Kuliner

10 Rekomendasi Kuliner Jogja untuk Makan Siang yang Nikmat

Kuliner Jogja untuk Makan Siang yang Menggugah Selera


Gudeg cak Kiwi

Kota Yogyakarta merupakan kota dengan berbagai macam kekayaan kuliner yang belum tentu dimiliki oleh kota-kota lain. Salah satu waktu yang tepat untuk mengeksplorasi kuliner Jogja adalah saat makan siang yang menyegarkan. Berikut adalah beberapa rekomendasi Kuliner Jogja untuk Makan Siang yang Menggugah Selera.

Gudeg cak Kiwi

Gudeg cak Kiwi

Jogja memang tak lepas dari makanan khasnya, yaitu Gudeg. Makanan dengan bahan baku nangka muda tersebut sudah menjadi kuliner andalan di Yogyakarta. Gudeg cak Kiwi adalah salah satu rumah makan yang paling terkenal di Yogyakarta dalam membuat Gudeg. Berlokasi di Jalan Kaliurang Km 4,5, condong catur, Depok, Sleman, rumah makan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan maupun warga lokal, yang mencari cita rasa Gudeg yang berbeda dari biasanya.

Rumah makan Gudeg cak Kiwi buka mulai pukul 09.00 WIB, tetapi makanan akan tersedia siap santap di atas pukul 11.00 WIB. Terdapat paket makan yang terdiri dari nasi, sayur krecek, telur pindang, ayam suwir, sate usus dan tahu pedas, serta dendeng jantung pisang. Selain itu, pelanggan juga bisa memilih menu spesial seperti gudeg basah, gudeg manggar, dan gudeg instan untuk yang ingin buru-buru.

Salah satu hal yang membuat Gudeg cak Kiwi berbeda dengan lainnya adalah pilihan menu yang beragam. Tak hanya gudeg saja, tetapi disini juga menyajikan menu sate usus, ayam goreng, dan sate kambing.

Tak perlu khawatir bila merasa kesulitan dalam menemukan rumah makan ini. Terdapat foto-foto gudeg cak Kiwi yang dipajang di sepanjang jalan lingkungan sekitar. Selain itu, wisatawan juga bisa menggunakan Jasa Ojek berbasis online (Gojek atau Grab) untuk mencapai ke rumah tersebut.

Bakmi jowo pak kribo

Bakmi jowo pak kribo

Bakmi Jowo, adalah makanan dengan cita rasa yang sangat khas dan tentunya digemari oleh semua kalangan masyarakat Jogja. Bakmi Jowo Pak Kribo terkenal karena bakminya yang lembut dan bumbu kacangnya yang lezat, serta sesuai dengan selera orang Jawa. Letaknya no jauh dari tempat wisata jam buka mulai pukul 9 pagi hingga 4 sore. Meskipun begitu, pengunjung selalu datang dari berbagai penjuru.

Bakmi Jowo Pak Kribo terletak di Jalan Wongsodirjan No. 47, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta. Pengunjung bisa leluasa menikmati bakmi jowonya karena ruangan di sini tidaklah besar namun cukup nyaman. Harga per porsi bakmi jowo sekitar Rp 10.000 hingga Rp 25.000 tergantung dengan jenis menu yang dipilih. Pengunjung bisa melepas dahaga dengan memilih air kelapa sebagai minuman andalan dari Bakmi Jowo Pak Kribo.

Di sini, pengunjung dapat menikmati Bakmi Jowo yang bervariasi, mulai dari Bakmi Jowo biasa, Bakmi Jowo Spesial, Bakmi Jowo Ayam, Bakmi Jowo Ayam Goreng, Bakmi Jowo Bakar, hingga Bakmi Jowo Kambing. Selain itu, ada menu nasi goreng juga seperti nasi goreng spesial ayam atau nasi goreng spesial nasik pedas. Meski kualitas rasa yang baik, namun harga yang ditawarkan tidaklah mahal dan sangat terjangkau.

Bakso Cak Man

Bakso Cak Man

Bagi pecinta kuliner akan bakso, tempat makan Bakso Cak Man merupakan tempat wisata kuliner Jogja yang wajib untuk dikunjungi. Bakso Cak Man ini berlokasi di Jalan 12, Sagan, Yogyakarta Selatan, tidak terlalu jauh dari kampus UGM. Variasi menu bakso yang ditawarkan di sini sangat banyak dan harganya relatif murah. Selain itu, Bakso Cak Man juga menyediakan lebih dari 5 jenis sambal yang patut dicoba.

Bakso Cak Man terkenal dengan bakso uratnya yang nikmat dan kenyal saat digigit. Satu porsi bakso urat yang disajikan dengan mie dan kuah hanya dihargai Rp 17.000, namun pengunjung bisa menambahkan bakso goreng atau bakso super saat memesan. Bakso goreng terdiri dari bakso, tahu, dan bala-bala goreng, sementara bakso super dilengkapi dengan kikil dan jeroan sapi. Tidak hanya Bakso Urat, pengunjung juga bisa memilih Bakso Gepeng, Rebus, atau Goreng. Selain itu pengunjung juga bisa memesan aneka mie goreng dan Salad Sayur pada Bakso Cak Man.

Lokasi yang cocok untuk nongkrong sambil menikmati bakso bersama keluarga maupun teman-teman. Terdapat bangku kayu besar yang cocok untuk berkumpul bersama. Dalam hal pelayanan, Bakso Cak Man sangat memperhatikan kepuasan pelanggan. Meskipun lokasinya cukup ramai dan kurang begitu lebar, namun Bakso Cak Man tetap bisa menampung banyak orang.

Es Buah PK

Es Buah PK

Rasanya tak lengkap jika berkunjung ke Yogyakarta tetapi belum mencicipi Es Buah murah meriah di Jogja, salah satunya Es Buah PK yang telah berdiri sejak lebih dari 40 tahun lalu. Es Buah PK terletak di Jalan Parangtritis KM. 8,5 Giwangan, Depok, Sleman dan selalu ramai dikunjungi oleh warga Jogja ataupun wisatawan lokal maupun mancanegara. Beragam jenis buah yang menggoda tersaji dengan menggunakan variasi saus kental manis coklat atau kental manis rasa jeruk serta susu sebagai topping.

Es buah yang dikenal dengan kelezatannya dan varian bahan-bahan yang digunakan, Es Buah PK selalu memperhatikan mutu dari setiap buah yang di gunakan dan sangat menjaga kebersihan meskipun terlihat sederhana. Harga yang ditawarkan juga tergolong cukup terjangkau dengan rasa yang tepat. Dimana hanya dengan Rp. 8,000,- saja Kamu bisa menikmati rasa manis legit dari es buah dengan beragam topping buah segar yang lezat, seperti melon, nangka, alpukat, belimbing wuluh dan masih banyak lagi.

Selain es buahlah yang menjadi andalan, disini juga memiliki banyak makanan ringan seperti gedhang balok, macaroni panggang, kue ape dan masih banyak lagi. Cocok untuk menemani santai siang hari atau sebagai camilan ringan sehabis makan siang. Dibandingkan dengan tempat es buah lain yang tidak stabil ketersediaannya, Es Buah PK menjamin ketersediannya selalu tersedia.

Jadi, itu dia beberapa rekomendasi Kuliner Jogja untuk Makan Siang yang Menggugah Selera. Mulai dari Gudeg cak Kiwi, Bakmi jowo pak kribo, Bakso Cak Man, dan Es Buah PK. Selamat mencoba, semoga berkesan.

Pilihan Makan Siang Enak dan Murah di Jogja


Kuliner Jogja - Makan Siang

Jogja selalu menjadi destinasi kuliner yang menarik, terutama ketika kamu sedang mencari pilihan makan siang yang enak dan murah. Walaupun Jogja dikenal dengan kuliner malamnya, kamu masih bisa menemukan banyak kuliner enak dan menarik untuk makan siang. Berikut ini beberapa pilihan makan siang enak dan murah yang bisa kamu coba saat berada di Jogja.

Bakmi Jawa Mbah Gito


Bakmi Jawa Mbah Gito

Bakmi Jawa Mbah Gito adalah salah satu kuliner legendaris di Jogja yang sudah ada sejak tahun 1975. Bakmi Jawa yang disajikan di tempat ini memiliki cita rasa yang khas dengan tambahan irisan ayam, bakso, tahu, dan tempe. Satu porsi bakmi Jawa di Mbah Gito hanya dijual dengan harga sekitar 15 ribu rupiah saja. Rasanya yang enak dengan portion yang banyak menjadi alasan mengapa Bakmi Jawa Mbah Gito selalu menjadi salah satu tempat kuliner yang ramai dikunjungi oleh warga Jogja.

Warung Handayani


Warung Handayani

Warung Handayani mungkin bukan merupakan nama yang familiar di telinga kamu, namun usaha kuliner yang satu ini sudah ada sejak tahun 1957. Warung Handayani merupakan surga bagi para penggila sate. Selain sate ayam yang menjadi andalannya, kamu juga bisa menikmati sate kambing yang memiliki tekstur yang empuk dan cita rasa yang lezat. Satu porsi sate ayam atau kambing di Warung Handayani dijual dengan harga sekitar 25 ribu rupiah saja. Warung Handayani buka dari jam 11 pagi hingga 3 sore, sehingga sangat cocok untuk makan siang di tengah aktivitasmu.

Gudeg Wijilan


Gudeg Wijilan

Nama Gudeg Wijilan pasti sudah tidak asing lagi bagi warga Jogja. Gudeg Wijilan sudah menjadi legenda di Jogja sejak tahun 1950-an dan menjadi salah satu kuliner wajib ketika berkunjung ke Jogja. Gudeg yang diolah dengan bumbu khas Jawa ini disajikan dengan tambahan ayam, telur, dan krecek. Satu porsi gudeg di Gudeg Wijilan dijual dengan harga 15 ribu rupiah saja. Karena kepopulerannya, kamu mungkin harus bersabar sedikit untuk mendapatkan tempat duduk di warung Gudeg Wijilan.

Rumah Makan Padang Masakan Minang


Rumah Makan Padang Masakan Minang

Jika kamu sedang mencari makanan pedas dengan harga yang terjangkau, maka Rumah Makan Padang Masakan Minang adalah pilihan yang tepat bagi kamu. Di sini kamu bisa menemukan berbagai jenis hidangan masakan Padang dengan harga yang cukup murah. Satu porsi nasi padang atau nasi campur di rumah makan ini dijual dengan harga mulai dari 20 ribu rupiah saja. Hidangannya yang pedas dan lezat pasti akan membuatmu ketagihan dan ingin datang kembali ke Rumah Makan Padang Masakan Minang.

Bakso Sapi Pak Pong


Bakso Sapi Pak Pong

Bakso Sapi Pak Pong adalah tempat kuliner yang sudah populer di kalangan para wisatawan dan warga Jogja. Bakso sapi yang diolah dengan bumbu khas Jawa ini memiliki tekstur yang kenyal dan cita rasa yang enak. Satu mangkok bakso sapi dijual dengan harga mulai dari 15 ribu rupiah saja. Kamu bisa menambahkan mie atau bihun jika ingin menikmatinya secara lebih lengkap. Bakso Sapi Pak Pong buka dari jam 6 pagi hingga 3 sore dan menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang wajib kamu kunjungi saat berada di Jogja.

Menikmati Gudeg Jogja di Masa Siang


gudeg jogja

Jogja adalah kota yang identik dengan kuliner gudeg. Salah satu kuliner yang wajib kamu coba saat makan siang di Jogja adalah gudeg. Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan krecek, tahu, tempe, dan santan. Kuliner ini punya cita rasa manis, gurih, dan pedas yang membuat siapa saja ketagihan

Ada banyak tempat makan gudeg di Jogja, baik di warung pinggir jalan maupun di restoran. Namun, salah satu tempat yang direkomendasikan untuk menikmati gudeg Jogja saat makan siang adalah Warung Gudeg Yu Djum. Warung yang didirikan pada tahun 1950 ini menjadi salah satu warung gudeg legendaris di Kota Jogja.

Warung Gudeg Yu Djum menyajikan gudeg dengan tiga pilihan tingkat kekentalan, yaitu encer, sedang, dan kental. Selain itu, kamu bisa memilih berbagai lauk dan jajan pasar sebagai pelengkap menu gudeg. Di sini juga tersedia pilihan nasi kuning yang bisa kamu pesan. Warung ini buka mulai pukul 7 pagi hingga 12 malam, sehingga kamu bisa menikmati kuliner legendaris ini kapan saja.

Merapat ke Depot Mie Setan Bu Wasito


mie setan jogja

Lagi cari sensasi kuliner pedas di Jogja saat makan siang? Kamu bisa mencoba Depot Mie Setan Bu Wasito di Jalan Kaliurang km 5,6. Depot yang juga dikenal sebagai Warung Mie Setan ini menyajikan mie instan dengan racikan bumbu pedas yang bikin nagih.

Di sini, kamu bisa memilih level kepedasan mie mulai dari level 1 hingga level 10. Tingkatan kepedasan mie ini bisa kamu lihat secara langsung di toko. Selain mie instan, kamu juga bisa menikmati berbagai menu makanan seperti ayam goreng, bebek goreng, dan sate. Buat kamu yang suka mencoba menu baru, kamu bisa mencoba menu terbaru mereka yaitu Depot Mie Setan challenge dengan tingkatan 30 level kepedasan. Bagi yang sukses menyelesaikan tantangan tersebut, kamu akan mendapatkan sertifikat keberanian dan hadiah uang tunai sebesar Rp.1.000.000,-

Nikmati Nasi Campur Legendaris di Gudeg Bu Tjitro


gudeg bu tjitro jogja

Selain gudeg dan mie pedas, kuliner yang juga pas untuk makan siang di Jogja adalah nasi campur. Banyak nasi campur yang bisa kamu cicipi di Jogja, tapi salah satu yang paling legendaris adalah Gudeg Bu Tjitro. Warung yang dirintis oleh seorang nenek bernama Tjitro Winarno ini sudah berdiri sejak 1925.

Menu andalan warung ini adalah nasi campur dengan lauk beragam, seperti sambal goreng hati, ayam suwir, sate usus, telur bacem, dan tentu saja, gudeg. Semua lauk disajikan dengan porsi yang generous sesuai keinginan kamu. Rasa nasi campur Bu Tjitro memang khas dan sulit ditiru oleh warung lain, makanya warung ini selalu ramai oleh pengunjung dari dalam dan luar kota.

Warung Gudeg Bu Tjitro yang berlokasi di Jalan Prawirotaman no. 16B, Kraton, Yogyakarta ini buka dari pukul 09.00 hingga 22.00 setiap hari. Jangan lupa untuk datang lebih awal karena biasanya warung ini cepat habis saat waktu jam makan siang dan malam tiba.

Kuliner Legendaris Jogja yang Cocok untuk Makan Siang


kuliner legendaris jogja

Yogyakarta atau Jogja memiliki kekayaan kuliner yang sangat luas dan terkenal di seluruh Indonesia. Saat Anda berkunjung ke Jogja, tentu saja Anda tidak boleh melewatkan untuk mencicipi beberapa kuliner legendaris yang merupakan identitas dari Jogja itu sendiri. Berikut adalah daftar kuliner legendaris Jogja yang cocok untuk makan siang.

1. Sate Klathak Pak Pong

sate klathak

Jika Anda sedang mencari kuliner legendaris Jogja, maka sate klathak adalah salah satu pilihan yang harus Anda coba. Di kota Jogja, sate klathak merupakan salah satu kuliner yang paling terkenal. Sate klathak Pak Pong menjadi salah satu yang terbaik karena memiliki cita rasa yang unik dan tidak bisa Anda temukan di daerah lain. Daging yang digunakan pada sate klathak ini adalah daging sapi yang dipotong sedemikian rupa sehingga warnanya bisa merah-merah. Daging tersebut kemudian ditusuk dengan tusukan bambu dan dimasak diatas bara api.

2. Gudeg Mercon Bu Tinah

gudeg mercon

Jika Anda ingin mencoba kuliner khas Jogja yang pedas, maka gudeg mercon Bu Tinah adalah pilihan yang tepat. Gudeg mercon adalah salah satu kuliner khas Jogja yang tidak boleh Anda lewatkan. Gudeg mercon memiliki rasa pedas yang khas dan cocok untuk Anda yang suka pedas.

3. Soto Pak Marto

soto pak marto

Soto Pak Marto adalah salah satu kuliner legendaris Jogja yang sudah dikenal sejak lama. Kuliner yang satu ini terkenal dengan rasa kuahnya yang kental dan bercita rasa khas. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan pada soto ini adalah bahan yang fresh sehingga menghasilkan rasa yang lebih enak dan sehat.

4. Bakmi Jawa Mbah Mo

bakmi jawa

Kuliner legendaris Jogja selanjutnya yang cocok untuk makan siang adalah bakmi jawa Mbah Mo. Bakmi Jawa ini tidak sekadar bakmi biasa, karena memiliki ciri khas rasa kacang hijau. Bakmi yang berkualitas terbuat dari bahan-bahan pilihan seperti bakso sapi, irisan ayam, telur, dan tips ayam. Bakmi Jawa Mbah Mo ini sudah sangat populer di Jogja dan sering dijadikan tujuan wisata kuliner oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

Penutup

Itulah beberapa kuliner legendaris Jogja yang cocok untuk makan siang. Jika Anda berkunjung ke Jogja, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner-kuliner yang unik dan khas ini. Selamat menikmati!

Menikmati Makan Siang dengan Pemandangan Kota Jogja yang Menawan


Malioboro Jogja

Jogja adalah salah satu destinasi wisata kuliner yang paling diminati di Indonesia. Terlebih lagi, kota ini memiliki banyak restoran dan kafe dengan pemandangan yang menawan. Ini menjadi alasan mengapa makan siang di Jogja sudah pasti menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Anda bisa menemukan berbagai tempat makan yang menyajikan berbagai hidangan khas Jogja, sambil menikmati pemandangan kota yang indah. Berikut adalah lima tempat makan siang di Jogja dengan pemandangan kota yang menawan.

1. Bale Raos


Bale Raos

Bale Raos adalah salah satu destinasi kuliner yang paling terkenal dengan suasana kerajaannya dan pemandangan kota Yogyakarta. Dari sini, kamu bisa melihat gedung-gedung tinggi di pusat kota Yogyakarta dan Merapi yang menakjubkan. Bale Raos dikenal karena menyajikan hidangan khas kerajaan Jogja yang digunakan pada acara-acara resmi kerajaan. Harga hidangannya memang sedikit sangat mahal, tapi Anda akan merasa puas dengan pemandangan yang menakjubkan dan makanan yang mendalam.

2. Gudeg Pawon


Gudeg Pawon

Gudeg Pawon adalah tempat yang sangat cocok untuk orang-orang yang ingin menikmati gudeg di Jogja sambil menikmati pemandangan kota. Lokasinya berada di pinggir jalan, tapi tempat ini mendapat penghargaan sebagai ‘Wisata Kuliner Terbaik’ dari pemerintah kota. Dari sini, Anda bisa melihat ke arah pasar hingga jalur kereta api. Menikmati gudeg dalam gaya tradisional Jogja yang cukup kental di tempat milik keluarga ini akan melebutkan ombak rasa di lidah.

3. Kedai Kebun Forum


Kedai Kebun Forum

Kedai Kebun Forum mengkombinasikan kesegaran udara dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Lokasinya terdapat di daerah Prawirotaman, yang konon menyimpan kawasan tani dan juga keromantisan Jogja yang sebenarnya. Tempat ini adalah suatu tempat untuk bersantai sambil menikmati sambil santap siang. Selain masakan lokal khas Jogja, Kedai Kebun Forum juga memiliki berbagai pilihan makanan barat.

4. Restoran Sintawang


Restoran Sintawang

Restoran Sintawang adalah pilihan terbaik bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan kota Jogja yang indah pada siang hari sambil menyantap makanan yang lezat. Restoran ini terletak di kawasan Kota Baru Parangtritis, dimana tempatnya cukup strategis dengan udara yang sejuk. Dari sini, Anda bisa melihat pemandangan alam asli Jogja. Sintawang menawarkan aneka menu kuliner dengan harga terjangkau yang cocok bagi kantong mahasiswa dan traveler.

5. Duta Garden Hotel Restaurant


Duta Garden Hotel Restaurant

Duta Garden Hotel Restaurant dapat menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin menikmati suasana resto yang cukup nyaman dengan suasana hijau dan juga yogya. Lokasinya berada di daerah Prawirotaman, sebuah daerah yang sedang naik daun di Jogja. Restoran ini menyajikan hidangan internasional khas Barat, namun dengan gaya tradisonal Jogja. Jika ingin menikmati keindahan alam Jogja saat makan siang, tempat ini sangat cocok.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button