Kuliner

Kuliner Jogja yang Wajib Dicoba Berdasarkan Instagram

Kuliner Jogja Instagram: Menyajikan Keunikan Minuman Hits


Minuman Jogja

Jogja memang tidak hanya terkenal dengan Candi Borobudur atau Malioboro yang ramai, tetapi juga terkenal dengan kuliner-kulinernya yang lezat dan unik. Salah satu yang sedang hits di Instagram saat ini adalah minuman-minuman khas Jogja dengan paduan rasa yang unik dan segar. Mungkin beberapa dari kalian yang mencoba melakukan “kuliner hunting” di Jogja wajib mencoba beberapa minuman unik berikut ini.

1. Gudeg Yu Djum
Gudeg Yu Djum
Gudeg adalah salah satu makanan khas Jogja yang bisa kamu temukan di berbagai tempat. Tapi, Gudeg Yu Djum di Jalan Wijilan menjadi tempat yang wajib kamu kunjungi, apalagi buat kamu pencinta gudeg. Selain tersaji dengan opor ayam yang gurih, kini Gudeg Yu Djum juga menambahkan tiga jenis minuman khas Jogja yang unik, yakni bajigur, wedang uwuh, dan angkringan coffee. Bajigur merupakan minuman khas Sunda, tetapi sekarang makin populer di Jogja. Sedangkan, wedang uwuh adalah minuman khas Jawa yang terbuat dari daun jati belanda, dan angkringan coffee adalah kopi instan yang biasanya disajikan di angkringan di Jogja. Minuman-minuman ini akan membuat kamu ketagihan karena sensasi campurannya yang sangat unik.

2. Kopi Jos Pak Agus Mantap
Kopi Jos Pak Agus Mantap
Saat kamu berjalan-jalan di sekitar Jalan Malioboro, kamu akan menemukan kopi yang disajikan dengan arang yang masih membara. Kopi Jos Pak Agus Mantap adalah salah satunya. Minuman ini dikenal dengan rasa kopi yang kuat dan disajikan dengan menggunakan arang yang diambil dari batang pohon bambu matang yang tingginya lebih dari 3 meter dengan usia lebih dari 5 tahun. Terlebih lagi, aroma khas yang dihasilkan dari arang saat menuangkan kopi ke dalam gelas menghasilkan sensasi yang lebih nikmat. Tak heran, banyak wisatawan dan local yang rela antri untuk mencicipi kopi ini.

3. Es Legen MBak Sri
Es Legen MBak Sri
Es legen adalah minuman khas Jogja yang cocok untuk dijadikan referensi minuman saat siang yang panas. Sebelum digunakan, bahan utama es legen terlebih dahulu diletakkan di kresek dan diikat dengan kayu/tali lalu dipukul-pukulkan hingga lembut. Setelah itu, diperas menggunakan kain yang sudah dibasahi air lalu dicampur dengan gula merah, garam, buah naga atau timun, serta air kelapa muda. Sensasi dari es legen ini adalah saat kamu meminumnya, karena terasa dingin dan segar, serta banyak bahan lain yang membuatnya makin enak.

4. Es Dawet Telasih Dapur Ndeso
Es Dawet Telasih Dapur Ndeso
Es dawet atau cendol biasanya sudah menjadi minuman andalan di Jogja, tetapi ada yang berbeda di Es Dawet Telasih Dapur Ndeso. Dawet dan telasih diaduk bersama-sama dalam satu gelas, lalu dicampur dengan air kelapa muda dan sirup gula aren. Es dawet telasih ini cocok buat kamu yang ingin merasakan sensasi berbeda dari es dawat pada umumnya.

Itulah beberapa rekomendasi minuman unik dan hits dari Jogja yang wajib kamu coba. Pastikan untuk “kuliner hunting” di Jogja dan mencoba beberapa minuman ini untuk mencicipi keunikan dan sensasinya. Kamu bisa membagikan pengalaman menarik kamu saat mencoba minuman-minuman ini di Instagram kamu.

Menu Makanan Unik yang Lagi Ngetrend di Instagram Jogja


hotels paradise sleman

Instagram saat ini sudah jadi platform yang paling digemari. Tak hanya sebagai tempat berbagi cerita atau foto, Instagram sudah menjadi tempat untuk mencari kuliner dengan menu unik yang sangat keren. Di Jogja, banyak sekali kuliner yang tengah naik daun di Instagram. Apa saja menu makanan unik yang lagi ngetrend di Instagram Jogja? Berikut kami sajikan beberapa di antaranya.

1. Sate Klathak


sate klathak

Sate Klathak memang sudah sangat terkenal di Jogja, tetapi belakangan ini semakin banyak yang mengabadikannya di Instagram. Makanan ini sangat unik karena menggunakan daging yang dipotong kecil dan dibakar di atas arang dengan jalangkote yang diberi sayuran serta sambal di dalamnya. Sate Klathak di Jogja memang jadi buruan setiap orang yang datang ke Jogja. Selain itu, harganya yang cukup terjangkau juga membuat makanan ini sangat diminati.

2. Duren Warso


duren warso

Salah satu kuliner yang sedang populer di Jogja adalah Duren Warso. Kuliner ini adalah varian dari es duren, tetapi dalam bentuk gerai pinggir jalan tradisional. Terletak di Jalan Kaliurang Km.16,5, lokasi Duren Warso bisa dibilang cukup jauh dari pusat kota Jogja. Namun, dengan harga segitu dan dengan porsi yang cukup besar, siapapun yang mencoba makanan ini pasti akan merasa puas. Apalagi kuliner ini rasanya memang sangat istimewa.

3. Ayam Geprek Bu Rum

ayam geprek bu rum

Kuliner ayam geprek telah menjadi favorit baru bagi wisatawan di Jogja. Salah satu kuliner ayam geprek yang lagi ngetrend di Instagram adalah Ayam Geprek Bu Rum yang beralamatkan di Jalan Kaliurang. Ayam geprek Bu Rum menawarkan cita rasa yang unik dengan taburan saus pedas yang khas membuat menu ini sangat disukai oleh banyak orang. Harga yang murah dan porsi yang banyak membuat Ayam geprek Bu Rum sangat bervariasi bagi para pelanggannya.

4. Bakpia Kurnia Sari

bakpia kurnia sari

Bakpia Kurnia Sari adalah lain kuliner khas Jogja. Bakpia ini sejenis dengan kue bulan, tetapi terdiri dari isian kacang hijau, duren, coklat, keju, dan masih banyak lagi. Tak sekedar isian, namun Bakpia Kurnia Sari terkenal dengan tekstur kulit luarnya yang cukup tipis sehingga menjadi kelebihan tersendiri yang diincar para pecintanya. Bakpia Kurnia Sari telah lama menjadi oleh-oleh favorit wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Tak hanya di Jogja sendiri, bakpia ini sudah banyak didistribusikan hingga ke berbagai kota di Indonesia.

Baca Juga :   Menikmati Wisata Kuliner di Gunung Kidul, Yogyakarta

5. Gudeg Pawon

gudeg pawon

Kuliner khas Jogja lainnya yang sedang ngetrend di Instagram adalah Gudeg Pawon. Restoran ini awalnya adalah sebuah warung kecil yang berlokasi di Jalan Janturan. Namun, kini sudah menjadi salah satu tempat makan paling populer dan favorit di Jogja. Gudeg Pawon menggunakan cara memasak yang sangat tradisional dan bahan-bahan dari hasil alam. Selain itu rasa yang dihasilkan pun sangat enak, sehingga tak heran jika banyak pengunjung yang antri untuk mencobanya.

Itulah beberapa kuliner unik yang sedang ngetrend di Instagram Jogja. Bagi Anda yang ingin mencoba makanan-makanan tersebut, tidak ada salahnya untuk mencari referensi kuliner baru wajib dicicipi di media sosial Instagram tercinta kita.

Cafe dan Restoran Instagramable di Jogja


Cafe dan Restoran Instagramable di Jogja

Yogyakarta memang salah satu kota yang menjadi surga kuliner di Indonesia. Terdapat banyak tempat makan yang menjadi incaran para pelancong untuk mencicipi masakan dan menikmati suasana kota yang unik. Namun, di tengah pesatnya media sosial, tempat makan dengan dekorasi yang menarik menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang suka berfoto untuk diunggah di Instagram. Oleh karena itu, kami telah mengumpulkan beberapa kafe dan restoran Instagramable di Jogja yang wajib kamu kunjungi!

1. Mediterranean Kitchen Yogyakarta


Mediterranean Kitchen Yogyakarta

Terletak di Jalan Ki Mangunsarkoro No.59, Mediterranean Kitchen menawarkan kemewahan dan keunikan suasana. Dapur terbuka di bagian depan, membuat para tamu dapat melihat langsung bagaimana masakan mereka dipersiapkan. Setelah masakan siap, kamu juga bisa menikmatinya sambil menikmati dekorasi dari subtropis hingga suasana jungle. Lokasinya yang hanya 5 menit dari Maliboro membuat tempat ini sayang untuk dilewatkan saat berlibur ke Jogja. Cobalah masakan Yunani, Kibbeling, dan ceviche untuk memuaskan kenyamananmu.

2. Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum merupakan salah satu restoran legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1956. Tempatnya yang terletak di Jl. Wijilan No.167 menjadi tempat wajib bagi para pecinta makanan tradisional Jogja. Gudeg, sejenis sayur nangka yang berkisar manis dan pedas dihidangkan dengan nasi dan kuah santan. Restoran ini juga menawarkan suasana yang nyaman dengan interior yang tradisional dan wangi khas dari penggunaan kayu arang dalam memasak. Jangan lupa untuk mencoba satay telur puyuh, salah satu hidangan spesial yang merupakan favorit pengunjung setia. Meskipun sederhana, tempat makan ini tetap menjadi salah satu tujuan populer bagi wisata kuliner di Jogja.

3. Mediterranea Restaurant Yogyakarta


Mediterranea Restaurant Yogyakarta

Mediterranea Restaurant Yogyakarta tidak hanya dikenal untuk masakan lezatnya, namun juga untuk dekorasi interiornya yang unik dan mengesankan. Terletak di Jl. Tirtodipuran No.24, restoran ini memiliki gaya kontemporer dan elegan. Dari atap langit-langit kubah, patung patung di sudut hingga tata letak keramik, semua di tempat ini terpikirkan dengan sangat baik. Dapatkan pengalaman saat dine-in dan rasakan kelezatan dari hidangan mereka seperti lobster mentega, sapi panggang, dan cannelloni al funghi. Restoran ini sangat cocok untuk acara spesial seperti ulang tahun dan pertemuan bisnis. Dijamin kamu akan menjadi puas dengan hidangan dan dekorasi pada saat bersamaan.

4. Klinik Kopi


Klinik Kopi

Jika kamu suka kopi, maka Klinik Kopi harus masuk ke dalam daftar tempat yang ingin kamu kunjungi di Jogja. Terletak di daerah Kasongan, Bangunjiwo, tempat ini menawarkan kesegaran dan keunikan yang sulit didapatkan di tempat lain. Klinik Kopi menyajikan berbagai jenis kopi dengan rasa yang berbeda-beda yang menggoda lidahmu. Barista ahli di resotran ini memastikan meluangkan waktu dan perhatian khusus untuk para tamu mereka. Selain itu, tempat ini juga menyajikan tempat yang menawan untuk bersantai atau belajar di dekat area pohon palem. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang taman dan suasana yang tenang serta Instagramable.

5. Layar Seafood


Layar Seafood

Terletak di Pantai Depok, warung Layar Seafood hanya berjarak sekitar 15 menit dari pusat kota. Lokasi pesisir pantai membuat tempat ini memiliki udara segar yang terasa dimana-mana. Kalaupun terasa kepanasan, kamu masih bisa menikmati makanan kamu dengan meja terapung di atap area makan. Selain seafood segar seperti cumi-cumi dan Rajungan, ayam bakar dan kangkung juga menjadi hidangan terbaik. Nikmati hidanganmu diselingi pemandangan tampak menghadap ke laut. Perpaduan yang sempurna dari masakan yang lezat dan pemandangan yang indah membuat tempat ini amat cocok untuk bersantai dan merileksasikan diri.

Itu dia beberapa kafe dan restoran Instagramable di Jogja yang wajib kamu kunjungi. Selamat mencicipi kuliner khas Jogja dan merasakan sensasi di tempat-tempat yang menawan!

Review Kuliner Jogja Instagram yang Diburu Wisatawan


Kuliner Jogja Instagram

Kuliner Jogja memang terkenal dengan kenikmatan dan keunikannya. Tidak heran jika wisatawan lokal maupun mancanegara rela membatasi anggaran untuk mencicipi kuliner-kuliner yang ada. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi dan media sosial, kepopuleran kuliner jogja dapat dikesampingkan.

Instagram menjadi salah satu tempat yang paling sering dicari untuk tempat wisata kuliner, karena banyak sekali influencer yang mengunggah foto makanan yang enak dan menarik. Kuliner Jogja Instagram saat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berburu kuliner khas Jogja.

Baca Juga :   10 Kuliner Unik di Jogja yang Wajib Dicoba

Nah, berikut ini adalah beberapa kuliner Jogja Instagram yang diburu wisatawan:

1. Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang wajib dicicipi. Gudeg Yu Djum adalah salah satu tempat kuliner Jogja Instagram yang menjadi incaran wisatawan. Hidangan ini terkenal karena kelezatannya dan bumbu rempah-rempah yang khas. Selain itu, desain tempat makannya yang khas dan rustic membuat tempat ini semakin menarik.

2. Warung Bu Ageng


Warung Bu Ageng

Ingin memperoleh sensasi makan di warung pinggir jalan, namun dengan kualitas makanan yang lebih baik? Warung Bu Ageng adalah tempat yang tepat. Tempat ini merupakan salah satu kuliner Jogja Instagram yang hits. Terkenal dengan masakan tradisionalnya, seperti nasi liwet, rawon, dan sate kambing, Warung Bu Ageng berhasil meraih banyak pecinta kuliner.

3. Mangut Lele Mbah Marto


Mangut Lele Mbah Marto

Mangut lele adalah sajian khas Jogja yang terbuat dari bahan lele yang dimasak dengan bumbu khas sehingga rasanya benar-benar enak. Salah satu tempat kuliner Jogja Instagram yang menawarkan mangut lele terbaik adalah Mangut Lele Mbah Marto. Di sinilah pelanggan dapat menjumpai sensasi memasak mangut lele yang khas dan lezat yang diolah dengan bumbu rahasia keluarga.

4. Kopi Jos Pak Agus


Kopi Jos Pak Agus

Kopi Jos adalah fenomena khas Jogja yang memiliki rasa dengan ciri khas dan unik. Kopi ini dicampur dengan arang, yang membuat rasanya lebih kental dan sedap. Salah satu tempat kuliner Jogja Instagram yang menyediakan tempat khusus untuk minum Kopi Jos adalah Kopi Jos Pak Agus. Tempat ini sendiri terbilang unik karena tempatnya berada di jalan kecil dan tersembunyi.

5. Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak Pak Pong

Sate klathak adalah salah satu sajian khas Jogja yang berbeda dari sate yang biasa. Ini terletak dalam penggunaan tusuk sate berbahan kayu, jadi daging lebih kental dan rasanya lebih nikmat. Salah satu tempat kuliner Jogja Instagram yang menyajikan sate klathak terbaik adalah Sate Klathak Pak Pong. Sate ini terkenal karena bumbu rempah-rempahnya yang khas, yang membuatnya benar-benar enak.

Nah itu tadi lima kuliner Jogja Instagram yang sering dicari wisatawan lokal maupun mancanegara. Tentunya masih banyak kulinser Jogja yang lain yang tak kalah enak yang bisa kamu coba. Selain itu, hati-hati dengan tempat makan murahan yang tak memenuhi standard kesehatan ya. Selamat mencoba dan menjelajahi kuliner Jogja yang pedas dan lezat!

Tempat Makan Paling Instagenic di Jogja


Tempat Makan Paling Instagenic di Jogja

Jogja dikenal sebagai kota kuliner yang membuat semua orang terkagum-kagum dengan berbagai jenis makanannya. Jogja juga dikenal dengan tempat-tempat makan yang memiliki tampilan sangat menarik dan cocok untuk mengabadikan momen, terutama bagi mereka yang menggunakan Instagram. Berikut adalah tempat makan paling instagenic di Jogja.

1. Warung Kopi Klotok


Warung Kopi Klotok

Warung Kopi Klotok selalu menjadi tempat yang cocok untuk diminati oleh mereka yang menginginkan suasana yang alami dan tentram. Di warung ini, kamu akan disuguhi dengan kopi yang sangat enak dengan harga yang sangat terjangkau. Bagi mereka yang menginginkan tempat yang enak untuk bersantai dan berfoto, warung ini akan menjadi pilihan yang tepat.

2. Omah Dhuwur Resto


Omah Dhuwur Resto

Jika kamu ingin merasakan sensasi makan di tempat yang klasik dan tradisional, kamu bisa mencoba Omah Dhuwur Resto. Tempat ini memiliki unsur budaya yang kuat sehingga kamu bisa merasakan tradisi makan Jawa kuno. Selain itu, bangunan yang bersejarah serta kualitas masakan yang baik akan membuat kamu jatuh hati dan pasti ingin membagikan pengalamanmu dengan orang lain.

3. Mediterranea Resto


Mediterranea Resto

Bagi kamu yang pingin merasakan makanan dari benua Eropa tapi belum bisa nge-fly kesana, kamu bisa mengunjungi Mediterranea Resto. Tempat ini menawarkan masakan-khas Eropa dengan atmosfir yang menyenangkan dengan harga yang sangat terjangkau. Dan lagi, tampilan interior serta suasana yang sangat nyaman dan cozy cocok untuk menjadi tempat foto-foto yang seru dan penuh kenangan.

4. Kedai Kebun Forum


Kedai Kebun Forum

Kedai Kebun Forum mungkin sudah terkenal sebagai tempat makan yang menyajikan menu-menu yang enak dan lezat, tetapi tempat ini juga sangat cocok untuk menjadi tempat foto-foto yang instagenic dengan berbagai pilihan spot menarik yang siap memanjakan pengunjungnya. Kedai ini bergaya back-to-nature yang cocok untuk merefresh pikiran dan menjernihkan pandangan kamu.

5. Tembi Rumah Budaya


Tembi Rumah Budaya

Tempat makan ini memadukan dua unsur yang tak bisa dipisahkan, yaitu alam dan budaya. Tempat ini tak hanya menyajikan makanan saja, namun juga kesenian dan karya seni dai daerah yang diikutkan dalam menu makanannya. Selain itu, suasana yang tenang dan natural dengan interior yang minimalis dan modern akan membuat kamu merasa tenang pasca-jalan-jalan sehari penuh. Dijamin, kamu tak akan menyesal dan pasti sangat menginginkan foto-foto di tempat ini!

Itulah beberapa tempat makan paling instagenic di Jogja. Selain menikmati berbagai macam hidangan yang lezat, kamu juga bisa menjadi selebgram dengan mengabadikan momen makan di tempat-tempat yang menakjubkan ini dan membagikannya di Instagram. Semua tempat-tempat ini akan menjadi tempat favorit baik bagi para wisatawan maupun warga Jogja. Singkat kata, tempat-tempat ini mesti kamu datangi jika kamu ke Jogja!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button