Kuliner

5 Kuliner Jogja Viral yang Wajib Dicoba!

Kuliner Jogja yang Viral di Medsos


street food Jogja

Kota Jogja sangat terkenal dengan kuliner-kuliner lezatnya. Tidak jarang wisatawan dari berbagai penjuru datang ke Jogja hanya untuk mencicipi makanannya. Terdapat banyak makanan dan minuman yang menjadi viral di media sosial. Salah satunya adalah street food Jogja yang enak dan murah meriah.

Street food Jogja sangat variatif, mulai dari gorengan, sate, bakso, mie ayam, nasi goreng hingga es krim dan minuman segar. Seluruhnya dapat ditemukan di berbagai sudut kota, mulai dari sudut jalan, pasar, hingga warung tegal. Apabila ingin mencicipi kuliner Jogja yang enak-enak, maka harus mencoba kuliner di sepanjang jalan Malioboro.

Salah satu street food yang sedang hits dan menjadi viral di media sosial adalah legendaris wedang uwuh yang berada di belakang rumah makan Padang Sederhana. Wedang uwuh merupakan minuman tradisional yang bahan-bahannya berupa sisa-sisa warung makan, seperti daun pandan, kulit kayu manis, bunga melati hingga sedikit gula merah.

Selain itu, ada juga kuliner hitz “Nasi Jengkol Mbah Jambrong” yang terletak di jalan Demangan Baru. Nasi jengkol ini dibaluri bumbu rempah dan kecap khas Jawa dan disajikan dengan irisan cabe yang menyegarkan. Nasi jengkol ini menjadi viral dan menjadi incaran wisatawan yang datang ke Jogja. Rasa nasi jengkol yang unik dan biasa membuat orang enggan memakannya, tetapi sekali dicoba pasti ketagihan.

Tidak jauh dari Legenda Wedang Uwuh, terdapat menu gorengan legendaris yang disebut “Gorengan Bu Djono”. Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati berbagai olahan gorengan dengan harga yang cukup terjangkau. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat memesan minuman legendaris seperti es beras kencur, es jahe susu dan es buah segar.

Selain itu, kuliner hits Jogja yang menjadi viral di media sosial saat ini juga adalah bakso Klenger, yang lokasinya berada di jalan Malioboro. Bakso Klenger ini ditambah atau disiram dengan bumbu kuah yang disajikan dalam mangkuk besar. Hal tersebut membuat bakso ini memiliki rasa yang berbeda dan tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Dalam hal minuman, Jogja juga memiliki cult favorite yang disebut “Es Dawet Selasih Pak Man”. Es dawet selasih ini sangat populer di Jogja dan sering menjadi buruan wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Jogja. Banyak yang bilang, rasa es dawet selasih Pak Man ini begitu khas dan bikin ketagihan. Selain itu, posisinya yang strategis di depan taman Alun-Alun Utara membuat tempat ini selalu ramai pengunjung.

Kuliner Jogja yang viral di media sosial memang bisa membuat siapa saja menggugah selera dan ingin segera mencobanya. Terdapat banyak kuliner-kuliner lain yang juga enak dan sangat cocok untuk mencicipi selama berada di Jogja. Maka dari itu, sebaiknya tidak perlu ragu untuk menikmati setiap makanan yang tersaji. Selamat menjelajahi wisata kuliner Jogja dan jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan memakan dengan seimbang.

Ragam Kreasi Makanan yang Unik dan Menggoda di Jogja


Kuliner Jogja Unik dan Menggoda

Dari waktu ke waktu, kuliner khas Jogja selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan maupun masyarakat sekitar. Tak hanya makanan klasik seperti gudeg, mie ayam, atau bakmi Jawa, Jogja juga memiliki berbagai kreasi makanan unik dan menggoda yang menarik untuk dicoba. Berikut beberapa di antaranya:

Gudeg Mbah Lindu


Gudeg Mbah Lindu

Salah satu kuliner Jogja yang paling terkenal adalah gudeg. Namun, dari sekian banyak tempat makan gudeg di Jogja, Gudeg Mbah Lindu menjadi salah satu yang paling melegenda. Berdiri sejak tahun 1950, Gudeg Mbah Lindu terkenal dengan gudeg keringnya yang gurih dan manis. Selain itu, tempat ini juga menyediakan menu-menu lain seperti ayam suwir, tahu dan tempe bacem, serta sambal goreng krecek. Tak heran jika tempat makan ini selalu ramai pengunjung.

Iga Bakar Si Jangkung


Iga Bakar Si Jangkung

Jika Anda mencari makanan yang lebih berat dan mengenyangkan, cobalah iga bakar Si Jangkung. Berlokasi di Jalan Wonosari, tempat ini seringkali menjadi tujuan bagi pecinta kuliner di Jogja. Iga bakar Si Jangkung terkenal dengan iga bakarnya yang empuk dan bumbunya yang meresap sampai ke tulang. Selain itu, tempat ini juga menyediakan sate klatak dan nasi goreng.

Es Teler Pijoan


Es Teler Pijoan

Untuk mencari camilan atau kudapan yang segar, Anda bisa mencoba Es Teler Pijoan. Toko es yang ditemukan pada tahun 1989 ini terkenal dengan es telernya yang khas, yakni dengan potongan buah nangka dan kelapa muda yang segar di dalam es yang berisi susu, santan, dan sirup. Selain itu, mereka juga menyediakan es buah, es tango, dan berbagai jenis jus segar lainnya.

Bakpia Kurnia Sari


Bakpia Kurnia Sari

Bakpia yang sudah menjadi oleh-oleh khas Jogja ini terkenal dengan rasanya yang unik dan variannya yang beragam. Bakpia Kurnia Sari memiliki berbagai jenis isi, seperti kacang hijau, coklat, keju, atau durian. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis serta gurih membuat bakpia ini terasa sangat menggoda.

Campur-Campur Bu Ageng


Campur-Campur Bu Ageng

Terletak di Jalan Dr. Rajiman, Campur-Campur Bu Ageng menyajikan kuliner khas Jogja yang tradisional dan dicampur dengan cara modern. Seperti namanya, tempat ini menyediakan campuran berbagai jenis makanan seperti nasi, lauk pauk, sayuran, dan tempe. Hidangan yang disajikan disesuaikan dengan selera para pengunjung dan dapat dicampur sesuai dengan keinginan. Selain itu, mereka juga menyediakan berbagai macam minuman segar, seperti es kelapa muda, es tebu, atau es buah.

Itulah beberapa kreasi makanan unik dan menggoda di Jogja yang bisa Anda coba. Ada banyak lagi tempat kuliner yang sering kali menjadi viral di Jogja, jadi jangan ragu untuk mencoba dan menemukan tempat makan yang sesuai dengan selera Anda.

Mie Ayam Gondangdia, Kuliner Tradisional dengan Sentuhan Kontemporer


Mie Ayam Gondangdia

Mie ayam memang sudah menjadi makanan favorit banyak orang, terutama di Indonesia. Namun, Mie Ayam Gondangdia yang berasal dari Jogja ini memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya viral di kalangan para pecinta kuliner. Seperti apa keunikan tersebut? Yuk, simak pembahasan berikut ini.

Mie Ayam Gondangdia ini sebenarnya adalah sebuah gerai makanan kecil yang terletak di dalam sebuah gang di Jalan Gondangdia Lama, Yogyakarta. Namun, meskipun letaknya agak tersembunyi, namun tidak bisa dipungkiri bahwa gerai tersebut selalu ramai dengan pengunjung. Hal ini dikarenakan citarasa dari mie ayam yang satu ini memang sangat enak.

Apa yang membuat Mie Ayam Gondangdia menjadi viral? Citarasa dari mie ayam tersebut memang sangat spesial. Selain mie ayam ala Jawa yang sudah pasti enak, gerai ini memberikan sentuhan kontemporer pada setiap hidangan. Terdapat tambahan kulit ayam yang renyah, dan taburan bawang goreng yang gurih dan harum. Ada juga bakso dan pangsit yang membuat hidangan semakin mengenyangkan.

Namun, tidak hanya dari segi citarasa, Mie Ayam Gondangdia juga viral karena gerai ini mengadopsi sistem pesan online. Hal ini cukup membantu para pengunjung, terutama untuk yang tidak mempunyai waktu untuk datang langsung ke gerai tersebut. Dengan mensupport pesan online, gerai Mie Ayam Gondangdia semakin populer dan dikunjungi oleh banyak pecinta kuliner.

Meski sudah diciptakan sejak lama, Mie Ayam Gondangdia berhasil membuktikan bahwa kuliner tradisional juga bisa membaur dengan zaman digital. Dengan sentuhan kontemporer serta dukungan dari teknologi pesan online, gerai ini menjadi salah satu kuliner Jogja yang membuat beberapa wisatawan rela datang jauh-jauh hanya untuk mencobanya.

Tempat Kuliner Hits di Jogja yang Wajib Dikunjungi

mie ayam jogja

Jogja selalu menyimpan banyak hal menarik, tak terkecuali dalam hal kuliner. Kota ini memiliki banyak sekali tempat yang menyajikan berbagai menu makanan yang lezat, unik, dan pastinya Instagramable. Jika kamu ingin mencoba pengalaman kuliner yang tak terlupakan, simak daftar tempat kuliner hits di Jogja yang wajib kamu kunjungi berikut ini.

1. Gudeg Yu Djum


Gudeg yu djum jogja

Tidak lengkap rasanya melakukan kuliner di Jogja tanpa mencicipi gudeg. Salah satu tempat gudeg paling terkenal di Jogja adalah Gudeg Yu Djum. Tempat ini menyajikan gudeg dengan rasa yang khas dan cita rasa yang berbeda dari gudeg pada umumnya.

Gudeg Yu Djum berlokasi di Jalan Wijilan No. 167 Yogyakarta dan merupakan tempat kuliner hits di Jogja yang selalu ramai dikunjungi penggemar kuliner setiap harinya. Apalagi dengan interior bangunan khas Jogja yang masih terjaga menambah nuansa khas Jogja.

2. Mie Ayam Tumini


mie ayam tumini jogja

Jika kamu ingin mencicipi mie ayam dengan cita rasa yang berbeda dari biasanya, Mie Ayam Tumini bisa menjadi pilihan yang tepat. Mie Ayam Tumini menyajikan mie ayam dengan kuah kaldu ayam yang kaya akan rempah sehingga tidak memerlukan tambahan kecap manis.

Mie Ayam Tumini berlokasi di Jalan Kaliurang km. 4,5 Ngaglik Sleman Yogyakarta dan sangat cocok untuk kamu yang ingin mencicipi menu makanan yang asli dari Jogja.

3. Sate Klopo Ondoliva


sate klopo jogja

Sate memang sudah menjadi makanan yang sangat popular di Indonesia, namun Sate Klopo yang satu ini memiliki cita rasa yang tidak biasa. Sate Klopo Ondoliva menjadi salah satu tempat kuliner hits di Jogja yang wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke Jogja.

Sate Klopo hanya dapat kamu coba di warung kecil di Jalan Mangkuyudan No. 36 Yogyakarta. Kuliner khas Jogja yang satu ini memiliki aroma kelapa yang unik dan sangat disukai oleh pengunjung yang datang ke sini.

4. Sate Buntel Pak Karjo


sate buntel jogja

Jika kamu ingin mencicipi sate dengan sensasi yang berbeda, sate buntel bisa menjadi alternatif yang tepat. Sate Buntel Pak Karjo menjadi salah satu tempat kuliner hits di Jogja yang wajib kamu kunjungi saat ke Jogja.

Sate Buntel di sini memiliki bumbu yang pas dan daging sapi yang lembut sehingga membuat sensasi rasa yang berbeda ketika kamu menggigitnya. Sate Buntel Pak Karjo berlokasi di Jalan Kusumanegara No. 250 Yogyakarta.

5. Depot Donat Madu Bu Sri


donat madu jogja

Jangan lupa mencicipi donat madu saat berkunjung ke Jogja. Depot Donat Madu Bu Sri menyajikan donat dengan madu asli yang sangat lezat dan menjadi salah satu menu makanan hits di Jogja yang wajib kamu coba.

Depot Donat Madu Bu Sri berlokasi di Jalan Wates KM 9,5 Yogyakarta dan selalu ramai dikunjungi oleh penggemar donat madu setiap harinya.

Sudah siap mencicipi kuliner-kuliner hits di Jogja yang wajib kamu coba? Jangan lupa juga diabadikan momen kuliner-mu di Jogja dan bagikan ke media sosial-mu agar teman-temanmu ikut merasakan pengalaman kuliner-mu yang tak terlupakan.

Kuliner Sajian Pedas Legendaris dan Aneka Olahan Ayam di Jogja


Kuliner Sajian Pedas Legendaris dan Aneka Olahan Ayam di Jogja

Jogja, a city in the cultural-rich island of Java, is a hub of gastronomic experiences for food enthusiasts all around the world. Its rich culinary heritage is celebrated through a diverse range of dishes that tickle the taste buds and leave a memorable experience with every bite. In this article, we will explore two major subcategories of Jogja food that have taken the internet by storm: Its legendary spicy dishes and the variety of chicken-based dishes that have delighted foodies from all over the world.

Sajian Pedas Legendaris di Jogja


Sajian Pedas Legendaris di Jogja

Jogja is known for its iconic dishes that can make your taste buds dance with their distinct flavors and spices. One of the most famous types of Jogja food is the incredibly spicy “gudeg mercon”. This dish is made of jackfruit cooked with spicy chili and coconut milk, making it a perfect pick for those who love spicy food. Another must-try dish on the list is the “sate klathak”, a spicy grilled chicken dish seasoned with hot pepper. You can also try the “geprek” fried chicken, a dish that has been made famous by many food bloggers and vloggers. This fried chicken dish is coated in a flavorful spice mix and served with a variety of fiery chili pastes. If you can handle the heat, Jogja’s legendary spicy dishes are definitely worth a try.

Aneka Olahan Ayam di Jogja


Aneka Olahan Ayam di Jogja

Jogja is not only famous for its spicy dishes but also for its delicious chicken-based recipes. The city boasts an array of chicken dishes that will leave you wanting more. One of the most popular chicken dishes in Jogja is “ayam geprek”, which is fried chicken served with spicy chili paste, fried onions, and other condiments. It is usually served with rice or noodles. Another crowd favorite is “ayam kremes”, fried chicken with crispy and flavorful skin. The dish is served with “sambal”, a chili-based condiment, and rice. Also, you shouldn’t miss “ayam penyet”, a dish that consists of smashed fried chicken and served with a spicy chili paste. For a dish with a twist, you can try “ayam betutu”, a slow-cooked chicken with fragrant spices wrapped in banana leaves. These are just some of the countless chicken dishes that are worth trying when you’re in Jogja.

Conclusion

Jogja has become a food paradise that attracts food enthusiasts from around the world. Its rich culinary heritage and diverse range of dishes have continuously kept the kitchen fires burning, and the internet buzzing. The spicy dishes and variety of chicken-based dishes are just two examples of the culinary adventures that await those foodies who dare to visit this magical Indonesian city.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button