Kuliner

10 Pilihan Kuliner Jogja siang Hari yang Menggugah Selera

Menu Makan Siang Khas Jogja


Mie Ayam Jogja

Jogja adalah kota yang kaya akan kuliner. Tidak hanya kuliner malamnya saja, tetapi kuliner siangnya pun tidak kalah menggugah selera. Apalagi jika kita berbicara tentang kuliner siang khas Jogja.

Masih sama seperti kuliner malamnya, kuliner siang khas Jogja juga punya banyak pilihan variant yang bisa kita pilih. Namun, berbeda dengan kuliner malamnya, kuliner siang khas Jogja lebih berwarna dan mempunyai cita rasa khas Jogja yang membuat kita tidak akan bisa menolak untuk mencobanya.

Salah satu kuliner siang khas Jogja yang bisa kita temukan dimana-mana dan selalu jadi favorit banyak orang adalah Mie Ayam. Mie ayam adalah salah satu kuliner yang tak bisa kita lewatkan jika sedang berada di Jogja.

Bakmi Jowo

Inilah Mie Ayam Jogja, sepiring mie kuning yang dihiasi dengan potongan ayam, sayuran, mie kuning, dan bumbu kacang yang dicampur dengan kecap manis. Cita rasa kacang yang gurih dan manis itu bikin kamu tidak pernah bisa melupakan rasanya.

Tidak hanya Mie Ayam, Jogja juga menyajikan kuliner siang lain yang tak kalah lezatnya, yaitu Bakmi Jowo. Kuliner yang satu ini bisa dibilang juga sebagai salah satu kuliner siang khas Jogja. Bakmi jowo adalah jenis masakan mi yang berasal dari Jawa Tengah, tepatnya di daerah Jogja.

Bakmi Jowo terdiri dari mi kuning yang dilapis tipis dengan rempah-rempah bercita rasa kuat, sayuran, dan potongan ayam / sapi. Keunikan dari Bakmi Jowo adalah dalam penyajiannya. Biasanya Bakmi Jowo disajikan dalam piring dengan menggunakan daun pisang sebagai alasnya.

Gudeg

Selain mie, ada satu lagi kuliner siang khas Jogja yang paling terkenal dan menjadi favorit dari hampir seluruh masyarakat Jogja. Yup, itulah Gudeg. Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Hampir setiap rumah makan di Jogja pasti menyediakan Gudeg.

Jika kamu makan Gudeg untuk pertama kali, pasti akan terkejut dengan keunikan dan kelezatan dari makanan tersebut. Santan yang dicampur dengan rempah-rempah membuat Gudeg memiliki rasa yang unik dan enak pada lidah.

Soto

Jogja juga menyediakan menu siang lain yang tak kalah lezat, yaitu Soto. Soto adalah makanan yang terbuat dari kuah kaldu ayam yang dicampur dengan rempah-rempah khas Jogja. Selain kaldu ayam, Soto juga terdiri dari bihun, tauge, irisan ayam, dan pelengkap lainnya seperti ketupat, telur, dan perkedel jagung.

Cita rasa Soto Jogja yang gurih dan segar akan membuat kamu ketagihan untuk menghabiskannya. Rasanya yang syahdu dan nikmat bisa kamu nikmati di setiap waktu, terutama di saat musim hujan datang.

Itulah beberapa kuliner siang khas Jogja yang bisa kita temukan dengan mudah ketika berkunjung ke Jogja. Mulai dari Mie Ayam, Bakmi Jowo, Gudeg, hingga Soto, semua makanan tersebut akan memberikan pengalaman dan sensasi berbeda yang pastinya tak akan pernah terlupakan. Jadi tunggu apa lagi, jika kamu berkunjung ke Jogja, pastikan untuk mencicipi semua kuliner siang khas Jogja sehingga kamu akan benar-benar merasakan kelezatan kuliner khas Jogja.

Tempat Makan Unik di Jogja


(gambar hanya ilustrasi)

Siang hari adalah waktu yang tepat untuk mencicipi kuliner Jogja yang enak dan unik. Tempat-tempat makan di Jogja yang memiliki menu khas membuat kegiatan kulineran menjadi lebih berkesan. Berikut adalah beberapa tempat makan unik di Jogja yang bisa kamu coba saat berkunjung ke sana.

1. Warung Heru


Warung Heru Jogja

Warung Heru yang terletak di Jalan Tirtodipuran, Kasihan, Bantul ini menyajikan menu makanan klasik dengan variasi yang berbeda. Pada siang hari, kamu bisa mencoba nasi bacem yang dihidangkan dengan aneka lauk sesuai pilihanmu, seperti ayam suwir, telur, tempe goreng, dan sambal. Konsep unik dari tempat makan ini adalah saat kamu memesan, kamu akan diberikan daftar menunya dan kamu hanya perlu memilih lauk mana yang ingin kamu makan. Kemudian, lauk yang kamu pilih akan dibawa ke meja kamu bersama nasi yang sudah dicampur dengan bumbu bacem. Cocok banget untuk kamu yang suka dengan makanan yang unik.

2. Depot Setiawan


Depot Setiawan Jogja

Depot Setiawan terletak di Jalan Bausasran, Yogyakarta. Konsep tempat makan ini adalah menyajikan menu klasik yang sehat karena dibuat tanpa olie. Makanan yang paling terkenal di sana adalah nasi campur, yang terdiri dari sayur kangkung, krecek, telur, tempe, tahu, dan sambal. Kamu juga bisa menambahkan ayam atau ikan jika kamu menginginkannya. Selain nasi campur, Depot Setiawan juga menyajikan aneka jenis lauk seperti tengkleng, soto, dan martabak. Uniknya lagi, kamu bisa menuliskan pesananmu pada secarik kertas kecil dan menyerahkannya pada pelayan. Pelayan akan mengantarkan pesananmu ke meja kamu. Asik kan?

3. Bakmi Bu Dermi


Bakmi Bu Dermi Jogja

Bakmi Bu Dermi terletak di Jalan Tegalgendu, Yogyakarta merupakan tempat makan yang wajib kamu kunjungi jika kamu ingin mencicipi bakmi khas Jogja yang enak. Menu utama di sana adalah mie rebus yang disajikan dengan kuah kental, potongan ayam, dan pangsit goreng. Kuah kental yang digunakan adalah hasil dari rebusan kaki ayam dan sayuran segar sehingga memberikan rasa yang khas. Kamu juga bisa memesan rebusan pangsit untuk menambah menu makan siangmu. Tempat makan ini sudah terkenal sejak zaman dahulu sehingga menjadi salah satu warung mie terbaik di Jogja.

4. Gudeg Mbah Lindu


Gudeg Mbah Lindu Jogja

Gudeg Mbah Lindu yang terletak di Jalan Sorogenen, Yogyakarta, menyajikan menu gudeg khas Jogja yang enak. Selama puluhan tahun, tempat ini dikenal sebagai salah satu tempat makan favorit para pecinta kuliner karena sambalnya yang pedas dan gudegnya yang empuk. Menu gudeg disajikan lengkap dengan telur, ayam, dan ati ampela. Di sana juga tersedia menu tambahan seperti sate usus, sayur nangka, dan kerupuk.

5. Bakso President


Bakso President Jogja

Bakso President yang terletak di Jalan Sudirman, Yogyakarta, adalah salah satu tempat makan yang wajib dikunjungi para pecinta bakso. Bakso di sana dibuat dengan daging ayam dan ikan yang segar. Selain bakso, kamu juga bisa memesan aneka menu seperti sate, sop, dan mie. Yang menarik dari tempat makan ini adalah kamu bisa mencicipi bakso super besar dan bakso tahu yang rasanya juga enak. Bakso President termasuk salah satu tempat makan legendaris di Jogja yang sudah cukup lama berdiri.

Itulah beberapa tempat makan unik di Jogja yang bisa kamu coba saat berkunjung ke sana untuk mencicipi kuliner khasnya. Selamat berkuliner ria!

Kuliner Pedas yang Menggoda di Jogja


Pedas Jogja

Jogja merupakan kota yang terkenal dengan kuliner pedasnya yang menggugah selera. Banyak sekali kuliner pedas di Jogja yang bisa menjadi pilihan untuk memperkaya pengalaman kuliner kita. Bagi penggemar kuliner pedas, berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner pedas yang menggoda di Jogja yang bisa dicoba.

Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak

Sate Klathak Pak Pong merupakan salah satu kuliner pedas khas Jogja yang sangat terkenal. Sate ini terbuat dari daging sapi atau kambing yang direndam dengan bumbu kemiri, bawang putih, bawang merah, cabe merah, dan cabe rawit yang sangat pedas. Di Jogja, sate klathak biasanya disajikan dengan nasi putih, sambal, dan irisan mentimun serta tomat yang menyegarkan. Selain itu, pak pong juga menyediakan kuah kaldu yang bisa dinikmati dengan nasi. Harga per porsi sate klathak pak pong berkisar antara Rp 20.000 sampai Rp 25.000.

Gudeg Yu Djum


Gudeg

Gudeg merupakan salah satu kuliner khas Jogja yang terkenal itu. Gudeg Yu djum merupakan salah satu restoran yang menjual gudeg dengan cita rasa yang sangat lezat dan pedas. Gudeg di sini disajikan dengan nasi, sayur labu siam, dan ayam yang empuk. Toppingnya ada sayur, telur, dan krecek yang sangat pedas. Gudeg Yu Djum buka setiap hari mulai dari jam 09.00 pagi hingga tengah malam. Harga per porsi gudeg di sini berkisar antara Rp 10.000 sampai Rp 20.000.

Warung Pak Tes Babat


Babat Gongso

Warung Pak Tes Babat menyediakan menu babat gongso yang sangat lezat dengan citarasa pedas. Babat gongso terbuat dari jeroan sapi yang diolah dengan rempah-rempah seperti cabai, bawang putih, gula merah, dan kecap. Dalam penyajiannya, babat gongso disajikan dengan nasi hangat dan sayur kangkung. Harga per porsi babat gongso di warung Pak Tes ini cukup murah, yaitu kurang dari Rp 20.000.

Tiwul Pak Sigit


Tiwul

Tiwul adalah salah satu makanan asli Indonesia yang terbuat dari singkong. Tiwul Pak Sigit merupakan salah satu warung makanan di Jogjakarta yang menyajikan tiwul dengan citarasa pedas. Tiwul Pak Sigit menyediakan beberapa pilihan jenis lauk seperti ayam goreng, sambal, sayuran, dan sebagainya. Harga per porsi tiwul di sini mencapai Rp 15.000.

Warung Mi Ongklok Pak De


Mi Ongklok

Mi Ongklok adalah salah satu kuliner khas Jogja yang terbuat dari mi telur dan disajikan dengan kaldu ayam, irisan ayam atau suwir, daun bawang, dan bawang goreng. Warung Mi Ongklok Pak De merupakan salah satu warung mi ongklok dengan citarasa pedas yang sangat menggoda. Mi Ongklok Pak De menyajikan mi ongklok dengan tambahan cabe rawit untuk membuat cita rasa mi semakin terasa. Harga per porsi mi ongklok di sini tidak terlalu mahal, antara Rp 20.000 sampai Rp 25.000.

Kota Barat Mie Pak Karso


Mie Pak Karso

Mie Pak Karso merupakan satu-satunya kuliner pedas Jogja yang berbahan dasar mie basah. Warung Mie Pak Karso terkenal dengan mie rica-ricanya yang sangat pedas. Selain itu, ada juga menu mie jawa dan mie godhog yang cukup populer di warung ini. Harga per porsi mie di sini berkisar antara Rp 20.000 sampai Rp 35.000.

Itulah beberapa kuliner pedas yang menggoda di Jogja yang bisa menjadi pilihan ketika berkunjung ke sana. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner-kuliner pedas tersebut karena dijamin sangat memuaskan lidah bagi penggemar pedas. Semoga bermanfaat!

Mie Ayam dan Bakmi Khas Jogja


mie ayam dan bakmi khas jogja

Jogja is famous for its delicious culinary offerings, and one of the most popular dishes is Mie Ayam and Bakmi Khas Jogja. These dishes can be found in almost every corner of the city, from street food carts to fancy restaurants. They are perfect choices for a tasty lunch or a light dinner.

Mie Ayam is an Indonesian noodle dish which consists of yellow egg noodles, shredded chicken, and a variety of toppings such as vegetables, mushrooms, and crispy fried onions. The dish also comes with a bowl of clear chicken soup which is perfect for washing down the rich noodles. To add some heat, you can add some chili sauce to the soup.

One of the best places to enjoy Mie Ayam in Jogja is at Mie Ayam Mampang, located on Jalan Mampang, nearby the famous Malioboro street. It’s a modest street foodplace which serves delicious Mie Ayam with generous portions and affordable prices. Another recommended stall is Mie Ayam Kadin, which has been serving their signature dish since 1967. It is located on Jalan Kadin, near the city’s main attraction, Tugu Jogja.

Bakmi Khas Jogja is another noodle dish that beloved by many locals. It consists of thin egg noodles served with a mix of chicken, shrimp, and vegetables. The dish is usually topped with soy sauce, sweet soy sauce, and a sprinkle of chopped celery leaves. The flavor of Bakmi Khas Jogja is unique compared to other noodle dishes in Indonesia, thanks to its savory and delicate taste that can make your mouth water.

If you want to taste the best Bakmi Khas Jogja, look no further than Bakmi Jawa Mbah Gito, located on the outskirts of Yogyakarta city in the Sleman area. Despite the stall’s modest surroundings, the taste of their Bakmi Khas Jogja is unbeatable. You can also find this dish in many other street food stalls and restaurants in Jogja, but none can match the quality of Bakmi Jawa Mbah Gito.

Mie Ayam and Bakmi Khas Jogja are more than just food – they are a part of Jogja’s culture. Both dishes have a unique taste and texture that capture the essence of the city’s culinary heritage. Whether you want to try them in a street stall or a fancy restaurant, Mie Ayam and Bakmi Khas Jogja are always a perfect choice to satisfy your hunger in the afternoon.

Warung Makan Murah Meriah di Jogja


Warung Makan Murah Meriah di Jogja

Jogja memang dikenal sebagai salah satu surganya kuliner di Indonesia. Di siang hari, terdapat banyak warung makan murah meriah yang bisa dijadikan pilihan untuk memanjakan lidah dan mengisi perut. Berikut ini adalah beberapa warung makan murah meriah di Jogja yang patut dicoba.

1. Warung Handayani


Warung Handayani

Warung Handayani terletak di daerah Kotabaru, Yogyakarta. Warung ini menyediakan berbagai olahan kuliner nusantara dengan harga yang terjangkau. Di sini, kamu bisa menikmati sop buntut, sate kambing, dan nasi goreng spesial yang rasanya tak kalah dengan restoran yang lebih mahal. Harganya pun cukup ramah di kantong, mulai dari Rp10.000,- saja.

2. Warung Makan Bu Ageng


Warung Makan Bu Ageng

Warung Makan Bu Ageng merupakan salah satu warung makan populer di Jogja. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai kuliner khas Jawa seperti nasi liwet dan ayam goreng. Selain itu, warung makan ini juga menyediakan menu vegetarian untuk kamu yang sedang menjalani pola makan tertentu. Harga menu di Warung Makan Bu Ageng juga cukup terjangkau, mulai dari Rp15.000,- saja.

3. Warung Makan Taman Sari


Warung Makan Taman Sari

Warung Makan Taman Sari terletak di pusat kota Yogyakarta. Warung ini menyajikan berbagai olahan kuliner nusantara dan Chinese food. Warung Makan Taman Sari juga menjadi favorit para pelajar dan karyawan karena harganya yang terjangkau dan rasanya yang enak. Menu favorit di sini adalah nasi goreng jawa, mie goreng, dan capcay. Harga menu di Warung Makan Taman Sari mulai dari Rp10.000,- saja.

4. Warung Makan Pak Pong


Warung Makan Pak Pong

Warung Makan Pak Pong sudah ada sejak tahun 1955 dan menjadi salah satu warung makan legendaris di Jogja. Di sini kamu bisa menikmati kambing guling yang terkenal enak dan lembut. Selain itu, warung makan ini juga menyajikan sate kambing dan gulai kambing dengan cita rasa yang khas. Harga menu di Warung Makan Pak Pong mulai dari Rp17.000,- saja.

5. Warung Makan Pelem Golek


Warung Makan Pelem Golek

Warung Makan Pelem Golek terletak di Jalan Tentara Pelajar, Yogyakarta. Warung ini terkenal dengan menu khasnya yaitu pelem golek atau nasi pecel yang disajikan dengan kuah kacang yang gurih dan lezat. Selain itu, warung makan ini juga menyajikan menu lain seperti lontong sayur dan gado-gado dengan harga yang terjangkau. Harga menu di Warung Makan Pelem Golek mulai dari Rp5.000,- saja.

Itulah beberapa warung makan murah meriah di Jogja yang bisa dijadikan pilihan untuk makan siang. Selain rasanya yang enak, kamu juga bisa menikmati suasana tradisional yang khas Jogja di warung makan ini. Jangan lupa untuk mencicipi semua kuliner khas Jogja selama berada di kota ini ya!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button