Kuliner

Menikmati Kuliner Legendaris di Malioboro Jogja

Sejarah Berdirinya Kuliner di Malioboro


Kuliner Malioboro

Malioboro adalah salah satu kawasan populer di Yogyakarta yang tidak hanya dikenal sebagai pusat perbelanjaan, tetapi juga terkenal dengan kulineran yang lezat dan khas. Kulineran di Malioboro sangat beragam, mulai dari makanan tradisional seperti Gudeg, Bakpia, hingga makanan modern seperti pizza, burger, dan lainnya. Sejarah berdirinya kulineran di daerah Malioboro tidak dapat dipisahkan dari sejarah pembangunan Malioboro itu sendiri.

Pada zaman Kerajaan Mataram, Daerah Malioboro merupakan lokasi perkampungan yang terdiri dari berbagai etnis, seperti Tionghoa, Arab, dan Belanda. Di perkampungan inilah muncul usaha kulineran yang pertama kali. Pada awalnya, kuliner yang dijual masih berupa makanan dan minuman tradisional yang biasa dijual di warung-warung kecil atau kaki lima.

Seiring dengan perkembangan waktu, Malioboro berkembang menjadi kawasan bisnis dan perdagangan. Hal ini membuat berbagai usaha kuliner yang lebih modern mulai bermunculan. Salah satu usaha kuliner yang terkenal di Malioboro adalah Bakpia, sejenis bolu kecil yang terbuat dari tepung terigu dan diisi dengan kacang hijau atau cokelat. Bakpia awalnya hanya dijual di toko-toko kecil, namun kini telah banyak toko bakpia yang memiliki cabang di seluruh Indonesia.

Selain Bakpia, muncul juga berbagai restoran dan kedai kopi yang menjual berbagai makanan dan minuman khas. Banyak pengunjung yang datang ke Malioboro sambil menikmati ragam kulineran yang tersedia. Tidak hanya bagi pengunjung lokal, kulineran Malioboro juga menarik perhatian wisatawan mancanegara yang tertarik untuk mencicipi makanan khas Indonesia.

Meski saat ini banyak usaha kulineran modern yang bermunculan di Malioboro, tetapi masih ada beberapa usaha kulineran tradisional yang bertahan dan masih diminati oleh pengunjung, seperti Gudeg dan Sate Klatak. Keduanya merupakan kulineran khas Yogyakarta yang sudah ada sejak lama dan tetap menjadi primadona bagi para pelanggan setianya.

Secara keseluruhan, sejarah berdirinya kulineran di Malioboro sangat erat kaitannya dengan perkembangan Malioboro sendiri. Meskipun sudah berusia ratusan tahun, kulineran di Malioboro terus berkembang dan menarik perhatian banyak orang. Dengan berbagai macam kulineran yang tersedia, Malioboro menjadi tempat yang tepat bagi pecinta kulineran untuk menjelajahi dan menikmati kekayaan kuliner Indonesia.

Tempat Kuliner Favorit di Malioboro: Rekomendasi Wisatawan

Gudeg Yogyakarta

Malioboro adalah kawasan yang sangat terkenal di Yogyakarta, khususnya di kalangan wisatawan. Tempat ini memiliki banyak keunikan dalam berbagai hal, salah satunya adalah kuliner. Pada malam hari, Malioboro menjadi pusat kuliner untuk wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Banyak pengunjung yang datang ke Malioboro untuk mencari kuliner yang khas Yogyakarta. Ada banyak pilihan makanan yang bisa dinikmati di tempat ini, dan berikut adalah tiga tempat kuliner favorit yang wajib dikunjungi di Malioboro:

1. Warung Handayani

Warung Handayani Yogyakarta

Warung Handayani adalah salah satu tempat kuliner di Malioboro yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Warung ini menyajikan makanan khas Yogyakarta seperti gudeg dan ayam goreng. Walaupun Warung Handayani merupakan tempat yang sederhana, tapi makanan yang disajikan di sini sangat nikmat dan harganya juga pas di kantong.

Menu yang paling terkenal di Warung Handayani adalah gudeg kering dan basah, yang menjadi favorit pengunjung. Bagi wisatawan yang ingin mencoba gudeg yang lezat, maka Warung Handayani cocok sekali untuk dikunjungi.

2. Es Dawet Telasih

Es Dawet Telasih Yogyakarta

Es Dawet Telasih adalah tempat kuliner favorit di Malioboro yang menyajikan minuman yang menyegarkan. Menu terkenal di sini adalah es dawet telasih yang dicampur dengan sirup dan kelapa parut. Minuman ini sangat cocok diminum ketika siang hari yang terik, sehingga banyak wisatawan yang jajan di sini.

Harga es dawet telasih di Es Dawet Telasih sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 5.000 per cup. Belum lagi, Es Dawet Telasih menyajikan es dengan rasa yang sangat autentik. Jika sedang berkunjung ke Malioboro, jangan lupa mampir ke Es Dawet Telasih.

3. Bakpia Pathuk 25

Bakpia Pathuk 25

Bakpia Pathuk 25 adalah jajanan khas Yogyakarta yang wajib dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Bakpia Pathuk 25 menyediakan berbagai rasa seperti kacang hijau, keju, dan coklat. Rasa yang manis dan legit membuat wisatawan ketagihan memakan bakpia ini.

Bakpia Pathuk 25 terkenal dengan kemasannya yang cantik dan harganya yang pas di kantong. Jika ingin membeli oleh-oleh yang enak dan murah, Bakpia Pathuk 25 sangat cocok untuk dijadikan pilihan.

Itulah tiga tempat kuliner favorit di Malioboro yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Meskipun harganya murah, tapi makanan dan minuman di atas sangat cocok di lidah dan pas di kantong. Jangan sampai melewatkan sesi wisata kuliner di Malioboro, ya.

Pengalaman Makan Malam Romantis di Malioboro


Makan Malam Romantis di Malioboro

Yogyakarta tak hanya dikenal sebagai kota budaya, tetapi juga tempatnya kuliner enak dan murah meriah. Salah satu kawasan yang menjadi tempat favorit untuk mencicipi berbagai kuliner tersebut adalah Malioboro. Kawasan ini selalu ramai di setiap harinya, bahkan saat malam hari berkat banyaknya cafe dan restoran yang buka hingga larut malam. Jika kamu merencanakan liburan ke Yogyakarta bersama pasanganmu, tidak ada salahnya untuk mencoba makan malam romantis di Malioboro. Berikut beberapa tempat makan yang bisa kamu coba.

1. Warung Bu Ageng


Warung Bu Ageng Jogja

Tempat makan satu ini sudah tidak asing lagi bagi warga Yogyakarta. Warung Bu Ageng selalu ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner yang ingin menikmati makanan khas Yogyakarta dengan budget terjangkau. Suasana romantis juga dapat tercipta jika kamu memilih untuk duduk di bagian dalam Warung yang lebih kecil dan gelap. Kamu dan pasanganmu bisa menikmati makan malam romantis dengan suasana yang cukup tenang.

2. Ketoprak Ciragil Malioboro


Ketoprak Ciragil Malioboro

Jika kamu dan pasanganmu menggemari hidangan berkuah ketoprak, maka kamu harus mencoba yang satu ini. Lokasi tempatnya cukup tersembunyi di belakang Hotel Inna Garuda. Tetapi jangan salah, Ketoprak Ciragil Malioboro selalu ramai oleh pengunjung yang ingin mencicipi rasanya yang begitu nikmat. Selain menawarkan ketoprak, juga ada menu lainnya seperti gado-gado, lotek, pecel dan kerupuk. Suasana tempat makan ini cukup romantis dengan pencahayaan yang cenderung redup.

3. Mediterranea Resto dan Lounge


Mediterranea Resto dan Lounge Jogja

Mediterranea Resto dan Lounge hadir dengan suasana yang begitu nyaman dan romantis. Terletak di kawasan jalan Sosrowijayan, tempat makan ini menawarkan menu hidangan ala Mediterania dengan harga yang terjangkau. Menu andalannya adalah pizza, namun kamu juga bisa mencicipi pasta, steak, salad, wine, dan berbagai hidangan penutup. Suasana restoran yang begitu nyaman dengan pencahayaan yang redup dapat membuat makan malam kamu dan pasanganmu menjadi lebih intim dan romantis.

4. Tempo Gelato


Tempo Gelato Jogja

Kebanyakan orang mungkin akan berpikir bahwa makan malam romantis harus dilakukan di tempat makan yang berkonsep elegan dan mewah. Namun nyatanya, sebuah tempat gelato juga bisa menjadi alternatif untuk menciptakan suasana makan malam yang romantis. Tempo Gelato hadir dengan berbagai menu es krim buatan sendiri yang unik dan enak. Selain gelato, ada juga berbagai minuman kopi yang nikmat dan menyegarkan. Kamu dan pasanganmu bisa menikmati makanan dan minuman dengan suasana santai di teras luar, dengan pernak-pernik lampu warna merah yang menciptakan suasana yang begitu romantis.

Itulah sejumlah tempat makan malam romantis di Malioboro yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi untuk membuat momen makan malammu bersama pasangan menjadi lebih intim dan romantis. Selamat mencoba!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button