Kuliner

10 Kuliner Jogja Paling Enak yang Wajib Dicoba

Gudeg, Makanan Khas Jogja yang Tak Terlupakan


Gudeg, Makanan Khas Jogja yang Tak Terlupakan

Jika kamu berada di Jogja, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya gudeg. Gudeg sendiri adalah makanan khas Jogja yang paling terkenal. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan rempah-rempah seperti daun salam, lengkuas, dan bumbu garam. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, ayam kampung, dan sambal krecek. Makanan ini sangat populer dan banyak ditemui di seluruh kota Jogja.

Kuliner Jogja paling enak ini memiliki beberapa jenis gudeg seperti gudeg basah dan gudeg kering. Gudeg kering memiliki tekstur yang lebih kering dan biasanya dimakan dengan nasi uduk. Sedangkan gudeg basah memiliki kuah yang lebih banyak dan cocok disajikan dengan nasi putih. Gudeg basah menjadi favorit bagi beberapa orang karena memiliki kuah yang gurih dari rempah-rempahnya.

Gudeg ini biasanya disajikan di warung-warung pengrajin yang khusus menjual gudeg. Pusat kuliner gudeg yang terkenal adalah di Jalan Wijilan, Yogyakarta. Di sini, kamu dapat menemukan banyak warung gudeg dengan berbagai macam varian. Salah satu warung gudeg yang terkenal adalah Gudeg Yu Djum yang mempunyai rasa dan cita rasa yang autentik.

Tidak hanya di warung-warung kecil, beberapa restoran besar juga menjual gudeg sebagai menu utamanya. Salah satunya adalah tempat makan yang terkenal yaitu Gudeg Pawon yang terletak di Jalan Janturan. Tempat makan ini memiliki nuansa tradisional dengan konsep warung yang sederhana tapi unik. Gudeg yang disajikan juga sangat enak dan wajib dicoba.

Selain itu, ada juga warung gudeg legendaris yang sudah melegenda yaitu Bu Tjitro. Warung ini sudah berdiri selama 80 tahun dan menjadi salah satu tujuan wisata kuliner di Jogja. Bu Tjitro memiliki rasa yang khas dan dijamin akan memuaskan lidah anda.

Gudeg menjadi warisan kuliner Jogja yang sangat tidak terlupakan bagi masyarakat Jogja. Gudeg tidak hanya menjadi makanan khas Jogja, tetapi sudah menjadi tradisi dan budaya bagi warga Jogja. Jika kamu berkunjung ke Jogja, kamu tidak boleh melewatkan untuk mencoba kuliner gudeg yang menjadi kuliner Jogja paling enak dan paling terkenal.

Empat Jenis Soto Jogja yang Patut Anda Coba

Soto Ayam Jogja

Soto ayam merupakan salah satu kuliner yang menjadi andalan di Jogja. Soto ayam Jogja terkenal dengan kuah kaldu ayam yang kaya rempah-rempah. Dalam satu mangkuk soto ayam Jogja, terdapat potongan ayam yang empuk, mie kuning halus, telur rebus, daun bawang, serta irisan kentang goreng. Anda bisa menambahkan sambal atau bawang goreng untuk memberikan rasa pedas dan gurih pada hidangan. Tempat makan soto ayam Jogja yang patut Anda coba adalah Soto Kadipiro. Soto Kadipiro merupakan warung makan yang berdiri sejak tahun 1925 dan terletak di daerah Kadipiro, Yogyakarta. Warung makan ini buka dari pukul 06:00 hingga 15:00 WIB setiap harinya.

Soto Bathok Keraton

Selanjutnya ada Soto Bathok Keraton yang memiliki ciri khas penyajiannya menggunakan baskom kecil dari jenis kayu jati. Hal tersebut yang membuat soto bathok keraton tampak unik dan berbeda dari soto lainnya. Di dalam baskom kecil tersebut terdapat daging ayam atau sapi yang empuk, mie kuning, daun bawang, tomat, serta kuah kaldu yang bumbunya meresap sampai ke tulang. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati soto bathok keraton di bawah rindangnya pepohonan di Jalan Suryowijayan, Kotagede, Yogyakarta. Sensasi makan di luar ruangan membuat hidangan semakin terasa nikmat.

Soto Gading

Soto Gading merupakan hidangan khas yang terdapat di daerah Pleret, Bantul, Yogyakarta. Soto ini terkenal dengan daging ayamnya yang menggunakan daging ayam kampung yang lembut dan empuk. Kuah kaldu yang meresap ke dalam daging ayam membuat sensasi nikmat saat menyantap hidangan. Selain itu, hidangan ini juga disajikan dengan lontong, daun selada, telur rebus, serta pelengkap seperti jeruk nipis dan sambal. Anda bisa menikmati Soto Gading di Jalan Pleret Gading No. 1, Pleret Bantul, Yogyakarta. Hidangan ini biasanya sold out di siang hari, jadi sebaiknya datang lebih awal.

Soto Babat Jogja

Terakhir adalah Soto Babat Jogja. Sekilas terlihat seperti soto biasa, namun jika kamu mencicipi kuahnya, maka akan terasa rasa gurih yang khas. Soto babat Jogja menggunakan babat atau jeroan sapi yang empuk sebagai isi utama. Selain itu, terdapat juga potongan daging sapi yang empuk. Hidangan soto babat Jogja biasanya dilengkapi dengan ketupat atau lontong, serta irisan tomat dan daun bawang. Untuk tempat makan soto babat Jogja kamu bisa datang ke Warung Soto Babat Hj. Maksum yang terletak di Jalan Kota Baru No.49, Kota Baru, Yogyakarta. Warung yang baru buka pada sore hari ini, selalu ramai oleh pelanggan yang ingin menikmati kelezatan sotonya.

Kuliner Legendaris di Jogja yang Sudah Ada Sejak Tahun 1945


Kuliner Legendaris di Jogja yang Sudah Ada Sejak Tahun 1945

Selain sebagai kota budaya, Jogja juga dikenal sebagai surga kuliner. Tak heran jika setiap tahunnya kota ini selalu ramai dikunjungi oleh turis domestik maupun mancanegara. Jogja memiliki berbagai ragam kuliner yang menggugah selera. Ada kuliner manis dan juga pedas, ada yang gurih juga ada yang segar. Yang menarik, banyak kuliner legendaris di Jogja yang sudah ada sejak tahun 1945. Berikut adalah beberapa kuliner legendaris di Jogja yang sudah melegenda sejak lama.

Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Jika kamu berada di Jogja, pastikan mencoba Gudeg Yu Djum. Kuliner ini sudah legendaris dan telah dikenal sejak tahun 1957. Di balik namanya, Yu Djum sebenarnya adalah tokoh legendaris dari Tionghoa yang berjualan Gudeg di Jogja. Kini, Gudeg Yu Djum telah menjadi warung makan yang terkenal. Warung makan ini memiliki cita rasa Gudeg yang khas dan legit. Bagian paling nikmat dari Gudeg Yu Djum adalah kulit yang empuk dan empuk banget. Gudeg Yu Djum dibanderol dengan harga yang cukup bersahabat, sehingga jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencobanya.

Angkringan Lik Man


Angkringan Lik Man

Lik Man merupakan salah satu angkringan legendaris di Jogja yang berdiri sejak tahun 1946. Angkringan ini dijuluki sebagai tempat “nyemplung” untuk kuliner di Jogja. Sebagai angkringan legendaris, Angkringan Lik Man juga menawarkan menu andalan seperti nasi kucing dan sop kambing yang lezat. Selain itu, angkringan ini juga dikenal dengan tradisi “Ora Umum” dimana para pelanggannya membayar sesuai dengan jumlah mangkok yang sudah mereka habiskan. Suasana di Angkringan Lik Man juga sangat nyaman dan cocok untuk diskusi atau hanya nongkrong santai.

Warung Soto Bathok Mbah Katro


Warung Soto Bathok Mbah Katro

Jika kamu ingin mengisi perut saat di Jogja, Warung Soto Bathok Mbah Katro bisa menjadi pilihan. Warung yang bersih dan sederhana ini sudah berdiri sejak tahun 1972 dan menjual soto dengan harga ekonomis. Yang membedakan Soto Bathok Mbah Katro dengan soto lainnya adalah penggunaan tulang sumsum sapi sebagai campuran kuah sotonya. Kuah kaldu sapi yang dimasak selama tiga jam membuat soto ini begitu lezat dan nikmat. Ditambah dengan rempah-rempah yang pas, menjadikan Soto Bathok Mbah Katro sebagai kuliner legendaris di Jogja yang wajib kamu coba.

Itulah tiga kuliner legendaris di Jogja yang sudah ada sejak tahun 1945. Namun, masih banyak kuliner legendaris lainnya di Jogja yang wajib kamu coba, seperti bakpia pathok, gudeg wijilan, pecel madiun, dan masih banyak lagi. Jangan lupa, saat mencoba kuliner legendaris di Jogja, jangan ragu untuk mencicipi dan menikmatinya.

Wahana Wisata Kuliner Jogja dengan Konsep Unik


Kuliner Jogja

Kuliner Jogja tidak selalu tentang gudeg dan bakpia. Ada juga beberapa wahana wisata kuliner Jogja dengan konsep yang unik yang pasti akan membuat Anda terpesona dan terkesan. Berikut ini adalah beberapa tempat makan unik yang harus Anda coba ketika berkunjung ke Jogja.

Lava Cake Jogja

Cake Lava Merapi

Siapa yang tidak suka dengan cake lava yang meleleh ketika dipotong? Terletak di kaki Gunung Merapi, Cake Lava Merapi menawarkan kuliner unik yang pasti akan memanjakan lidah Anda. Ada berbagai macam cake lava yang ditawarkan di sini seperti cake lava pandan, coklat, keju, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan di Bali Hai kafe yang berada di sana.

Lesehan Mbah Margo

Lesehan Mbah Margo

Lesehan Mbah Margo adalah salah satu tempat makan paling unik di Jogja. Sesuai namanya, tempat ini menawarkan suasana lesehan yang nyaman dengan latar belakang alam pedesaan Jogja. Makanan yang disajikan di sini adalah masakan khas Jawa yang pasti akan memanjakan lidah Anda. Nikmati pengalaman makan yang berbeda di Lesehan Mbah Margo.

Urban Bike Foods

Urban Bike Foods

Bagi pecinta sepeda, Urban Bike Foods bisa menjadi alternatif tempat makan yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini menawarkan keseimbangan yang sempurna antara makanan dan olahraga. Selain menyajikan makanan dan minuman yang lezat, Urban Bike Foods juga menyewakan sepeda untuk Anda nikmati. Jadi, setelah selesai makan, Anda bisa langsung bersepeda untuk mengelilingi kota Jogja.

Museum Kopi Jogja

Museum Kopi Jogja

Museum Kopi Jogja adalah tempat makan unik yang cocok untuk pecinta kopi. Selain menawarkan berbagai macam kopi yang lezat, tempat ini juga menyediakan informasi yang komprehensif tentang sejarah kopi di Indonesia dan dunia. Anda juga bisa melihat proses pembuatan kopi dari awal hingga akhir di sini. Ditambah lagi dengan suasana yang nyaman dan tenang, membuat Museum Kopi Jogja menjadi tempat makan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Jadi, itu dia beberapa tempat makan unik yang harus Anda coba ketika berkunjung ke Jogja. Selain menyajikan makanan yang lezat, tempat-tempat ini juga memberikan pengalaman yang berbeda dan pasti akan membuat kenangan yang tak terlupakan.

Warung Makan Jogja dengan Harga Terjangkau dan Menu Lezat


Warung Makan Jogja dengan Harga Terjangkau dan Menu Lezat

Yogyakarta bukan hanya dikenal sebagai Kota Pendidikan, Namun juga Kota Kuliner yang menawarkan beragam makanan khas yang lezat dan terjangkau. Bagi para pelancong yang berkunjung ke Yogyakarta, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner khas Jogja. Banyak Warung Makan Jogja dengan Harga Terjangkau dan Menu Lezat yang bisa kamu pilih! Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Gudeg Permata


Gudeg Permata

Warung makan legendaris yang menyajikan gudeg dengan cita rasa khas. Gudeg Permata menawarkan menu andalan yaitu Gudeg Komplit yang berisi nasi, ayam, telur, krecek, dan tentunya gudeg yang lezat. Selain itu, pengunjung juga bisa memesan gudeg dengan daging sapi atau sambal goreng krecek sebagai menu tambahan. Berlokasi di Jalan Prawirotaman No. 4, Gudeg Permata buka mulai dari jam 07.00 pagi hingga 01.00 dini hari dengan harga yang relatif terjangkau.

2. Bakmi Jowo Mbah Mo


Bakmi Jowo Mbah Mo

Jangan salah, Bakmi Jowo Mbah Mo bukan hanya terkenal di Yogyakarta, tetapi juga menjadi destinasi kuliner bagi para pelancong di seluruh Indonesia. Menggunakan bahan-bahan berkualitas dengan cara masak yang sempurna, membuat menu andalannya, Bakmi Jowo, menjadi favorit pengunjung. Terletak di Jalan Chusni Hamzah No. 31A, Warung Bakmi Jowo Mbah Mo buka setiap hari kecuali Selasa dari jam 06.30 pagi hingga 02.00 dini hari.

3. Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak Pak Pong

Warung makan yang menyajikan sate klathak yang melegenda ini memiliki cita rasa yang khas dan tentunya harus dicoba ketika kamu berkunjung ke Yogyakarta. Menu tambahan seperti sate ayam, sate sapi, dan sate kambing juga tersedia di warung ini. Terletak di Jalan Klathak Joyo Agung No. 1, Sate Klathak Pak Pong buka mulai pukul 10.00 pagi hingga 22.00 malam dengan harga yang terjangkau.

4. Sop Ayam Pak Min Klaten


Sop Ayam Pak Min Klaten

Warung makan yang menyajikan sop ayam dengan cita rasa khas Klaten ini terletak di Jalan Rejowinangun No. 62, Kotabaru, Yogyakarta. Sop ayam yang disajikan di sini memiliki ukuran daging yang besar dan kuah yang gurih membuat orang selalu ingin kembali lagi ke warung ini. Pak Min, sang pemilik usaha, menyajikan sop ayam dengan aneka tambahan seperti kemiri, bawang goreng, dan cabai rawit. Dengan harga terjangkau, wisatawan bisa menikmati sop ayam Pak Min seharga Rp. 18.000,00 saja!

5. Tengkleng Gajah Mada


Tengkleng Gajah Mada

Tengkleng Gajah Mada adalah salah satu kuliner khas Yogyakarta yang wajib dicoba! Penyajiannya seperti sate pada umumnya, namun bahan utama dari Tengkleng Gajah Mada adalah tulang kepala kambing yang dicincang Perpaduan rempah-rempah yang kuat, menjadikan citarasa yang memukau. Terletak di Gang VIII No. 105B, Jalan Gajah Mada, Warung Tengkleng Gajah Mada buka setiap hari pukul 09.00 pagi hingga 22.00 malam.

Nama-nama warung makan di atas hanyalah beberapa pilihan saja dengan harga yang terjangkau dan rasanya lezat. Namun, ada banyak lagi tempat makan lainnya yang bisa kamu kunjungi di Yogyakarta untuk menikmati kuliner khasnya. Tidak hanya enak dan murah, kuliner Jogja juga memiliki kekayaan rasa yang beragam!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button