Kuliner

Menikmati Kelezatan Kuliner di Jalan Parangtritis Jogja

Kelezatan Sate Klathak di Jalan Parangtritis


Sate Klathak

Salah satu kuliner yang tidak bisa dilewatkan saat berkunjung ke Jogja adalah Sate Klathak yang biasa dijajakan di sepanjang Jalan Parangtritis. Kuliner khas Yogyakarta ini sepertinya sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Yogyakarta. Sate Klathak terbuat dari daging sapi atau ayam yang diiris tipis dan kemudian dipanggang di atas arang yang memunculkan aroma yang sangat menggugah selera.

Sate Klathak

Selain cara memasaknya yang unik, kelezatan Sate Klathak juga berasal dari bumbu kacang yang digunakan sebagai pelengkapnya. Sate Klathak dihidangkan dengan acar timun dan bawang merah yang memberikan rasa segar yang sangat sesuai dengan cita rasa kacang yang gurih.

Tidak sulit menemukan Sate Klathak ketika berada di Jalan Parangtritis Jogja, karena biasanya para penjual akan menjajakan dagangannya di tepi jalan dengan menggunakan gerobak yang berjejer. Anda bisa memilih satu gerobak yang Anda sukai untuk mencicipi Sate Klathak, namun pastikan gerobak yang Anda pilih sudah mengantongi sertifikat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk menghindari makanan yang tidak sehat.

Bagi Anda yang ingin mencicipi Sate Klathak dengan cara yang berbeda, terdapat sebuah tempat kuliner bernama Warung Sate Klathak Pak Bari yang sudah berdiri sejak 1975. Warung Sate Klathak Pak Bari ini menyajikan Sate Klathak dengan cara yang sedikit berbeda. Daging yang diiris tipis itu sebelumnya sudah dibumbui dengan rempah khusus dan kemudian dipanggang di atas tungku dengan arang

Sate Klathak

Bagian dalam daging yang dipanggang di arang tersebut masih empuk dan teksturnya sangat nikmat saat digigit. Rasa rempah yang cukup kuat juga menjadi ciri khas dari Sate Klathak yang disajikan di Warung Pak Bari. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang datang ke Warung Pak Bari untuk menikmati Sate Klathak yang legendaris ini.

Tidak hanya Sate Klathak, di warung tersebut juga ada menu lain seperti Sate Ayam, Sate Kambing, sate tempe, sate tahu dan masih banyak lagi. Dengan suasana pedesaan yang khas, Warung Sate Klathak Pak Bari menjadi tempat yang sangat diminati oleh para wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta. Pak Bari sendiri sudah memulai bisnis kuliner sejak tahun 1970-an dan menjadi salah satu legenda di Yogyakarta.

Sate Klathak

Jadi, bagi Anda yang sedang berlibur ke Jogja dan ingin mencicipi kuliner khas yang lezat, jangan lupa untuk mencicipi Sate Klathak yang legendaris ini di Jalan Parangtritis atau di Warung Sate Klathak Pak Bari. Selamat mencoba!

Mengunjungi Legendaris Gudeg Yu Djum di Jogja


Gudeg Yu Djum di Jogja

Jogja, selain dikenal sebagai kota pelajar, terkenal juga dengan beragam kuliner yang lezat. Salah satunya adalah makanan khas Jogja yang sudah sangat terkenal, Gudeg. Gudeg sendiri terbuat dari Nangka Muda yang dimasak dengan bumbu yang khas sehingga menghasilkan rasa yang lezat. Di Jogja, ada banyak sekali warung Gudeg yang bisa dikunjungi, namun yang paling terkenal adalah Gudeg Yu Djum yang telah berdiri sejak tahun 1950an.

Gudeg Yu Djum di Jogja

Gudeg Yu Djum terletak di Jalan Wijilan No. 167 Yogyakarta, dengan letak sangat strategis di dekat pusat kota. Ketika berkunjung ke sana, pengunjung bisa menemukan tempat parkir, sehingga memudahkan dalam mencari tempat. Setibanya di Gudeg Yu Djum, baru pengunjung bisa merasakan atmosfir yang kental dengan suasana jogja. Di dalam atau di luar warung terlihat para pelanggan yang nyelekit di sana-sini dan menikmati Gudeg Yu Djum dengan lahap.

Gudeg Yu Djum di Jogja

Namun, ketika berkunjung ke Gudeg Yu Djum, pengunjung harus siap untuk mengantri. Antrean ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi Gudeg Yu Djum, di samping rasanya yang memang lezat, pengunjung juga akan merasakan pengalaman antri yang panjang namun worth it. Tidak hanya itu, suasana yang ramai juga menambah keunikan saat mengunjungi Gudeg Yu Djum, suasana ramai dengan para pengunjung yang mencari makanan istimewa yang hanya bisa didapatkan di sana.

Gudeg Yu Djum di Jogja

Setelah mengantri dan menunggu sebentar, finally, pengunjung bisa menikmati Gudeg Yu Djum. Rasa dari Gudeg Yu Djum sungguh luar biasa, rasa gudeg yang manis, gurih, dan biru membuat siapa saja ketagihan. Tak cukup sampai disitu, para pengunjung juga bisa menikmati aneka lauk seperti ayam panggang, telur, hingga sambal krecek yang nikmat. Selain Gudegnya, kuah santan yang diracik khas Gudeg Yu Djum memang memberikan kesempurnaan dari cita rasa Gudeg yang legendaris tersebut.

Gudeg Yu Djum di Jogja

Selain rasa nya yang legendaris, Gudeg Yu Djum juga memiliki tempat yang nyaman dan instagramable. Dapat dipastikan pengunjung akan merasa sangat nyaman menikmati Gudeg di sana. Ada area tempat makan dengan tenda dan kursi yang nyaman, cocok untuk menemani teman maupun keluarga dalam menikmati makanan. Pengunjung juga bisa berfoto untuk mengabadikan momen dengan latar belakang suasana Gudeg Yu Djum yang unik.

Dalam keseluruhan pengalaman mengunjungi Gudeg Yu Djum ada satu kesimpulan yang pasti, pengunjung akan merasakan pengalaman dan cita rasa yang begitu istimewa. Pengalaman yang mengesankan ini tidak akan terlupakan dan akan menjadi kenangan yang indah. Dengan pengalaman jajanan yang satu ini, Jogja bisa menjadi kota tujuan kuliner yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh siapa saja yang sedang dalam perjalanan.

Merasakan Sajian Pedas Istimewa di Warung Bu Ageng


Warung Bu Ageng

Berkunjung ke Jogja tentu tidak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Salah satu yang wajib untuk dicoba adalah sajian pedas istimewa di Warung Bu Ageng. Warung makan yang terletak di jalan Parangtritis ini memang terkenal dengan hidangan pedas yang menggoyang lidah.

Dari sisi tampilan, hidangan yang disajikan di Warung Bu Ageng memang terlihat sederhana. Namun, ketika sudah mulai mencicipi, Anda akan langsung merasakan kelezatan dan disiplin rasa yang sangat terjaga. Tidak hanya itu, porsi makanannya pun cukup besar sehingga cocok untuk jadi menu santapan berat.

Berbicara tentang sajian pedas di Warung Bu Ageng, ada beberapa menu andalan yang patut untuk dicoba. Salah satunya adalah ayam goreng spesial Bu Ageng. Ayam yang diolah dengan bumbu rempah yang khas ini akan memberikan sensasi pedas yang unik di lidah. Meski pedas, tapi bumbunya tidak menghilangkan karakter asli dari ayam itu sendiri.

Selain ayam, ada juga jeroan yang menjadi salah satu menu favorit para pengunjung. Disajikan dengan bumbu yang sama dengan ayam goreng spesial, jeroan ini begitu nikmat dan aromanya sangat menggugah selera. Kelebihan dari jeroan dari Warung Bu Ageng adalah teksturnya yang masih kenyal meski sudah diolah dengan bumbu yang begitu meresap.

Bagi Anda yang suka kuliner pedas, maka tidak ada salahnya untuk mencoba nasi goreng spesial Bu Ageng. Nasi goreng yang disajikan di warung ini memang tidak biasa. Rasanya yang sangat pas akan membuat Anda ketagihan untuk mencicipinya lagi dan lagi.

Selain itu, ada juga menu telur setan yang menjadi menu favorite para pengunjung. Hidangan ini terdiri dari telur ayam yang dimasak dengan bumbu pedas dan disajikan dengan lalapan serta sambal khas dari Warung Bu Ageng.

Jangan lupa untuk menambahkan es jeruk atau es kelapa muda saat menyantap hidangan pedas istimewa di Warung Bu Ageng. Sajian minuman yang segar dan dingin ini akan memberikan efek menenangkan di tengah rasa pedas yang begitu menggoda.

Warung Bu Ageng dapat menjadi pilihan wisata kuliner selanjutnya. Selain rasanya yang istimewa, tempat ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin merasakan kuliner khas Jogja dengan suasana yang sederhana. Hidangan pedas yang diolah dengan bumbu rempah yang khas dijamin akan memberikan sensasi tersendiri di lidah Anda. So, tunggu apalagi? Ajak teman dan keluarga Anda ke Warung Bu Ageng untuk menikmati sajian pedas istimewa!

Berburu Oleh-Oleh Khas Jogja di Jalan Parangtritis


Kuliner Khas Jogja di Jalan Parangtritis

Jalan Parangtritis tidak hanya terkenal dengan keindahan pantainya, tetapi juga dengan oleh-oleh khas Jogja yang berderetan di sepanjang jalan tersebut. Ada banyak sekali pilihan oleh-oleh yang bisa kita beli sebagai kenang-kenangan ataupun untuk dijadikan oleh-oleh yang dibawa pulang. Berikut ini adalah beberapa oleh-oleh khas Jogja yang wajib kamu beli ketika berkunjung ke Jalan Parangtritis.

1. Bakpia Pathok


Bakpia Pathok

Bakpia merupakan salah satu oleh-oleh khas Jogja yang paling terkenal. Dan salah satu produsen bakpia terkenal di Jogja adalah Bakpia Pathok. Bakpia Pathok terkenal dengan rasa yang renyah dan berbagai pilihan rasa yang bisa kita pilih sesuai dengan selera kita. Selain itu, Bakpia Pathok juga sudah terkenal dan sudah mempunyai banyak cabang sehingga mudah untuk ditemukan.

2. Geplak


Geplak

Selain bakpia, geplak juga menjadi oleh-oleh khas Jogja yang paling banyak diburu oleh wisatawan. Geplak terbuat dari kelapa parut dan gula jawa yang dibentuk bulat dan diberi warna-warna yang menarik dan membuatnya terlihat cantik. Rasa manis dari gula jawa dan aroma kelapa yang kuat membuat geplak sangat cocok dijadikan pengganjal perut sekaligus oleh-oleh khas Jogja yang menyegarkan.

3. Gudeg


Gudeg

Gudeg salah satu makanan khas Jogja yang selalu menjadi favorit wisatawan yang datang ke Jogja. Gudeg adalah masakan nangka muda yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Jogja. Rasa manis dan gurih dari gudeg cocok banget dimakan dengan nasi dan lauk-pauk lainnya. Kita bisa membeli gudeg dalam kemasan yang biasanya sudah terpisah antara isinya dan kuahnya. Untuk menjaga kesegarannya dan daya tahannya, gudeg biasanya diawetkan dalam suhu dingin, seperti kulkas

4. Bakso Klenger


Bakso Klenger

Bakso Klenger juga menjadi oleh-oleh khas Jogja yang wajib kamu coba. Bakso Klenger terdiri dari daging sapi dan bahan-bahan pengikat lainnya yang disiram dengan sate dan kuah kaldu yang kental. Rasanya enak banget yang selalu membuat kamu ketagihan. Bakso Klenger terkenal dengan tekstur daging sapi yang empuk dan kenyal serta bumbu kuah kaldu yang kaya akan rempah sehingga berkarakteristik pedas dan nikmat.

5. Jadah Manten


Jadah Manten

Terakhir, jangan lupa untuk membeli Jadah Manten. Jenis makanan ini memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis. Terbuat dari ketan putih yang direbus kemudian dilumuri dengan parutan kelapa. Biasanya Jadah Manten diolah secara tradisional dan masih menggunakan dapur kayu sehingga memiliki cita rasa yang autentik. Jadah Manten adalah oleh-oleh khas Jogja yang cocok dimakan sebagai camilan atau sebagai pengganti nasi pada saat makan.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Jogja yang bisa kamu beli di Jalan Parangtritis. Selain oleh-oleh tersebut, masih banyak sekali oleh-oleh khas Jogja yang bisa kamu beli di sini. Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk membawa oleh-oleh khas Jogja kepada keluarga dan teman-temanmu, yah!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button