Kuliner Jogja Murah di Sekitar Malioboro: Nikmati Berbagai Makanan Lezat dengan Harga Terjangkau

Mencicipi Kuliner Jogja yang Ikonik


Malioboro Street Jogja

Jogja sangat terkenal dengan kuliner-kuliner yang beraneka ragam dan murah meriah. Terutama ketika berjalan-jalan di sekitar kawasan Malioboro, kita bisa menemukan berbagai macam jajanan yang bisa menggugah selera semua orang. Berikut ini adalah beberapa kuliner Jogja ikonik yang harus dicicipi saat berada di Malioboro, Jogja.

Gudeg


Gudeg

Gudeg menjadi salah satu kuliner khas Jogja yang sangat terkenal dan wajib dicoba. Gudeg sendiri merupakan masakan asli dari DIY yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan bumbu khusus, seperti daun salam, kelapa, dan santan. Biasanya, Gudeg disajikan dengan nasi, tahu, tempe, ayam, dan sambal krecek. Di kawasan Malioboro, Gudeg yang paling terkenal terletak di Jalan Wijilan, tetapi ada juga di pasar Malioboro dan belakang Pasar Beringharjo.

Bakmi Jowo


Bakmi Jowo

Bakmi Jowo merupakan salah satu makanan ringan yang sangat terkenal di Jogja. Bakmi Jowo sendiri berbeda dengan Bakmi pada umumnya yang biasanya dicampur dan dihidangkan dengan kuah. Bakmi Jowo lebih kering dan dilengkapi dengan daging ayam atau sapi, sayuran, dan telur. Berbeda dengan Bakmi Jawa yang menjual mi dengan saos kacang, Bakmi Jowo biasanya dicampur dengan kecap manis dan sambal. Bakmi Jowo yang terkenal di Malioboro bisa ditemukan di Jalan Prawirotaman IX, dan masih banyak lagi kios Bakmi Jowo di Malioboro.

Es Krim Pak Pong


Es Krim Pak Pong

Es Krim Pak Pong merupakan es krim handmade yang terkenal di Jogja. Terbuat dari susu sapi asli, Es Krim Pak Pong tersedia dalam banyak rasa seperti vanilla, coklat, keju, stroberi, dan lain-lain. Selain itu, ada juga varian unik seperti durian dan coklat susu. Es Krim Pak Pong bisa ditemukan di Jalan Malioboro atau Jalan Prawirotaman, tetapi kios yang paling terkenal dapat ditemukan di dekat Stasiun Tugu.

Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong merupakan makanan ringan yang terbuat dari daging sapi yang dipanggang dalam potongan kecil, biasanya disajikan dengan nasi dan sambal. Selain rasa yang enak, yang membedakan sate klatak ini adalah aroma rokok kretek yang dipakai untuk memanggang daging. Sate Klathak Pak Pong bisa ditemukan di Jalan Laksda Adisucipto, Jalan Ringroad Utara, atau di sekitar kawasan Prawirotaman.

Wedang Ronde


Wedang Ronde

Wedang Ronde adalah minuman hangat yang terbuat dari beras ketan, jahe, kacang tanah, dan gula merah. Wedang Ronde adalah minuman khas China, tetapi sudah menjadi kuliner Jogja yang banyak digemari di kalangan masyarakat. Rasanya yang manis dan hangat sangat cocok untuk disajikan di malam hari. Wedang Ronde bisa ditemukan di pasar Malioboro atau di kios-kios pinggir jalan di sekitar Malioboro.

Itulah beberapa kuliner ikonik Jogja yang bisa Anda cicipi saat berada di Malioboro. Selain murah meriah, kuliner-kuliner di Malioboro juga sangat enak dan khas. Jadi, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner yang ada di Malioboro, Jogja untuk mengisi perjalanan wisata kulinermu. Selamat mencoba!

Menikmati makanan khas dengan harga yang terjangkau

Kuliner Jogja Murah Sekitar Malioboro

Jogja, the city of cultural heritage, will always have a special place in every traveler’s heart. This city offers not only unique and unforgettable experiences, but also its delicious cuisine. Speaking of culinary, you might have heard about the famous Malioboro area. This tourist destination offers a varity of traditional dishes from all over Jogja at an affordable price. Here are some recommendations of yummy delicacies with a wallet-friendly price you can find close to Malioboro.

1. Gudeg Pawon


Gudeg Pawon

This dish is a must-try culinary experience in Jogja. Gudeg Pawon has been around for 70 years and has maintained its quality. This restaurant is an icon of Jogja culinary with its signature dish, gudeg. The name “pawon” means kitchen in Javanese, and you can enjoy this dish best in the traditional Javanese kitchen concept. No wonder, Gudeg Pawon is famous not only among Jogja residents, but also domestic and international tourists. The price for a portion of gudeg ranges from Rp. 20,000 to 25,000 which may seem quite expensive for some, but you will be satisfied with the generous amount and unique taste of this dish. Gudeg is a complete meal consisting of nasi uduk (steamed rice with coconut milk) and a combination of chicken, egg, tofu, and tempeh all soaked in the savory gudeg sauce made from young jackfruit. You can ask for extra sambal (red chili paste) to add a little bit of spiciness to this flavorful dish.

2. Bakmi Jawa Mbah Mo


Bakmi Jawa Mbah Mo

Craving for noodle dishes? Bakmi Jawa Mbah Mo can be your pick. This place offers traditional Javanese noodle dishes with various toppings, but their signature dish is Bakmi Jawa. Bakmi Jawa is made of yellow egg noodles with a little bit of spiciness, served with savory chicken broth, shredded chicken, and fried onion. The price for one serving of Bakmi Jawa is only Rp. 15,000. That means you can enjoy a hot plate of noodle heaven without having to worry about the cost.

3. Gudeg Wijilan


Gudeg Wijilan

Another recommendation for gudeg lovers is Gudeg Wijilan. This one is located in an alley beside Bank Indonesia at the Wijilan area, not too far from Malioboro. It is a small and humble traditional house but has been famous for its delectable gudeg since 1958. You can taste the different flavor of gudeg compared to Gudeg Pawon. Gudeg Wijilan has a sweeter flavor and a softer texture. One portion of gudeg with rice and side dishes will cost you around Rp. 25,000 – Rp. 30,000.

4. Warung Handayani


Warung Handayani

Warung Handayani is located in the Sosrowijayan area, right beside the train station. This humble eatery serves traditional Javanese dishes such as pecel (vegetable salad with peanut sauce), gado-gado (similar to pecel but with tofu and tempeh), and nasi campur (a rice dish with a mix of various side dishes). The most famous dish here is sop kaki kambing (goat feet soup). Sounds weird? Don’t judge it before you try it. The soup is savory with a hint of sweetness and a distinct aroma. One portion of sop kaki kambing will cost you around Rp. 25,000 which is a pretty fair price considering it is a unique dish that is hard to find elsewhere.

5. Nasi Kucing Telo Tulis


Nasi Kucing Telo Tulis

Last but not least, Nasi Kucing Telo Tulis is a hidden gem in Malioboro area. This street food stall is located at the back of TUGU train station. The name “kucing” means cat in Javanese, but don’t worry, you won’t find any cat meat here. Nasi Kucing is a small portion of steamed rice with various side dishes wrapped in banana leaves. You can choose from various toppings such as chicken, tempeh, tofu, and vegetables. The price per portion is around Rp. 5,000. Don’t underestimate its size, as one portion of Nasi Kucing can be filling enough to satisfy your hunger. A good option for those who are in a rush but still want to try Jogja’s traditional dishes.

Those are some recommendations for delicious yet affordable traditional dishes in Jogja. Don’t hesitate to explore more and discover other street foods and eateries. Be careful though, because Jogja’s culinary scene can be addictive. You’ll never get enough of it.

Tempat Makan Murah Meriah di Sekitar Malioboro


Tempat Makan Murah Meriah di Sekitar Malioboro

Jogja memang dikenal sebagai tempat yang kaya dengan kuliner enak dan murah meriah. Salah satu daerah di Jogja yang terkenal sebagai pusat kuliner adalah sekitar Jalan Malioboro. Tak heran jika banyak turis yang datang ke Jogja mencari tempat makan murah meriah di sekitar area ini. Berikut ini adalah beberapa tempat makan murah meriah di sekitar Malioboro yang patut dicoba.

1. Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum menu

Gudeg memang menjadi kuliner ikonik di Jogja. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba gudeg di Jogja maka sebaiknya langsung mencoba Gudeg Yu Djum. Gudeg Yu Djum terkenal sejak lama sebagai salah satu tempat makan murah meriah yang sudah berdiri sejak tahun 1950-an.

Kuliner yang menjadi menu andalan di Gudeg Yu Djum adalah gudeg dengan komposisi nangka muda yang empuk dan bumbu rempah yang khas. Harganya pun murah meriah, yaitu berkisar antara Rp 15 ribu hingga Rp 30 ribu per porsi. Di samping itu, Gudeg Yu Djum juga menyajikan menu Gudeg Mercon dengan tingkat kepedasan yang bisa bikin Anda keringetan.

2. Bakmi Jowo Mbah Gito


Bakmi Jowo Mbah Gito

Bagi Anda yang suka dengan mie, jangan lewatkan Bakmi Jowo Mbah Gito. Tempat makan ini terletak di sekitar Jalan Kemetiran Kidul, Ngupasan, Umbulharjo, di dekat Malioboro. Bakmi Jowo Mbah Gito menjadi salah satu tempat makan murah meriah yang dapat menjadi alternatif ketika Anda ingin mencari sarapan atau makan siang yang pas di kantong.

Bakmi Jowo Mbah Gito menyajikan berbagai macam mi Jawa dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu saja per porsi. Mienya pun empuk, dengan kuah yang lezat dan daging ayam pilihan yang masih fresh. Selain mi, Bakmi Jowo Mbah Gito juga memiliki menu bakso, sate, dan telur dadar (omlet).

3. Lotek Colombo


Lotek Colombo

Lotek Colombo adalah kedai makanan yang terletak di Jalan Colombo, Ngampilan, Yogyakarta. Lotek Colombo terkenal sebagai salah satu tempat makan murah meriah yang menyajikan menu lotek, yaitu jenis makanan khas dari Jawa Barat. Lotek Colombo menyajikan lotek dengan bumbu kacang yang disajikan dengan aneka sayur seperti kol, tauge, kacang panjang, serta lontong sebagai pengganti nasi.

Harga yang ditawarkan pun relatif murah meriah. Hanya dengan Rp 6 ribu hingga Rp 12 ribu, Anda dapat menikmati satu porsi lotek yang dijamin enak dan bikin ketagihan. Lotek Colombo juga menyajikan makanan lain seperti gado-gado, nasi rames, dan nasi goreng, serta minuman es tradisional seperti es teller dan es kelapa muda.

Nah, itulah beberapa tempat makan murah meriah di sekitar Malioboro yang wajib dikunjungi. Makanan yang disajikan dijamin lezat dan cocok dijadikan alternatif warung makan untuk Anda yang sedang berkunjung ke Jogja. Yuk, segera coba!

Kuliner Malam yang Tidak Boleh Dilewatkan di Jogja


Gudeg Pak Warno

Ketika berada di Jogja, Anda harus mencoba makanan khas daerah ini yang lezat dan terjangkau. Tidak hanya makanan siang dan pagi, tetapi kuliner malam Jogja juga sangat terkenal. Beberapa kuliner malam di Jogja ini tidak hanya bisa memuaskan perut Anda tetapi juga menawarkan pengalaman kuliner yang unik dan menyenangkan.

1. Gudeg Pak Warno

Gudeg Pak Warno

Makanan khas Jogja yang satu ini memang sudah terkenal hingga ke seluruh Indonesia. Gudeg adalah makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Salah satu tempat terbaik untuk mencoba gudeg adalah di Gudeg Pak Warno. Restoran kecil yang terletak di jalan Wijilan ini selalu dipenuhi oleh orang-orang yang mencari gudeg yang lezat dan terkenal di Jogja. Di sini Anda juga bisa mencoba berbagai jenis menu gudeg yang berbeda, mulai dari yang manis hingga yang pedas.

2. Bakmi Jawa Mbah Mo

Bakmi Jawa Mbah Mo

Terletak di jalan Asem Gede, restoran ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dan penduduk setempat. Bakmi Jawa Mbah Mo menawarkan berbagai macam jenis mi dan nasi goreng dengan harga yang terjangkau. Beberapa menu favorit di sini adalah Bakmi Jawa Gajah Mada dan Nasi Goreng Kambing. Rasanya yang lezat dan porsi yang besar membuat para pelanggan selalu kembali lagi ke restoran ini.

3. Es Buah PK

Es Buah PK

Setelah makan, Anda bisa mencoba Es Buah PK yang terkenal di Jogja. Terletak di jalan Panembahan Senopati, restoran ini menawarkan es buah yang segar dan lezat dengan harga yang terjangkau. Selain es buah, Anda juga bisa mencoba rujak es sawo madu, yang terbuat dari buah-buahan segar dan saus sawo yang manis dan lezat. Pastikan Anda mencicipi kedua menu ini saat berada di Jogja.

4. Nasi Kucing Bu Hj. Bejo

Nasi Kucing Bu Hj. Bejo

Salah satu kuliner malam yang sangat terkenal di Jogja adalah Nasi Kucing. Nasi Kucing adalah nasi kecil yang dibungkus dengan daun pisang dan diisi dengan berbagai macam lauk. Meskipun ukuran nasi kucing sangat kecil, tetapi rasa yang dihasilkan sangat lezat dan memuaskan. Jika Anda mencari nasi kucing terbaik di Jogja, cobalah mampir ke Nasi Kucing Bu Hj. Bejo yang terletak di jalan Juminahan, Kraton. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai macam lauk, mulai dari ayam, sate usus, tempe goreng dan masih banyak lagi.

Selain kuliner di atas, masih banyak kuliner malam lainnya yang dapat Anda temukan di Jogja. Anda dapat mencoba kuliner malam di Pasar Bringharjo atau Pasar Malioboro yang menawarkan makanan khas daerah ini dengan harga yang terjangkau. Pastikan untuk mencicipi berbagai jenis makanan khas Jogja yang ada di sana dan membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman Anda.

Bakpia Pathok: Oleh-Oleh Khas Jogja yang Terkenal


Bakpia Pathok

Bakpia Pathok adalah salah satu oleh-oleh khas Jogja yang paling terkenal dan sudah ada sejak lama. Bakpia Pathok bisa kamu temukan di dekat Malioboro dengan harga yang terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp 20.000 untuk satu bungkus yang berisi sekitar 10 biji bakpia.

Varian rasa dari Bakpia Pathok cukup beragam, mulai dari rasa kacang hijau, coklat, keju, hingga coklat keju. Tidak hanya itu, Bakpia Pathok kini juga memiliki varian rasa baru, yaitu rasa durian! Rasanya sangat lezat dan sangat cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabatmu di rumah.

Brownies Kukus Amanda: Brownies Legendaris yang Enak dan Terjangkau


Brownies Kukus Amanda

Jika kamu sedang mencari oleh-oleh khas Jogja yang enak dan terjangkau, maka Brownies Kukus Amanda bisa menjadi pilihanmu. Harganya cukup terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp 15.000-Rp 20.000 per loyang.

Siapa yang tidak kenal dengan brownies kukus Amanda? Brownies ini sudah menjadi legenda di Jogja dan sangat dicari oleh wisatawan yang datang ke kota ini. Brownies kukus Amanda memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, sehingga cocok disajikan sebagai camilan di rumah.

Geplak Punokawan: Oleh-Oleh Manis Khas Jogja


Geplak Punokawan

Geplak Punokawan adalah oleh-oleh manis khas Jogja yang terbuat dari singkong yang dipadukan dengan gula kelapa. Harganya sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 5.000-Rp 10.000 per bungkus.

Rasa dari Geplak Punokawan sangat lezat dan manis, sehingga sangat cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabatmu di rumah. Geplak Punokawan bisa kamu temukan dengan mudah di sekitar Malioboro.

Oseng Mercon Bu Narti: Kuliner Pedas Legendaris yang Murah Meriah


Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti adalah salah satu kuliner pedas legendaris yang bisa kamu temukan dengan mudah di sekitar Malioboro. Harganya sangat terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp 10.000-Rp 15.000 per porsi.

Oseng Mercon Bu Narti terkenal dengan cita rasanya yang pedas dan nikmat. Walaupun pedas, kamu tidak akan bisa berhenti untuk mencoba makanan yang satu ini. Selain itu, di sini kamu bisa menambahkan level kepedasan sesuai selera mu.

Sate Klathak Pak Pong: Sate Enak dan Murah Meriah di Jogja


Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong adalah salah satu sate enak dan murah meriah yang bisa kamu temukan di Jogja. Sate ini terbuat dari daging sapi, ayam, atau jeroan yang dicampur dengan bumbu khas Jogja.

Harga dari Sate Klathak Pak Pong cukup terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp 10.000 per porsi. Satenya cukup besar dan memiliki cita rasa yang nikmat. Selain itu, Sate Klathak Pak Pong juga terkenal dengan saus kacangnya yang enak dan gurih.

Enaknya Kuliner di Jogja: Wisata Kuliner yang Bikin Lidah…

Warung Sate Sapi Pak Pong Jogja tak hanya terkenal dengan keindahan bicaranya, namun juga terkenal akan wisata kuliner di setiap sudutnya. Namanya saja pernah...
Ar Rayan Alif
7 min read

Kuliner Jogja: Menikmati Kelezatan Bakmi

Sejarah Bakmi di Jogja Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budayanya. Budaya tersebut juga diwariskan pada makanannya. Salah satunya...
Ar Rayan Alif
5 min read

Menikmati Wisata Kuliner Jogja yang Menggoyang Lidah

Keunikan Instagram Wisata Kuliner Jogja Jogja dikenal sebagai salah satu kota yang sangat kaya akan kuliner. Ada banyak makanan khas Jogja yang menjadi tujuan...
Ar Rayan Alif
9 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *