Kuliner

10 Kuliner Terdekat yang Wajib Dicoba di Jogja

Pengenalan Kuliner Jogja Terdekat


Kuliner Jogja Terdekat

Jogja menjadi kota yang menarik untuk dijelajahi terutama bagi mereka yang suka mencicipi kuliner. Selain menyajikan berbagai kuliner khas Indonesia yang lezat, Jogja juga terkenal dengan berbagai kuliner unik yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Untuk memudahkan kamu yang ingin mencari kuliner Jogja terdekat, di sini akan dibahas beberapa tempat makan yang bisa dicoba di Jogja.

1. Depot Donat Mbah Tarno

Depot Donat Mbah Tarno

Jika kamu mencari kuliner khas Yogyakarta yang unik, kamu bisa berkunjung ke Depot Donat Mbah Tarno yang terletak di Jalan Kaliurang km 5.5, Yogyakarta. Tempat makan yang satu ini cocok bagi kamu yang mencari tempat makan murah dan enak di Jogja. Berdiri sejak tahun 1951, tempat ini menjadi salah satu tempat makan legendaris yang patut kamu coba. Disini kamu bisa menikmati rasanya yang asin dan gurih dari donat kentang yang diolah dengan racikan bumbu rahasia ala Mbah Tarno. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 1.500 – Rp 2.000 saja per donat.

Tempat makan ini biasanya ramai pada pagi hari oleh masyarakat sekitar yang sedang sarapan atau untuk membawa pulang sebagai oleh-oleh. Depot Donat Mbah Tarno juga tak hanya menjual donat saja, tapi ada juga pangsit goreng isi kentang dan mie ayam yang menjadi menu andalannya. Apalagi bila kamu mengajak teman atau keluarga untuk makan, kamu bisa memesan paket hemat, yaitu donat kentang, pangsit goreng, dan teh gelas dengan harga yang terjangkau. Depot Donat Mbah Tarno ini bisa dikunjungi setiap hari mulai dari jam 07.00 hingga 19.00 WIB.

2. Warung Makan Sego Pecel Mbok Giyem

Warung Makan Sego Pecel Mbok Giyem

Bagi kamu yang mencari warung makan yang murah dan enak di Jogja, kamu bisa mencoba Sego Pecel Mbok Giyem. Warung makan yang satu ini terletak di Jalan Kusumanegara, Yogyakarta. Sebuah tempat yang cocok dijadikan sebagai tempat makan siang atau makan malam yang nyaman dan bersahabat dengan kantong. Harga menu yang ditawarkan relatif murah dan bisa memuaskan selera.

Makanan yang wajib kamu coba disini adalah sega pecel yang biasanya disajikan dengan lauk perkedel, tempe, tahu, dan lalapan. Segala bahan makanan yang disajikan di sini terasa segar dan pastinya sangat nikmat. Sego Pecel Mbok Giyem ini buka setiap hari mulai jam 08.00 hingga 18.00 WIB.

3. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong

Jika kamu mencari kuliner unik di Jogja, pasti tidak boleh melewatkan sate klathak. Terdapat banyak tempat yang menyajikan sate klathak dengan rasanya yang khas, namun mungkin hanya sate klathak Pak Pong yang bisa kamu kunjungi dengan mudah karena terletak di kawasan Malioboro.

Sate klathak disajikan dengan daging ayam atau sapi yang diiris tipis dan diberikan bumbu khas yang pedas. Satu porsinya biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 12.000,- saja. Kamu bisa mendapatkan sate klathak di Sate Klathak Pak Pong yang beralamat di Jalan Gandekan Lor No. 14, Yogyakarta. Warung makan ini hanya buka setiap hari mulai jam 17.00 hingga 02.00 WIB.

Itulah beberapa kuliner Jogja terdekat yang bisa kamu coba. Semoga informasi ini bermanfaat.

Warung Makan Unik di Sekitar Anda


Nomnoms Kuala Lumpur

Warung makanan di sekitar Anda bisa menjadi tempat yang hebat untuk menikmati makanan lokal dengan cita rasa yang unik. Salah satu warung makanan unik yang sebaiknya Anda coba di Jogja adalah Warung Sate Pak Ganto. Mereka menawarkan sate yang terbuat dari mandi bulu ayam dan kulit ayam, yang bisa jadi alternatif untuk sate biasa yang sering Anda makan.

Selain sate, makanan unik lainnya yang dapat Anda nikmati di Jogja adalah tempe mendoan. Warung makanan terkenal yang menyajikan tempe mendoan adalah Tempe Mendoan Mas Paijo di wilayah Kotagede. Tempe mendoan ini memiliki citarasa unik karena dilengkapi dengan bumbu kacang pedas yang nikmat di lidah.

Gudeg Mbah Lindu

Bergeser ke makanan berat, ada makanan khas yang sangat terkenal di Jogja yaitu gudeg. Di sekitar Jogja, terdapat beberapa warung makanan gudeg terkenal, seperti Gudeg Yu Djum, Gudeg Bu Tjitro, dan Gudeg Mbah Lindu. Warung gudeg yang terakhir ini menawarkan pengalaman makan yang berbeda karena menyajikan gudeg di dalam bambu. Selain itu, memiliki banyak pilihan lauk seperti ayam, telur, tempe, dan sambal goreng krecek.

Selain itu, di Jogja juga terdapat warung makanan yang cukup unik yang menyajikan makanan lokal seperti Pecel Solo Mat Lijo, yang menyajikan pecel dengan ditambahkan renyahnya kerupuk kulit babi.

Kratos Steak

Di luar makanan lokal Jogja, ada juga warung makanan unik seperti Kratos Steak. Warung makanan di Sleman ini menyajikan steak dengan bumbu rempah-rempah yang khas dan terasa sangat nikmat di lidah. Tak hanya itu, jangan lupa untuk mencoba keju lokal yang menjadi topping utama dari steak di warung ini.

Jadi, jika Anda ingin mencari makanan dengan cita rasa unik dan berbeda di sekitar Jogja, pastikan untuk mencoba beberapa warung makanan tersebut. Siapa tahu Anda akan menemukan makanan favorit Anda yang belum pernah ditemukan sebelumnya!

Makanan Tradisional Jogja yang Wajib Dicoba di Dekat Anda


Sate Klathak Jogja

Selain nasi gudeg dan mie ayam pangsit yang menjadi ikon kuliner Jogja, masih banyak variasi makanan tradisional yang wajib dicoba saat berada di Jogja. Berikut adalah beberapa makanan tradisional Jogja yang menjadi favorit banyak orang:

Sate Klathak Jogja


Sate Klathak Jogja

Berbeda dengan sate biasanya, sate klathak memiliki ukuran yang lebih kecil. Bahan yang digunakan juga bervariasi, mulai dari daging sapi, ayam, atau kambing sampai jeroan seperti hati atau usus sapi. Satu lagi yang membuat sate klathak berbeda adalah pemilihan kayu bakar yang digunakan untuk memanggang. Jangan lupa memadukan sate klathak dengan sambal khas Jogja yang pedas.

Gudeg Mbah Lindu


Gudeg Mbah Lindu

Gudeg Mbah Lindu adalah salah satu tempat makan favorit penggemar gudeg. Terletak di kawasan Wijilan, kotanya mantan pedagang gudeg ini selalu ramai dikunjungi oleh warga lokal dan turis. Rasa gudeg yang enak dan empuk membuat pengunjung ketagihan, disajikan dengan aneka lauk yang membuat rasa gudeg semakin lezat.

Es Rujak Cgiro


Es Rujak Cgiro

Makanan penutup yang wajib dicoba adalah es rujak cgiro. Pada dasarnya, es rujak ini mirip dengan es campur, yaitu campuran es serut dengan aneka buah-buahan dan sirup. Yang membuat es rujak cgiro berbeda adalah campuran kacang tanah goreng, kolang-kaling, dan mie remas yang memberikan variasi tekstur saat dimakan. Cocok untuk menyegarkan tubuh di siang hari yang panas.

Sate Buntel


Sate Buntel

Sate Buntel yang satu ini adalah sate yang terbuat dari daging ayam atau sapi yang dibungkus dengan tepung ketan dan dililit dengan daun pisang lalu di-bakar. Tekstur sate buntel yang kenyal dan bumbu rempahnya yang wangi sangat nikmat disantap saat musim hujan sedang tiba.

Soto Kadipiro


Soto Kadipiro

Soto Kadipiro adalah salah satu Soto Khas Jogja yang sangat terkenal. Soto ini dihidangkan dengan kuah kaldu coklat bening yang gurih dan harum rempah khas Jogja. Dalam mangkuk soto terdapat ayam suwir yang didiamkan di dalam mangkuk itu, selain itu ada tauge, mie, ketupat dan lain sebagainya. Yang membedakan soto kadipiro Jogja dengan soto lainnya adalah ciri khas dari bumbunya yang sangat spesial dan tentunya enak untuk menjadi kuliner favorit Anda.

Tempat Ngopi Recommended di Kota Jogja


Tempat Ngopi Recommended di Kota Jogja

Kota Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan cita rasa kuliner yang khas. Salah satu kuliner yang menjadi kegemaran banyak orang di Jogja adalah kopi. Karena itu, banyak sekali tempat ngopi recommended di Kota Jogja yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati kopi yang disajikan dengan beragam cara dan cita rasa. Berikut beberapa tempat ngopi recommended di Kota Jogja yang bisa kamu kunjungi:

1. Omah Kopi


Omah Kopi

Omah Kopi adalah salah satu tempat ngopi recommended di Kota Jogja yang wajib kamu kunjungi. Tempat ini mempunyai desain yang unik dengan nuansa tradisional Jawa. Di sini kamu bisa menikmati kopi dengan berbagai macam pilihan rasa dan aroma. Selain itu, kamu juga bisa menikmati makanan ringan yang disajikan dengan cita rasa yang khas.

2. Kedai Kebun Forum


Kedai Kebun Forum

Kedai Kebun Forum merupakan tempat ngopi recommended di Kota Jogja yang populer dengan konsep ruang terbuka dan udara segar. Tempat ini juga sering menjadi lokasi acara-acara seni dan budaya di Jogja. Di sini kamu bisa menikmati kopi dengan penyajian yang berbeda dan nikmati suasana asri dan nyaman.

3. Kopi Sling


Kopi Sling

Kopi Sling adalah salah satu tempat ngopi recommended di Kota Jogja yang ramai dikunjungi oleh para pecinta kopi. Tempat ini menyajikan kopi dengan berbagai macam cita rasa dan penyajian yang unik. Kamu juga bisa menikmati suasana yang cozy di ruangan dalam atau menikmati suasana outdoor dengan pemandangan yang indah.

4. Krupuk Goreng Nyonya Rugi


Krupuk Goreng Nyonya Rugi

Krupuk Goreng Nyonya Rugi mungkin bukan tempat ngopi recommended di kota Jogja yang dikenal banyak orang, namun tempat ini terkenal dengan hidangan khas kota Jogja yaitu krupuk goreng. Di sini kamu bisa menikmati krupuk goreng yang renyah dan lezat dengan berbagai macam rasa dan saus yang disajikan. Tempat ini juga menyediakan minuman kopi dan teh yang bisa kamu nikmati sambil menikmati hidangan khas Jogja.

Kuliner Malam Jogja yang Terjangkau dan Enak


Kuliner Malam Jogja

Kuliner malam di Jogja merupakan salah satu daya tarik wisata yang tak boleh dilewatkan. Tak hanya enak dan menggoda, tapi juga mereka yang cukup tipis kantong. Jogja jelas tak kehabisan opsi jika kamu ingin berburu kuliner malam. Nah, berikut ini adalah 5 tempat kuliner malam Jogja terjangkau dan enak yang bisa kamu kunjungi.

Tiwul Pak Empok dan Es Legen


Tiwul Pak Empok dan Es Legen

Tiwul Pak Empok sudah dikenal lama sebagai salah satu tempat makan tiwul terenak di Jogja. Selain tiwul, menu lengkap yang juga disajikan di tempat ini antara lain nasi goreng, bakso, mie goreng, dan masih banyak lagi. Namun, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi es legen yang dingin dan segar, cocok untuk menghilangkan dahaga di malam hari. Harganya mulai dari Rp. 5.000,- saja.

Mie Ayam Pak Fajar


Mie Ayam Pak Fajar

Mie ayam Pak Fajar adalah jawaban bagi yang ingin menikmati mie ayam nikmat di Jogja. Tempat ini terletak di Jalan Ring Road Utara, dan terkenal dengan mie ayamnya yang lezat dan harga yang murah. Kamu bisa menikmatinya seharga Rp 10.000,- saja. Menu lainnya seperti nasi goreng dan sate taichan juga tersedia dengan harga yang terjangkau.

Gudeg Pawon


Gudeg Pawon

Gudeg Pawon adalah nama restoran gudeg yang terkenal di Jogja. Di sini kamu bisa menikmati gudeg yang telah dibuat dengan cara tradisional, menggunakan kayu bakar sebagai bahan bakarnya. Tak hanya itu, Gudeg Pawon juga menyajikan aneka jenis lauk-pauk khas Jogja seperti sambal goreng krecek, telur pindang, ayam suwir, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, mulai dari Rp 15.000,- saja.

Warung Steak Sobat


Warung Steak Sobat

Mencari steak yang affordable di Jogja? Warung Steak Sobat adalah jawabannya! Lokasi warung ini berada di Ring Road Utara dan menawarkan berbagai menu steak dan pasta. Steak di sini ada yang harga mulai Rp 15.000,- saja. Meski berada di pinggir jalan, warung ini selalu ramai oleh pengunjung yang ingin menikmati steak yang lezat dan harga yang pas di kantong.

Nasi Kunyit Ibu Ageng


Nasi Kunyit Ibu Ageng

Nasi kunyit Ibu Ageng adalah makanan yang sangat cocok dinikmati di malam hari. Lokasinya mudah dijangkau dan harga sangat terjangkau, mulai dari Rp. 5.000,- saja. Rasanya yang khas karena bumbu kunyit dan rempah membuat nasi kunyit Ibu Ageng sangat cocok disantap dengan lauk-pauk seperti ayam goreng atau kering tempe. Jika kamu ingin mencari tempat makan malam sederhana, lebih baik coba datang ke sini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button