Kuliner

10 Kuliner Unik di Jogja yang Wajib Dicoba

Cita Rasa Gudeg Berbeda di Jogja


Gudeg Jogja

Jogja memang dikenal sebagai kota kuliner yang memiliki banyak hidangan khasnya. Salah satunya adalah Gudeg. Gudeg sendiri merupakan makanan khas dari Jawa Tengah, namun Jogja juga memiliki citarasa Gudeg yang berbeda dari Jawa Tengah. Citarasa Gudeg Jogja sendiri juga memiliki varian yang berbeda-beda di setiap daerah di Jogja. Misalnya saja Gudeg Yu Djum yang terletak di Jalan Wijilan yang memiliki cita rasa yang khas dengan santan yang lebih kental serta potongan dagingnya yang lebih besar dibandingkan Gudeg lainnya.

Di Jogja juga terdapat Gudeg Kanjeng Kyai Ali yang memiliki cita rasa yang sangat autentik karena bahan dan rempah-rempah yang digunakan masih dirahasiakan hingga saat ini. Selain itu, Gudeg Mbah Lindu yang terletak di Jalan Kaliurang juga memiliki cita rasa yang khas, karena proses pemasakan pada Gudeg Mbah Lindu masih menggunakan kayu bakar yang menjadikan Gudeg Mbah Lindu lebih melekat dengan cita rasa tradisional.

Gudeg Bu Tjitro yang sudah sangat terkenal juga memiliki cita rasa yang khas. Ada satu hal yang membuat Gudeg Bu Tjitro berbeda dari Gudeg lainnya yaitu bumbu rempah yang digunakan. Penggunaan rempah pada Gudeg Bu Tjitro dianggap lebih pas dan tidak kurang ataupun berlebihan. Selain itu, Gudeg Bu Tjitro juga memiliki pengunjung yang sangat banyak karena cita rasanya yang sudah sangat ngetop.

Selanjutnya ada Gudeg Pawon. Bagi kamu yang ingin menyantap Gudeg dengan suasana yang berbeda dari kebanyakan warung Gudeg, Gudeg Pawon menjadi pilihan yang sangat tepat karena tempatnya yang unik dan berbeda dari kebanyakan warung di Jogja.

Gudeg Pawon juga memiliki cita rasa yang khas karena pewarna alami hindangan atau buah jati yang digunakan. Bahan-bahan yang digunakan pada Gudeg Pawon juga diambil dari bahan-bahan yang berkualitas serta diproses dengan beberapa tahapan yang cukup panjang. Hal ini untuk menjaga cita rasa yang khas pada Gudeg Pawon.

Nah, itu dia beberapa kuliner Jogja unik yang bisa kamu temukan di kota gudeg. Jangan lupa cicipi kelezatan Gudeg Jogja yang sangat khas dan berbeda dari Gudeg Jawa Tengah.

Berburu Kuliner Soto Kadipiro dari Pagi Hingga Malam


Soto Kadipiro

Kuliner Soto Kadipiro menjadi salah satu kuliner legendaris di Jogja dan hingga kini masih banyak dicari oleh para wisatawan untuk dinikmati. Salah satu tempat yang menjadi destinasinya adalah rumah makan Soto Kadipiro yang berada di Jalan Margo Utomo, Gowongan, Yogyakarta. Pada hari biasa atau akhir pekan, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Tidak hanya wisatawan, masyarakat lokal pun kebanyakan sudah mengenal kuliner legendaris ini. Soto Kadipiro merupakan kuliner khas Jogja yang berisi daging ayam, suwir-suwir, tauge, kentang, dan telur rebus. Semua bahan tersebut telah tersedia di atas meja dan dapat dipilih sesuai selera. Selain itu, kuahnya juga sangat khas dan nikmat. Kuah yang gurih dan sedikit berwarna cokelat, terbuat dari campuran daging dan tulang ayam yang dimasak hingga berjam-jam agar bumbu meresap sempurna.

Perjalanan mencari Soto Kadipiro dimulai dari pagi hingga malam hari. Biasanya rumah makan ini sudah buka sejak pukul 05.00 pagi. Jika ingin mencoba mengunjungi di pagi hari, cobalah mengunjungi sekitar pukul 07.00. Biasanya antrean belum terlalu panjang pada jam ini. Namun jika ingin merasakan suasana kuliner legendaris ini di malam hari, datang saja sekitar pukul 19.00 hingga 21.00 malam. Karena pada jam ini biasanya lebih ramai, cukup banyak wisatawan yang datang ke sini.

Perlu diingat bahwa kuliner Soto Kadipiro adalah kuliner yang sangat cocok dinikmati dimana saja. Jadi jika kalian ingin mencicipi kuliner ini sambil jalan-jalan di tengah kota jogja, tidak perlu khawatir karena ada banyak pedagang kecil yang menjajakan kuliner Soto Kadipiro. Harga juga sangat terjangkau, sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000 per porsinya.

Menjadi sangat wajar jika kuliner Soto Kadipiro menjadi salah satu kuliner unik khas Jogja. Selain rasanya yang enak, lokasi rumah makan yang strategis membuat wisatawan lebih mudah untuk menemukan dan mengecap kelezatan kuliner ini. Jadi, tunggu apalagi, Segera berkunjung ke Yogyakarta dan nikmati Soto Kadipiro legendaris yang satu ini.

Menikmati Mie Instan Pedas Beraneka Rasa di Jogja


Mie Instan Pedas Beraneka Rasa di Jogja

Kuliner Jogja tidak hanya terkenal dengan gudeg atau bakmi Jawa, tetapi kini ada sensasi kuliner yang berbeda, yaitu mie instan pedas beraneka rasa. Seperti yang kita tahu, mie instan menjadi makanan favorit bagi semua orang di Indonesia, termasuk di Jogja. Mie instan pedas beraneka rasa adalah jenis kuliner yang banyak dicari oleh para pecinta kuliner, terutama yang suka makanan pedas.

Mie instan pedas beraneka rasa di Jogja tidak hanya tersedia di rumah makan atau restoran, tetapi juga di pinggir jalan atau warung-warung kecil yang menjajakan makanan di Jogja. Anda dapat menikmati mie instan pedas beraneka rasa di beberapa tempat di Jogja yang memiliki citarasa yang unik dan nikmat. Berikut ini beberapa tempat untuk menikmati mie instan pedas beraneka rasa di Jogja.

1. Super Pedas Tomat Kopong Nganggur
Super Pedas Tomat Kopong Nganggur adalah tempat yang pernah menduduki jajaran top 1 daftar kuliner di Jogja menurut Detik. Tempat ini terletak di Jalan Imogiri Barat No.469, Berbah, Sleman. Mie instan pedas beraneka rasa terkenal di warung ini adalah mie instan tom yam yang sangat pedas dan terasa kuat rempah-rempahnya. Harga dari mie instan pedas ini hanya sekitar 10 ribu rupiah.

2. Nasi Kucing Pak Aiman
Nasi Kucing Pak Aiman terletak di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Selain menyajikan menu nasi kucing, warung kecil ini juga menyajikan mie instan pedas yang cukup terkenal di Jogja. Mie instan ini disajikan dengan kuah yang sangat pedas dengan tambahan telur yang dicampur bersama mie instan. Harga dari mie instan pedas ini hanya sekitar 12 ribu rupiah.

3. Rumah Makan Padang Sederhana
Rumah Makan Padang Sederhana terletak di Jalan Ciwaru No. 18, Warungbandung, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta. Di rumah makan ini, Anda dapat menikmati mie instan dengan kuah sapi yang sangat pedas. Harga dari mie instan pedas ini sekitar 10 ribu hingga 20 ribu rupiah tergantung dari tambahan bahan yang dipilih.

4. Warung Mie Instan Istimewa 99
Warung Mie Instan Istimewa 99 berlokasi di Jalan Margo Utomo No.7, Gowongan, Jetis, Yogyakarta. Warung ini memiliki beragam jenis mie instan pedas beraneka rasa seperti mie instan ayam pedas, mie instan sosis pedas, dan masih banyak lagi. Yang unik dari tempat ini adalah Anda dapat menyesuaikan tingkat kepedasan dari mie instan sesuai selera Anda. Harga dari mie instan pedas ini hanya sekitar 6 ribu hingga 8 ribu rupiah.

Itulah beberapa rekomendasi tempat untuk menikmati mie instan pedas beraneka rasa di Jogja. Tentunya, Anda dapat menemukan tempat lain yang menyediakan mie instan pedas dengan citarasa yang unik dan nikmat di Jogja. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kelezatan Olahan Gepuk Nyahnyah yang Jarang Ditemukan


gepuk nyahnyah jogja

Kuliner Jogja memang selalu menggoyang lidah karena rasanya yang lezat dan berbeda dari daerah lain. Salah satu kuliner yang wajib dicoba adalah Gepuk Nyahnyah. Apa itu Gepuk Nyahnyah? Gepuk Nyahnyah adalah olahan daging sapi yang diambil dari bagian sandung lamur, bagian yang sedikit alot namun enak dikonsumsi dengan sensasi kenieaan daging yang berpadu dengan berbagai rempah-rempah yang memberikan rasa pedas, manis, dan gurih.

Kelezatan Gepuk Nyahnyah terletak pada cara memasaknya. Olahan ini dipanggang dengan menggunakan arang di dalam gentong dari tanah liat yang kemudian dilapisi daun pisang. Proses pemanggangan dilakukan dengan api yang kecil agar daging lebih meresap rempah-rempah yang membuatnya lebih nikmat.

gepuk nyahnyah jogja

Uniknya, olahan ini disajikan menggunakan potongan kayu sebagai piringnya yang kemudian dihiasi dengan daun selada, irisan bawang merah dan tomat. Biasanya di warung-warung yang menyajikan Gepuk Nyahnyah, para pelayan akan menambahkan sambal yang pedas dan gurih untuk menambah cita rasa olahan ini.

Jika sedang berkunjung ke Jogja dan ingin mencicipi Gepuk Nyahnyah, sebaiknya datang ke warung-warung yang sudah dikenal oleh masyarakat setempat karena kuliner ini belum tersebar luas dan jarang ditemukan di restoran-restoran.Jangan lupa juga untuk mencicipi ketupat sayur dan telur puyuh yang biasanya menjadi pelengkapnya.

gepuk nyahnyah jogja

Salah satu warung yang bisa Anda kunjungi adalah Warung Gepuk Pak Gembus. Harga per porsi Gepuk Nyahnyah di sini dibandrol dengan harga mulai dari 25 ribu rupiah untuk satu porsi dan dapat dinikmati bersama dengan keluarga atau teman-teman. Selain itu, ada juga mobil bakar yang menjual Gepuk Nyahnyah. Mobil bakar ini biasanya muncul di acara pasar malam atau festival di Jogja.

Tidak hanya di Jogja saja, di beberapa daerah di Indonesia juga ada Gepuk yang hampir mirip dengan Gepuk Nyahnyah. Di beberapa tempat disebut dengan nama Gepuk Bali, misalnya di daerah Surabaya. Di Bali sendiri, Gepuk disebut dengan yasa, hasil olahan daging sapi sama seperti Gepuk Nyahnyah tetapi tekstur dagingnya berbeda.

Bagaimana? Sudah siap mencicipi Gepuk Nyahnyah yang jarang ditemukan ini? Yuk, buat rencana perjalanan ke Jogja dan jangan lupa mencicipi kuliner yang satu ini!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button