Kuliner

Kuliner Jogja Extreme: Menikmati Sensasi Kuliner yang Tidak Biasa

Kuliner Ekstrem di Jogja: Menu yang Bikin Lidah Bergoyang

Jogja selalu menjadi kota destinasi kuliner yang populer di Indonesia. Selain makanannya yang lezat dan terkenal enak, kota ini juga memiliki banyak pilihan makanan ekstrem yang tidak hanya menggugah selera tetapi juga memberikan pengalaman yang seru untuk dicoba. Berikut ini adalah beberapa pilihan kuliner ekstrem di Jogja yang bisa bikin lidah bergoyang.

kuliner jogja

1. Sego Kucing Pedas

Sego Kucing merupakan makanan khas Jogja yang cukup populer. Namun, ada satu tempat yang menjual Sego Kucing Pedas yang super ekstrem, yaitu Warung Sego Kucing Tengkleng Klewer. Makanan ini terdiri dari nasi kecil yang disajikan dalam piring kecil dan disajikan dengan lauk yang bervariasi, seperti ayam goreng, tempe bacem, tahu, dan masih banyak lagi. Namun, yang membuat versi pedas ini ekstrem adalah sambalnya yang sangat pedas. Lidah akan terbakar sampai ke tenggorokan, tetapi Anda pasti akan merasa ketagihan dengan pedasnya yang menggigit ini.

Untuk mendapatkan Sego Kucing Pedas ini, Anda harus siap mengantri karena setiap harinya tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh pelanggan. Harga satu porsi Sego Kucing Pedas dibanderol sekitar Rp 10.000,- saja. Namun, pastikan Anda membawa minuman yang manis untuk menghilangkan rasa pedasnya.

2. Mie Ayam Gondolayu

Mie Ayam memang bukan lagi makanan yang asing bagi para pecinta kuliner di Indonesia. Namun, di Jogja ada satu tempat yang mengubah konsep biasa Mie Ayam menjadi ekstrem, yaitu Mie Ayam Gondolayu. Mie Ayam ini dihidangkan dengan kuah bening yang terbuat dari campuran kaldu ayam yang kental, bumbu-bumbu rempah, serta taburan kerupuk dan bawang goreng. Yang membuatnya ekstrem adalah penggunaan cabai rawit yang sangat pedas sebagai bumbu tabur.

Anda akan merasakan sensasi pedas dan nikmat pada lidah Anda ketika menjamu Mie Ayam Gondolayu. Porsi mie dan kuahnya cukup manyak dan bisa menjadikan kenyang hingga siang hari. Harga satu porsi Mie Ayam Gondolayu sekitar Rp 20.000,- saja.

3. Gudeg Pawon

Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka matang dengan rempah-rempah dan santan yang kental. Salah satu tempat yang menjual gudeg yang patut dicoba adalah Gudeg Pawon. Konsep dari tempat ini adalah makanan dihidangkan langsung dari dapur ke meja makan, sehingga pengunjung bisa merasakan gudeg dalam keadaan panas dan sangat fresh.

Yang membuat Gudeg Pawon ekstrem adalah porsinya yang super besar dan lauk yang sangat lengkap. Harga satu porsi Gudeg Pedas sekitar Rp 30.000,- saja. Anda juga bisa memesan nasi yang berukuran raksasa untuk menikmati gudeg dengan cara yang unik.

Itulah beberapa pilihan kuliner ekstrem di Jogja yang bisa bikin lidah bergoyang. Jika Anda suka mencoba makanan yang baru dan suka dengan rasa pedas, maka tidak ada salahnya mencoba ketiga makanan di atas. Selamat mencoba dan jangan lupa membawa minuman manis untuk mengatasi rasa pedasnya!

Sajian Kuliner Jogja yang Bikin Adrenalinemu Kenaikan

Yogyakarta adalah kota yang menyimpan banyak keunikan dan keindahan, tidak terkecuali di dalam kulinerannya. Selain kuliner yang lezat, ada juga sajian kuliner jogja yang bisa memacu adrenalinmu sampai kenaikan. Mau tahu apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Gudeg Mbah Lindu


Gudeg Mbah Lindu

Nama Mbah Lindu sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta kuliner jogja. Gudeg Mbah Lindu yang dijual di Gang Jangkrik, Wirobrajan, ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh gudeg yang lain. Gudeg Mbah Lindu ini menggunakan bahan-bahan yang halal dan terjamin kualitasnya, mulai dari daging sapi, kulit ayam, daging ayam, hingga telur pindang.

Tetapi, yang membuat Gudeg Mbah Lindu ini berbeda dari yang lain adalah cara penyajiannya. Gudeg Mbah Lindu dihidangkan di dalam sepucuk senapan angin yang telah dibersihkan. Hal ini memang sengaja dilakukan untuk memberikan sensasi dan pengalaman yang berbeda kepada pelanggan. Sehingga, tidak heran jika Gudeg Mbah Lindu termasuk dalam kategori sajian kuliner jogja yang memberikan pengalaman dan adrenalin yang berbeda.

2. Rujak Petis Bu Asih


Rujak Petis Bu Asih

Rujak Petis Bu Asih yang terletak di Jalan Wates, Bantul, juga termasuk dalam sajian kuliner jogja yang bisa memacu adrenalinmu. Terlebih jika kamu membeli rujak petis ini pada malam hari, karena tempatnya yang terletak di pinggir jalan dan minim akan penerangan membuat pengalaman membeli rujak petis ini menjadi lebih menantang.

Walaupun tempatnya yang sederhana dan minim penerangan, tapi jangan salah, rujak petis Bu Asih ini sangat enak. Rasa manis, asam, dan pedas yang terpadu dengan sempurna membuat rujak petis ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mencicipi sajian kuliner jogja yang berbeda.

Namun, bagi kamu yang ingin membeli rujak petis Bu Asih yang ada di pinggir jalan ini, pastikan kamu tidak menyeberang jalan sembarangan karena lokasinya yang berada di depan Jembatan Gantung Krapyak yang sangat ramai. Selalu prioritaskan keselamatanmu di atas segalanya ya.

3. Sate Klathak Bu Asih


Sate Klathak Bu Asih

Di dalam kuliner jogja tidak hanya ada makanan atau minuman yang termasuk dalam golongan manis, ada juga makanan yang gurih seperti sate klathak cukup terkenal. Sate Klathak Bu Asih yang terletak di Jalan Godean, KM 4,5, terkenal dengan sajian sate klathaknya yang enak dan rasanya yang berbeda dari sate klathak yang lain.

Yang membuat sate klathak Bu Asih ini menjadi berbeda adalah penggunaan daging sapi muda yang diiris tipis-tipis seperti mie tipis. Kemudian, daging sapi tersebut disajikan bersama dengan sambal kecap khas jogja, hingga menambah kelezatan dari sajian kuliner jogja yang satu ini.

Tetapi, jika kamu ingin merasakan adrenalin membeli sate klathak Bu Asih, kamu dapat datang pada saat hari kerja. Karena lokasinya yang terletak di pinggir jalan, maka pada saat hari libur atau akhir pekan, akan sangat ramai dan membuatmu harus rela antri cukup lama.

Itulah sajian kuliner jogja yang bisa memacu adrenalinmu sampai kenaikan. Selain membuat perutmu kenyang, sajian kuliner jogja yang ada di Yogyakarta juga memberikan pengalaman yang berbeda dan menyenangkan. Jadi, mana yang akan kamu coba duluan?

Sisi Lain Kuliner Tradisional Jogja yang Penuh Tekstur dan Rasa

Berkunjung ke Jogja tak hanya sekadar menikmati wisata warisan budaya yang ada, tetapi juga mengeksplorasi kuliner khasnya. Dari banyaknya kuliner khas Jogja yang terkenal, tak sedikit di antaranya menawarkan sensasi extreme bagi para pelanggannya. Sensasi ini muncul karena menawarkan sensasi rasa yang sangat berbeda dari yang biasa dijumpai.

1. Bakpia Pathok 25 yang Berasa Gurih-Gurih Asin

Bakpia Pathok

Bakpia Pathok telah menjadi camilan yang sering diburu oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Tetapi tahukah kamu bahwa bakpia Pathok yang paling terkenal adalah yang berasa gurih-gurih asin?

Umumnya, bakpia yang ada di pasaran adalah bakpia dengan isian kacang hijau atau cokelat. Tetapi bakpia Pathok 25 menawarkan varian rasa gurih-gurih asin yang membuatnya berbeda dari yang lainnya.

Bagi para penggemarnya, bakpia Pathok 25 yang gurih-gurih asin ini sangat cocok untuk dinikmati dengan kopi atau teh, apalagi bagi pecinta rasa asin yang unik.

2. Es Krim Pak Wito yang Melegenda

Es Krim Pak Wito

Jika mencari kuliner legendaris di Jogja, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi Es Krim Pak Wito. Es krim buatan tangan ini sudah melegenda di Jogja sejak awal tahun 90-an dan masih menjadi favorit hingga saat ini.

Es krim Pak Wito dibuat dengan racikan khusus dalam beberapa varian rasa. Selain rasanya yang disajikan dalam jumlah yang sangat banyak, es krim ini juga sudah melegenda karena menggunakan bahan-bahan alami tanpa zat pengawet dan pewarna buatan.

Dalam pembuatan varian rasa es krimnya, Pak Wito sangat konsisten dalam mempertahankan citarasa yang khas. Sehingga bagi penggemarnya, es krim Pak Wito tidak akan terasa jenuh bahkan untuk dinikmati secara berulang-ulang.

3. Satay Klatak yang Pedasnya Menembus Batas!

Sate Klatak

Jangan sepelekan Sate Klatak, kuliner khas Jogja ini memang terkenal dengan cita rasa pedasnya yang bikin nagih. Sate Klatak sendiri merupakan sate daging yang diolah dengan cara yang cukup unik.

Daging sate ini dipanggang dengan jarang atau jala dengan api yang besar dan dalam waktu yang singkat. Hal ini membuat dagingnya yang masih setengah matang terasa lebih kenyal dan lembut.

Tetapi bukan itu saja keistimewaan dari Sate Klatak. Aroma daun kemiri dan serai begitu kental sehingga menambah selera untuk segera mencicipinya. Sate Klatak disajikan dengan sambal kacang bumbu rempah dan nanas, membuat rasa pedas dan segar bercampur menjadi satu dalam mulut.

Bagi pecinta makanan pedas, Sate Klatak ini bisa dijadikan sebagai alternatif untuk memacu adrenalin dalam mencicipi sensasi kuliner Jogja yang extreme.

Kuliner tradisional Jogja memang terkenal dengan cita rasanya yang khas dan unik. Tetapi dengan adanya kuliner extreme seperti Bakpia Pathok 25, Es Krim Pak Wito, dan Sate Klatak menjadikan wisata kuliner di Jogja semakin menarik untuk dijelajahi. Selamat mencoba!

Kuliner Jogja Extreme: Tempat Makan yang Menantang Selera

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan keindahan wisatanya, tetapi juga pesona kuliner yang menarik selera. Ada banyak varian makanan khas Jogja yang bisa kamu cicipi, namun bagi kamu yang mencari pengalaman makan yang lebih ekstrem, berikut adalah beberapa tempat makan yang bisa kamu coba:

1. Ayam Gepuk Ny. Lilis


Ayam Gepuk Ny. Lilis

Siapa sih yang tidak kenal Ayam Gepuk? Makanan yang terkenal dengan level pedasnya ini memang pantas disebut sebagai salah satu kuliner Jogja yang paling extreme. Di Ayam Gepuk Ny. Lilis, kamu bisa memesan ayam gepuk dengan tingkat pedas 1-5 dimana tingkat 1 saja sudah cukup untuk membuat lidahmu panas.

Selain ayam gepuk, tempat ini juga menyediakan varian menu lain seperti ikan, tahu, tempe, dan masih banyak lagi. Jangan lupa juga untuk mencoba sambalnya yang super pedas.

2. Mendoan Sastro


Mendoan Sastro

Mendoan adalah salah satu makanan khas Jogja yang terbuat dari bahan dasar tahu dengan balutan tepung yang digoreng dan disajikan dengan sambal kecap. Namun, jika kamu ingin mencoba mendoan yang lebih berbeda, Mendoan Sastro adalah pilihannya.

Mendoan yang disajikan di sini lebih kecil dan tipis, tetapi memiliki rasa yang lebih kaya dengan tambahan bumbu rahasia dari sang pemilik. Oh ya, jangan lupa untuk mencicipi sambal khasnya yang pedasnya bikin nagih.

3. Gudeg Pawon


Gudeg Pawon

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan berbagai rempah pilihan sehingga menghasilkan rasa yang manis dan gurih. Namun, jika kamu ingin mencicipi gudeg yang lebih “wah”, Gudeg Pawon bisa menjadi pilihanmu.

Gudeg di sini dimasak menggunakan kayu bakar tradisional dan disajikan di keramik, membuat rasanya lebih khas dan istimewa. Selain gudeg, kamu juga bisa mencoba menu lain seperti nasi liwet dan ayam goreng.

4. Warung Sate Padang Pak H. Suharto


Warung Sate Padang Pak H. Suharto

Sate Padang mungkin bukan makanan khas Jogja, namun warung ini patut kamu coba jika kamu menginginkan pengalaman makan yang menantang selera. Sate-sate yang ditawarkan di sini terlihat biasa saja, tetapi jangan tertipu karena sate-sate ini memiliki level pedas yang luar biasa.

Selain pedas, sate-sate di sini juga sangat enak dan memiliki rasa yang kuat dari bumbu rempah yang digunakan. Oh ya, kamu juga bisa memesan nasi goreng sate yang juga paling disukai oleh para pelanggannya.

Nah, itu dia beberapa tempat makan yang dapat menjadi pilihanmu jika kamu mencari pengalaman makan yang lebih ekstrem di Yogyakarta. Jangan lupa untuk menyiapkan minuman segar untuk menetralisir rasa pedasnya ya!

Kuliner Jogja yang Sangat Pedas dan Berani Tantang Lidahmu

Kuliner Jogja adalah salah satu yang paling terkenal di Indonesia. Namun, salah satu ciri khas makanan di Jogja adalah rasa pedas yang sangat menggigit dan berani menyentuh lidahmu. Jika kamu adalah penggemar makanan pedas, maka Jogja adalah tujuan kuliner yang tepat untukmu. Berikut adalah beberapa pilihan kuliner Jogja yang sangat pedas dan berani.

Ketoprak Cempaka Putih

Ketoprak Cempaka Putih

Berlokasi di Jalan Cempaka Putih, ketoprak di tempat ini sangat terkenal. Ketoprak yang sangat pedas di sini adalah salah satu yang paling terkenal di Jogjakarta. Ketoprak pedas biasanya dimasak dengan cara ditambahkan banyak cabai secara langsung ke dalam kuah bumbu kacangnya. Tambahkan potongan tahu dan lontong, dan kamu siap menyantap pedasnya Ketoprak Cempaka Putih.

Iga Bakar Si Jangkung

Iga Bakar Si Jangkung

Bagi kamu pecinta makanan yang pedas dan pedas, kamu harus mencoba Iga Bakar Si Jangkung. Terletak di Jalan Bantul, tempat ini sangat terkenal karena iga panggangnya yang sangat lezat. Rasanya sangat khas dan pastinya pedas. Kamu bisa memesan iga panggang dengan berbagai tingkat kepedasan sesuai selera.

Sate Tegal Mbak Santi

Sate Tegal Mbak Santi

Sate Tegal Mbak Santi merupakan salah satu tempat makan favorit warga di Jogja. Terletak di Jalan Jambu No. 30, makanan yang disajikan sangat pedas dan nikmat. Sate Tegalnya sangat enak dan jangan lupa untuk mencoba kuah kacang yang sangat pedas. Sate Tegal Mbak Santi juga menyajikan sate telur puyuh yang tak kalah enaknya.

Bakso Atom

Bakso Atom

Bakso Atom sangat fenomenal di Jogja. Bakso ini terkenal karena sajian yang sangat pedas dan porpol. Bakso yang disajikan sangat besar dan begitu juga dengan kuahnya. Meskipun sangat pedas, bakso ini sangat nikmat dan asyik disantap bersama dengan mi dan irisan daging sapi plus paru.

Martabak Telor Pak Jeffo

Martabak Telor Pak Jeffo

Bagi kamu yang suka dengan makanan yang cukup berat, kamu harus mencoba martabak telor di tempat ini. Terletak di Jalan Kaliurang, martabak telor menu utamanya yang sangat nikmat. Rasanya dimasak dengan bumbu kacang pedas yang sangat khas yang menimbulkan rasa gurih dan pedas yang bikin nagih.

Jadi, itu dia daftar kuliner Jogja dengan rasa yang sangat pedas dan berani menyentuh lidahmu. Pastikan kamu mencoba semuanya dan siapkan lidahmu untuk tantangan pedas. Selamat mencoba!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button