Kuliner

Menikmati Kuliner Khas Jogja di Malam Hari

Kuliner Malam Legendaris di Jogja


Bakmi Gajah Mada Yogyakarta

Makanan menjadi salah satu kebutuhan hidup manusia yang tidak bisa dihindari. Namun, di Kota Jogja, tidak hanya sekedar kebutuhan, tetapi juga menjadi budaya dan gaya hidup baru. Kota Yogyakarta selalu memiliki tempat yang menarik untuk kuliner malamnya. Mulai dari kuliner modern hingga kuliner legendaris.

Di Jogja, kuliner malam legendaris sangat terkenal seperti Bakmi Gajah Mada yang berlokasi di Jalan Gajah Mada dan pasar malam tengah kota Malioboro.

Bakmi Gajah Mada ini buka pada pukul 17.00 hingga pukul 00.00 WIB. Bakmi ini sangatlah terkenal dengan rasa khasnya yang dijaga secara turun temurun dan menjadi identitas bagi Bakmi Gajah Mada itu sendiri. Setiap harinya, Bakmi Gajah Mada menyediakan menu andalan yakni bakmi solo (bakmi dengan kuah bening), bakmi goreng, dan mie ayam. Tak hanya itu, nasi goreng dan kwetiau goreng juga menjadi pilihan favorit yang diincar para pengunjung. Kualitas bakmi yang diolah dengan ramuan khusus serta pelayanan yang ramah dan cepat menjadikan Bakmi Gajah Mada tetap eksis hingga saat ini dan tak lekang oleh waktu.

Tempat makan legendaris di Yogyakarta yang berikutnya yaitu Angkringan Malioboro. Angkringan Malioboro, tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mencicipi kuliner khas Jogja yang murah dan berkualitas. Menempati lokasi strategis, tepat di samping halte bus Trans Jogja Jokteng. Beraneka ragam kuliner bisa kamu temukan mulai dari nasi kucing, sate buntel, telur asin, hingga gorengan tradisional. Yang harus kamu coba adalah nasi kucingnya yang legendaris dan menjadi ciri khas Angkringan Malioboro.

Tidak hanya itu, sebagai kota pelajar, Jogja juga memiliki tempat makan legendaris dengan harga yang sangat terjangkau, Sop Pak Min. Sop Pak Min ini menyediakan menu utama berupa sop kaki kambing yang dibuat dengan ramuan khas sehingga terasa nikmat. Selain itu, ada juga bakso sapi yang rasanya tidak kalah dari sop kaki kambing yang menjadi menu andalannya. Sop Pak Min yang tadinya hanya berjualan di trotoar dan kini sudah membangun restoran sendiri, selalu ramai dan pastinya akan membuat pengunjungnya puas.

Itulah beberapa tempat kuliner legendaris yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Jogja. Jangan sampai melewatkan pengalaman kuliner yang nikmat dan tak terlupakan di kota yang selalu ramai hingga larut malam ini.

Warung Makan Favorit Pengunjung Malam di Jogja


Street food Jogja

Yogyakarta, or Jogja, is not only famous for its culture and tourist attractions, but also its culinary delights. Many tourists flock to Jogja just to indulge in the local food, especially at night when the street food vendors start to set up their stalls. Here are some of the favorite eateries for night time visitors to Jogja:

1. Gudeg Yu Djum


Gudeg Jogja

Gudeg is one of Jogja’s signature dishes and Gudeg Yu Djum is one of the most popular places to taste it. This place is always packed with customers, especially at night. Gudeg is a dish made from young jackfruit cooked with coconut milk and various spices. Yu Djum serves gudeg with rice, chicken, and krecek (cattle skin crackers). The savory aroma of gudeg will immediately make your mouth water.

2. Angkringan Tugu


Angkringan Jogja

Angkringan is another popular culinary experience in Jogja. As soon as you arrive at Angkringan Tugu, various menu options are displayed in front of you to choose from. They serve nasi kucing (small portions of rice wrapped in banana leaves), sate, and various other traditional snacks. The unique thing about dining at angkringan is you eat while sitting on a mat or a bench. This humble culinary experience is perfect for those who want to get a taste of local cuisine while enjoying a laid-back atmosphere.

If you choose Angkringan Tugu, try ordering their signature drink, bir Pletok. Bir Pletok is a traditional drink from Betawi, made by boiling ginger, lemongrass, and spices. The combination of sweet and spicy taste creates a refreshing effect on your taste buds.

3. Bakmi Jowo Mbah Mo


Bakmi Jowo Mbah Mo

Bakmi Jowo Mbah Mo has been in business for over 40 years and still serves delicious noodle dishes to this day. Mbah Mo’s famous menu item is its bakmi jawa (Javanese-style fried noodles). The plate of noodles is served with a slice of fried chicken, vegetables, and topped omelette. Be prepared to wait as there is always a line to get a taste of bakmi jawa. The close-knit and warm atmosphere offered at Mbah Mo will make you feel at home.

4. Geplak Mbah Karto


Geplak Jogja

Geplak is a traditional snack from Jogja made from grated coconut and sugar. Mbah Karto has been producing geplak since 1949 and became a legendary culinary spot in Jogja. In addition to the classic coconut, you can also try various geplak flavors, such as durian, jackfruit, and chocolate. The texture of geplak is soft and chewy, and the sweetness is not overpowering. Geplak Mbah Karto is perfect as a souvenir to take home.

5. Mie Ayam Gondangdia


Mie Ayam Jakarta

Mie ayam (chicken noodle) is a popular food in Indonesia, but what sets Mie Ayam Gondangdia apart is their unique serving method. When you order mie ayam, the dish is not served on a plate or bowl but in a plastic bag. The noodle dish comes with a side of dumplings, bakso (meatballs), and crispy garlic. The taste of the noodle sauce is not too sweet but has a savory taste. Enjoying the mie ayam in a bag may sound quirky, but it’s become a signature experience at Mie Ayam Gondangdia.

Those are some of the favorite eateries for night time visitors to Jogja. Jogja’s food scene has indeed never failed to satisfy the cravings of various types of cuisine enthusiasts. Even though the dishes are sold at a relatively affordable price, it does not diminish the quality and taste of the food offered. If you ever visit Jogja, be sure to try these foods and feel the uniqueness of the Jogja culinary tradition.

Wisata Kuliner Malam di Jogja yang Wajib Dikunjungi


Wisata Kuliner Malam di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Kota Yogyakarta memang kaya akan kuliner enak yang bisa dinikmati oleh semua orang. Namun, selain kuliner pagi dan siang, ternyata Yogyakarta juga menyediakan kuliner malam yang patut untuk dicoba. Mulai dari makanan berat hingga camilan, semuanya tersedia dengan harga yang terjangkau dan tentu saja dengan cita rasa yang khas. Berikut adalah tiga wisata kuliner malam di Jogja yang wajib dikunjungi.

Kuliner Malam di Jalan Janti


Jalan Janti

Jalan Janti merupakan jalan yang tak bisa dilewatkan ketika ingin menikmati kuliner malam di Jogja. Di jalan ini, pengunjung bisa menemukan berbagai jenis makanan yang memang lebih sering dijajakan di malam hari. Beberapa rumah makan yang bisa dikunjungi adalah Ayam Goreng Bu Sri Pak Pele, Sate Klathak Pak Pong, dan Bakmi Gang Kelinci. Ayam goreng bu Sri Pak Pele dan sate klathak Pak Pong sangat ramai dikunjungi, oleh karena itu, jangan kaget jika menemukan mobil yang memadati di pintu masuk yang lumayan sempit.

Kuliner Malam di Jalan Malioboro


Jalan Malioboro

Bukan rahasia lagi bahwa Jalan Malioboro selalu menjadi primadona bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogya. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa di jalan ini juga menyediakan berbagai kuliner malam, yang tentu saja bisa menjadi alternatif pengamen dan pedagang asongan. Beberapa kuliner malam yang direkomendasikan di Jalan Malioboro adalah Kipo, Gudeg Mbah Lindu, dan Wedang Ronde.

Kipo merupakan kue tradisional dari daerah Jogjakarta yang terbuat dari ketela pohon yang berwarna hijau. Kue yang diolah dengan cara direbus dan dipotong tipis-tipis ini biasanya diberi gula jawa dan parutan kelapa sebagai topping. Gudeg Mbah Lindu juga tidak kalah lezat, kuliner tradisional asli Jogja ini terbuat dari nangka matang dan dimasak dengan rempah yang khas. Dan terakhir, Wedang Ronde merupakan suguhan minuman jahe yang bisa diisi dengan pasta kacang, tape singkong, dan cacing tanah.

Kuliner Malam di Jalan Sosrowijayan


Jalan Sosrowijayan Malam Hari

Jalan Sosrowijayan memang lebih dikenal sebagai area penginapan yang cocok dipilih oleh para backpacker. Tapi jangan salah, jalan ini juga menyediakan berbagai kuliner malam yang tak kalah enaknya. Beberapa kuliner malam yang bisa dicoba adalah Bakso Pak Pele, Peyek Yogyakarta, dan Mie Ayam Kadu Goreng.

Bakso Pak Pele merupakan salah satu kuliner legendaris di area Sosrowijayan. Pengunjung bisa menikmati bakso goreng yang krispi di luar dan lembut di dalam dengan topping bawang goreng dan saus sambal yang khas. Peyek Yogyakarta merupakan camilan khas Yogyakarta yang terbuat dari kacang tanah yang direbus, dicampur, dan digoreng hingga kering. Warna dari peyek biasanya merah kecokelatan dan sangat renyah. Dan terakhir, Mie Ayam Kadu Goreng merupakan salah satu kuliner legendaris di Kota Yogya.

Itulah tiga wisata kuliner malam di Jogja yang wajib dikunjungi. Tidak hanya enak dan terjangkau, kuliner di atas juga bisa menjadi pilihan untuk melepas penat saat malam tiba.

Kuliner Malam di Malioboro, Jogja yang Menggugah Selera


Malioboro, Jogja

Siapa sih yang belum pernah denger dengan Malioboro, Jogja? Kawasan yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari dalam dan luar negeri ini ternyata juga memiliki banyak tempat kuliner malam yang enak dan menggugah selera. Jadi, jangan hanya belanja oleh-oleh saja di sini ya, tetapi juga jangan lupa untuk mencicipi beberapa kuliner malam yang akan bikin liburanmu di Jogja makin seru.

1. Gudeg Mbah Lindu

Gudeg Mbah Lindu

Gudeg, makanan khas Jogja yang satu ini memang sudah sangat terkenal. Tapi jika kamu berada di Malioboro, cobalah untuk datang ke Gudeg Mbah Lindu yang terletak di sebelah stasiun Tugu. Rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau membuat Gudeg Mbah Lindu selalu ramai pengunjung. Kamu bisa memesan gudeg dengan lauk ayam, telur, sambel goreng krecek, tempe bacem, dan masih banyak lagi menu yang bisa dipilih.

2. Bakmi Kadin

Bakmi Kadin

Bagi kamu yang suka dengan mie, jangan lewatkan untuk mencoba Bakmi Kadin di Malioboro. Sesuai dengan namanya, Bakmi Kadin didirikan oleh Ibu Kadin, seorang ibu-ibu yang ahli dalam membuat mie. Rasanya yang lezat dan gurih membuat Bakmi Kadin selalu ramai pengunjung. Kamu bisa memilih berbagai macam mie mulai dari mie ayam, mie goreng, hingga mie pangsit.

3. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong yang terletak di sebelah Hotel Mawar adalah salah satu kuliner malam yang wajib kamu coba. Sate ayam yang dipanggang dengan arang ini memang memiliki rasa yang berbeda dengan sate yang lain karena menggunakan bumbu kacang yang lebih sedikit. Kamu bisa memilih sate ayam, sate puyuh, atau sate usus yang semuanya enak dan bikin ketagihan.

4. Nasi Gudeg Yu Djum

Nasi Gudeg Yu Djum

Nasi Gudeg Yu Djum merupakan salah satu kuliner malam legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1958. Tempat makan yang berada di sebelah Malioboro Mall ini buka mulai dari jam 9 malam hingga pukul 5 pagi. Kamu bisa menikmati nasi gudeg dengan aroma yang harum dan rasa yang enak. Selain nasi gudeg, ada juga menu lain seperti ayam goreng, sambel krecek, atau tahu dan tempe bacem.

Nasi gudeg di Nasi Gudeg Yu Djum dijamin bakal membuatmu ketagihan. Banyak wisatawan yang rela antre di sini hanya untuk mencicipi nasi gudeg yang menjadi menu andalan.

Selain menawarkan kuliner malam yang enak, Malioboro Jogja juga memiliki pemandangan malam yang menarik. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan di sepanjang Malioboro sambil menikmati suasana malam yang ramai dan meriah. Jangan lupa juga untuk membeli oleh-oleh khas Jogja seperti batik, gudeg, hingga kerajinan tangan yang bisa menjadi buah tangan untuk orang terdekatmu.

Jadi, tunggu apalagi? Segera datang ke Malioboro, Jogja dan nikmati kuliner malam yang menggugah selera. Selamat mencoba!

Ingin Kulineran Malam di Jogja? Ini Rekomendasinya

Keraton Jogja Malam

Yogyakarta atau yang biasa disebut Jogja memiliki banyak tempat kuliner yang terkenal dengan makanannya yang lezat dan cocok untuk dinikmati malam hari. Jika kamu sedang berkunjung ke Jogja dan mencari tempat kuliner malam hari yang enak, berikut ini beberapa rekomendasinya:

1. Angkringan Tugu


Angkringan Tugu

Tempat kuliner yang pertama adalah Angkringan Tugu. Tempat ini sudah sangat terkenal di kalangan anak muda Jogja dan juga di luar Jogja. Angkringan Tugu menyajikan berbagai makanan dan minuman khas Jogja yang cocok untuk dinikmati malam hari. Kamu akan menemukan berbagai menu makanan seperti nasi kucing, sate, tempe mendoan, hingga bir pletok. Selain itu, harga makanan di sini sangat terjangkau sehingga cocok untuk kantong mahasiswa.

2. Warung Bu Ageng


Warung Bu Ageng

Tempat kuliner malam yang satu ini juga tidak kalah terkenal, yaitu Warung Bu Ageng. Warung ini berlokasi di jalan Wijilan Jogja dekat dengan Keraton Yogyakarta. Warung Bu Ageng menyajikan menu makanan khas Jawa seperti nasi liwet dan ayam goreng. Selain itu, suasana di tempat ini juga kental dengan suasana tradisional Jawa. Kamu bisa bersantai di dalam gubug atau kursi bambu sambil menikmati makanan dan suasana malam Jogja yang romantis.

3. Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Jika kamu mencari makanan khas Jogja yang pastinya enak, maka kamu bisa mencoba ke Gudeg Yu Djum. Restoran ini terletak di jalan Gejayan Jogja. Gudeg Yu Djum menyajikan masakan gudeg yang enak, lezat dan nikmat. Gudeg disajikan dengan aneka lauk pilihan seperti ayam, telur, sambal goreng krecek, dan masih banyak lagi. Tempat ini biasanya ramai, jadi pastikan kamu datang ke sini sebelum jam makan malam.

4. Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong adalah tempat kuliner malam yang baru-baru ini sedang naik daun. Tempat ini menyajikan sate klathak yang enak dan nikmat. Sate Klathak Pak Pong terletak di daerah Sinduadi, Mlati dan biasanya buka mulai malam hari hingga dini hari. Kamu bisa memilih aneka jenis sate klathak dengan berbagai pilihan sambalnya. Di sini juga tersedia nasi goreng dan juga minuman.

5. Depot Bandeng Juwana


Depot Bandeng Juwana

Tempat kuliner malam yang terakhir adalah Depot Bandeng Juwana. Tempat ini menyajikan menu makanan seafood khas Jogja dengan menu utamanya yaitu bandeng presto. Bandeng presto adalah olahan ikan bandeng yang dimasak dengan cara presto sehingga dagingnya empuk dan nikmat. Kamu bisa memilih lauk dan sambal untuk dipadukan dengan bandeng presto. Selain itu, Depot Bandeng Juwana juga menjual aneka minuman dingin dan segar.

Itulah beberapa tempat kuliner malam di Jogja yang bisa kamu coba. Selain itu, banyak juga tempat kuliner malam lainnya di Jogja yang tetap setia menemani malammu di kota pelajar ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah referensi kuliner malam di Jogja. Selamat mencoba!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button