Kuliner

Menikmati Kelezatan Kuliner di Kaliurang, Yogyakarta

Wisata Kuliner di Kaliurang yang Lezat dan Murah Meriah


kuliner kaliurang

Jogja memang terkenal dengan wisata kuliner yang lezat dan murah meriah. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Jogja untuk menikmati makanan khasnya. Salah satu tempat yang populer dan wajib dikunjungi bagi pecinta kuliner adalah Kaliurang. Berbicara tentang Kaliurang, kita pasti langsung teringat tentang wisata alamnya yang indah.

Namun, selain keindahan wisata alamnya, Kaliurang juga memiliki banyak pilihan kuliner yang lezat dan pastinya murah meriah. Berikut ini beberapa kuliner yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Kaliurang:

1. Sate Klathak Mbah Margo

sate klathak mbah margo

Jangan lewatkan untuk mencoba makanan khas Jogja, yaitu sate yang satu ini. Sate Klathak Mbah Margo terletak di Jalan Kaliurang Km 16, tepatnya di sebelah selatan pasar Kaliurang. Sesuai dengan namanya, sate tersebut diolah dari daging ayam atau daging sapi dengan menggunakan tusuk bambu atau kayu klathak sebagai pengganti tusuk sate yang biasa. Ditambah lagi dengan bumbu kacang yang gurih, sate klathak Mbah Margo berhasil memikat lidah para pecinta kuliner.

Selain sate klathak, di tempat ini juga tersedia sate padang, sate maranggi, dan berbagai jenis menu masakan lain dengan harga yang relatif terjangkau. Kamu bisa menikmati sate klathak Mbah Margo dengan harga mulai dari Rp 15.000,- per porsi.

2. Nasi Campur Jogja

nasi campur jogja

Jangan sampai kamu melewatkan makanan khas Jogja yang satu ini, yaitu nasi campur. Nasi campur ini terkenal dengan banyaknya lauk pauk yang disajikan dalam satu porsi. Biasanya terdiri dari ayam suwir, tempe, tahu, sate telur puyuh, dan beberapa jenis sayur seperti tauge dan kangkung. Bumbunya juga sangat gurih dan nikmat.

Jika kamu ingin mencicipi nasi campur jogja yang lezat, ada sebuah warung yang terletak di Jalan Kaliurang Km 9. Warung tersebut menyediakan nasi campur dengan lauk pauk yang lengkap dan harga yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 20.000,- per porsi.

3. Nasi Goreng Kali Kuning

nasi goreng kali kuning

Tempat wisata kuliner di Kaliurang yang lainnya adalah nasi goreng kali kuning. Dulunya, nasi goreng kali kuning hanya dijual di sekitar Jalan kaliurang km 7 dan km 8. Namun, sekarang kamu bisa menemukan nasi goreng kali kuning di banyak tempat di Jogja.

Nasi goreng kali kuning terdiri dari nasi yang digoreng dengan bumbu kuning khas Jogja, kemudian dicampur dengan irisan ayam, sayur, kerupuk, dan telur mata sapi. Rasanya sangat lezat dan gurih. Bagi kamu yang ingin mencoba nasi goreng kali kuning, kamu bisa mencarinya di sepanjang Jalan Kaliurang. Harganya juga sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 12.000,- per porsi.

Itulah tiga kuliner dari Wisata Kuliner di Kaliurang yang Lezat dan Murah Meriah yang wajib kamu coba saat berwisata ke Jogja. Jangan lupa ajak teman atau keluarga untuk menikmati kuliner lezat dari Kaliurang ini. Selamat mencoba!

Suasana Unik Restoran di Kaliurang yang Bisa Jadi Pilihan


Suasan-restoran-di-Kaliurang

Siapa bilang di Kaliurang hanya terdapat objek wisata alam saja? Ternyata, Kaliurang juga memiliki tempat kuliner yang tak kalah menarik. Tak hanya lezat, namun suasana di beberapa restoran di Kaliurang pun sangat unik. Berikut adalah beberapa restoran dengan suasana unik yang bisa menjadi pilihan ketika berkunjung ke Kaliurang.

1. Bukit Indah Resto

Bukit-Indah-Resto-Kaliurang

Sesuai dengan namanya, Bukit Indah Resto berada di atas bukit yang memberikan pemandangan indah dari atas. Restoran ini menyediakan berbagai menu makanan Indonesia yang rasanya tak kalah lezat dari restoran lainnya. Bagi yang ingin merasakan wahana menantang, restoran Bukit Indah Resto juga menyediakan wahana flying fox yang bisa menguji adrenalin.

2. Warung Kayu Midoro

Warung-Kayu-Midoro-Kaliurang

Bagi pecinta alam, Warung Kayu Midoro bisa menjadi pilihan. Restoran ini menyediakan beberapa saung kayu yang berada di tengah kebun rindang. Pemandangan hijau dan sejuk dari alam sekitar bisa menemani makan malammu. Tidak hanya itu, restoran ini juga menyediakan menu sederhana seperti nasi goreng dan sate yang rasanya tak kalah lezat dari restoran lainnya.

3. Rumah Makan Loteng

Rumah-Makan-Loteng-Kaliurang

Restoran dengan suasana unik lainnya berada di dalam cara loteng. Seperti halnya dengan rumah joglo, restoran ini terdapat di dalam kamarnya. Kamar tersebut dijadikan tempat untuk menyajikan menu nasi liwet khas Yogyakarta. Selain nasi liwet, Rumah Makan Loteng juga menyajikan menu kuliner lainnya seperti soto kudus dan sate kambing dengan bumbu rempah yang khas.

4. Mang Engking Resto

Mang-Engking-Resto-Kaliurang

Mang Engking Resto memiliki konsep berbeda dari restoran lainnya. Restoran ini menyajikan suasana ala pedesaan dengan menghadirkan hewan-hewan khas desa seperti bebek, ayam dan kambing yang dipelihara di restoran. Pengunjung bisa memilih langsung hewan hidup dan disiapkan menjadi hidangan yang lezat. Selain itu, restoran ini juga menawarkan menu masakan khas Sunda seperti nasi liwet dan perkedel jagung.

5. Sate Klatak Pak Pong

Sate-Klatak-Pak-Pong-Kaliurang

Siapa yang tidak tahu dengan sate klatak khas Jogja? Sate klatak Pak Pong di Kaliurang juga menjadi salah satu destinasi kuliner yang wajib dikunjungi. Memiliki tempat duduk yang berbentuk saung kayu, menambah suasana hangat dan nyaman. Selain sate klatak, warung makan ini juga menyediakan menu sate ayam, sate kambing dan gule kambing yang lezat.

Nah, itulah beberapa restoran dengan suasana unik yang bisa menjadi alternatif ketika berwisata kuliner di Kaliurang. Tidak hanya menyajikan menu lezat, namun suasana yang dihadirkan membuat pengalaman kulinermu semakin berkesan.

Makanan Khas Jogja yang Wajib Dicoba di Kaliurang


Kuliner Jogja Kaliurang

Sudah banyak kuliner khas Jogja yang terkenal di seluruh Indonesia. Beberapa tempat makan yang menyajikan kuliner Jogja menjadi tempat wajib di sana. Salah satu kota yang memiliki banyak tempat makan yang asyik dan populer di Jogja adalah Kaliurang. Terletak di kaki Gunung Merapi, Kaliurang menawarkan panorama yang cantik dan tentu saja menyajikan berbagai kuliner yang lezat. Berikut adalah beberapa makanan khas Jogja yang wajib dicoba jika kamu berkunjung ke Kaliurang.

1. Sate Klatak Pak Pong


Sate Klatak Pak Pong

Sate klatak atau sate kerbau merupakan salah satu hidangan khas Jogja yang terkenal. Di Kaliurang, kamu bisa mencicipi sate klatak yang enak dan lezat di Sate Klatak Pak Pong. Sate klatak ini berbeda dengan sate lainnya karena terbuat dari daging kerbau. Sensasi yang berbeda ini tentunya harus kamu coba. Bagian yang unik dari sate klatak ini adalah bentuk daging yang lebih kecil dari sate pada umumnya dan lebih tebal. Sate klatak disajikan dengan lontong, kecap manis, dan bawang putih goreng.

2. Bakmi Kalimantan Pak Libra


Bakmi Kalimantan Pak Libra

Walaupun berada di Jogja, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati masakan daerah lain. Bakmi Kalimantan Pak Libra menjadi salah satu kuliner wajib yang harus kamu coba ketika berada di Kaliurang. Bakmi kalimantan ini sangat berbeda dengan bakmi pada umumnya. Mi yang digunakan terbuat dari tepung sagu seperti mi pada hidangan tradisional Kalimantan. Kuah bakmi kalimantan ini juga berbeda dengan kuah bakmi pada umumnya, karena kuahnya berisi kacang tanah yang diblender halus serta diberi taburan daging ayam, bakso, dan nori.

3. Gudeg Mbok Lindu


Gudeg Mbok Lindu

Gudeg menjadi salah satu makanan khas Jogja yang paling terkenal. Jika kamu mencari tempat untuk makan gudeg yang enak di Kaliurang, maka kamu bisa berkunjung ke Gudeg Mbok Lindu. Gudeg Mbok Lindu menyajikan gudeg dengan cita rasa yang autentik dan lezat. Gudeg yang terbuat dari nangka matang direbus dengan santan dan bercampur dengan berbagai bahan seperti kerupuk, opor ayam, telur asin, dan ayam suwir. Rasanya sangat enak dan cocok dengan lontong atau nasi putih.

Selain makanan di atas, masih banyak kuliner khas Jogja yang wajib dicoba ketika kamu berkunjung ke Kaliurang, seperti enting-enting kacang, nasi goreng kambing, dan lain-lain. Selamat mencoba!

Menu Sarapan yang Menggoda di Kaliurang


Menu Sarapan yang Menggoda di Kaliurang

Jika Anda ingin menikmati sarapan yang lezat dan menggoda di Kaliurang, ada beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi. Di daerah ini, Anda dapat menemukan berbagai hidangan sarapan yang menarik dengan cita rasa yang khas. Berikut adalah beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi dan menu sarapan yang disajikan di Kaliurang.

1. Warung Upnormal


Warung Upnormal Kaliurang

Sarapan di Warung Upnormal patut Anda coba. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai macam hidangan sarapan yang dijamin menggugah selera. Warung ini memiliki suasana yang nyaman dan cozy sehingga Anda akan betah berlama-lama di sini. Salah satu menu andalan di Warung Upnormal adalah Nasi Goreng Upnormal yang dihidangkan dengan telur mata sapi, kerupuk, ayam dan sosis. Selain itu, Anda juga dapat mencoba Pisang Sarang, Pancake, dan menu-menu sarapan yang lain.

2. Pasar Beringharjo


Pasar Beringharjo Jogja

Pasar Beringharjo juga merupakan salah satu tempat yang cocok untuk mencari sarapan yang menggoda di Kaliurang. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai jenis menu seperti Mie Ayam, Bakmi Jawa, Nasi Gudek, dan Sate Klathak yang terkenal enak. Yang membedakan pasar Beringharjo dengan tempat lain adalah nuansa tradisional yang sangat kental sehingga dapat menambah banyak pengalaman bagi pelanggan yang datang sembari menikmati sarapan.

3. Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak Pak Pong Kaliurang

Jika Anda seorang pecinta sate, maka Sate Klathak Pak Pong harus masuk ke dalam daftar destinasi sarapan Anda. Sate Klathak merupakan hidangan khas Jogja yang terbuat dari daging sapi dan daging kambing yang dipanggang dengan bumbu spesial. Dagingnya lunak dan rasanya sangat enak. Selain sate, Anda juga bisa mencoba Mie Ayam, Bakmi Jawa, dan Nasi Gudek yang tak kalah lezat. Tempatnya unik dan nyaman, serta ramah untuk bersama keluarga atau teman-teman.

4. Warung Gudeg Yu Djum


Warung Gudeg Yu Djum Jogja

Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang sangat terkenal dan wajib dicoba. Di Warung Gudeg Yu Djum, Anda dapat menemukan gudeg yang benar-benar menggugah selera. Gudeg di sini terkenal karena rasanya yang manis dan gurih. Gudeg biasanya disajikan dengan ayam atau telur, nasi putih, sambal goreng krecek, dan tahu tempe. Selain gudeg, Anda juga bisa mencoba nasi liwet serta berbagai menu lain yang tak kalah lezat. Warung ini memang tak terlalu besar, tapi memiliki suasana yang cukup cozy dan sangat cocok untuk penggemar wisata kuliner di Kaliurang.

Nah, itu dia beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati sarapan yang menggoda di Kaliurang. Selamat menikmati hidangan lezat di daerah ini!

Tempat Nongkrong Asik untuk Menikmati Kuliner di Kaliurang


Kuliner Jogja Kaliurang

Kaliurang adalah sebuah tempat wisata di Yogyakarta yang terkenal dengan keindahan alamnya. Namun, selain keindahan alamnya, Kaliurang juga terkenal dengan kulineran yang enak-enak dan lezat. Nah, buat kamu yang ingin menikmati kuliner enak di Kaliurang, kamu bisa mencoba datang ke tempat-tempat nongkrong asik berikut ini:

1. Warung Kali Kopi


Warung Kali Kopi

Warung Kali Kopi adalah salah satu kafe yang terkenal di Kaliurang. Tempatnya yang asik dan nyaman membuat para pengunjung betah untuk nongkrongin di sana. Selain itu, Warung Kali Kopi juga menyediakan berbagai macam kopi yang enak dan lezat. Dan yang paling seru, kamu bisa menikmati kopi sambil menikmati keindahan alam Kaliurang.

2. Rumah Makan Sederhana


Rumah Makan Sederhana

Rumah Makan Sederhana adalah salah satu rumah makan yang terkenal di Kaliurang. Tempatnya yang nyaman dan asik membuat para pengunjung betah untuk nongkrongin di sana. Selain itu, Rumah Makan Sederhana juga menyediakan berbagai macam masakan yang enak dan lezat dan harganya juga cukup terjangkau.

3. Warung Lek Man


Warung Lek Man

Warung Lek Man adalah salah satu warung makan yang terkenal di Kaliurang. Tempatnya yang unik dan asik membuat para pengunjung betah untuk nongkrongin di sana. Selain itu, Warung Lek Man juga menyediakan berbagai macam masakan yang enak dan lezat, seperti sate kelinci, sate usus, bakso komplit, dan masih banyak lagi. Dan yang paling seru, kamu bisa menikmati kuliner sambil bermain papan seluncur di tempat ini.

4. Café Kigus


Café Kigus

Café Kigus adalah kafe yang terkenal di Kaliurang. Tempatnya yang nyaman dan asik membuat para pengunjung betah untuk nongkrongin di sana. Selain itu, Café Kigus juga menyediakan berbagai macam makanan dan minuman yang enak dan lezat. Dan yang paling seru, kamu bisa menikmati cemilan sambil menikmati keindahan alam Kaliurang.

5. Dâmyâ Karaoke Resto


Dâmyâ Karaoke Resto

Dâmyâ Karaoke Resto adalah tempat nongkrong yang pas bagi kamu yang hobi karaoke dan juga suka kulineran. Tempatnya yang asik dan nyaman membuat para pengunjung betah untuk nongkrongin di sana. Selain itu, Dâmyâ Karaoke Resto menyediakan berbagai macam makanan dan minuman yang enak dan lezat. Dan yang paling seru, kamu bisa karaoke ria sambil menikmati kuliner enak Kaliurang.

Itulah beberapa tempat nongkrong asik yang bisa kamu datangi untuk menikmati kuliner enak di Kaliurang. Jangan lupa untuk ajak teman-temanmu ya!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button