Kuliner

Menikmati Wisata Kuliner Jogja dengan Berbagai Pilihan Lezat

Kuliner Tradisional Jogja yang Perlu Dicoba


Gudeg Jogja

Jogja, kota budaya dengan beragam wisata kuliner yang menggoda lidah. Kuliner Jogja terkenal dengan cita rasa yang begitu khas dan autentik. Selain itu, kuliner tradisional Jogja juga diwariskan turun temurun dan masih terjaga hingga saat ini. Di bawah ini adalah beberapa kuliner tradisional Jogja yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Jogja.

1. Gudeg

Gudeg Jogja

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Gudeg biasanya disajikan bersama nasi, ayam kampung, telur dan tahu. Selain itu, Gudeg juga ada yang disajikan dengan kerupuk dan sambal krecek. Gudeg terbagi menjadi tiga jenis yaitu gudeg basah, gudeg kering dan gudeg manggar. Gudeg basah memiliki kuah yang cenderung agak cair, sedangkan gudeg kering memiliki kuah yang kental dan gudeg manggar yang rasanya manis pedas karena ditambahkan kecap manis dan sambal.

Untuk menikmati Gudeg yang enak dan legit, kamu bisa mencobanya di beberapa tempat yang tersedia di Jogja. Seperti gudeg Yu Djum, gudeg bu Tjitro, Gudeg pawon, Gudeg Wijilan dan masih banyak lagi. Lokasi masing-masing gudeg tersebut bisa kamu temukan secara mudah di Google Maps.

Tips memilih Gudeg yang enak yaitu memilih Gudeg yang dimasak dengan kayu bakar dan ditambahkan daun jambu. Pembuatan gudeg dengan masakan yang mirip tetapi tidak menggunakan kayu bakar dan tidak ditambahkan daun jambu akan membuat rasa menjadi berbeda. Apalagi jika menggunakan gudeg instan yang tidak enak.

2. Sate Klathak

Sate Klathak

Sate Klathak adalah sate ayam yang dibakar dengan batu bara dan diberi bumbu khusus yaitu paprika bubuk, bawang putih, gula, garam dan air jeruk nipis. Keunikan dari Sate Klathak adalah cara penyajiannya yang menggunkan bambu lidi.

Sate Klathak sering ditemukan di daerah Imogiri yang berada di kabupaten Bantul. Di sana terdapat beberapa warung Sate Klathak yang enak seperti Sate Klathak Pak Pong Datul, Sate Klathak Pak Bari, Sate Klathak Warung Akik dan masih banyak lagi. Terdapat tiga pilihan bagian ayam yang dipakai untuk Sate Klathak yaitu dada, paha atas dan paha bawah.

Apabila kamu tertarik untuk mencicipi Sate Klathak yang enak, kamu bisa mengecek lokasi warung Sate Klathak di daerah Imogiri yang terdapat di Google Maps.

3. Bakmi Jawa

Bakmi Jawa

Bakmi Jawa adalah salah satu kuliner khas Jogja yang terbuat dari mie kuning yang disajikan dengan kuah kaldu ayam atau daging yang memiliki rempah-rempah khas Jawa. Bakmi Jawa biasanya ditambahi dengan irisan ayam atau daging, telur, daun seledri dan bawang goreng.

Bakmi Jawa tertinggi di Jogja biasanya terdapat di daerah Kota Gede. Warung yang terkenal dengan Bakmi Jawa yaitu Bakmi Pak Pele, Bakmi Jawa Tengkleng Jatiroto dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang ingin mencicipi Bakmi Jawa yang enak, kamu bisa mencarinya di warung-warung yang terdapat di Kota Gede atau di Google Maps.

4. Nasi Gudeg Bu Wiryo

Nasi Gudeg Bu Wiryo

Nasi Gudeg Bu Wiryo adalah salah satu kuliner khas Jogja yang terbuat dari nasi putih yang diberi bumbu Gudeg khas Jogja yang enak. Selain itu, Nasi Gudeg Bu Wiryo juga ditambahi dengan lauk seperti ayam, sambal krecek dan telur asin.

Nasi Gudeg Bu Wiryo terletak di Jalan Monjali, Sleman, dan sudah berdiri sejak tahun 1949. Warung Nasi Gudeg Bu Wiryo selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dan warga lokal.

Bagi kamu yang ingin mencicipi Nasi Gudeg Bu Wiryo yang enak, kamu harus menunggu antrian panjang. Karena biasanya antrian untuk menikmati Nasi Gudeg Bu Wiryo selalu sangat panjang. Tapi jangan khawatir, rasanya yang enak bisa membayar semua perjuanganmu untuk mendapatkan Nasi Gudeg Bu Wiryo.

5. Es Dawet Selasih

Es Dawet Selasih

Es Dawet Selasih adalah minuman khas Jogja yang terbuat dari campuran santan, gula, tepung ketan, air pandan, dan biji selasih. Es Dawet Selasih biasanya disajikan dengan es serut dan diberi pelengkap seperti nangka muda dan cincau.

Bagi kamu yang ingin mencicipi Es Dawet Selasih yang enak, kamu bisa menemukannya di berbagai warung-warung yang bertebaran di seluruh wilayah Jogja. Salah satu warung Es Dawet Selasih yang terkenal yaitu Es Dawet Ijo Rojo yang terletak di Jalan Wijilan No.26, Yogyakarta.

Nah itu dia kuliner tradisional Jogja yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Jogja. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk menentukan kuliner apa yang akan kamu cicipi saat berkunjung ke Jogja.

Restoran dan Warung dengan Menu Spesial di Jogja


Mie Ayam Jogja

Masakan khas Jogja memang selalu menarik untuk dicoba. Wisata kuliner di Jogja memang tidak pernah berhenti dengan berbagai macam jenis makanan yang dapat kita nikmati dari restoran dan warung. Berikut ini adalah beberapa restoran dan warung dengan menu spesial yang sayang sekali jika terlewatkan.

Mie Ayam Tumini


Mie Ayam Tumini

Mie Ayam Tumini sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan sebagai jajanan yang enak dan murah. Mie Ayam Tumini terletak di Jalan Wongsodirjan, Gang V, Karangwaru, Caturtunggal.

Menu paling favorit di sini adalah Bakso Fujing. Bakso Fujing ini dimasak bersama dengan mie, kuah, serta taburan bawang goreng dan seledri. Bakso khas Tumini ini membuat pengunjung selalu kembali lagi ke sini selain itu, Mi Ayam Tumini ini juga menyediakan mie ayam dengan kuah kental yang nendang.

Gudeg Pawon


Gudeg Pawon

Gudeg Pawon adalah restoran yang cukup legendaris di Jogja. Restoran ini menyajikan Gudeg yang masih anget. Menjadikan Gudeg Pawon sebagai salah satu destinasi wajib untuk para wisata kuliner. Berada di Jalan Janturan No.36, Warungboto, Umbulharjo.

Menu yang cukup hits di sini adalah Nasi Langgi, yaitu nasi putih yang disajikan dengan lauk yang beragam, seperti tempe goreng, telur, ataupun suwiran ayam. Begitu juga dengan sambal, semua pendamping sajian di restoran ini enak-enak dan cocok untuk selera semua orang.

Yammie Pathuk 25


Yammie Pathuk 25

Di Yammie Pathuk 25, kamu bisa mencicipi menu dengan paduan rasa yang berbeda. Lokasinya berada di Jalan Imogiri Timur, No.25, Boto, Bangunharjo, Sewon.

Menu yang cukup spesial di Yammie Pathuk 25 adalah Gomak. Gomak adalah nasi gurih yang disajikan dengan suwiran ayam, buntut sapi yang empuk, serta tambahan bumbu kecap. Rasanya yang bercita rasa manis dan sedikit pedas membuat Gomak ini banyak dicari oleh pelanggan.

Selain menu Gomak, di Yammie Pathuk 25 juga terkenal dengan menu Bistik Jawa. Bistik Jawa ini menggunakan bahan daging sapi yang dibakar dengan bumbu rempah khas Jawa. Rasanya gurih dan sangat lezat.

Cah Geger


Cah Geger

Cah Geger terletak di Jalan Gondomanan, Prawirotaman. Restoran ini sengaja dibangun dengan konsep sederhana agar bisa menghidangkan berbagai jenis masakan nusantara dengan harga yang cukup ramah di kantong.

Menu yang paling hits di sini adalah Tongseng Ayam. Tongseng Ayam di sini terkenal memiliki rasa rempah yang sangat khas. Selain Tongseng Ayam, ada juga Nasi Liwet. Nasi Liwet di Cah Gegger berbeda dengan nasi liwet di tempat lain. Nasi Liwet disajikan dengan berbagai jenis lauk-pauk yang bisa dinikmati dengan sepuasnya.

Itulah beberapa restoran dan warung dengan menu spesial di Jogja yang dapat kamu coba. Selamat mencicipi!

Es Krim Legendaris dan Minuman Khas Jogja yang Menggoda


es krim dan minuman khas jogja

Jogja memang dikenal sebagai surganya kuliner. Tidak hanya kuliner berat, tapi kuliner ringan seperti es krim dan minuman khas juga menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Apalagi, es krim dan minuman khas di Jogja memiliki cita rasa yang khas dan tingkat kelezatan yang membuat lidah tidak bisa berhenti menikmati. Berikut adalah beberapa es krim legendaris dan minuman khas Jogja yang sangat menggoda.

Es Krim Pak Pong


Es Krim Pak Pong

Jika Anda ingin mencari es krim legendaris yang sudah ada sejak lama di Jogja, maka Es Krim Pak Pong adalah jawabannya. Es krim ini memiliki tekstur yang lembut dan tidak terlalu manis, sehingga cocok untuk Anda yang tidak suka es krim yang manis. Anda bisa menemukan es krim Pak Pong di Jalan Janti, Sleman.

Puding Alpukat Saduran


Puding Alpukat Saduran

Minuman khas Jogja yang satu ini benar-benar menggoda dan wajib mencobanya. Puding alpukat saduran terbuat dari bahan-bahan seperti alpukat, susu, agar-agar, dan sirup. Rasanya yang manis dan lembut membuat minuman ini cocok dinikmati di siang hari yang panas. Anda dapat menemukan Puding Alpukat Saduran di Jalan Prawirotaman.

Es Dawet Ayu


Es Dawet Ayu

Es Dawet Ayu merupakan minuman khas Jogja yang sudah terkenal dari dulu. Minuman ini terdiri dari dawet merah, santan, gula merah, es serut, dan ditaburi dengan biji selasih. Es Dawet Ayu sangat cocok diminum saat cuaca sedang panas, karena rasanya yang manis dan segar sangat menggoda. Anda bisa menemukan Es Dawet Ayu di Jalan Malioboro.


Nah itu tadi beberapa es krim legendaris dan minuman khas Jogja yang sangat menggoda. Selain perpaduan rasa yang khas, tempat-tempat yang menjual es krim dan minuman khas di Jogja juga memiliki desain yang unik dan instagramable, sehingga sangat cocok untuk para pecinta fotografi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda jika ingin mencicipi kuliner ringan di Jogja.

Kuliner Malam Hari di Jogja yang Menyajikan Berbagai Makanan Lezat


Kuliner Malam Hari di Jogja

Makanan sangat penting bagi setiap orang, terlebih bagi mereka yang bepergian ke suatu daerah untuk berwisata. Jogja, sebagai kota yang terkenal dengan wisata budayanya, tentunya akan sangat menyenangkan bagi para wisatawan yang suka dengan kuliner. Ada banyak tempat kuliner enak di Jogja yang dikenal dan tentunya menjadi favorit bagi para wisatawan. Terutama bagi mereka yang suka jalan-jalan di malam hari, Jogja punya banyak jenis kuliner yang bisa dinikmati. Apa sajakah kuliner malam hari di Jogja yang menyajikan berbagai makanan lezat yang bisa Anda coba? Berikut ulasannya.

1. Bakmi Jowo Rebus Pak Teso

Bakmi Jowo Rebus Pak Teso

Jika Anda berada di area Sleman, Jogja, dan sedang mencari makanan enak di malam hari, Bakmi Jowo Rebus Pak Teso bisa menjadi pilihan yang tepat. Bakmi Jowo Rebus Pak Teso selalu memiliki antrian yang cukup panjang, karena makanan yang disajikan memang sangat lezat. Bakmi Jowo Rebus Pak Teso berbeda dengan bakmi Jawa pada umumnya, rasa kuahnya kental dan gurih serta pada potongan daging sapi yang diramas dengan bumbu Jawa yang khas, disajikan dengan tempe, kerupuk, dan kangkung.

2. Sate Sapi Pak Pong

Sate Sapi Pak Pong

Bagi Anda yang ingin mencari tempat makan malam bareng teman-teman, Sate Sapi Pak Pong bisa menjadi pilihan. Sate Sapi Pak Pong berada di Jalan Mohammad Yamin, sebagai salah satu tempat sate sapi terbaik di Jogja. Sate Sapi Pak Pong sudah berdiri sejak 1970 dan sampai sekarang selalu ramai pengunjung. Sate sapi buatan Pak Pong sendiri memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang gurih, disajikan bersama petis khas Jogja dan irisan ketupat.

3. Mie Ayam Pak Ali

Mie Ayam Pak Ali

Pada malam hari, suasana Jogja ramai dan nyaman. Banyak tempat untuk berkumpul dengan teman-teman sambil mencicipi kuliner khas Jogja. Salah satunya adalah Mie Ayam Pak Ali. Mie Ayam Pak Ali sudah terkenal di Jogja dan disukai oleh banyak orang karena tekstur mie lembut dan ayam yang empuk, disajikan dengan bakso dan pangsit yang sedap. Selain itu, kuah mie ayam khas Jogja Pak Ali juga memiliki cita rasa yang tidak bisa Anda lupakan.

4. Martabak Paling Enak Sepanjang Masa

Martabak Paling Enak Sepanjang Masa

Jika Anda sedang mencari kuliner malam hari di Jogja, Martabak Paling Enak Sepanjang Masa patut masuk ke dalam daftar Anda. Martabak Paling Enak Sepanjang Masa memiliki banyak varian rasa, termasuk coklat keju, durian, dan lain-lain. Dari segi tekstur, Martabak Paling Enak Sepanjang Masa sangat lembut dan empuk, lengkap dengan isian yang melimpah, dan selalu disajikan hangat. Omong-omong, Martabak Paling Enak Sepanjang Masa sudah terkenal hingga ke luar kota Jogja.

5. Gudeg Legendaris

Gudeg Legendaris

Wisata kuliner malam hari di Jogja tidak akan lengkap tanpa mencicipi gudeg. Apabila Anda ingin mencari Gudeg yang legendaris dengan cita rasa asli Jogja, maka tempatnya berada di Gudeg Legendaris Abu Ali. Gudeg Legendaris Abu Ali sudah menjadi salah satu tempat makan yang terkenal dan wajib dicoba jika berkunjung ke Jogja. Cita rasa gudegnya khas Jogja dengan kuah santan kental dan lembut serta isian nangka yang empuk dan serat daging kambing sapi yang terasa lembut. Gudeg ini disajikan dengan nasi, bakwan, dan juga aneka lauk seperti telur, ayam, dan sambal.

Jadi, saat Anda berkunjung ke Jogja, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba kuliner-kuliner malam hari yang enak dan legendaris di sana. Mulailah dengan mengunjungi tempat-tempat kuliner di atas. Selamat menikmati!

Mie Ayam Bakso


Mie Ayam Bakso Jogja

Mie Ayam Bakso merupakan kuliner tradisional Indonesia yang banyak ditemukan di Jogja. Kuliner ini terdiri dari mie yang disajikan dengan ayam, bakso, dan sayuran sebagai pelengkap. Salah satu tempat yang terkenal dengan mie ayam bakso-nya adalah Mie Ayam Bakso Pak Pele, yang sudah beroperasi sejak tahun 1975. Pak Pele menawarkan mie ayam bakso dengan cita rasa khas Jogja yang lezat dan harga yang terjangkau. Tidak hanya itu, menu Mie Ayam Bakso pun bisa dinikmati dengan berbagai variasi, mulai dari yang pedas hingga yang biasa saja.

Selain itu, ada pula Mie Ayam Bakso Tengkleng Mas Bambang yang juga menjadi salah satu tempat favorit para pecinta kuliner di Jogja. Di sini, kamu bisa menikmati mie ayam bakso dengan kuah yang kental, jeroan tengkleng, dan daging sapi. Tidak hanya itu, tempat ini juga menyediakan berbagai pilihan lauk seperti sate usus, paru, dan otak.

Selain Pak Pele dan Tengkleng Mas Bambang, masih banyak lagi tempat kuliner yang menyajikan mie ayam bakso dengan cita rasa yang enak dan unik di Jogja.

Jadi, jika kamu berkunjung ke Jogja tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner yang satu ini dan merasakan sensasi nikmatnya rasanya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button