Kuliner

10 Tempat Kuliner Enak di Jogja Selatan Yang Wajib Dicoba

Kelezatan Gudeg Jogja Selatan


Gudeg Jogja Selatan

Gudeg Jogja Selatan merupakan salah satu makanan khas dari kota Yogyakarta, terutama selatan kota ini. Gudeg sendiri terbuat dari nangka muda yang dimasak dalam pengganti gula alami yang dikenal dengan sebutan “gula jawa”. Gudeg jogja selatan jelas berbeda dari bentuk dan rasanya jika dibandingkan dengan gudeg yang ditemukan di daerah lain di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh bumbu-bumbu khas yang digunakan untuk memasak gudeg.

Gudeg yang dihasilkan akan memiliki rasa lezat dan unik, serta memiliki warna merah kecokelatan yang khas. Biasanya, warung makan atau restoran yang menyajikan makanan ini akan memiliki aroma khas yang sangat menggugah selera. Gudeg jogja selatan sering juga disajikan dengan menu lain, seperti ayam goreng, tahu, tempe, nasi, dan kuah santan.

Salah satu Warung Gudeg Jogja Selatan terkenal di Yogyakarta adalah Warung Gudeg Yu Djum, yang memiliki sejarah panjang sejak tahun 1950. Ahli dalam memasak gudeg selama lebih dari 60 tahun, membuatnya menjadi magnet bagi wisatawan yang ingin mencicipi makanan khas Jogja ini.

Selain Warung Gudeg Yu Djum, masih banyak warung makan gudeg di Jogja Selatan yang dapat Anda coba, seperti Warung Gudeg Mbok Rijo, Warung Gudeg Bu Tjitro, dan masih banyak lagi. Namun, pastikan Anda datang ke warung makan yang terkenal atau direkomendasikan oleh teman atau kerabat Anda jika Anda ingin menikmati gudeg dengan rasa yang lezat.

Kami merekomendasikan Anda untuk mencoba nasi, ayam goreng, dan kuah santan ketika menikmati gudeg di Jogja Selatan. Brajali atau jeroan kambing juga bisa menjadi pilihan yang cukup unik jika Anda ingin mencoba sesuatu yang berbeda.

Jadi, jika Anda sedang merencanakan liburan ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mencoba gudeg jogja selatan. Selain memperkaya kisah liburan Anda, makanan ini juga bisa membantu Anda memahami budaya dan kebiasaan makanan di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Kuliner Khas Tengah Kota dalam Setiap Gigitan


kuliner jogja selatan

Bagi wisatawan kuliner, Jogja menjadi salah satu destinasi yang sangat populer. Kuliner-kuliner khas yang bisa ditemukan di Jogja sangat beragam dan nikmatnya tidak terkalahkan. Salah satu daerah yang menjadi penghasil kuliner khas Jogja adalah wilayah selatan Jogja. Ada banyak jenis kuliner khas di wilayah ini, terutama di tengah kota Jogja. Dengan setiap gigitannya, kita dapat merasakan cita rasa yang otentik dan unik. Berikut ini beberapa kuliner khas tengah kota yang wajib dicoba:

1. Gudeg Atom


gudeg

Siapa yang tak kenal dengan kuliner gudeg? Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan bumbu rempah khas. Gudeg Atom adalah jenis gudeg yang cukup terkenal di wilayah kota Yogyakarta. Tempat ini menyajikan gudeg dengan porsi besar dan lauk yang beragam. Gudeg Atom dikatakan sebagai “atom” karena porsinya sangat besar dan bisa mengenyangkan hingga satu keluarga kecil. Gudeg Atom juga menawarkan rasa yang sangat lezat dan berbeda dengan gudeg pada umumnya.

2. Pizza Ulen


pizza ulen

Siapa bilang kuliner Jogja hanya terkenal dengan makanan tradisionalnya saja? Pizza Ulen adalah salah satu warung yang menyajikan pizza dengan cita rasa Jogja. Warung ini terletak di daerah batikan. Salah satu pizzanya menjadi rekomendasi di warung ini yaitu pizza Forda. Pizza Forda terbuat dari adonan pizza dengan isian ayam dan jamur yang sudah dikukus terlebih dahulu. Kemudian disiram dengan saus khas Ulen yang terbuat dari terasi, sereh, dan kemangi. Rasanya gurih dan lezat.

3. Sate Klathak Pak Pong


sate klathak

Sate Klathak Pak Pong sudah menjadi salah satu kuliner khas Yogyakarta yang wajib dicoba. Sate Klathak adalah sate ayam yang dimasak dengan arang menggunakan tusuk bambu kecil. Namun, yang menjadi ciri khas dari sate klathak adalah tak hanya ayam tetapi juga jeroan ayam seperti hati, usus, ceker, dan lain-lain. Selain itu, sate klathak disajikan dengan lontong, kuah kacang, dan sambal khas Pak Pong yang sangat pedas.

4. Tengkleng Hohah


tengkleng hohah

Tengkleng adalah masakan khas Jogja yang terbuat dari tulang kambing dengan kuah santan dan kecap. Salah satu tempat yang menyajikan kuliner ini adalah Tengkleng Hohah. Tengkleng di sini memiliki cita rasa yang khas dengan bumbu yang pas. Tempatnya juga nyaman dan cocok untuk ngobrol-ngobrol santai sambil menikmati tengkleng.

5. Kopi Jos Pak Kanto


kopi jos

Tidak lengkap rasanya bila makanan di Jogja tidak disantap dengan kopi. Dalam perjalanannya, Jogja juga dikenal dengan sebutan Kota Pelajar. Terkenal dengan tempat berdiskusi dan ngopi-ngopi. Sekarang ini, beredar sebuah legenda urban yang mengatakan bahwa kopi Jos Pak Kanto adalah kopi yang paling bekas di Jogja. Kenapa begitu? Karena biji kopi yang digunakan adalah biji kopi yang dijemur bersama arang kemudian diperas menggunakan kain kopi. Kopi inilah yang dinamakan kopi jos. Kekuatan rasa kopinya cukup menggoda lidah dan aroma asapnya sangat khas.

Itulah beberapa contoh kuliner khas tengah kota Jogja yang wajib dicoba. Apakah kamu sudah mencobanya? Tanpa kesulitan, kamu bisa menemukan makanan lezat yang terdapat di Jogja Selatan. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga cuan!

1. Sate Klathak Pak Pong Jogja Selatan


Sate Klathak Pak Pong Jogja Selatan

Sate Klathak Pak Pong Jogja Selatan adalah makanan khas jogja selatan yang digemari oleh banyak orang karena memiliki rasa yang khas dan menggugah selera. Daging ayam yang dipakai memiliki kelembutan yang pas dan bumbu yang meresap hingga ke dalam daging. Sate Klathak Pak Pong Jogja Selatan ini disajikan dengan kecap manis dan bawang goreng yang akan menambah nikmat saat menyantapnya.

2. Bakmi Jawa Setan Pak Jafar


Bakmi Jawa Setan Pak Jafar

Bakmi Jawa Setan Pak Jafar adalah makanan yang wajib dicoba bagi para penggemar hidangan pedas. Hidangan ini terkenal dengan kepedasannya yang luar biasa, tetapi rasa yang dihasilkan sangat lezat. Bakmi yang digunakan memiliki tekstur yang kenyal, yang akan semakin nikmat saat dimakan bersama minuman jeruk. Tidak hanya pedas, Bakmi Jawa Setan Pak Jafar juga hadir dengan aneka topping, seperti bakso, tahu, dan tempe goreng.

3. Sambel Layah Boyolali Bu Endang


Sambel Layah Boyolali Bu Endang

Sambel Layah Boyolali Bu Endang merupakan sajian sambal yang berasal dari Jogja Selatan. Sambal ini terkenal dengan rasa yang pedas dan nikmat, serta aroma rempah-rempah yang khas. Sambal ini dibuat dari cabai, bawang putih, kemiri, dan bumbu lainnya yang diracik dengan tepat. Sambal Layah Boyolali Bu Endang ini cocok dihidangkan dengan aneka ikan bakar seperti ikan nila atau ikan tongkol.

Untuk Anda yang masih merasa penasaran dengan rasa dari masakan Jogja Selatan, Sambal Layah Boyolali Bu Endang ini wajib Anda coba. Sambal ini akan membuat hidangan ikan yang Anda makan lebih nikmat dan lezat dengan sedikit kepedasan yang pas di lidah.

4. Gudeg Rangginang Mbah Watilan


Gudeg Rangginang Mbah Watilan

Bagi pecinta kuliner Jogja Selatan, Gudeg Rangginang Mbah Watilan merupakan makanan yang wajib dicicipi. Hidangan ini terdiri dari nasi yang disajikan dengan gudeg yang sudah disiram dengan kuah santan, disertai dengan rangginang atau kerupuk jagung yang renyah.

Gudeg ini memiliki rasa yang manis dan gurih serta aroma yang harum dari rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu. Gudeg Rangginang Mbah Watilan dapat ditemukan di Jalan Mangunan, Jogja Selatan dan dibuka dari pagi hingga pukul 9 malam.

5. Mie Ayam Jamur Klathak Mbah Karto


Mie Ayam Jamur Klathak Mbah Karto

Mie Ayam Jamur Klathak Mbah Karto adalah tempat kuliner yang ramah dan memiliki cita rasa yang unik dari campuran mie ayam dan jamur. Oleh sebab itu, Mie Ayam Jamur Klathak Mbah Karto cocok disantap oleh anak-anak maupun dewasa. Setelah satu kali mencoba, pasti Anda akan ketagihan dan kembali lagi untuk santap bersama teman atau keluarga.

Tempatnya yang cukup luas, cocok untuk makan bersama keluarga dan dengan harga terjangkau membuat Mie Ayam Jamur Klathak Mbah Karto banyak diminati oleh orang-orang yang ingin menikmati kuliner khas Jogja Selatan.

Variasi Menu Baru dari Eksotisme Kuliner Jogja Selatan


Menu Baru Jogja Selatan

Jogja Selatan memiliki ragam kuliner yang sudah terkenal enak dan lezat. Namun, tidak hanya itu saja, beberapa kuliner di Jogja Selatan juga terus berinovasi dalam menciptakan variasi menu baru yang tidak kalah lezatnya dengan kuliner-kuliner khas sebelumnya. Berikut ini beberapa variasi menu baru yang bisa dinikmati di Jogja Selatan.

1. Sate Buntel Bawor


Sate Buntel Bawor

Sate Buntel Bawor merupakan inovasi dari sate kambing yang terkenal di Jogja Selatan. Dibuat dengan memasukkan bahan-bahan lain ke dalam daging kambing cincang, seperti telur, daging sapi, dan sebagainya, kemudian dibalut dengan lapisan lemak. Sate ini disajikan dengan bumbu kacang yang khas dan rasanya yang sangat lezat. Sate Buntel Bawor bisa ditemukan di area Bawor, Umbulharjo, Jogja Selatan.

2. Burger Bakso Gocap


Burger Bakso Gocap

Burger Bakso Gocap menjadi salah satu menu baru yang terus dihadirkan setiap bulan di Jogja Selatan. Dibuat dengan bahan-bahan yang segar dan berkualitas, dijamin akan menyajikan rasa yang menggugah selera. Tidak hanya rasa, namun tampilannya juga sangat menggugah nafsu untuk segera mencicipinya. Tidak perlu khawatir dengan harganya, karena harganya terjangkau dan tidak akan membuat kantong bolong. Burger Bakso Gocap bisa ditemukan di Jalan Taman Siswa, Jogja Selatan.

3. Sosis Mbalong


Sosis Mbalong

Sosis Mbalong merupakan inovasi dari sosis biasa yang terkenal di Jogja Selatan. Terbuat dari daging babi atau sapi yang dicampur dengan bahan-bahan bumbu alami yang membuat rasanya gurih dan lezat. Sosis Mbalong disajikan dengan sajian khas Jogja Selatan, seperti nasi goreng, sate padang, atau lebih enak lagi jika dimakan langsung dengan sambal Jogja. Sosis Mbalong bisa ditemukan di daerah Mbalong, Depok, Jogja Selatan.

4. Ramen Pangsit Bakso


Ramen Pangsit Bakso

Ramen Pangsit Bakso adalah sajian yang terbilang baru di Jogja Selatan. Dalam satu mangkuk terdapat ramen, pangsit dan bakso yang disajikan dengan kuah yang kental dan lezat. Ramen Pangsit Bakso dihasilkan dari perpaduan cara membuat ramen ala Jepang dengan campuran pangsit dan bakso yang biasa kita temui di Indonesia. Rasanya dan teksturnya sangat cocok untuk dinikmati di saat cuaca yang dingin atau ketika tubuh membutuhkan asupan gizi yang cukup. Ramen Pangsit Bakso bisa ditemukan di daerah Tritis, Bantul, Jogja Selatan.

Nah, itulah beberapa variasi menu kuliner baru yang bisa dinikmati di Jogja Selatan. Selain lezat dan menggugah selera, variasi menu baru ini juga terbilang unik dan menarik untuk dicoba. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo datang dan nikmati kuliner sepuasnya di Jogja Selatan!

Mengenal Kuliner Jogja Selatan


Kuliner Jogja Selatan

Selain terkenal dengan tempat wisata sejarahnya, Jogja juga mempunyai kekayaan kuliner yang tidak kalah terkenalnya. Salah satu daerah yang terkenal dengan citarasa kuliner yang khas dan unik adalah Jogja Selatan. Di daerah ini, Anda akan menemukan banyak jajanan khas yang patut untuk dicoba.

1. Gudeg Mbah Petruk


Gudeg Mbah Petruk

Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang paling terkenal. Namun kali ini bukan gudeg pada umumnya, Gudeg Mbah Petruk memiliki cita rasa yang berbeda dari gudeg lainnya. Terletak di Jalan Wijilan, Gudeg Mbah Petruk sudah terkenal sejak tahun 1950an. Gudeg Mbah Petruk mempunyai cita rasa yang lebih manis dan juga lebih gurih karena tambahan santan dan bahan-bahan rahasia lainnya. Anda tidak akan menyesal jika mencoba gudeg disini.

2. Wedang Ronde Setiawan


Wedang Ronde Setiawan

Tidak bisa dimungkiri lagi, Jogja mempunyai suasana yang sejuk di malam hari. Salah satu hidangan yang nikmat untuk menemani malam yang sejuk adalah wedang ronde. Wedang ronde adalah minuman yang terbuat dari bola ketan yang digoreng dan berisi kacang hijau serta disiram dengan kuah kelapa dan sirup. Wedang ronde Setiawan adalah salah satu gerai yang terkenal di Jogja Selatan. Hidangan yang pas sekali untuk menemani malam anda bersama keluarga atau teman-teman.

3. Soto Gading


Soto Gading

Soto adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer. Namun kali ini, kita akan membicarakan soto yang terkenal di Jogja Selatan yaitu Soto Gading. Berlokasi di Jalan Solo, Soto Gading sudah terkenal sejak tahun 1960an. Seperti halnya rumah makan sejarah lainnya, Soto Gading mempunyai sejarah panjang dari porsi yang kecil hingga sekarang dikenal sebagai warung makan legendaris di Jogja. Kuah sotonya gurih dan disajikan dengan nasi, suwiran ayam atau daging serta tambahan daun seledri dan bawang goreng menambah kelezatan citarasanya.

4. Nasi Langgi Bu Wiryo


Nasi Langgi Bu Wiryo

Di Jogja Selatan, Anda juga bisa menemukan nasi langgi yang terkenal di Bu Wiryo. Terletak di Jalan Suryodiningratan, nasi langgi Bu Wiryo mempunyai porsi yang cukup besar dan harga yang terjangkau. Nasi langgi-nya yang disajikan di atas daun pisang, diikuti dengan lauk-pauk yang menggugah selera seperti ayam goreng kremes, sate kambing, tahu dan tempe goreng serta cah kangkung merupakan sajian yang cukup komplit dan nikmat. Selain itu, nasi langginya juga terkenal karena penggunaan bumbu khas Jogja yang unik dan khas.

5. Bakmi Pedas Pak Gendut


Bakmi Pedas Pak Gendut

Bakmi khas Jogja mempunyai cita rasa yang khas seperti kelezatan daging ayam dan kuah gurih yang menyegarkan. Lokasi yang terkenal di Jogja Selatan untuk menikmati bakmi pedas ini adalah Bakmi Pak Gendut. Terletak di Jalan Monjali, Bakmi Pak Gendut terkenal dengan kuah bakminya yang kental dan pedas. Selain bakmi pedas, Bakmi Pak Gendut juga menyediakan varian bakmi lainnya seperti bakmi goreng dan bakmi kuah sapi, semua hidangan disajikan dengan lauk-pauk yang menggugah selera seperti pangsit, bakso sapi dan sayuran.

Dari berbagai hidangan khas Jogja Selatan tersebut, sudah saatnya bagi Anda untuk mencoba kelezatan rasa kuliner Jogja Selatan. Selamat merasakan kelezatan rasa kuliner Jogja Selatan yang sangat menggugah selera.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button