Kuliner

Daftar Kuliner Jogja Hits Tahun 2023 yang Wajib Kamu Coba

Kuliner Jogja Hits yang Masih Bertahan Hingga 2023

Jogja, selain terkenal dengan wisata budaya dan sejarahnya yang kaya, juga dikenal dengan ragam kuliner khasnya yang sangat lezat. Bermacam variasi masakan khas Jogja dapat dengan mudah ditemukan di belahan kota mana saja. Entah itu makanan jalanan atau restoran mewah, semua tentunya memiliki kelezatan yang sangat istimewa dan unik. Berikut ini adalah beberapa kuliner Jogja hits yang masih bertahan hingga tahun 2023, yang wajib dicoba jika kamu berkunjung ke kota ini.

1. Gudeg Bu Tjitro

gudeg

Berbicara tentang kuliner Jogja yang hits, tentu tidak bisa melewatkan Gudeg Bu Tjitro. Pertama kali dibuka pada tahun 1925 oleh Tjitro, Gudeg Bu Tjitro menjadi salah satu kuliner khas Jogja yang paling terkenal sepanjang masa. Tekstur empuk dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Indonesia, disajikan bersama dengan ayam, telur, dan sambal krecek, menjadikan rasa Gudeg Bu Tjitro menjadi tak terlupakan. Warungnya sendiri sangat sederhana dengan tempat duduk yang terbuat dari bambu, berada di jalan Wijilan, Klojen, Yogyakarta.

Tidak perlu khawatir untuk mencari Gudeg Bu Tjitro, karena warungnya selalu ramai pengunjung setiap harinya. Apalagi saat malam hari, warung ini buka 24 jam penuh, cocok untuk kamu yang ingin menikmati kuliner di kala malam. Sedangkan untuk harga, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp20.000 hingga Rp35.000. Tentunya harga yang terjangkau untuk kuliner yang sangat istimewa dan hits tersebut.

Diprediksi Gudeg Bu Tjitro akan terus bertahan hingga tahun 2023. Selama bertahan lebih dari 95 tahun, membuat Gudeg Bu Tjitro menjadi salah satu warung kuliner paling laris dan legendaris di kota Jogja. Terlebih lagi, Gudeg Bu Tjitro tidak hanya menjadi favorit masyarakat lokal, tetapi juga para turis dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Menu Sumber Makanan Terbaik di Kuliner Jogja Hits 2023

Memiliki cita rasa yang khas dan terkenal dengan kuliner tradisional yang lezat, tidak mengherankan jika Jogja menjadi destinasi kuliner yang populer. Di tahun 2023 nanti, Jogja masih akan menjadi tujuan wisata kuliner utama, dengan banyak makanan hits yang dapat menjadi sajian utama dalam menu kuliner Jogja.

Namun, untuk menciptakan makanan terbaik di Jogja, sumber bahan makanan yang berkualitas harus didapat. Oleh karena itu, kita akan membahas bahan makanan terbaik yang akan menjadi menu unggulan dalam kuliner Jogja hits 2023. Berikut beberapa di antaranya!

1. Beras Merah

Beras merah telah menjadi bahan makanan yang terkenal di Indonesia, terutama di Jogja. Beras merah Jogja memiliki rasa yang khas dan lebih gurih daripada beras biasa. Makanan-makanan seperti nasi gudeg dan nasi liwet dapat menjadi lebih nikmat dengan menggunakan beras merah yang berkualitas ini.

2. Serai

Serai sangat terkenal di Jogja, bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu bahan makanan wajib dan khas di sana. Serai menjadi bumbu penting dalam berbagai makanan, seperti ayam goreng, soto, dan sayur lodeh. Oleh karena itu, serai akan menjadi salah satu sumber bahan makanan terbaik yang akan populer dalam kuliner Jogja hits 2023.

Untuk menghasilkan rasa yang lezat, pastikan untuk memilih serai yang masih segar dan harum. Serai yang kurang segar akan memberikan rasa yang kurang enak pada makanan.

3. Kacang Hijau

Kacang hijau sangat populer di Jogja, digunakan sebagai salah satu bahan dalam berbagai makanan tradisional, seperti bubur kacang hijau dan kolak. Kacang hijau sangat kaya akan nutrisi dan serat sehingga dapat memberikan manfaat penting bagi kesehatan.

4. Tempe

Tempe adalah makanan yang terkenal di Jogja dan merupakan sumber protein nabati yang baik. Tempe bisa dimakan langsung atau digunakan sebagai salah satu bahan dalam banyak masakan tradisional seperti oseng-oseng tempe, tahu tempe, dan sambal tempe. Kualitas tempe yang baik akan menghasilkan cita rasa yang lebih baik dan memberikan nilai gizi yang lebih baik pula.

Baca Juga :   Menyatu dengan Alam di Kuliner Jogja

5. Cabai

Cabai adalah bahan makanan yang tak terpisahkan dari kuliner Indonesia, termasuk Jogja. Banyak makanan khas Jogja, seperti sambal goreng krecek dan mie ayam, mengandung cabai sebagai salah satu bumbu utama. Ketersediaan cabai yang berkualitas akan meningkatkan citarasa makanan yang disajikan.

6. Daun Pandan

Daun pandan telah menjadi bahan makanan favorit di Indonesia karena memberikan aroma yang khas dan harum. Banyak makanan, seperti kue dadar, nasi uduk, dan pempek menggunakan daun pandan sebagai bahan penting. Oleh karena itu, daun pandan akan menjadi sumber bahan makanan terbaik yang banyak digunakan di kuliner Jogja hits 2023.

Itulah beberapa sumber bahan makanan terbaik yang akan banyak digunakan dalam kuliner Jogja hits 2023. Pastikan memilih sumber makanan terbaik dan berkualitas untuk menghasilkan kuliner terbaik dengan rasa yang nikmat dan khas.

Kuliner Jogja Hits 2023 bagi Pecinta Makanan Pedas

Jogja, yang juga dikenal dengan sebutan Yogyakarta, merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan beragam kuliner lezat. Kini, di tahun 2023, ada beberapa kuliner Jogja hits yang wajib dicoba oleh para pecinta makanan pedas. Berikut adalah beberapa daftar kuliner tersebut:

1. Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak

Sate Klathak Pak Pong adalah salah satu kuliner unggulan Jogja yang sudah populer di seluruh Indonesia. Sate ini terbuat dari daging sapi atau ayam yang dibumbui dengan racikan rempah khas Jogja dan disajikan dengan sambal pedas. Satenya yang besar dan berukuran jumbo menjadikan kuliner ini sangat cocok untuk disantap bersama keluarga atau teman-teman.

2. Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum merupakan suatu hidangan berbahan dasar nangka muda yang dimasak dengan kuah bersantan yang gurih. Untuk para pecinta makanan pedas, bisa menambahkan sambal krecek atau sambal goreng krecek sebagai pelengkapnya. Rasanya yang lezat dan bumbu yang kaya menjadikan gudeg Yu Djum sebagai kuliner Jogja hits yang tak pernah lekang oleh waktu.

3. Sop Buntut Super Pak Karmin


Sop Buntut

Sop Buntut Super Pak Karmin memiliki cita rasa yang khas dengan kuah yang sangat kental dan lezat. Biasanya, sop buntut disajikan dengan nasi atau roti, dan curry powder sebagai pelengkap untuk menambah rasa pedas pada kuahnya. Selain rasanya yang enak, sop buntut yang satu ini juga sangat cocok untuk menyempurnakan hangout bareng teman-teman.

Itulah dia beberapa kuliner Jogja hits 2023 yang cocok untuk para pecinta makanan pedas. Makanan-makanan tersebut sudah melegenda dan selalu menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Yuk, datang ke Jogja dan jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan tersebut untuk memuaskan hasrat kepedasanmu!

Pusat Kuliner Jogja Hits 2023 untuk Kuliner Keluarga

Yogyakarta memang tak pernah habis memberi kejutan bagi para wisatawan kuliner. Ada saja sajian yang menggugah selera di berbagai sudut kotanya. Tahun 2023 nanti, Jogja bakal semakin hits. Karena itu, kami akan membahas beberapa tempat kuliner yang wajib dikunjungi. Simak ya!

1. Kuliner di Jalan Malioboro

malioboro food street

Siapa yang tak kenal dengan Malioboro? Jalan ini adalah lokasi yang tak pernah sepi dan selalu jadi surga bagi penggemar kuliner. Di sini, pengunjung bisa menemukan makanan yang bervariasi, mulai dari wedang ronde hingga nasi kucing. Satu hal yang menarik, kuliner di Malioboro memiliki harga yang ramah di kantong. Pas banget buat kuliner keluarga.

2. Soto Ambengan Pak Sadi

soto ambengan

Bagi penggemar soto, Soto Ambengan Pak Sadi harus banget dikunjungi. Lokasinya di Jalan Kledung, Sleman. Soto Ambengan Pak Sadi terkenal dengan citarasa rempah dan bumbu yang pas. Untuk satu porsi soto, harganya sekitar Rp25.000. Harganya terbilang murah jika dibandingkan dengan kualitas sajian yang dihidangkan. Selain menyediakan soto ambengan, tempat ini juga menyediakan menu lain, seperti babat gongso dan sayur pepaya.

Baca Juga :   10 Pilihan Kuliner Jogja siang Hari yang Menggugah Selera

3. Bakmi Mbah Mo

bakmi mbah mo

Siapa yang tak kenal dengan Bakmi Mbah Mo? Nama ini sudah sangat terkenal. Warung bakmi ini terletak di Jalan Pandega Marta, Depok, Sleman. Sesuai namanya, warung ini ini telah berdiri sejak tahun 1990-an. Varian bakmi yang ditawarkan pun beragam, mulai dari bakmi goreng hingga bakmi bakar. Bakmi Mbah Mo juga terkenal dengan suasananya yang santai dan harganya yang terjangkau.

4. Warung Makan Padang Sederhana

warung makan padang sederhana

Menu nasi Padang juga dapat ditemui dengan mudah di Yogyakarta. Salah satu tempat kuliner yang menyediakan masakan Padang adalah Warung Makan Padang Sederhana. Lokasinya ada di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Sleman. Sajian nasi Padang di warung ini tidak ada duanya. Kemudian menu lain yang dapat dicoba adalah nasi campur dan mie Aceh. Selain itu, warung ini juga dijaga kebersihan dan kualitas makanan yang disajikan, sehingga aman bagi kesehatan.

5. Depot Seturan Kopikina

depot seturan kopikina

Depot Kopikina dapat temukan di Jalan Godean, Sleman. Sesuai namanya, di sini para pengunjung bisa menikmati kopi yang enak. Namun, selain kopi, mereka juga menyediakan makanan dengan rasa yang khas. Beberapa menu andalan di sini antara lain mie ayam, nasi goreng, dan roti bakar. Makanan di sini tidak hanya enak di lidah tetapi juga harganya cukup terjangkau.

Jadi, itulah daftar tempat kuliner yang hits di Jogja pada tahun 2023 nanti. Lokasinya mudah ditemukan dan sajian makanannya beraneka ragam. Tempat-tempat tersebut cocok untuk kuliner keluarga dengan anak-anak karena harganya terjangkau dan rasanya yang lezat. Selamat mencoba!

Kuliner Jogja Hits 2023 yang Cocok untuk Kulineran Malam Hari

Kota Jogja selalu menyajikan kuliner-kuliner yang menggugah selera. Mulai dari pagi hingga malam hari, pilihan kuliner selalu tersaji dengan indah di sana. Namun, perlu diketahui bahwa Jogja juga menawarkan beberapa jenis kuliner yang lebih cocok untuk disantap di malam hari. Berikut adalah beberapa kuliner Jogja hits 2023 yang bisa menjadi pilihan tepat untuk kulineran malam hari:

1. Sate Klathak Bu Tri

sate klathak

Hampir mirip dengan sate pada umumnya, sate klathak memiliki cita rasa yang berbeda. Sate ini terbuat dari daging sapi atau ayam, kemudian dipanggang dengan menggunakan arang. Selain itu, sate klathak juga disajikan dengan irisan tomat, bawang goreng, dan sambal yang sangat pedas. Anda dapat menemukan sate klathak Bu Tri di Jalan Imogiri Timur Km 6,5, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Lokasinya cukup strategis dan mudah ditemukan, jadi Anda tidak perlu khawatir kesulitan mencarinya.

2. Soto Kadipiro

soto kadipiro

Soto kadipiro sudah dikenal sejak lama dan menjadi salah satu kuliner khas Jogja. Terbuat dari campuran ayam, bihun, telur, dan potongan kentang, soto ini laris di kalangan pecinta kuliner Jogja. Khususnya di malam hari, suasana di Soto Kadipiro akan lebih ramai serta bebagai jenis makanan dan minuman siap dinikmati. Anda bisa menemukan Soto Kadipiro di Jalan Minomartani I/105B, Umbulharjo, Yogyakarta.

3. Bakso Kikil Pak Hadi

bakso kikil

Bagi pecinta bakso, tempat ini pasti sudah tidak asing lagi. Bakso Kikil Pak Hadi menjadi favorit masyarakat Jogja dalam waktu yang singkat. Bakso kikilnya yang kenyal dan kuah kaldu yang gurih membuat pengunjung selalu meminta ingin kembali ke sana. Di sana juga tersedia aneka jajanan yang bisa memenuhi keinginan Anda. Anda bisa menemukan Bakso Kikil Pak Hadi di Jalan Gejayan, Komplek Pertokoan Colombo T9 No. 9, Yogyakarta.

4. Nasi Kucing Walik

nasi kucing walik

Sekilas mungkin nasi kucing terlihat biasa saja, namun bila Anda mencicipi nasi kucing dari walik, Anda pasti akan merasakan perbedaannya. Menu yang disajikan beraneka-ragam dan sangat menggugah selera. Sajian nasi dengan lauk sederhana seperti sambel tempe dan ikan teri renyah, bisa membuat Anda lidah tenang. Anda bisa menemukan Nasi Kucing Walik di Jalan Kusumanegara, Gang Srikayangan No. 36B, Yogyakarta.

5. Ayam Goreng Suharti

ayam suharti

Masih ada satu lagi kuliner Jogja hits 2023 yang harus Anda coba yaitu ayam goreng Suharti. Ayam goreng yang renyah dan kulit ayam yang kering dan gurih, membuat siapa saja tidak bisa menahan untuk tidak mencobanya lagi. Selain ayam goreng, ada banyak menu lainnya seperti nasi goreng dan sate. Anda bisa menemukan Ayam Goreng Suharti di Jalan Affandi, Gejayan, Yogyakarta.

Kota Jogja memang selalu menawarkan kuliner-kuliner enak. Namun, saat mencicipi kuliner Jogja hits 2023 yang cocok untuk kulineran malam hari, pasti akan menghadirkan sensasi dan pengalaman yang berbeda dari sebelumnya. Selamat mencoba!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button