Kuliner

kuliner jogja enak dan murah

Ragam Kuliner Khas Jogja yang Menggugah Selera


Kuliner Jogja Enak dan Murah

Kota Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan cagar budaya dan wisata alam, namun juga dengan kuliner khasnya yang menggugah selera. Berbagai macam makanan dan minuman khas Jogja bisa ditemukan di mana-mana dengan harga yang terjangkau bahkan untuk para wisatawan yang memiliki budget minim sekalipun. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas ragam kuliner khas Jogja yang enak dan murah. Yuk, simak pembahasannya!

Gudeg

Gudeg

Makanan khas Jogja yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga penggemar kuliner. Gudeg merupakan makanan tradisional Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Rasanya yang manis dan gurih sangat cocok disantap dengan nasi, telur, ayam suwir, dan sambal krecek. Salah satu tempat yang paling terkenal dan banyak direkomendasikan untuk mencoba gudeg adalah di warung Gudeg Yu Djum di Jalan Wijilan Yogyakarta. Harganya pun terbilang murah, hanya sekitar Rp 30.000 untuk satu porsi lengkap dengan lauk pauknya.

Sate Kambing

Sate Kambing

Sate kambing adalah salah satu kuliner khas Jogja yang juga banyak digemari oleh wisatawan. Bumbu marinasi khas yang digunakan untuk melumat daging kambing ini begitu nikmat dan dijamin membuat lidah kamu bergoyang. Ada juga varian sate kambing yang menggunakan kacang tanah sebagai bahan dasarnya. Harga yang ditawarkan untuk satu tusuk sate kambing di daerah Jogja rata-rata antara Rp 10.000 – Rp 15.000. Salah satu warung yang terkenal dengan sate kambingnya yang lezat adalah Sate Kambing Haji Bejo di Jalan Kaliurang Km 6,5.

Rujak

Rujak

Selain makanan berat, kuliner khas Jogja yang enak dan murah lainnya adalah rujak. Rujak adalah campuran buah-buahan segar yang dimasak dengan bumbu kacang yang khas. Bumbu kacang ini terbuat dari kacang tanah yang digiling halus dan dicampur dengan lada hitam, air asam, dan berbagai bahan lainnya. Biasanya rujak disajikan dalam mangkuk dan di atasnya diberi taburan kerupuk dan sambal. Harganya pun terbilang murah, hanya sekitar Rp 7.000 – Rp 10.000 untuk sekali makan. Kalau kamu ingin mencicipi rujak yang enak di Jogja, bisa mencoba datang ke Warung Rujak Es Krim Pak Hadi di Jalan Timoho No. 27, Yogyakarta.

Gatot

Gatot

Bagi yang ingin mencari kuliner khas Jogja yang ringan dan enak, gatot bisa menjadi salah satu alternatif. Gatot adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nasi ketan yang dikukus dan kemudian diberi sayuran kuah seperti labu siam, tauge, dan taoge. Rasanya yang gurih dan lezat sangat cocok disantap sebagai makanan ringan sore hari. Harga satu porsi gatot biasanya dijual dengan kisaran harga Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Warung Gatot Bu Sri di Jalan Tirtodipuran No. 13A, Yogyakarta bisa dijadikan tempat untuk mencicipi gatot yang lezat.

Es Klepon

Es Klepon

Bicara tentang kuliner khas Jogja yang enak dan murah, es klepon pasti menjadi salah satu yang paling terkenal. Es klepon adalah minuman dingin yang terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan sirup gula aren dan disajikan dengan bola-bola klepon yang empuk. Bahan klepon terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan air dan gula merah. Harga yang ditawarkan untuk segelas es klepon di Jogja sekitar Rp 7.000 – Rp 10.000. Salah satu tempat yang terkenal dengan es kleponnya adalah Warung Handayani di Jalan Tirtodipuran No. 11-13, Kota Yogyakarta.

Baca Juga :   Menikmati Kelezatan Kuliner di Kota Baru Yogyakarta

Itulah tadi beberapa ragam kuliner khas Jogja yang enak dan murah yang harus kamu coba ketika berkunjung ke kota pelajar ini. Selain enak dan terjangkau, kuliner khas Jogja juga memiliki banyak variasi dan pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba kuliner khas Jogja yang menggugah selera ini ya!

Kuliner Legendaris Jogja yang Wajib Dicoba


Kuliner Enak dan Murah di Jogja

Jogja terkenal dengan kekayaan kuliner yang mampu memanjakan lidah wisatawan. Tidak hanya enak, tapi juga murah. Jadi, selama kamu berada di Jogja, jangan sampai melewatkan sensasi nikmatnya kuliner legendaris berikut ini:

Nasi Gudeg Yu Djum


Nasi Gudeg Yu Djum

Nasi Gudeg Yu Djum menjadi salah satu kuliner legendaris di Jogja yang wajib dicoba. Mie Ayam Yu Djum yang berdiri sejak tahun 1958 ini terkenal dengan hidangan nasi gudeg lengkap dengan telur, ayam, dan krecek. Rasanya yang gurih dan manis bikin kamu ketagihan. Nasi gudeg ini dipatok harga sekitar Rp. 16.000,- sudah termasuk minuman. Jangan khawatir, kamu tak akan kecewa dengan rasanya meski dengan harga yang terjangkau.

Bakmi Jawa Pak Pele


Bakmi Jawa Pak Pele

Jika kamu suka makan mie, kamu wajib mengunjungi Bakmi Jawa Pak Pele di kota Jogja. Bakmi Jawa Pak Pele merupakan kuliner legendaris yang sudah menyajikan hidangan mie jawa sejak tahun 1960. Hidangan mie jawa yang terkenal adalah Bakmi Jawa Goreng yang terbuat dari mie kuning yang dijadikan gorengan. Nikmati rasa gurih dari rempah-rempah khas Jawa yang diolah dengan baik. Kamu bisa menikmati Bakmi Jawa Goreng yang disajikan dalam porsi kecil dengan harga Rp. 12.000,- per porsinya. Selain mie jawa, kamu juga bisa mencicipi hidangan nasi goreng khas Jawa.

Martabak Telur Sanjaya


Martabak Telur Sanjaya

Jika kamu sedang jalan-jalan di Malioboro, jangan lupa mampir ke Martabak Telur Sanjaya. Martabak ini terkenal dengan lapaknya yang berada di pinggir jalan. Harganya murah meriah, kamu bisa menikmati martabak telur seharga Rp. 8.000,- dengan tambahan bawang, sayur dan saus sambal. Martabak tersebut dibungkus dengan kertas coklat dan disajikan panas. Selain martabak telur, kamu juga bisa mencoba martabak manis dengan berbagai varian rasa seperti cokelat, keju atau kacang.

Tidak hanya tiga kuliner legendaris di atas, masih banyak kuliner enak dan murah lainnya yang terdapat di Jogja dan siap memanjakan lidahmu selama berada di Jogja. Selamat menikmati kelezatan kuliner Jogja yang sangat khas.

Jam Makan Siang: Rekomendasi Warung Murah Meriah di Jogja


Jogja Street Food

Jam makan siang di Jogja tak hanya sekedar makan tapi juga merasakan nuansa kekayaan kuliner yang dimiliki. Banyak sekali tempat makan yang bisa kamu temukan di Jogja, baik restoran, hingga warung makanan kaki lima. Tapi, mau tau yang paling lengkap dan enaknya dimana? Kami punya daftar warung murah meriah yang patut kamu coba!

Street Food Jogja

1. Warung Nasi Pecel Mbak Yuni

Nasi Pecel Mbak Yuni Jogja

Warung Nasi Pecel Mbak Yuni sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jogja. Tempat makan yang satu ini selalu ramai pengunjung. Dari olahan sajian nasi, pecel, tempe, tahu, hingga ayam goreng. Selain menikmati sajiannya yang enak, kamu juga bakalan merasakan suasana tepat seperti di pedesaan.

2. Kipo Milkshake

Kipo Milkshake Jogja

Jika kamu mencari oleh-oleh makanan yang unik dan lezat, maka Kipo Milkshake adalah pilihannya. Terdapat berbagai varian rasa milkshake disini, mulai dari rasa coklat, kopi, kelapa muda, hingga buah-buahan fresh yang pasti akan memanjakan lidahmu. Satu gelas dihargai dengan harga berkisar Rp 12 ribuan.

Baca Juga :   Daftar Kuliner Jogja Hits Tahun 2023 yang Wajib Kamu Coba

3. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon Jogja

Warung makan yang satu ini sudah sangat legendaris di Jogja. Gudeg Pawon terkenal dengan menu andalannya, yaitu nasi, ayam, telur, dan sayur dari kacang panjang yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi makanan yang sangat nikmat. Jangan lupa datang ke Gudeg Pawon ketika sedang berada di Jogja.

4. Warung Semen

Warung Semen Jogja

Di sini kamu bisa menemukan makanan Andalannya, bakmi jawa dan sambal krecek. Terdapat pilihan menu yang beragam di warung ini. Mulai dari nasi goreng, mie goreng, hingga soto Betawi. Menu andalan warung ini adalah bakmi yang sangat lezat, apalagi jika di padu dengan sambal krecek. Satu porsi bakmi jawa dihargai kurang dari Rp 20 ribuan. Selain itu, suasana di Sekolah ini juga sangat unik dan menarik.

5. Warung Handayani

Warung Handayani Jogja

Warung Handayani terletak di Bintaran Lor, Kraton, Jogja. Warung makanan Jogja murah meriah ini selalu jadi andalan kalangan pelajar dan pegawai kantoran setempat. Mulai dari nasi pecel, tahu, tempe, telor, ayam goreng, hingga opor sedap dan murah banget. Berlokasi di pinggir jalan, Handayani selalu ramai pengunjung di jam makan siang.

Nah, itu tadi adalah daftar warung murah meriah yang wajib kamu coba saat di Jogja. Selamat mencoba, semoga puas dan jangan lupa di akhir makan selalu bilang “sekali lagi ya mas”!

Kuliner Malam Hari di Jogja yang Asyik dan Murah Meriah


Kuliner Malam Hari di Jogja

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk menikmati kelezatan kuliner Jogja. Kota yang terkenal dengan keramahannya ini memiliki banyak kuliner malam yang enak dan murah meriah. Berikut adalah beberapa kuliner malam yang bisa kamu cicipi di Jogja.

Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong merupakan kuliner khas Jogja yang terbuat dari daging ayam atau sapi yang dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan bumbu kacang yang gurih. Satu porsinya hanya sekitar Rp 10.000 saja. Selain rasanya yang enak, lokasi menjadikan tempat ini semakin ramai dikunjungi.

Bakmi Jowo Mbah Mo


Bakmi Jowo Mbah Mo

Bakmi Jowo Mbah Mo adalah kuliner malam yang terkenal di Jogja. Bakmi yang terbuat dari mie kuning ini disajikan dengan kuah kaldu ayam atau sapi yang gurih. Satu porsinya sekitar Rp 10.000 saja. Bakmi Jowo Mbah Mo buka setiap malam dan ramai dikunjungi oleh pecinta kuliner di Jogja.

Nasi Kucing Telo


Nasi Kucing Telo

Nasi Kucing Telo adalah kuliner malam yang bisa kamu cicipi di Jogja. Nasi kucing ini disajikan dengan lauk berupa sayur labu siam atau telur ceplok. Harganya hanya sekitar Rp 5.000 saja per porsi. Nasi kucing tepat dinikmati setelah lelah berjalan-jalan di malam hari.

Cakwe Malioboro


Cakwe Malioboro

Cakwe Malioboro adalah kuliner malam lainnya yang bisa kamu cicipi di Jogja. Cakwe yang terbuat dari tepung terigu ini disajikan dengan saus pedas yang enak. Harganya hanya sekitar Rp 5.000 saja per porsi. Kamu tidak perlu khawatir kehabisan, karena cakwe ini tersedia dalam jumlah banyak.

Gudeg Bu Tjitro


Gudeg Bu Tjitro

Gudeg Bu Tjitro adalah kuliner malam yang terkenal di Jogja. Gudeg ini disajikan dengan ayam atau telur, serta dilengkapi dengan sambal, tahu, dan tempe goreng. Harganya hanya sekitar Rp 10.000 saja. Gudeg Bu Tjitro buka setiap malam dan selalu ramai dikunjungi oleh pecinta kuliner.

Itulah beberapa kuliner malam yang bisa kamu cicipi di Jogja. Selain enak, kuliner malam di Jogja juga murah meriah. Jadi, tunggu apa lagi? Jelajahi kuliner malam Jogja yang asyik dan murah meriah sekarang juga!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button