Kuliner

Kuliner Jogja Laris Manis: Menikmati Kelezatan Khas Yogyakarta

Warung Makan Tradisional di Jogja yang Selalu Penuh


Rama Isi Jogja

Jogja, atau sering juga disebut sebagai Yogyakarta, merupakan kota yang terkenal dengan wisatanya, keindahan alamnya, dan juga kuliner khasnya. Ada banyak sekali tempat makan tradisional yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan maupun penduduk lokal. Beberapa di antaranya memiliki sejarah panjang dan terkenal dengan kelezatannya. Berikut ini adalah beberapa warung makan tradisional di Jogja yang selalu penuh di mana Anda bisa menemukan makanan khas Yogyakarta yang lezat.

Warung Handayani

1. Warung Handayani

Warung Handayani

Warung Handayani berdiri sejak 1989 dan terletak di Jalan Tirtodipuran No.13, Mantrijeron, Jogjakarta. Warung Handayani selalu penuh dengan pelanggan yang antre untuk mencicipi jajanan legendaris khas Yogyakarta, yaitu buntu tepo. Buntu tepo adalah makanan yang terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan sayuran, daging sapi atau ayam, udang, dan telur. Rasa gurih buntu tepo di Warung Handayani sangat memanjakan lidah dan takkan membuat Anda kecewa.

Di samping itu, Warung Handayani juga memiliki pilihan menu lain seperti nasi timbel komplit (nasi yang dibungkus daun pisang dan disajikan dengan ayam goreng, tempe, dan tahu), sate gepuk (sate berbumbu pedas), dan gulai sapi. Meski memiliki menu yang tak sebanyak restoran lain, kelezatan makanan di sini akan membuat Anda ingin kembali lagi. Selain itu, Warung Handayani juga menawarkan suasana yang nyaman dengan hiasan dinding yang sederhana dan banyak foto-foto wisata di Yogyakarta.

Di sinilah Anda dapat menikmati kuliner Jogja larise yang terbaik di Warung Handayani. Tekstur buntu tepo Warung Handayani yang kenyal saat digigit, dicampur dengan rasa gurih di dalamnya, benar-benar akan menciptakan sensasi yang memuaskan untuk lidah Anda.

Warung Handayani buka setiap hari dari pukul 9 pagi hingga pukul 7 malam. Jangan lupa mencoba makanan lezat ini di Warung Handayani saat berkunjung ke Jogja.

Mengenal Jenis-Jenis Masakan yang Populer di Jogja


Gudeg Jogja

Jogja adalah salah satu kota yang terkenal dengan kuliner khasnya. Banyak makanan yang bisa Anda temukan di Jogja mulai dari makanan berat hingga jajanan pasar. Selain ciri khasnya yang menggugah selera, makanan di Jogja juga terkenal dengan harga yang terjangkau. Di bawah ini terdapat 3 jenis masakan yang populer di Jogja.

1. Gudeg


Gudeg Jogja

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Makanan ini biasanya disajikan dengan ayam, telur, dan sambal krecek. Gudeg sangat cocok disantap sebagai makanan berat karena rasanya yang begitu lezat.

Ada beberapa jenis gudeg yang terkenal di Jogja, di antaranya adalah gudeg manggar, gudeg pawon, dan gudeg wijilan. Gudeg manggar terkenal dengan rasa manisnya yang pas, sedangkan gudeg pawon terkenal dengan cita rasa asinnya yang pas. Sementara itu, gudeg wijilan terkenal dengan kelembutan nangka yang digunakannya.

2. Bakmi Jawa


Bakmi Jawa

Bakmi Jawa, sebagai salah satu jenis masakan yang populer di Jogja, tak kalah lezatnya dari makanan-makanan lain. Makanan ini terbuat dari mie kuning yang disajikan dengan kacang, ayam suwir, dan irisan kol. Bakmi Jawa menjadi primadona makanan di Jogja karena rasanya yang lezat dan harganya yang terjangkau.

Bakmi Jawa memiliki beberapa variasi, di antaranya bakmi jawa godhog, bakmi jawa goreng, dan bakmi jawa kupat. Bakmi jawa godhog disajikan dengan kuah bening yang rasanya gurih, sedangkan bakmi jawa goreng disajikan kering dengan rasa yang manis dan sedikit pedas. Sementara itu, bakmi jawa kupat disajikan dengan ketupat yang diiris tipis-tipis.

3. Sate Klathak


Sate Klathak

Sate klathak merupakan makanan khas dari daerah Klathak, yang dekat dengan kediri. Namun, makanan ini juga menjadi salah satu makanan yang populer di Jogja. Sate klathak terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis-tipis, kemudian dimasak dengan bumbu kacang yang khas. Sate klathak sangat cocok disantap sebagai makanan ringan pada siang hari maupun malam hari sebagai makanan sebelum tidur.

Untuk menambah cita rasa, sate klathak biasa disajikan dengan lontong dan sayuran seperti kol, timun, dan kentang goreng.

Nah, itulah 3 jenis masakan yang populer di Jogja. Pastikan untuk mencoba ketiganya dan nikmati sensasi kuliner yang lezat dari kota pelajar ini.

Kuliner Malam di Jogja yang Bikin Lidah Bergoyang


Kuliner Malam di Jogja

Malam hari memang identik dengan suasana yang romantis dan penuh kehangatan. Di kota Jogja sendiri, terdapat banyak sekali tempat kuliner yang bisa membuat lidah merem melek, mulai dari tempat yang mewah hingga yang sederhana, semua ada di sini. Bagi kamu yang sedang berwisata kuliner di Jogja, maka tak ada salahnya mengunjungi tempat-tempat makan malam berikut ini yang bisa membuat lidah bergoyang.

1. Gudeg Pawon


Gudeg Pawon

Tempat pertama untuk kuliner malam di Jogja yang bisa membuat lidah bergoyang adalah Gudeg Pawon. Tempat makan ini tidak asing lagi di telinga pecinta kuliner Jogja. Terdapat berbagai macam jenis gudeg yang bisa kamu nikmati, mulai dari gudeg jawa, gudeg manggar, hingga gudeg ayam kampung. Tak hanya itu, tempat makan ini juga menghidangkan berbagai macam lauk pauk, seperti tahu goreng, ayam goreng, dan masih banyak lagi.

2. Angkringan Lik Man


Angkringan Lik Man

Tak lengkap rasanya jika berwisata kuliner di Jogja tanpa mengunjungi Angkringan Lik Man. Tempat ini terkenal dengan menu andalannya seperti nasi kucing dan teh botol. Harganya yang relatif murah namun rasanya tetap enak dan legendaris membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh warga Jogja. Tidak hanya itu, suasana di angkringan ini juga terasa nyaman dengan panggung musik dan acara hiburan yang disajikan.

3. Bakmi Jawa Mbah Mo


Bakmi Jawa Mbah Mo

Bagi kamu penggemar mie, maka jangan lewatkan untuk mencicipi Bakmi Jawa Mbah Mo. Tempat ini terkenal dengan bakmi jawa yang diolah dengan bumbu kacang yang khas. Tidak hanya itu, bakmi jawa di tempat ini disajikan dengan tambahan suwiran ayam dan pangsit yang membuat rasa mie semakin lezat. Suasana yang tenang dan sederhana di tempat ini juga bisa membuat liburan makan malammu semakin berkesan.

4. Depot Jejamuran


Depot Jejamuran

Jika kamu termasuk penggemar kuliner pedas, maka Depot Jejamuran bisa menjadi tempat makan malam yang tepat. Terdapat banyak sekali hidangan pedas yang bisa kamu cicipi di tempat ini mulai dari masakan jamur, bebek, hingga seblak. Harganya yang cukup terjangkau dan rasa yang asik membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Demikianlah beberapa tempat kuliner malam di Jogja yang bisa membuat lidah bergoyang. Selain keempat tempat di atas, masih banyak lagi tempat makan enak di Jogja yang bisa kamu kunjungi. Jadi, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Jogja saat berkunjung ke kota ini ya!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button