legendaris Yogyakarta karena suasana ruangannya masih mengusung konsep rumah tradisional Joglo.

Tak hanya menyajikan Gudeg Komplit, Gudeg Yu Djum juga menyediakan berbagai menu lain seperti Nasi Liwet Komplit, Ayam Goreng, dan Tahu Tempe Bacem. Namun, bagi yang ingin mencoba Gudeg di tempat makan ini tetapi tidak mau ribet, Gudeg Biasa juga tersedia dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, bagi Anda yang baru pertama kali datang ke tempat makan ini, Gudeg Komplit merupakan pilihan yang paling pas untuk dicoba.

Berbicara mengenai harga, harga yang ditawarkan Gudeg Yu Djum cukup terjangkau dengan porsi yang besar dan lauk yang lengkap pada Gudeg Komplit. Namun, ketika datang ke tempat makan ini, jangan sedih jika harus antre dahulu karena banyaknya pengunjung. Namun, semua itu pasti terbayar lunas ketika mencicipi Gudeg Komplit di Gudeg Yu Djum.

Jadi, jika sedang berkunjung ke Yogyakarta dan ingin mencari kuliner legendaris yang menyenangkan, Gudeg Yu Djum harus ada dalam daftar kunjungan Anda. Selain menyajikan gudeg yang lezat dan legendaris, suasana rumah joglo yang tradisional dan harga yang terjangkau membuat Gudeg Yu Djum menjadi sebuah pengalaman kuliner yang tidak akan terlupakan.

Menu Paling Populer: Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak

Sate Klathak Pak Pong merupakan salah satu menu yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Jogja. Sate klathak yang dihidangkan di warung makan Pak Pong ini menjadi salah satu kuliner legendaris Jogja. Daging yang digunakan adalah daging sapi pilihan yang kemudian dibakar dengan arang kayu trembesi sehingga memberikan aroma yang khas dan enak saat dikonsumsi.

Sate klathak yang terdiri dari potongan daging sapi yang dibakar dan diiris tipis ini disajikan dengan bumbu kacang yang sangat lezat. Bumbu kacang yang digunakan memiliki rasa yang sangat kuat, namun tidak terlalu pedas sehingga cocok dinikmati oleh semua penggemar kuliner. Selain itu, Sate Klathak Pak Pong juga disajikan dengan gorengan tahu isi yang memberikan sensasi rasa yang berbeda ketika dinikmati bersama-sama.

Sate Klathak Pak Pong sendiri berasal dari daerah Klaten, Jawa Tengah namun saat ini menjadi salah satu kuliner yang bisa kamu temukan di Jogja. Warung makan Pak Pong sendiri sudah menjadi legenda di Jogja karena sudah ada sejak tahun 1975 dan menjadi salah satu kuliner yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Jogja.

Walaupun Sate Klathak Pak Pong sudah ada sejak lama dan terkenal, namun harga yang ditawarkan masih tergolong murah. Kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 25.000 – Rp 35.000 saja untuk menikmati menu ini.

Ditambah lagi, lokasi warung Pak Pong yang berada di Jalan Kaliurang Km. 5,5, Sleman ini memiliki suasan yang sangat nyaman dan asri. Dengan nuansa yang tidak hiruk pikuk, kamu bisa menikmati kuliner yang lezat sambil menikmati suasana pedesaan.

Selain sate klathak, di warung makan Pak Pong juga menyediakan menu lain seperti sate padang, sate bulayak, sate buntel dan masih banyak lagi. Tidak perlu khawatir tentang rasa, karena semua menu yang disajikan di warung Pak Pong memiliki cita rasa yang lezat dan juga enak.

Jadi, bagi kamu yang ingin mencoba kuliner legendaris Jogja yang enak dan murah meriah, Sate Klathak Pak Pong adalah pilihan yang sangat tepat. Segera kunjungi warung Pak Pong dan nikmati menu legendaris yang akan membuat lidah kamu bergoyang.

Kuliner Malam yang Ramai: Angkringan Malioboro


Angkringan Malioboro

Yogyakarta adalah kota yang terkenal dengan kuliner malamnya yang lezat dan meriah. Salah satu tempat kuliner yang wajib dikunjungi adalah Angkringan Malioboro. Angkringan Malioboro adalah tempat makan yang menyediakan berbagai makanan kecil yang khas seperti nasi kucing, sate usus, bakso, dan masih banyak lagi. Tempat ini menjadi salah satu primadona kuliner yang difavoritkan oleh para wisatawan dan orang lokal di Jogja.

Angkringan merupakan istilah dalam bahasa Jawa yang artinya berpangku tangan dengan sebatang kayu yang digunakan sebagai alas untuk makan. Saat ini, tempat makan dengan konsep angkringan sudah banyak bermunculan di Jogja, namun Angkringan Malioboro adalah angkringan paling terkenal dan ramai pengunjung.

Menu utama yang harus dicoba di tempat ini adalah nasi kucing. Nasi kucing adalah seporsi nasi putih yang diisi dengan lauk kecil, seperti tempe, tahu, sate, ayam, dan masih banyak lagi. Harga nasi kucing di Angkringan Malioboro sangat terjangkau yaitu hanya sekitar 1000-2000 rupiah per porsi.

Selain nasi kucing, juga terdapat makanan lain yang tidak kalah enaknya, seperti bakso, sate usus, krupuk, dan masih banyak lagi. Selain itu, Angkringan Malioboro juga menyediakan minuman yang khas seperti wedang ronde atau wedang jahe. Wedang ronde adalah minuman yang terbuat dari bola ketan yang diisi dengan kacang hijau dan disiram kuah jahe berwarna merah muda. Wedang jahe adalah minuman hangat berisi air, gula merah, jahe, dan kayu manis yang sangat enak diminum saat malam hari di tempat yang dingin.

Suasana di Angkringan Malioboro sangat meriah dan ramai. Terdapat banyak penjual yang menjajakan makanan dan minuman kecil di sepanjang trotoar. Pengunjung dapat memilih menu yang disukai dan menikmati makanan dengan duduk di alas kayu yang disediakan. Selain itu, terdapat sebuah panggung kecil yang disediakan untuk menyanyikan lagu dan tari-tarian.

Angkringan Malioboro buka setiap hari mulai dari sore hingga dini hari. Saat malam hari, tempat ini sangat ramai pengunjung dari berbagai kalangan, baik wisatawan maupun orang lokal. Selain kuliner yang lezat, Angkringan Malioboro juga menyajikan nuansa khas Yogyakarta yang sangat unik dan tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Jadi, bagi kalian yang sedang berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa mencicipi kuliner malam yang ramai dan meriah di Angkringan Malioboro. Bergabunglah dengan keramaian malam dan nikmati makanan lezat serta suasana yang unik di tempat ini.

Tradisi Makan Siang: Nasi Liwet Bu Tjitro


Nasi Liwet Bu Tjitro

Yogyakarta memang terkenal dengan makanan enak dan murah meriah. Di sini juga terdapat banyak sekali warung makan dan restoran yang menawarkan beragam jenis makanan, mulai dari masakan tradisional hingga makanan modern. Tetapi, jika kamu sedang mencari tempat kuliner jogja wajib dikunjungi, Nasi Liwet Bu Tjitro merupakan pilihan yang tepat.

Warung makan yang satu ini menyajikan nasi liwet dengan berbagai macam lauk pauk yang menggugah selera. Seporsi nasi liwet di sini cukup besar, sehingga kamu bisa memakannya bersama dengan teman atau keluarga. Yang menjadi kelebihan dari nasi liwet Bu Tjitro adalah bumbu kuahnya yang sangat lezat dan nikmat.

Di samping itu, kamu juga bisa menikmati berbagai macam lauk pauk yang dihidangkan di warung makan ini. Ada ayam goreng, sambal goreng ati, tempe goreng, lombok ijo, telur, dan masih banyak lagi. Selain itu, Nasi Liwet Bu Tjitro juga menyediakan aneka minuman segar yang bisa kamu pesan sebagai pelengkap makanan.

Warung makan Nasi Liwet Bu Tjitro buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, yakni sekitar Rp 25.000- Rp 30.000 per orang. Jadi, kamu bisa menikmati makanan yang enak dan lezat tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Jika kamu ingin mencoba kuliner yang satu ini, datanglah ke Jalan Gejayan, Sleman, Yogyakarta. Sebaiknya kamu datang sebelum waktu makan siang tiba, karena biasanya warung makan ini bakal menjadi pilihan banyak orang dan antrian akan terlihat cukup panjang. Meskipun demikian, tungguanmu pasti akan terbayar setelah kamu mencicipi nasi liwet dan lauk pauk yang lezat di Nasi Liwet Bu Tjitro.

Bagaimana?, apakah kamu sudah penasaran ingin mencoba nasi liwet Bu Tjitro? Jangan ragu untuk datang ke warung makan yang satu ini. Kamu bisa mengajak keluarga atau teman-temanmu untuk menikmati nasi liwet yang enak dan bersantap seperti para orang Yogyakarta.

Unik dan Anti-Galau: Jejamuran Resto dan Cafe


Jejamuran Resto dan Cafe

Jejamuran Resto dan Cafe adalah restoran khas Jogja yang cukup populer di kalangan masyarakat Jogja. Letaknya berada di Jl. Magelang Km 12,5, Sleman, Jogja. Namun, keunikan Jejamuran tidak hanya terletak pada makanannya saja, tapi juga desain interior dari restauran dan cafe ini.

Awalnya, Jejamuran hanya sebatas pengolahan jamur di rumah salah satu pengelolanya. Tapi, dengan semakin banyaknya permintaan dari pelanggan, akhirnya mereka memutuskan untuk membuka restoran dan cafe yang mengutamakan jamur sebagai bahannya.

Saat memasuki Jejamuran, pengunjung akan merasakan suasana yang cukup unik karena desain interior yang dihiasi dengan tema alam dan jamur. Di setiap sudutnya, kita akan menjumpai berbagai dekorasi jamur seperti payung jamur, patung jamur, gambar jamur, dan sebagainya.

Sementara itu, untuk menu makanannya, Jejamuran menyajikan berbagai jenis olahan jamur yang bisa dinikmati dengan harga yang terjangkau. Beberapa menu andalan yang wajib dicoba antara lain tumis jamur tiram, sop jamur, sate jamur, dan masih banyak lagi. Selain itu, Jejamuran juga menyediakan berbagai jenis minuman yang segar dan cocok untuk dipadukan dengan hidangan jamur.

Selain restoran yang berada di Jl. Magelang Km 12,5, Sleman, Jejamuran juga memiliki resto cabang lain yang berada di Jalan Gejayan, Yogyakarta. Namun, bagi yang ingin merasakan sensasi makan di tengah ladang jamur, kita bisa berkunjung ke Jejamuran Resto & Agrowisata di Jalan Boyong Km. 3,5, Desa Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Jogja. Disana kita bisa melihat langsung bagaimana jamur ditanam dan dipanen, serta melakukan berbagai kegiatan menarik yang berhubungan dengan jamur.

Artikel tentang tempat kuliner wajib dikunjungi di Jogja tentu tidak lengkap jika tidak menyebutkan Jejamuran Resto dan Cafe. Keunikan dekorasinya yang berhubungan dengan jamur dan hidangan yang lezat dan unik membuat Jejamuran layak masuk dalam daftar kuliner wajib dikunjungi di Jogja.

Enaknya Kuliner di Jogja: Wisata Kuliner yang Bikin Lidah…

Warung Sate Sapi Pak Pong Jogja tak hanya terkenal dengan keindahan bicaranya, namun juga terkenal akan wisata kuliner di setiap sudutnya. Namanya saja pernah...
Ar Rayan Alif
7 min read

Kuliner Jogja: Menikmati Kelezatan Bakmi

Sejarah Bakmi di Jogja Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budayanya. Budaya tersebut juga diwariskan pada makanannya. Salah satunya...
Ar Rayan Alif
5 min read

Menikmati Wisata Kuliner Jogja yang Menggoyang Lidah

Keunikan Instagram Wisata Kuliner Jogja Jogja dikenal sebagai salah satu kota yang sangat kaya akan kuliner. Ada banyak makanan khas Jogja yang menjadi tujuan...
Ar Rayan Alif
9 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *