Kuliner

Kuliner Jogja Kekinian: Nikmati Aneka Makanan Hits dan Instagramable

Kuliner Jogja yang Instagrammable


Kuliner Jogja yang Instagrammable

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya yang kaya akan budaya sejarahnya, melainkan juga terkenal dengan makanannya yang sangat lezat, enak dan menarik untuk diabadikan melalui foto di Instagram. Bahkan, beberapa kuliner di Jogja sudah menjadi tren dan sangat populer di kalangan para pengguna media sosial seperti Instagram. Bagi yang ingin tahu varian kuliner Jogja yang wajib dicicipi dan diabadikan foto di Instagram, berikut adalah beberapa rekomendasinya:

1. Gudeg Bu Tjitro dan Bude Siti

Gudeg Bu Tjitro dan Bude Siti

Gudeg merupakan makanan khas yang berasal dari Yogyakarta dan kini sudah sangat populer di Indonesia. Gudeg biasanya terdiri dari nangka muda yang dimasak dengan gula jawa, santan, daun salam, dan rempah-rempah lainnya selama berjam-jam. Ada banyak warung atau restoran yang menawarkan gudeg di Jogja, namun Gudeg Bu Tjitro dan Bude Siti adalah dua tempat yang menjadi favorit para pelancong. Selain rasanya yang enak, lokasinya juga sangat instagrammable karena kedua tempat tersebut mengusung konsep tradisional dengan tabir kayu jati yang unik dan warna-warna lukisannya yang khas Jogja.

Gudeg Bu Tjitro sendiri sudah memiliki beberapa cabang yang tersebar di beberapa titik di Jogja seperti UGM, Jalan Wijilan, dan Jalan Tugu. Sementara itu, Bude Siti terletak di Jalan Kaliurang Km 7,2, Depok, Sleman. Kedua tempat tersebut sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan pada saat sarapan atau makan malam. Jadi, jangan lupa mengabadikan moment tersebut dengan baik dan membuat feed Instagram yang menarik.

2. Es Goyobod

Es Goyobod

Es Goyobod adalah minuman es khas Bandung yang kini mulai populer di Jogja. Minuman ini terdiri dari es serut yang segar dengan campuran berbagai jenis jeli, tape, kedelai, dan sirup cocopandan. Es Goyobod sendiri memiliki dua jenis varian, yakni es goyobod plain dan es goyobod mangga.

Anda bisa mencoba Es Goyobod di kedai Es Goyobob Jogja yang berlokasi di Jalan C. Simanjuntak No.32, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta. Di sini pengunjung bisa memilih sendiri topping mana yang akan ditambahkan ke es serut, secara tidak langsung pengunjung bisa menyesuaikan feed Instagram dengan banyaknya jenis topping yang digunakan.

3. Gudeg Yu Djum Wijilan

Gudeg Yu Djum Wijilan

Gudeg Yu Djum Wijilan adalah salah satu warung gudeg legendaris di Yogyakarta. Warung ini telah beroperasi selama lebih dari 60 tahun dengan menu utamanya yang terkenal adalah gudeg kering. Gudeg kering ini berbeda dari gudeg biasanya karena gudeg kering tidak menggunakan santan. Namun, rasa gudeg kering disini sangat legit dan lezat.

Warung Gudeg Yu Djum Wijilan terletak di Jalan Wijilan No. 5, Wijilan, Kota Yogyakarta. Anda juga bisa mencicipi menu-menu lainnya yang disajikan di warung ini seperti ayam goreng kremes dan jangan lupa untuk mengabadikan momen sejarah dan tradisi di warung ini melalui foto di Instagram.

4. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man

Jangan lupa mencicipi kuliner malam khas Jogja yaitu angkringan, dan angkringan terkenal lainnya adalah Angkringan Lik Man. Angkringan Lik Man terletak di Jalan Wongsodirjan No. 14, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta, dan buka setiap malam. Beberapa pilihan menu yang wajib coba di Angkringan Lik Man adalah nasi kucing, sate usus, sate kere dan wedang uwuh.

Lokasi Angkringan Lik Man sendiri sangat khas dengan suasana karaoke, suara musik dangdut dan neon yang mendukung sebagai light decoration. Suasana unik inilah yang menjadi alasan mengapa para pelancong ramai datang ke dalam Angkringan Lik Man dan pastikan momen tersebut diabadikan melalui story di Instagram.

5. Bebek Goreng Haji Slamet

Bebek Goreng Haji Slamet

Bebek goreng Haji Slamet sudah menjadi legenda di Yogyakarta sejak tahun 1959. Bebek goreng Haji Slamet terkenal dengan kulitnya yang crispy dan daging bebeknya yang lembut. Menu ini harganya relatif terjangkau dan sepadan dengan rasanya yang enak.

Anda bisa menikmati Bebek Goreng Haji Slamet di Jalan Laksda Adisucipto No. 206, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Lokasinya yang berada di dekat bandara internasional Adisucipto, membuat tempat ini cukup strategis dan mudah dijangkau untuk wisatawan yang baru datang atau pun yang akan pergi meninggalkan Yogyakarta. Pastikan momen menyantap bebek goreng Haji Slamet dengan suasana outdor yang nyaman menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan cukup menarik untuk diabadikan pada Instagram.

Kuliner Vegetarian di Jogja yang Wajib Dicoba


kuliner vegetarian di jogja

Jogja memang selalu disebut sebagai tempat kuliner yang sangat terkenal. Ada berbagai macam makanan yang bisa kamu temui di Jogja, mulai dari yang yang pedas, manis, asin dan juga vegetarian. Yup, untuk kamu yang sedang menjalani pola makan vegetarian, Jogja juga memiliki banyak tempat kuliner vegetarian yang wajib kamu coba. Berikut beberapa rekomendasi kuliner vegetarian di Jogja yang wajib dicoba.

1. Gudeg Yu Djum

gudeg yu djum

Gudeg adalah salah satu makanan khas Jogja yang terkenal. Tentu saja untuk kamu yang vegetarian juga bisa menikmati gudeg, salah satunya di Gudeg Yu Djum. Tempat kuliner vegetarian ini terletak di jalan Wijilan no 167 Yogyakarta, dekat dengan Masjid Gedhe Kauman. Gudeg Yu Djum sudah berdiri sejak tahun 1957 dan sudah memiliki banyak pelanggan yang sangat plontos. Rasanya yang legit menjadi ciri khas dari gudeg buatan Yu Djum. Harga dari gudeg di sini berkisar antara 15 ribuan hingga 25 ribuan, tergantung dari pilihan lauk dan sidanya.

2. Tempat Makan Vegan Mie Lidi

mie lidi vegan

Kalau kamu sedang mencari tempat makan vegan di Jogja, maka kami merekomendasikan untuk mencoba Mie Lidi Vegan di jalan Tisnomartani II No 112, Yogyakarta. Tempat makan rasa vegan yang satu ini menyediakan aneka mie kuah dan juga mie goreng. Yang menjadi perbedaan dari mie lidi vegan dengan mie biasa adalah pada penggunaan bahan mie-nya. Mie Lidi Vegan menggunakan mie berbahan dasar jagung dan gandum yang lebih sehat, enak, dan juga tanpa pengawet. Tidak hanya mie, mereka juga menyediakan berbagai macam makanan yang lain, seperti nasi goreng, sate, dan masih banyak lagi. Harganya sangat terjangkau, dimulai dari 5 ribuan hingga 15 ribuan saja.

3. Sate Padang Karebosi

sate padang karebosi

Sebenarnya bukan hanya di Jogja saja, Sate Padang juga terkenal di banyak daerah di Indonesia. Namun, di Jogja ada tempat kuliner vegetarian yang menyajikan Sate Padang vegetarian. Sate Padang Karebosi terletak di jalan Brigjen Katamso nomor 53A, Yogyakarta. Walau namanya sate padang, tapi di sini kamu bisa menikmati makanan vegetarian yang tidak kalah lezatnya. Mereka menggunakan protein nabati yang diolah dengan sangat baik sehingga rasanya benar-benar enak dan nendang di lidahmu. Harga yang ditawarkan di sini pun tidak terlalu mahal, berkisar antara 20 ribuan hingga 30 ribuan saja.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi kuliner vegetarian di Jogja yang wajib kamu coba. Cocok banget buat kamu yang sedang menjalankan pola makan vegetarian. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Olahan Kopi Kekinian di Jogja untuk Para Coffee Lovers


Kopi Kekinian di Jogja

Jogja memang terkenal dengan beragam kuliner yang menggugah selera. Tapi tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi olahan kopi kekinian yang tengah ramai diminati oleh para coffee lovers. Berikut ini beberapa rekomendasi kopi kekinian yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Jogja.

1. Black Matter Coffee & Eatery
Black Matter Coffee & Eatery

Black Matter Coffee & Eatery beralamat di Jalan Banteng Utara, Gowongan. Olahan kopi kekinian di tempat ini sangat digemari oleh para pecinta kopi. Salah satu menu favorit adalah Dirty Chai yang terbuat dari racikan kopi, susu, dan cinnamon dengan tambahan espresso.

2. Anomali Coffee
Anomali Coffee

Anomali Coffee juga salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi untuk menikmati kopi kekinian. Anomali Coffee terletak di Jalan Tirtodipuran No. 3. Olahan kopi yang disajikan di sini juga terbuat dengan biji kopi berkualitas yang berasal dari seluruh Indonesia.

3. Kopi Klinik
Kopi Klinik

Kopi Klinik yang berlokasi di Jalan Sagan No. 13, Mendut sangat populer di antara para pecinta kopi. Uniknya, proses pembuatan kopi di Klinik Kopi menggunakan peralatan khusus, seperti alat siphon, v60, dan aeropress yang menjadikan rasanya semakin nikmat.

4. Brew & Wood
Brew & Wood

Brew & Wood terletak di Jalan Cik Di Tiro No. 15. Bersantai sambil menikmati kopi di antara ruangan yang dihiasi dengan kayu dan tanaman hijau akan memberikan pengalaman tersendiri. Tak hanya itu, kamu juga bisa mencicipi kue-kue lezat yang tersedia di sini.

5. Epic Coffee
Epic Coffee

Epic Coffee terletak di Jalan Tirtodipuran No. 17. Biji kopi yang digunakan oleh Epic Coffee berasal dari biji kopi yang berkualitas dan diracik oleh barista yang handal dengan teknik latte art yang indah. Epic Coffee juga memberikan pengalaman baru dengan menyediakan kursus barista untuk para pecinta kopi.

Nah itu dia beberapa rekomendasi kopi kekinian di Jogja yang wajib kamu coba! Selamat menikmati!

Restoran-Restoran Unik dengan Konsep yang Berbeda di Jogja


Restoran-Restoran Unik dengan Konsep yang Berbeda di Jogja

Kota Jogja selalu menjadi pusat kuliner di Indonesia. Tak heran jika banyak restoran dengan beragam menu dan konsep hadir di kota yang indah ini. Dan apa yang membuat restoran tersebut unik adalah konsep yang mereka usung. Berikut ini adalah restoran-restoran unik dengan konsep yang berbeda di Jogja:

1. The Harvest (Jalan Kaliurang)


The Harvest (Jalan Kaliurang)

The Harvest menonjolkan nuansa pedesaannya dengan menyajikan makanan-makanan khas pedesaan. Selain itu, desain restoran ini juga mengusung nuansa pedesaan yang nyaman dan cantik. Berbeda dari restoran-restoran lain yang biasanya menawarkan makanan modern, The Harvest mengundang wisatawan untuk menikmati suasana pedesaan dengan makanan khas lokal yang autentik.

2. Tempat Senja (Prawirotaman)


Tempat Senja (Prawirotaman)

Tempat Senja yang berada di Prawirotaman adalah restoran yang nyaman dan mengusung konsep vintage. Mulai dari dekorasi, pencahayaan, dan musik yang dimainkan di dalam restoran, semuanya dapat membangkitkan suasana nostalgia yang indah.

3. Nano Nano (Seturan)


Nano Nano (Seturan)

Tempat makan satu ini memadukan konsep modern dan etnik, membuatnya terlihat unik. Desain interior yang indah dan nuansa vintage yang menciptakan suasana yang nyaman dan elegan.

4. Warung Nagih (Malioboro)


Warung Nagih (Malioboro)

Bagi pecinta mie ayam, Warung Nagih bisa menjadi tempat berkumpul yang menyenangkan. Selain mie ayam yang lezat, Warung Nagih juga menawarkan dekorasi interior yang sedikit lucu dan unik. Konsep dekorasi interior restoran ini diambil dari desain interior kafe Jepang yang terkenal menampilkan hal-hal yang lucu dan unik.

5. Omah Dhuwur (Kotagede)


Omah Dhuwur (Kotagede)

Omah Dhuwur adalah restoran unik dengan konsep yang berbeda dari kebanyakan restoran yang ada di Jogja. Restoran ini dilengkapi dengan peralatan masak tradisional yang terbuat dari kayu panas dan tanah liat. Menu yang disajikan juga mengusung konsep tradisional yang cocok bagi para wisatawan yang ingin mencari pengalaman kuliner yang berbeda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button