Kuliner

10 Wisata Kuliner Jogja Siang Paling Enak dan Mantap

Warung Nasgor di Jogja yang Harus Kamu Coba


Nasi Goreng Jogja

Siapa yang tidak kenal dengan Nasi Goreng? Menu populer ini bisa ditemukan di seluruh Indonesia dan juga menjadi salah satu kuliner yang paling dicari di Jogja. Nasi Goreng Jogja memiliki cita rasa yang berbeda dengan nasi goreng di tempat lain. Berbeda dengan nasi goreng yang biasanya asin, nasi goreng Jogja lebih manis dan sedikit pedas. Di Jogja, ada banyak sekali warung nasi goreng yang menawarkan menu ini, sehingga kamu harus mencoba beberapa tempat untuk menemukan nasi goreng yang sesuai dengan selera kamu.

Salah satu warung nasi goreng yang wajib kamu coba di Jogja adalah Warung Mba Titik. Warung nasi goreng yang terletak di kawasan Jalan Diponegoro ini sudah terkenal sebagai tempat kuliner wajib bagi para pecinta nasi goreng di Jogja. Nasi goreng yang disajikan di warung ini memiliki rasa yang khas, dicampur dengan rempah-rempah yang sangat menggugah selera. Selain itu, harga yang ditawarkan di warung ini juga sangat terjangkau, sehingga kamu bisa menikmati nasi goreng yang lezat tanpa khawatir membayar mahal.

Warung nasi goreng yang lainnya adalah Warung Mba Dewi. Warung yang terletak di Jalan Parangtritis ini sudah menjadi incaran para wisatawan yang ingin mencari kuliner khas Jogja. Nasi goreng yang disajikan di warung ini juga memiliki cita rasa yang enak dan lezat. Selain itu, porsi yang diberikan juga sangat generos dan membuat kamu kenyang sepanjang hari. Harga yang ditawarkan di warung ini juga sangat terjangkau, sehingga kamu bisa mencicipi nasi goreng di sini sepuasnya.

Selanjutnya, Warung Nasi Goreng Sambas juga tidak boleh kamu lewatkan. Terletak di Jalan Sambas, warung ini menawarkan nasi goreng yang sangat enak dan lezat. Rasa pedas yang dihasilkan dari sambal yang digunakan membuat nasi goreng ini menjadi jauh lebih sedap. Selain nasi goreng, warung ini juga menyajikan berbagai macam lauk-pauk yang sangat cocok sebagai teman makanmu. Harga yang ditawarkan di Warung Nasi Goreng Sambas juga sangat terjangkau, sehingga tidak akan membuat kantongmu bolong.

Terakhir, Warung Nasi Goreng Pecel Solo juga harus kamu coba. Warung yang terletak di Jalan Tegal Gendu ini sudah terkenal sebagai tempat kuliner wajib bagi para pecinta nasi goreng di Jogja. Nasi goreng yang disajikan di warung ini memiliki rasa yang berbeda dengan nasi goreng yang biasa kamu makan di tempat lain. Rasanya sangat enak dan lezat, sehingga membuat kamu ingin menikmati nasi goreng di sini berulang-ulang kali. Harga yang ditawarkan di warung ini juga sangat murah, jadi kamu bisa menyicipi nasi goreng yang enak tanpa takut kehabisan uang.

Makan Siang Enak dan Murah di Jogja


makan siang jogja

Yogyakarta adalah tempat yang tepat bagi para pecinta kuliner untuk menikmati menu-menu khas Jawa yang nikmat. Apalagi jika Anda ingin menikmatinya di siang hari, Jogja memiliki banyak sekali warung makan yang menyediakan menu beragam. Selain itu, harganya pun sangat terjangkau. Berikut adalah beberapa pilihan tempat makan siang enak dan murah di Jogja.

1. Gudeg Yu Djum

gudeg yu djum

Warung makan yang satu ini sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan. Gudeg Yu Djum menyajikan gudeg yang empuk dan rasanya benar-benar nikmat. Selain itu, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

2. Warung Handayani

warung handayani jogja

Warung Handayani adalah tempat makan siang yang sangat cocok bagi Anda yang ingin makan enak dan murah di Jogja. Warung ini menyediakan berbagai macam menu kuliner khas Jogja seperti sate, gado-gado, dan masih banyak lagi. Harganya pun sangat terjangkau, sehingga cocok bagi siapa saja yang ingin menikmati hidangan lezat namun tidak ingin merogoh kocek terlalu dalam.

Nama Warung Handayani sendiri merujuk pada nama pemiliknya. Warung Handayani telah berdiri selama beberapa tahun dan menjadi salah satu warung makan siang favorit bagi warga Jogja.

3. Warung Boto Kali

warung boto kali jogja

Warung Boto Kali adalah salah satu warung makan siang murah meriah yang terkenal di Jogja. Warung ini menyajikan berbagai macam hidangan seperti nasi goreng, mie goreng, dan masih banyak lagi. Selain itu, harganya pun sangat terjangkau dan cocok bagi kalangan pelajar maupun mahasiswa.

4. Bale Raos

bale raos jogja

Bagi Anda yang ingin menikmati makanan khas kraton Jogja, Bale Raos bisa menjadi pilihan yang tepat. Bale Raos menyajikan beragam menu tradisional Jawa seperti nasi gudeg kering, sate kere, dan masih banyak lagi. Selain itu, tempatnya yang berada di kawasan wisata kraton Jogja membuat Bale Raos menjadi tempat makan siang yang sangat recommended oleh para wisatawan.

5. Es Buah PK

es buah pk jogja

Setelah makan siang, jangan lupa untuk mencicipi es buah khas Jogja. Es Buah PK adalah tempat yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati es buah yang enak dan murah meriah. Es buah yang disajikan di sini sangat segar dan cocok untuk menghilangkan dahaga di siang hari.

Itulah beberapa tempat makan siang enak dan murah di Jogja yang bisa Anda coba. Selain itu, Jogja juga memiliki banyak sekali menu kuliner khas yang lain seperti bakpia, sate klatak, dan masih banyak lagi. Selamat mencari kuliner enak dan selamat menikmati makan siang Anda di Jogja!

Kuliner Siang di Alun-Alun Kidul Jogja


Alun-Alun Kidul Jogja Kuliner

Alun-Alun Kidul Jogja, atau yang biasa dikenal dengan sebutan “Alkid”, adalah salah satu tempat wisata yang paling ramai dikunjungi di Yogyakarta. Selain menjadi tempat untuk bersantai dan menikmati keindahan lampu-lampu kota di malam hari, Alun-Alun Kidul juga merupakan surga bagi para pencinta kuliner siang. Banyak sekali jajanan yang dapat ditemukan di sekitar Alun-Alun Kidul Jogja, mulai dari jajanan tradisional hingga makanan modern yang sedang hits.

1. Gudeg Mbah Lindu


Gudeg Mbah Lindu Jogja

Gudeg adalah salah satu kuliner khas Yogyakarta yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke kota ini. Di sekitar Alun-Alun Kidul Jogja, terdapat Gudeg Mbah Lindu yang sudah berdiri sejak tahun 1946. Gudeg Mbah Lindu terkenal dengan cita rasa gudeg yang khas, lembut, dan legit. Tak heran jajanan ini selalu menjadi favorit para wisatawan dan penduduk lokal. Selain gudeg, di warung ini juga disajikan berbagai macam lauk pauk dan sambal yang siap memanjakan lidah kamu.

2. Es Podeng Bang Toyib


Es Podeng Bang Toyib

Es Podeng adalah minuman khas Yogyakarta yang terbuat dari campuran es serut, cendol, dan kacang tanah yang dihaluskan. Di dekat Alun-Alun Kidul Jogja, kamu bisa mencoba Es Podeng Bang Toyib yang sudah terkenal sejak lama. Es Podeng Bang Toyib terkenal dengan keunikannya yang menawarkan sensasi berbeda dari es podeng pada umumnya. Minuman ini disajikan dengan toping berupa roti potong dan susu kental manis yang membuat rasanya semakin kaya dan nikmat.

3. Sate Kambing Pak Tum


Sate Kambing Pak Tum

Sate kambing adalah salah satu makanan favorit yang menjadi primadona di Indonesia. Apalagi kalau sate kambing tersebut berasal dari Sate Kambing Pak Tum yang berada di sekitar Alun-Alun Kidul Jogja. Sate Kambing Pak Tum menyediakan sate kambing dengan bumbu yang khas dan membuat kamu ketagihan untuk mencobanya lagi. Selain sate kambing, di sini juga tersedia sate kelinci dan sate sapi yang rasanya juga menggoda selera.

Tidak hanya enak, suasana di sekitar Sate Kambing Pak Tum juga sangat menyenangkan. Terdapat banyak sekali meja dan kursi di pinggir jalan yang memungkinkan kamu untuk menikmati sate kambing sambil menikmati pemandangan di sekitar Alun-Alun Kidul Jogja. Suasana yang ramai dan meriah membuat kamu semakin betah untuk menikmati kuliner siang di sini.

Jangan lewatkan untuk mencoba kuliner siang di sekitar Alun-Alun Kidul Jogja saat melintasi kota yang ramai dan indah ini. Menikmati jajanan lezat sembari mengabadikan momen di Alkid akan menjadikan liburan kamu semakin berkesan dan terasa lengkap. Selamat berwisata dan menikmati kuliner siang di Yogyakarta!

Mengenal Jenis-Jenis Gudeg yang Menggugah Selera di Siang Hari


Gudeg Jogja

Gudeg adalah salah satu makanan khas Yogyakarta yang sudah menjadi legenda. Terbuat dari nangka yang dimasak bersamaan dengan rempah-rempah hingga berjam-jam, membuat kuliner ini menjadi sedikit keras pada permukaan, namun lembut dan gurih di dalam. Gudeg Jogja biasanya disajikan dengan nasi, ayam suwir, dan sambal krecek.

Namun, tahukah kamu jika gudeg memiliki beberapa jenis yang berbeda di setiap daerah di Yogyakarta? Berikut beberapa jenis gudeg yang layak kamu coba ketika berkunjung ke Kota Pelajar.

Gudeg Yogyakarta


Gudeg Yogyakarta

Siapa yang tidak kenal dengan gudeg ini? Gudeg Yogyakarta memang sudah terkenal di Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Menu ini biasa disajikan dengan telur, ayam suwir dan sambal krecek. Rasa khas gudeg Yogyakarta adalah manis dan sedikit pedas. Selain itu, gudeg Yogyakarta memiliki aroma yang harmonis karena sumsum tulang dan kerang digunakan sebagai bahan masakan.

Gudeg Manggarai


Gudeg Manggarai

Gudeg Manggarai berbeda dari jenis gudeg lainnya. Makanan ini menggunakan daun singkong sebagai bahan pengganti daun jati, daging dan telur asin sebagai campuran. Rasa yang dihasilkan dari menu ini adalah manis, pedas dan gurih. Tekstur daun singkong yang lunak akan memberikan sensasi yang unik ketika dicampur dengan gudeg. Di ujung lidah, kita dapat merasakan sensasi manis yang kuat.

Gudeg Bu Tjitro


Gudeg Bu Tjitro

Salah satu kuliner yang populer di Jogja adalah gudeg Bu Tjitro. Berbeda dari jenis gudeg lainnya, gudeg Bu Tjitro menggunakan bahan sate kambing sebagai campuran. Sate kambing ini disajikan bersama dengan gudeg lengkap dengan nasi putih, telor dan krecek. Rasa manis dan gurih terlihat sangat kental ketika kamu menikmati gudeg Bu Tjitro ini.

Gudeg Wijilan


Gudeg Wijilan

Jenis gudeg lainnya yang layak dicoba adalah gudeg Wijilan. Menu ini menggunakan bahan dasar nangka yang disajikan bersamaan dengan ati ampela ayam dan krecek. Rasa yang dihasilkan menarik dengan aroma rempah-rempah yang kuat. Pemakaian kelapa di dalam gudeg membuat kuliner ini memiliki kadar kalori yang tinggi sehingga sangat cocok untuk yang mempunyai kondisi tubuh yang kurang fit.

Nah, itulah beberapa jenis gudeg yang dapat kamu coba ketika berada di Yogyakarta. Mulai dari gudeg Yogyakarta hingga gudeg Wijilan, setiap jenis gudeg memiliki cita rasa yang khas dan unik. Yuk, berjalan-jalan ke kota pelajar, dan lestarikan kuliner gudeg berciri khas Yogyakarta!

Sarapan Pagi di Jogja


Sarapan Pagi di Jogja

Bagi sebagian orang, sarapan pagi adalah hal yang sangat penting untuk dimulai seharian. Tak hanya itu, sarapan pagi juga menjadi ciri khas budaya kuliner di Jogja. Di Jogja, kamu bisa menemukan banyak tempat untuk sarapan pagi yang murah meriah namun tetap enak dan kenyang. Salah satu tempat sarapan pagi yang terkenal di Jogja adalah Gudeg Yu Djum.

Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum merupakan tempat sarapan pagi yang terletak di Kota Jogja. Tempat ini menyediakan menu gudeg, yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan bumbu khas. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati beragam lauk-pauk seperti ayam suwir, telur pindang, hingga sambal goreng krecek. Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp20.000 hingga Rp30.000 saja untuk satu porsi Gudeg komplit dengan lauk-pauknya.

Nasi Gudeg

Selain Gudeg Yu Djum, kamu juga bisa mencoba Nasi Gudeg Bu Tjitro, yang terletak di Jalan Janti, Jogja. Nasi Gudeg Bu Tjitro juga dikenal sebagai salah satu tempat makan paling top di Jogja karena cita rasanya yang khas dan nikmat. Ditambah dengan porsi yang banyak dan harga yang terjangkau, membuat Nasi Gudeg Bu Tjitro selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dan masyarakat Jogja.

Siang Hari Tempat Makan Apa?


Siang Hari Tempat Makan Apa?

Bila kamu sedang berada di Jogja di waktu siang hari dan bingung mencari tempat makan yang enak dan murah, kamu bisa mencoba beberapa tempat makan berikut ini:

1. Gudeg Sagan


Gudeg Sagan

Gudeg Sagan merupakan salah satu tempat makan paling terkenal di Jogja. Berlokasi di Jalan Sagan, Gudeg Sagan menyediakan kuliner khas Jogja seperti Gudeg dan nasi campur. Tak hanya itu, resto ini juga menyediakan roti bakar, jus buah, dan kopi dengan harga yang murah meriah.

2. Mie Ayam Tumini Mbah Gito


Mie Ayam Tumini

Mie Ayam Tumini Mbah Gito terletak di Jalan Taman Siswa dan telah hadir selama puluhan tahun. Tempat ini menyediakan menu mie ayam yang terkenal dengan rasa pedasnya. Mie ayam Tumini dapat dinikmati seharga Rp15.000 dengan porsi yang cukup besar. Jangan lupa mencoba sambalnya yang begitu pedas namun pas ketika dicampur dengan mie ayam.

3. Sop Ayam Pak Min Klaten


Sop Ayam Pak Min Klaten

Jangan lewatkan juga Sop Ayam Pak Min Klaten ketika kamu berkunjung ke Jogja. Restoran yang telah berdiri sejak tahun 1986 ini menyajikan sop ayam dengan cita rasa yang begitu khas. Porsi sop ayam di sini cukup besar dan harganya terjangkau. Ditambah dengan suasananya yang begitu tradisional, tentu membuat kamu betah dan ingin kembali lagi.

4. Sate Klatak Pak Pong


Sate Klatak Pak Pong

Sate klatak merupakan salah satu kuliner khas Jogja yang harus kamu coba ketika berkunjung ke sana. Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi sate klatak adalah di Sate Klatak Pak Pong. Restoran ini terletak di daerah Wonokromo, Yogyakarta dan menyediakan aneka sate seperti sate klatak, sate lilit, sate kambing, dan lain-lain. Porsinya cukup besar dan harganya terjangkau mulai dari Rp10.000 saja.

5. Gudeg Pawon


Gudeg Pawon

Terakhir, kamu bisa mencoba Gudeg Pawon yang terletak di Kaliurang, Jogja. Restoran ini memiliki keunikan tersendiri karena menyajikan gudeg dengan cara di masak di atas kompor tungku seperti zaman dulu. Selain cita rasanya yang begitu lezat, kamu juga bisa merasakan pengalaman yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp15.000 saja untuk satu porsi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button