Kuliner

Kuliner Jogja: Mencicipi Lezatnya Kuliner Tradisional

Sate Klathak Mbah Soero: Sate Enak yang Terkenal di Jogja

Siapa yang tidak kenal dengan Sate Klathak Mbah Soero? Makanan legendaris ini sudah terkenal di Jogja bahkan hingga mancanegara. Soto Klathak Mbah Soero berlokasi di selatan kota Jogja, yaitu di Jalan Imogiri Timur km 5,7, Bantul, Jogja. Makan malam di sini sangat populer dan selalu ramai oleh pelanggan setiap harinya.

Sate Klathak terkenal dengan rasanya yang enak, bumbu yang meresap sempurna pada daging, dan dangan pilihan bumbu. Daging yang digunakan pun sangat berbeda dari sate-sate pada umumnya, yakni daging sapi atau kambing yang dipotong agak besar. Satu porsi sate Klathak terdiri dari sepuluh tusuk daging beserta dengan kerupuk dan sedikit lalapan.

Sate Klathak Mbah Soero

Keunikan dari sate Klathak adalah Klathak-nya yang berarti batu alam. Alat panggang untuk menu andalan ini adalah batu alam yang sangat panas sehingga membuat daging cepat matang dan mengeluarkan aroma sempurna dari sate Klathak. Proses pembuatan sate Klathak yang cukup sulit dan memakan banyak waktu dan tenaga ini membuat cita rasa sate Klathak menjadi sangat khas dan tak terlupakan.

Selain sate Klathak, menu andalan lainnya yang juga tidak kalah nikmat adalah nasi klathak bisa dijadikan pilihan sebagai menu berat. Nasi Klathak terdiri dari nasi biasa yang di kukus dengan daun pisang agar wangi dan aroma daun seperti mencium hutan hujan tropis. Nasi Klathak terkenal dengan sedikit kasam dan kecutnya yang berpadu dengan sensasi barikteus yang hadir di lidah kamu.

Ketika kamu berkunjung ke Jogja, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi sate Klathak Mbah Soero yang legendaris ini.

Kuliner Malam di Jogja: 5 Tempat Terbaik untuk Hangout

Jogja selalu menjadi destinasi wisata kuliner bagi banyak orang. Apalagi saat malam hari, suasana menjadi semakin menyenangkan dengan lampu-lampu kecil yang bersinar di setiap sudut kota. Ini adalah waktu yang tepat untuk mencari kuliner malam Jogja yang enak dan cocok untuk hangout bersama teman-teman atau keluarga. Berikut adalah 5 tempat terbaik di Jogja untuk kulineran malam hari.

Mie Ayam Gajah Mada

1. Mie Ayam Gajah Mada

Mie Ayam Gajah Mada terletak di Jalan Gajah Mada, Jogja. Tempat ini menyajikan mie ayam yang lezat dengan harga yang sangat terjangkau. Rasanya yang enak dan porsinya yang besar membuat tempat ini selalu ramai pengunjung. Keunikan dari mie ayam ini terletak pada bakar kecap yang ditaruh di atasnya. Kuliner Jogja satu ini cocok bagi kamu yang suka mie dan ingin mencari pilihan makan malam yang murah dan enak.

Mie Lethek

2. Mie Lethek Mbah Gito

Bukan hanya mie ayam, Jogja juga dikenal dengan mie khasnya yang melambangkan citra kuliner kota ini. Salah satunya adalah Mie Lethek Mbah Gito yang berlokasi di Jalan Imogiri Timur, Bantul. Mie lethek Jogja disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari daging sapi dan bumbu rempah khas Jogja. Porsi mie lethek di Mbah Gito juga sangatlah melimpah. Kamu bisa menambahkan kerupuk atau sambal sebagai pelengkap. Tempatnya yang nyaman dan sederhana membuat kamu betah berlama-lama di sini.

Kopink Centhini Café

3. Kopink Centhini Café

Jika kamu ingin mencari tempat yang nyaman dan instagramable untuk hangout malam hari, Kopink Centhini Café bisa menjadi pilihan. Lokasinya berada di Jalan Suryodiningratan Nomor 37 B, Mantrijeron. Tempatnya yang vintage dan retro membuat kamu merasa seperti sedang berada di sebuah ruang tamu yang cozy. Disini kamu bisa mencoba berbagai macam minuman kopi, teh atau cokelat dengan harga yang terjangkau. Selain minuman, ada juga berbagai pilihan makanan ringan seperti pisang goreng dan keripik singkong yang cocok dijadikan teman ngobrol bersama teman-teman.

Johnny & Nyonya

4. Johnny & Nyonya

Johnny & Nyonya merupakan restoran yang menawarkan berbagai macam makanan tradisional khas Solo dan Jogja. Restoran ini berlokasi di Jalan Laksda Adisutjipto, Depok. Tempatnya bertema vintage yang membuat kamu merasakan suasana Jadul dan eksotis di Jogja. Berbagai sajian khas seperti nasi timbel, soto ayam atau sate khas Jogja bisa kamu temukan di sini. Selain itu, harga yang terjangkau membuat tempat ini selalu dicari oleh wisatawan.

Gudeg Yu Djum

5. Gudeg Yu Djum

Tidak lengkap rasanya bila berkunjung ke Jogja tanpa mencicipi makanan khasnya. Salah satu kuliner Jogja yang wajib dicoba adalah gudeg. Di Jogja, Gudeg Yu Djum bisa menjadi pilihan yang tepat. Gudeg Yu Djum terletak di Jalan Wijilan No. 167, Kota Yogyakarta. Rasanya yang manis dan gurih dengan pilihan daging atau telur membuat pengunjung kembali untuk mencicipinya. Porsinya yang cukup besar bisa dijadikan makan malam yang mengenyangkan. Suasananya yang rustic dengan tempat duduk yang terbuat dari bambu membuat kamu merasa berada di rumah adat.

Itulah 5 tempat terbaik di Jogja untuk mencari kuliner malam hari yang cocok untuk hangout bersama teman-teman atau keluarga. Selain itu, Jogja juga menyediakan banyak tempat kuliner lainnya yang bisa dieksplorasi. Yuk, jangan ragu-ragu untuk mencoba kuliner Jogja dan menikmati suasana malam kota yang menyenangkan.

Tidak Hanya Gudeg, Inilah 7 Jenis Kuliner Khas Jogja yang Patut Dicoba

Jogja tidak hanya terkenal dengan Gudeg-nya saja, namun masih banyak jenis kuliner lain yang layak dicoba. Berikut adalah 7 jenis kuliner khas Jogja yang sanggup memanjakan lidah para penggemarnya.

1. Sate Klatak


Sate Klatak Image

Bagi para pecinta sate, Sate Klatak adalah salah satu menu wajib yang harus dicoba. Dibandingkan dengan sate pada umumnya, sate klatak memiliki ciri khas yakni menggunakan daging sapi tanpa lemak yang langsung dibakar di atas bara api arang kayu. Tidak hanya diberi bumbu kecap manis, sate klatak juga dilengkapi dengan sambal terasi yang pedas. Tidak sulit menemukan kuliner satu ini di sepanjang Jalan Wonosari atau di kawasan Jalan Monjali.

2. Soto Gading


Soto Gading Image

Soto Gading mungkin belum sepopuler Soto Kadipiro atau Soto Ayam Bu Djum, namun tidak kalah enaknya. Soto Gading terletak di Jalan Gading, Gowongan, Jetis. Menu satu ini berbeda dari soto pada umumnya karena di dalamnya terdapat potongan daging sapi, hati, dan limpa yang sudah disuwi.

3. Bakpia


Bakpia Image

Kuliner khas Jogja yang satu ini wajib dicoba saat berkunjung ke Jogja. Bakpia merupakan camilan kering dengan isi kacang hijau atau meses. Di Jogja, bakpia yang terkenal adalah bakpia pathuk. Ada beberapa jenis rasa yang ditawarkan, seperti rasa cokelat, keju, kopi, dan masih banyak lagi. Anda bisa langsung mencarinya di sepanjang Jalan Malioboro atau Jalan Wiratama.

Selain bakpia pathuk, masih ada beberapa produsen bakpia yang patut Anda kunjungi ketika ke Jogja, seperti Bakpia Kukus dan Bakpia Kurnia Sari. Bakpia Kukus memiliki tekstur yang lembut dan lebih banyak isinya, sementara Bakpia Kurnia Sari menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi, seperti kacang hijau, gula halus, dan mentega.

4. Sop Merah


Sop Merah Image

Sop Merah adalah kuliner khas Yogyakarta yang terdiri dari daging sapi yang dimasak dalam kuah kaldu asem yang merah. Kuahnya yang khas berperisa asam karena bahan utamanya adalah asam Jawa. Biasanya ditambahkan juga dengan tomat, daun katuk, dan juga irisan kentang di dalamnya.

Jika Anda ingin mencoba Sop Merah yang enak, datang saja ke Sop Merah Pak Min. Berlokasi di Jalan Letjend Suprapto No. 55, dekat PPG di kawasan Ringroad Utara. Sop Merah Pak Min memang terkenal diantara wisatawan karena daging yang mereka gunakan berasal dari daging sapi segar yang diolah dengan bumbu yang lezat.

5. Es Kopyor


Es Kopyor Image

Es Kopyor merupakan minuman dari kelapa dengan daging kelapa yang diparut halus sehingga memiliki tekstur yang unik. Ditambah dengan sirup gula merah, cincau, dan juga serutan es yang membuat es kopyor menjadi minuman yang sangat segar. Di Jogja, Anda bisa menemukan Es Kopyor yang enak dan segar di Jalan Kaliurang dan Jalan Seturan.

6. Gudeg Mbah Lindu


Gudeg Mbah Lindu Image

Gudeg Mbah Lindu adalah salah satu tempat makan gudeg paling terkenal di Yogyakarta. Lokasinya berada di daerah Jalan Wijilan No. 47. Gudeg yang disajikan di sini memang terasa berbeda dari gudeg yang lain, karena bumbu yang mereka gunakan pas dan tidak terlalu matang sehingga daging dan nangka tidak terlalu lembek atau, dalam bahasa Jawa, masih ‘ngilu’. Bumbu yang mereka gunakan diolah dengan Gayung (Batu Giling) tanpa menggunakan blender atau food processor, karena mereka ingin menjaga kualitas rasa dan aroma bumbu gudeg yang tengar sehingga fokus penjualan mereka ke kualitas daripada kuantitas.

7. Bakso Bakar Pak Man


Bakso Bakar Pak Man Image

Bagi Anda yang pecinta bakso, harus datang ke Bakso Bakar Pak Man yang terletak di Jalan Ipda Tut Harsono, Giwangan. Bakso yang disajikan di sini memang sedikit berbeda dari bakso pada umumnya karena diolah dengan cara dibakar. Hasilnya, bakso menjadi lebih kering dan kriuk-kriuk.

Selain itu, bakso bakar ini biasanya dilengkapi dengan mie, tahu, siomay, dan juga sambal yang bikin ngiler. Tidak heran jika Bakso Bakar Pak Man selalu ramai dikunjungi oleh penggemarnya.

Sensasi Kuliner Unik dan Menyegarkan di Jogja: Nikmati 5 Es Khas Ini

Selain makanan yang banyak dijual di Jogja, minuman yang unik dan menyegarkan juga tidak kalah populer. Salah satu minuman yang cocok dinikmati di cuaca panas adalah es. Nah, di Jogja ada beberapa es khas yang wajib kamu coba. Apa saja yah?

1. Es Dawet Telasih


Sudah pasti kamu tidak asing dengan es dawet. Es dawet adalah minuman khas Indonesia yang terkenal dengan rasa manis dan segarnya. Nah es dawet telasih ini dijual dengan harga yang cukup murah yaitu Rp 5.000 rupiah. Cocok banget untuk yang lagi tidak punya banyak uang nih. Minuman ini terdiri dari dawet yang dicampur dengan kelapa muda dan gula merah yang dicairkan dan diaduk. Untuk rasa telasih biasanya dicampurkan pada topingnya.

2. Es Kopyor


Siapa yang tidak kenal dengan es kopyor? Minuman ini terdiri dari kelapa muda yang diisi dengan es serut yang dicampur dengan susu dan gula jawa. Toppingnya biasanya diberi selai kelapa yang kental, karena kelapa dan susunya sudah cukup manis, jadi selai itu tidak terlalu banyak. Rasanya sangat segar dan cocok untuk kamu yang ingin menyegarkan diri di cuaca panas. Untuk harganya, kamu bisa mendapatkannya dengan harga berkisar Rp 10.000-15.000 rupiah.

3. Es Oyen


Minuman ini diketahui sebagai salah satu minuman yang menyehatkan karena terbuat dari bahan-bahan alami seperti daun pandan, gula merah dan garam alam. Toppingnya terdiri dari taburan kacang hijau dan ketan hitam sehingga rasanya sangat unik dan berbeda dari jenis-jenis minuman es pada umumnya. Kamu bisa menemukan es oyen di dua tempat yaitu di wilayah Bantul dan Sleman dengan harga Rp 5.000 rupiah.

4. Es Gempol Pleret


Jenis minuman ini asalnya berasal dari daerah Pleret, Bantul. Es Gempol terdiri dari campuran tepung hunkwe dan gula merah yang dibentuk bulat dan kemudian dicampur dengan kelapa muda. Toppingnya terdiri dari parutan jagung, kacang hijau, tepung ketan, dan gula jawa cair. Rasanya sangat lezat dan cocok dijadikan menu sahur untuk yang menjalankan puasa. Kamu bisa membelinya seharga Rp 10.000 rupiah.

5. Es Selendang Mayang


Minuman ini juga tidak kalah unik dari jenis-jenis es lainnya. Berasal dari daerah Klaten, Minuman ini terdiri dari campuran mayang (beras ketan yang dibentuk bulat kecil) yang ditemukan dalam kaldu santen, dan gula merah cair. ditemukan juga irisan daging kelapa dan potongan gempol atau kolak. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp 5.000 rupiah.

Itulah 5 minuman es khas Jogja yang segar dan enak. Yuk coba semua minuman ini bareng teman-temanmu selagi berada di Jogja!.

Kuliner Sehat di Jogja: 7 Restoran dan Warung dengan Pilihan Menu Healthful

Jogja selalu menjadi kota yang menarik bagi para wisatawan untuk melakukan perjalanan kuliner. Selain terkenal dengan masakan khasnya yang lezat, Jogja juga memiliki banyak tempat makan yang menyediakan menu sehat bagi para pengunjung yang sedang menjalani gaya hidup sehat. Berikut adalah tujuh restoran dan warung makan di Jogja yang menyediakan menu sehat yang dapat kamu coba:

1. Backyard Healthy Eating

Foto Backyard Healthy EatingBackyard Healthy Eating menyediakan berbagai menu sehat yang terbuat dari bahan-bahan organik dan segar. Pilihan menu yang disediakan antara lain nasi goreng sayur, salad kacang merah, dan banyak lagi. Selain itu, Backyard Healthy Eating juga dikenal dengan suasana tempat makan yang nyaman dan Instagramable.

2. Kedai Sehat Bening

Foto Kedai Sehat BeningBerlokasi di Jalan Kaliurang, Kedai Sehat Bening menyediakan berbagai jenis makanan sehat seperti smoothie, salad, dan nasi goreng brown rice. Semua menu yang disajikan dibuat dengan bahan-bahan segar dan sehat. Kamu dapat merasakan sensasi makan sehat yang enak di kedai makan yang bersih dan nyaman.

3. Warung Temon Hani

Foto Warung Temon HaniWarung Temon Hani menyajikan makanan sehat dengan cita rasa yang tak kalah lezat dengan masakan tradisional. Menu yang disediakan antara lain nasi merah, sayur bayam, dan tempe mendoan. Selain itu, Warung Temon Hani juga dikenal dengan harga yang terjangkau dan mudah dijangkau karena berada di pusat kota Jogja.

4. Warung Super Sayur

Foto Warung Super SayurWarung Super Sayur menawarkan makanan sehat yang cocok bagi para vegetarian dan vegan. Menu yang tersedia antara lain nasi goreng seitan, salad sayur segar, dan jus buah segar. Semua menu yang disajikan dibuat dengan bahan-bahan alami dan tanpa menggunakan bahan pengawet atau pewarna buatan. Selain itu, Warung Super Sayur juga dikenal dengan harga yang ramah di kantong.

5. Dapoer Kampoeng Joglo

Foto Dapoer Kampoeng JogloDapoer Kampoeng Joglo adalah tempat makan yang menawarkan menu sehat dengan cita rasa khas Jogja. Salah satu menu yang disediakan adalah soto ayam kampung, dimana bahan yang digunakan adalah ayam kampung organik yang sehat dan segar. Seluruh menu yang disajikan di Dapoer Kampoeng Joglo juga tidak menggunakan bahan pengawet atau bahan kimia berbahaya. Bukan hanya sehat, makan di sini juga akan memberikan pengalaman kuliner yang berbeda.

6. Balcony Resto

Foto Balcony RestoBerlokasi di kawasan Malioboro, Balcony Resto menyajikan makanan sehat dengan variasi pilihan yang banyak. Menu yang tersedia meliputi salad segar, nasi goreng sayur, dan sup ayam. Semua menu yang disediakan menggunakan bahan-bahan alami yang segar dan diproses dengan cara yang sehat dan higienis. Selain itu, Balcony Resto juga menawarkan suasana santai dan pemandangan indah dari sudut kota Jogja.

7. B2 Healthy Cafe & Resto

Foto B2 Healthy Cafe & RestoB2 Healthy Cafe & Resto terletak di kawasan Gejayan, Jogja dan menawarkan berbagai makanan sehat dengan cita rasa yang enak. Seluruh menu yang disajikan dibuat dengan bahan-bahan segar dan alami seperti salad buah segar, nasi goreng sayur, dan bakery sehat. Selain itu, B2 Healthy Cafe & Resto juga dikenal dengan suasana yang cozy dan layanan yang ramah.

Nah itu dia salah satu kuliner sehat yang bisa kamu coba saat sedang di Jogja. Selain memanjakan perut, dengan makan di tempat makan tersebut kamu juga dapat menunjang hidup sehat yang merupakan suatu hal yang penting dilakukan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button