Kuliner

10 Wisata Kuliner Jogja Utara yang Wajib Dicoba

Kuliner Tradisional Jogja Utara yang Legendaris


Gudeg Jogja

Jogja is well-known for its culinary delights, such as gudeg, bakpia, and many more. If you happen to be in the Northern part of Jogja, there are several traditional dishes that you must try. These dishes are considered legendary and have been passed down from generation to generation. Here are some of the traditional dishes you should not miss when you visit the Northern part of Jogja.

Gudeg Mbah Lindu


Gudeg Mbah Lindu

Gudeg is a classic Jogja dish made from young jackfruit that is slow-cooked in sweet coconut milk and served with various side dishes such as chicken, tofu, and tempeh. Gudeg from Mbah Lindu is one of the most legendary in Jogja. Mbah Lindu himself started selling gudeg in the 1940s. The dish has been passed down to his descendants and they continue to serve the traditional recipe. The restaurant is located in Jalan Kaliurang and operates 24 hours a day. Make sure to try this dish when you visit Jogja.

Sate Klatak Pak Pong


Sate Klatak

Sate Klatak is a unique dish that is only found in Jogja. The meat used for the skewers is usually beef or lamb, but what sets it apart is the way it is cooked. The meat is cooked on a clay stove that is fueled by charcoal. The clay stove, or klatak, gives the meat a unique smoky flavor. Pak Pong’s Sate Klatak is a popular spot for locals and tourists alike. The restaurant is located in the Cangkringan area, and you can choose to have the skewers with rice, lontong, or noodles.

Soto Kadipiro


Soto Kadipiro

Soto is a traditional Indonesian soup that is perfect for rainy days or if you’re feeling under the weather. Soto Kadipiro is one of the most famous soto spots in Jogja. The soup is made with chicken and served with rice noodles, bean sprouts, and a sprinkle of fried garlic and shallots. You can also add extras such as boiled eggs, chicken gizzards, and liver. The restaurant is located in Jalan Kadipiro and has been serving soto for more than 30 years.

Mie Ayam Gajah Mada


Mie Ayam Gajah Mada

Mie Ayam is a popular Chinese-Indonesian noodle dish that has been localized in Jogja. Mie Ayam Gajah Mada is one of the most famous spots in the area. The dish consists of wheat noodles, sliced chicken, and vegetables such as bok choy and mushrooms. The broth is made with chicken bones and simmers for hours to get a rich stock. The restaurant is located in Jalan Gajah Mada and is always packed with customers.

Es Dawet Telasih


Es Dawet Telasih

Es Dawet Telasih is a refreshing drink that is perfect for hot days in Jogja. The drink is made from coconut milk, pandan-flavored jelly noodles, and telasih leaves. Telasih leaves have a sour taste and are believed to be good for your digestion. The drink is usually served with shaved ice and is a popular spot for people to hang out and chat with friends. You can find Es Dawet Telasih in many places in Jogja, but one of the most famous spots is located in Jalan Kolonel Sugiyono.

Nasi Gandul Khas Solo, Namun Populer di Jogja Utara


Nasi Gandul

Salah satu kuliner khas daerah Solo yang populer di Jogja Utara adalah Nasi Gandul. Nasi Gandul adalah nasi yang dimasak dengan cara diaron kemudian disajikan dengan kuah gulai kambing yang lezat. Kuahnya yang gurih dan kaya rempah-rempah membuat makanan ini sangat cocok untuk disantap dengan nasi hangat.

Di Jogja Utara, salah satu tempat yang terkenal dengan Nasi Gandul-nya adalah Depot Masakan Mbah Kayu. Selain Nasi Gandul, terdapat juga menu-menu khas solo lainnya seperti Tengkleng, Sate Kere, dan Selat Solo yang tidak kalah lezatnya.

Nasi Gandul sendiri biasanya disajikan dengan acar mentimun dan sambal yang pedas. Rasanya yang kaya rempah-rempah dan kuah gulai kambing yang lezat membuat Nasi Gandul menjadi salah satu menu yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Jogja Utara.

Es Kopyor Delight di Saung Khas Jogja Utara


Es Kopyor

Bagi pecinta minuman segar dan manis, Es Kopyor Delight di Saung Khas Jogja Utara adalah pilihan yang tepat. Es kopyor yang dingin dicampur dengan potongan nata de coco, kacang merah, dan sirup gula jawa membuat minuman ini kaya akan rasa dan tekstur. Porsi besar dan harganya yang terjangkau menjadikan Saung Khas menjadi tempat yang sering didatangi oleh warga Jogja Utara.

Lokasi Saung Khas juga sangat strategis, berada di pinggir jalan, membuat tempat ini sangat mudah ditemukan. Selain Es Kopyor Delight, terdapat juga menu-menu makanan ringan seperti pisang goreng, tahu crispy, dan batagor yang bisa menemani minuman segar kamu.

Dengan suasana yang cozy dan pelayanan yang ramah, Saung Khas Jogja Utara menjadi tempat yang cocok untuk berbincang dengan teman-teman sambil menikmati hidangan dan minuman yang lezat.

Sate Klathak Siswo Mudo, Sate yang Tidak Biasa


Sate Klathak

Bukan sate ayam, sapi, atau kambing yang biasa kamu temukan, Sate Klathak Siswo Mudo menggunakan bahan dasar daging kelinci. Sate ini disajikan dengan bumbu kacang dan pastinya sambal khas Jogja. Meskipun tidak terlalu populer di kalangan masyarakat Jogja Utara, Sate Klathak Siswo Mudo menjadi salah satu pilihan sate yang beda dari kebanyakan.

Bahan yang digunakan, yaitu daging kelinci, membuat sate ini menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin mencoba sesuatu yang berbeda. Daging kelinci sendiri memiliki tekstur yang unik dan kurang berlemak jika dibandingkan dengan daging ayam atau kambing.

Di Sate Klathak Siswo Mudo Jogja Utara, kamu dapat menikmati sate dengan harga yang terjangkau dan porsi yang cukup besar. Selain sate kelinci, terdapat juga menu-menu kuliner lainnya seperti Sate Ayam Buntel, Bebek Goreng, Soto, dan masih banyak lagi.

Jadi, jika ingin mencoba sensasi sate yang unik, Sate Klathak Siswo Mudo bisa menjadi pilihan.

Kuliner Unik dari Jogja Utara yang Bisa Menyegarkan Pencernaan


Wedang Kelapa Jogja Utara

Jogja, sebuah kota di Indonesia yang memiliki banyak sekali kuliner enak dan unik yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Salah satu yang paling terkenal adalah kuliner jogja utara yang bisa menyegarkan pencernaan, yang banyak dicari oleh wisatawan. Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi Kuliner jogja utara yang bisa menyegarkan pencernaan:

1. Wedang Kelapa


Wedang Kelapa Jogja Utara

Wedang Kelapa adalah salah satu minuman khas Jogja Utara yang wajib dicoba. Minuman ini terbuat dari sisik kelapa, serai, gula merah dan air hangat. Wedang kelapa adalah salah satu minuman tradisional yang masih populer di Jogja Utara. Di Jogja Utara, Wedang Kelapa biasa disajikan dalam kondisi hangat. Rasanya yang manis dan segar cocok untuk menyegarkan tubuh Anda setelah seharian jalan-jalan.

2. Bubur Ayam Pak Pel


Bubur Ayam Pak Pel

Jika Anda suka dengan makanan yang lembut dan mudah dicerna, Bubur Ayam Pak Pel adalah jawabannya. Bubur Ayam Pak Pel adalah makanan khas Jogja Utara yang terdiri dari bubur ayam dengan ayam suwir dan bahan-bahan lain seperti daun bawang, kerupuk, dan emping. Bubur Ayam Pak Pel banyak dijual di kawasan Jalan Kaliurang, Jogja Utara. Rasanya enak dan cocok untuk sarapan atau makan malam yang ringan.

3. Gudeg Mbok Umis


Gudeg Mbok Umis

Jogja adalah kota Gudeg yang sangat terkenal. Ada banyak sekali warung-warung Gudeg di Jogja, terutama di Jogja Utara. Salah satu warung Gudeg terkenal di Jogja Utara adalah Gudeg Mbok Umis. Warung Gudeg ini sudah ada sejak tahun 1960an dan sampai sekarang masih buka dan terus menjadi favorit wisatawan. Gudeg Mbok Umis terkenal dengan cita rasa yang manis dan enak, serta bahan-bahan berkualitas yang digunakan.

4. Bakmi Mbah Mo


Bakmi Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo adalah tempat makan yang terkenal dengan bakmi karet khasnya. Bakmi karet adalah bakmi yang diproses sedemikian rupa sehingga menjadi kenyal dan elastis. Bakmi karet diduga berasal dari zaman Belanda saat di Jogja banyak terdapat tentara Belanda. Bakmi ini dilengkapi dengan kuah bening dan bahan-bahan seperti tahu, pangsit, jamur, daun bawang, dan seledri. Bakmi Mbah Mo dapat ditemukan di Jalan Kaliurang, Jogja Utara.

Itulah beberapa kuliner unik dari Jogja Utara yang bisa menyegarkan pencernaan Anda. Kuliner-kuliner tersebut bisa ditemukan dengan mudah dan harganya juga terjangkau. Bagi Anda yang ingin wisata kuliner di Jogja, jangan lupa mencoba kuliner-kuliner di atas.

1. Gudeg Mbah Lindu


Gudeg Mbah Lindu

Gudeg Mbah Lindu adalah kuliner khas Jogja Utara yang sangat terkenal. Gudeg ini memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dari gudeg lainnya. Gudeg Mbah Lindu ini terkenal karena bahan-bahan yang digunakan sangat alami dan berasal dari pedesaan. Karena bahan-bahan yang alami dan proses pembuatan yang masih tradisional, membuat Gudeg Mbah Lindu memiliki rasa yang enak dan bikin nagih untuk dicoba.

2. Es Poci


Es Poci

Jogja memang terkenal dengan suhu udaranya yang panas. Untuk menghilangkan dahaga dan melepas kepengen makanan manis, ada Es Poci yang merupakan salah satu minuman segar yang terkenal di Jogja Utara. Es Poci didominasi dengan warna pink dan rasanya sangat cocok untuk menghilangkan dahaga. Es Poci ini tidak hanya enak, tetapi juga sering dijual dengan harga yang terjangkau.

3. Nasi Kucing Pak Sentot


Nasi Kucing Pak Sentot

Nasi kucing adalah salah satu makanan yang menjadi ciri khas pada saat mengunjungi Jogja Utara, termasuk Nasi Kucing Pak Sentot. Nasi Kucing ini berukuran kecil dan biasanya disajikan di piring yang kecil. Nasi Kucing Pak Sentot memiliki pilihan lauk yang lengkap dan membuat penikmatnya tidak akan bosan untuk mencicipinya. Selain itu, Nasi Kucing Pak Sentot memiliki harga yang terjangkau.

4. Bakso Pak Kempleng


Bakso Pak Kempleng

Bagi pencinta bakso, Bakso Pak Kempleng adalah salah satu kuliner yang paling terkenal di Jogja Utara. Bakso ini memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dari bakso lainnya. Bakso Pak Kempleng ini sangat populer karena memiliki tekstur yang empuk dan daging yang digunakan halal. Selain itu, Bakso Pak Kempleng memiliki banyak varian mulai dari bakso biasa hingga bakso isi telur dan bakso isi mie.

5. Soto Kwali Pak Haji


Soto Kwali Pak Haji

Soto Kwali adalah salah satu kuliner yang sangat terkenal di Jogja Utara. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi untuk mencicipi Soto Kwali adalah Soto Kwali Pak Haji. Soto Kwali Pak Haji memiliki cita rasa yang pas dan bahan-bahan yang digunakan sangat alami. Soto Kwali Pak Haji sangat cocok untuk dinikmati di waktu pagi atau malam. Selain itu, harga dari Soto Kwali Pak Haji juga terjangkau.

Hanya dengan melihat daftar kuliner Jogja Utara yang bisa bikin lidah bergoyang di atas, pasti kamu sudah tidak sabar untuk mencicipi kelezatan kuliner tersebut. Bagi pecinta kuliner, Jogja Utara merupakan tempat yang tepat untuk mencari pesona kuliner yang unik dan enak. Selamat menikmati!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button