Kuliner

7 Tempat Kuliner Jogja Enak Terbaru yang Harus Dicoba

Kuliner Tradisional Jogja yang Masih Banyak Dipilih


Gudeg Jogja

Kota Jogja tak hanya terkenal dengan budaya dan pariwisatanya yang kaya, namun juga kuliner tradisionalnya yang lezat dan memanjakan lidah. Beragam masakan khas seperti gudeg, bakmi jawa, nasi gudeg, nasi kucing, dan masih banyak lagi, selalu berhasil menggoda pengunjung untuk kembali mencicipinya. Berikut adalah beberapa kuliner tradisional Jogja yang masih banyak dipilih.

1. Gudeg

Halaman Gudeg

Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang sudah terkenal kelezatannya hingga mancanegara. Terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan bumbu khas Jogja seperti daun salam, gula merah dan santan, menjadikan rasa gudeg ini unik dan lezat. Untuk menikmati gudeg yang paling autentik, Anda bisa datang ke Jalan Wijilan atau Jalan Timuran yang kawasan kuliner khas Jogja yang selalu ramai dikunjungi.

Dikatakan bahwa gudeg pertama kali ditemukan oleh Ki Ageng Mangir, seorang kepala desa yang hidup pada abad ke-18. Gudeg hanya dimasak pada hari Jum’at, biasanya dijual di warung atau pedagang keliling. Namun seiring dengan perkembangan waktu, kini Anda dapat menikmati gudeg setiap waktu, bahkan tersedia dalam bentuk kemasan yang siap diantar ke rumah.

Di samping gudeg, masih banyak variasi masakan yang juga menggunakan nangka sebagai bahan utamanya. Contohnya adalah jackfruit curry, disajikan dengan nasi steamed dan sambal terasi yang pedas. Variasi makanan ini tentu bisa menjadi alternatif bagi yang sudah bosan dengan rasa gudeg.

Selain itu, ada juga gudeg yang menggunakan menu lauk lainnya, seperti ayam, telur, dan empal sapi. Gudeg dengan menu lauk variasi ini biasa disajikan bersama nasi, yang disebut dengan gudeg komplit. Ada banyak restoran khusus gudeg yang bisa Anda kunjungi, seperti Gudeg Yu Djum di Jl. Jend. Sudirman, Wijilan.

Jadi, jika Anda ingin mencicipi rasa autentik dari kuliner Jogja yang satu ini, segera datang ke kota gudeg dan temukan sensasi rasa yang sulit dilupakan.

Mencicipi Keragaman Sajian Makanan Baru di Jogja


Jajanan Kuliner Jogja

Yogyakarta is not only known for its cultural heritage and tourist destinations but also offers a wide variety of cuisine. Tourists who come to Jogja must definitely try the newest culinary offerings in the city. Here are some must-try new culinary delights in Jogja:

1. Ayam Geprek Bensu


Ayam Geprek Bensu

One of the famous culinary delights that can be found in Jogja is Ayam Geprek Bensu. This crispy and spicy fried chicken will surely satisfy your culinary cravings. The chicken is served along with some sambal and rice. Ayam Geprek Bensu is located near the main road of Jalan Gejayan, which is easily accessible from everywhere in Jogja.

2. Jajanan Polos


Jajanan Kuliner Jogja

Apart from Ayam Geprek Bensu, Jogja has many other culinary delights to offer to its hungry visitors. One of the unique culinary delights that can be found in Jogja is Jajanan Polos. Jajanan Polos is commonly known as a snack and is often found in traditional markets across the city. This snack is crispy and sweet and is made from rice flour and sugar. This snack is perfect for those who crave something sweet and savoury. The best part about Jajanan Polos is that it’s affordable. It costs only 2000 Rupiah per pack.

There are many other sorts of snacks that can be found in Jogja such as klepon, kue lapis, and also bika ambon. Klepon is a sweet snack that is filled with palm sugar. It is made from glutinous rice flour and pandan leaves. This snack is soft and chewy. Kue lapis is a layered cake that is made from rice flour and coconut milk. It is soft and has a pleasant coconut flavour. Bika Ambon is a cake that is fluffy and has a sweet taste. It is made from tapioca flour and eggs.

3. Gudeg Mbok Lindu


Gudeg Terbaru Jogja

Gudeg is a traditional dish that is widely known in Jogja. It is made from young jackfruit that is boiled and mixed with some spices. The dish is then served along with rice, chicken, tofu, and also tempeh. One of the newest Gudeg places in Jogja is Gudeg Mbok Lindu. The price of the dish at Gudeg Mbok Lindu is affordable and the taste is incredible. They serve an independent version of the traditional dish, which is a must-try for those who want to try something new.

These new culinary delights are just a small fraction of what Jogja has to offer. There are many other delicious traditional dishes and snacks that one must try in Jogja. Not only are they tasty but they also affordably priced. So, the next time you are in Jogja, do not forget to try these culinary delights and whoever you are, you will surely love them.

Selera Asli Jogja pada Kuliner Vegan


Kuliner Vegan Jogja

Kuliner veggie atau vegan kini semakin banyak dicari. Ada berbagai alasan mengapa orang memutuskan untuk mengurangi konsumsi produk hewani atau beralih ke vegan sepenuhnya, mulai dari kesehatan hingga alasan etis. Namun, tidak semua restoran memperhatikan kebutuhan veggie atau vegan ini. Namun, Jogja memiliki banyak pilihan mengenai kuliner vegan.

Jogja sendiri memang dikenal sebagai kota kuliner dan terkenal dengan makanan tradisionalnya dari semur daging, gudeg, bakpia dan banyak lagi. Namun, bagi mereka yang mengejar pola makan yang lebih sehat atau beraatan beralihan ke vegan, warga Jogja tetap mempunyai berbagai alternatif makanan yang sehat dan lezat.

Salah satu restoran vegan terbaik di Jogja yaitu Cassava Juice. Restoran ini cukup mudah ditemukan karena lokasinya berada di dekat Stasiun Tugu Jogja. Cassava Juice menawarkan berbagai menu vegan yang terdiri dari makanan dan minuman sehat dan lezat yang terbuat dari berbagai bahan olahan dan sayur-sayuran organik. Menu yang paling terkenal di Cassava Juice adalah Nasi Bakar Warung, yang merupakan nasi yang dibakar dengan daun pisang dan dilengkapi dengan berbagai hidangan vegan seperti tumis sayur, tempe dan tahu bakar. Selain itu, Cassava Juice juga menawarkan berbagai minuman segar seperti jus sayur organik, es kacang hijau organik, dan lain-lain.

Restoran Cassava Juice di Jogja

Restoran selanjutnya adalah Warung Yoga yang merupakan restoran vegetarian di Jogja sudah cukup lama dengan menu makanan yang sangat enak dan lezat. Restoran ini sangat populer di kalangan vegetarian dan vegan, namun tentu saja restoran ini cocok untuk semua orang. Menu yang disajikan di Warung Yoga sangat bervariasi, dari makanan berat hingga makanan ringan. Biasanya, restoran ini selalu ramai di hari-hari libur atau akhir pekan.

Menu lainnya yang cukup populer di Warung Yoga adalah nasi kuning dengan tempe dadar, burger vegan dan pasta asparagus. Selain makanan, minuman yang tersedia juga sangat segar, seperti lassi mangga, susu kedelai, dan banyak lainnya.

Warung Yoga Jogja

Terakhir, adalah Klinik Kopi Jogja yang tidak hanya menyajikan kopi, namun juga makanan vegan. Klinik Kopi Jogja menawarkan makanan vegan yang enak dan sehat. Salah satu menunya yang cukup terkenal di kalangan vegan adalah nasi goreng vegan, yang lebih sehat dan ringan dibandingkan dengan nasi goreng daging. Restoran ini juga menyediakan roti panggang dengan topping kacang, almond, dan lain-lain.

Klinik Kopi Jogja

Demikianlah tiga restoran kuliner vegan di Jogja. Perkembangan makanan sehat dan vegan di Jogja semakin pesat dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Berkat restoran-restoran tersebut, para vegan atau vegetarian dapat menemukan kuliner sehat dan lezat yang sesuai selera Asli Jogja.

Restoran Populer Baru yang Wajib Dikunjungi di Jogja

kuliner jogja

Jogja dikenal sebagai kota pariwisata yang menyajikan makanan lezat dengan harga yang terjangkau. Selain itu, Jogja juga memiliki kuliner khas yang membuatnya terkenal hingga ke mancanegara. Setiap tahun, banyak restoran baru bermunculan di Jogja dan menjadi incaran para traveler. Berikut adalah restoran baru yang wajib dikunjungi di Jogja.

1. Wakaka Resto

Wakaka Resto Jogja

Wakaka Resto adalah restoran yang menghadirkan makanan Taiwan dengan cara yang unik dan menyenangkan. Dekorasinya yang unik dan Instagramable membuat Wakaka Resto selalu ramai dikunjungi wisatawan. Salah satu makanan yang menjadi favorit di sini adalah Crispy Chicken Rice Bowl. Selain itu, Wakaka Resto juga menyajikan minuman bubble tea yang kekinian.

2. Bon Ami

Bon Ami Jogja

Jika kamu mencari suasana yang berbeda ketika makan, Bon Ami bisa menjadi pilihanmu. Restoran ini menawarkan konsep yang berbeda yakni makan di dalam gerobak tua. Bon Ami menyajikan makanan Western dan Indonesia dengan harga yang terjangkau. Beberapa menu andalannya di antaranya Spaghetti Bolognese dan Crispy Duck.

3. Blangsak Coffee

Blangsak Coffee Jogja

Blangsak Coffee merupakan restoran yang cocok bagi kamu yang ingin menikmati kopi dengan pemandangan yang indah. Lokasinya yang berada di kawasan perbukitan membuatmu bisa menikmati kopi sembari menikmati panorama indah kota Jogja. Selain itu, Blangsak Coffee juga menyajikan berbagai macam kopi dengan citarasa yang unik, seperti Cold Brew Sparkling dan Espresso Tonic.

4. Bae Kopi

Bae Kopi Jogja

Bagi kamu para pecinta kopi, Bae Kopi bisa menjadi pilihan yang tepat. Restoran ini menawarkan konsep kopi yang berbeda dengan suasana yang cozy dan nyaman. Selain menjual kopi, Bae Kopi juga menyajikan makanan yang enak seperti Crispy Chicken Skin dan Fries and Cheese. Kamu bisa menikmatinya sambil menikmati suasana yang relax.

Itulah restoran baru yang wajib kamu kunjungi saat berkunjung ke Jogja. Selamat mencicipi makanan lezat di Jogja dan jangan lupa untuk berbagi pengalamanmu dengan kami!

Kuliner Kekinian yang Ramah di Kantong dan Enak di Lidah


Kuliner Kekinian yang Ramah di Kantong dan Enak di Lidah

Yogyakarta telah lama dikenal sebagai kota wisata kuliner. Ada banyak tempat makan lezat di setiap sudut kota yang bisa Anda coba. Namun, apakah Anda tahu bahwa di Jogja juga banyak kuliner kekinian yang enak dan ramah di kantong? Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner kekinian yang wajib Anda coba di Jogja.

1. Ayam geprek Madam Geprek

Ayam Geprek Madam Geprek

Bagi Anda penggemar pedas, ayam geprek pasti sudah tidak asing lagi. Namun, kali ini, Anda harus mencoba ayam geprek dari Madam Geprek. Di sini, Anda dapat menikmati ayam geprek dengan pilihan level kepedasan yang sesuai dengan selera Anda. Selain ayam geprek, juga terdapat menu lain seperti nasi goreng, mie goreng, dan masih banyak lagi.

2. Kopi Klothok

Kopi Klothok

Kopi Klothok merupakan salah satu kedai kopi kekinian yang wajib Anda kunjungi jika Anda menggemari kopi. Terdapat banyak menu kopi yang bisa Anda coba dengan harga yang terjangkau. Selain kopi, juga terdapat menu makanan ringan seperti roti bakar, pisang goreng, dan masih banyak lagi.

3. Martabak Boss

Martabak Boss

Siapa yang tidak suka martabak manis atau martabak telur? Di Martabak Boss, Anda dapat menikmati martabak dengan berbagai pilihan topping yang lezat. Selain martabak, juga terdapat menu pancake dan waffle yang juga enak dan lezat.

4. Mie Ayam Sambal Bacok

Mie Ayam Sambal Bacok

Mie ayam sudah menjadi salah satu makanan favorit di Jogja. Namun, Anda harus mencoba mie ayam sambal bacok yang enak dan pedas. Selain itu, lokasinya juga cukup strategis dan cocok bagi Anda yang ingin makan mie ayam sehat dan bergizi.

5. Es Kopi Tak Kie

Es Kopi Tak Kie

Bagi Anda pecinta es kopi, Es Kopi Tak Kie wajib Anda kunjungi. Es kopinya enak dan cocok untuk menghilangkan dahaga di siang hari. Di lokasinya, terdapat banyak spot foto yang Instagramable, sehingga cocok bagi Anda yang ingin berfoto selfie.

Nah, itulah beberapa rekomendasi kuliner kekinian yang enak dan ramah di kantong. Selalu jangan lupa mencoba berbagai kuliner enak di Jogja saat berkunjung ke sana ya!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button