Enaknya Makan Pagi di Jogja: Kuliner Pagi yang Wajib Dicoba!

Sarapan Pagi di Jogja: Variasi Makanan yang Nikmat


Nasi Kuning Jogja

Jogja dikenal sebagai kota yang kaya akan kuliner lezat, termasuk untuk sarapan pagi. Berbagai pilihan makanan yang nikmat bisa kamu temukan di pagi hari di tempat-tempat tertentu di Jogja. Dari yang manis hingga yang gurih, Jogja punya banyak sekali menu sarapan yang bikin lidah kamu bergoyang. Berikut adalah beberapa kuliner Jogja di pagi hari yang wajib kamu coba.

Nasi Kuning


Nasi Kuning Jogja

Nasi kuning adalah salah satu makanan khas Jogja yang paling populer di pagi hari. Makanan ini biasa disajikan dengan lauk seperti urap, ayam goreng atau sate. Nasi kuning sendiri biasanya dibuat dari beras yang sudah diberi bumbu kunyit dan santan, lalu dimasak hingga matang. Rasanya yang gurih dan lezat membuat nasi kuning layak untuk dicoba saat sarapan pagi. Kamu bisa menemukan nasi kuning di tempat makan seperti warung kopi atau warung nasi di sekitar kota Jogja.

Nasi kuning juga bisa disajikan dalam bentuk box yang bisa kamu bawa pulang atau makan di tempat. Salah satu tempat yang terkenal dengan nasi kuning di Jogja adalah Nasi Kuning Bu Tarmi, yang berlokasi di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Kamu juga bisa mencoba Nasi Kuning Pak Chus yang berada di Jalan Taman Siswa No.85C, Kota Yogyakarta. Nasi kuning di kedua tempat ini terkenal karena rasanya yang lezat dan juga harganya yang terjangkau.

Nasi Gudeg


Nasi Gudeg Jogja

Nasi gudeg adalah salah satu hidangan khas Jogja yang sangat populer di kalangan wisatawan. Nasi gudeg biasanya terdiri dari nasi yang disajikan dengan krecek (kulit sapi rebus), tahu, telur, ayam atau suwir daging, serta nangka muda yang dimasak dalam bumbu santan. Gudeg biasanya disajikan dengan sambal goreng krecek, yang membuat rasa gudeg terasa lebih nikmat.

Untuk menikmati gudeg yang enak, kamu bisa mencoba di tempat-tempat seperti Restoran Gudeg Yu Djum, yang terletak di Jalan Wijilan No.167, Kota Yogyakarta. Restoran ini populer dan terkenal dengan gudegnya yang lezat dan juga suasana pedesaannya yang unik. Kamu juga bisa mencoba Gudeg Pawon, yang terkenal karena tetap menggunakan metode tradisional dalam membuat gudegnya. Gudeg Pawon berlokasi di Jalan Prawirotaman I No.25, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Bakmi Jawa


Bakmi Jawa Jogja

Bakmi Jawa adalah hidangan mie khas Jawa yang disajikan dengan kuah kaldu ayam dan irisan daging ayam atau sapi. Bakmi Jawa biasanya juga dilengkapi dengan telur, tauge, bawang goreng, dan daun seledri. Rasanya yang gurih dan lezat membuat mie ini menjadi menu wajib untuk kamu coba saat sarapan pagi. Kamu bisa menemukan Bakmi Jawa di tempat-tempat seperti Warung Bakmi Bu Sri, yang terletak di Jalan Prawirotaman No.23, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Tidak hanya di warung bakmi, kamu juga bisa mencoba Bakmi Jawa di pasaran tradisional seperti Pasar Sosrokusuman atau Pasar Godokan, yang biasa menjual bakmi Jawa dari pagi hingga siang hari. Selain wangi dan rasanya yang khas, Bakmi Jawa juga terkenal dengan harganya yang terjangkau.

Dengan berbagai macam variasi makanan yang nikmat, kamu pasti tidak akan kehabisan pilihan untuk sarapan pagi di Jogja. Jangan lupa untuk mencoba dan menikmati kuliner Jogja di pagi hari dan temukanmakanan favoritmu. Selamat mencoba!

Spot Kuliner Jogja di Pagi Hari yang Wajib Dikunjungi


Roti Bakar Jogja

Jogja selalu punya cerita unik dalam konsep makanan dan kuliner, termasuk saat pagi hari tiba, kuliner Jogja di pagi hari selalu ramai didatangi oleh para wisatawan, apa saja spot yang wajib dikunjungi di Jogja saat pagi hari? berikut beberapa daftar tempatnya.

1. Gudeg Yu Nap


Gudeg Yunap

Salah satu kuliner Jogja yang tidak akan pernah mati adalah gudeg. Saat Anda sedang berkunjung ke Jogja, Gudeg Yu Nap bisa menjadi pilihan destinasi yang tak boleh dilewatkan. Berlokasi di Jalan Wijilan, Gudeg Yu Nap selalu ramai dimakan oleh para pelancong yang datang ke Jogja. Gudegnya empuk, rasa kuahnya bercampur dengan jeroan, telor, dan ayam rasanya sangat nikmat. Harga yang ditawarkan pun terjangkau dan cocok untuk kantong mahasiswa.

2. Roti Bakar Edelweis


Roti Bakar Edelweis

Roti Bakar Edelweis adalah salah satu kuliner Jogja di pagi hari yang wajib dikunjungi. Berlokasi di Jalan Pakuningratan, pembaruan dari menu roti bakar di sini selalu menjadi daya tarik utama. Roti bakarnya yang tebal disajikan dengan bermacam-macam topping dan keju, membuatnya terasa semakin menggugah selera. Selalu tak berhenti di situ, di Roti Bakar Edelweis juga tersedia berbagai pilihan minuman seperti kopi dan teh. Hal ini menjadikan tempat ini cukup populer di kalangan remaja Jogja.

Bukan hanya rasa dan presentasi saja, Roti Bakar Edelweis juga punya spot selfie yang Instagramable, yaitu ruang foto dengan konsep indoor dan outdoor yang menarik. Tak hanya tentang makanan, tapi pengalaman makan yang menyenangkan pasti akan kamu dapatkan di Roti Bakar Edelweis ini.

3. Kopi Klotok


Kopi Klotok

Ingin nikmati secangkir kopi yang enak di Jogja pada suasana pagi yang sangat ramai, maka cobalah ke Kopi Klotok. Berlokasi di Jalan Wijilan, lebih tepatnya di depan Gedung Dalem Wijilan. Dengan taplakan warung yang sederhana, Kuliner Jogja di pagi hari ini selalu memenuhi antusias penggemarnya. Disuguhi berbagai menu kopi Panas hingga segelas Es, Kopi Klotok menjadi pilihan utama untuk para penikmat kopi di Jogja. Menariknya lagi, Kopi Klotok buka 24 jam, sehingga kapan saja Anda bisa datang untuk memulai pagi dengan semangkuk kopi dan berinteraksi dengan sejumlah orang.

Bagi para budaya Jogja, di Kopi Klotok juga tersedia makanan khas seperti lemper, bakpia hingga jajanan pasar tradisional lainnya. Bagi Anda yang suka nongkrong sambil bekerja, Kopi Klotok juga terdapat fasilitas Wifi gratis yang bisa kamu pakai sepuasnya. Selalu ramai dikunjungi oleh pekerja, mahasiswa atau siapa saja yang sempatkan diri menikmati secangkir kopi dan suasana yang unik dengan bangunan tradisional Jogja di sekitarnya.

4. Mie Ayam Tumini


Mie Ayam Tumini

Mie Ayam Tumini selalu menjadi kuliner Jogja yang menyenangkan di pagi hari. Tidak hanya waktu pagi saja, mie ayam ini sangat dicari dan diincar saat waktu makan siang tiba. Mie ayam Tumini menyediakan menu mie ayam yang sangat nikmat. Ada berbagai pilihan olahan seperti mie ayam Pangsit, mie ayam Tausiyah hingga mie ayam Specialnya. Rasa kaldu kuahnya juga khas dan bikin lidah lupa kata-kata.

Tidak hanya nikmat, mie ayam Tumini juga terkenal dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan hanya Rp.15.000 hingga Rp. 20.000 saja kamu sudah bisa menikmati secangkir teh dan seporsi Mie Ayam yang lezat. Bagi wisatawan yang mencari suasana unik dan sedap di Jogja, tempat ini boleh menjadi referensi kamu saat mencari Kuliner Jogja di Pagi Hari.

5. Nasi Liwet Bu Wiryo


Nasi Liwet Bu Wiryo

Nasi Liwet Bu Wiryo selalu menyajikan menu nasi yang sangat lezat. Dengan lokasi yang berada di dekat Keraton Jogja, warung kuliner Jogja di pagi hari ini selalu ramai didatangi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Nasi liwet disajiakan dengan cara tradisional dan dilengkapi dengan kumpulan lauk yang sangat nikmat. Ada sate ayam, tempe, dan peyek kacang dan pastinya TUMIS AYAMNYA yang bikin kita lupa kalau kita adalah turis, rasanya di balik sebuah warung nasi biasa. Pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan saat berkunjung ke Jogja dan tentunya, selalu ingin kembali lagi untuk menikmatinya.

Itulah beberapa spot kuliner pagi Jogja yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Jogja. Dari berbagai menu, lokasi dan harga, Jogja selalu menyediakan hal yang menarik bagi para pelancong untuk mengeksplorasi tempat-tempat kuliner yang ada di sana. Dengan wisata kuliner Jogja, kamu bisa merasakan tempat lain yang tidak kalah menarik dari tempat wisata lainnya, yuk berwisata kuliner di Jogja, kamu tidak akan menyesalinya.

Nasi Kucing, Makanan Ringan yang Khas dari Jogja


Nasi Kucing Jogja

Jogja adalah kota yang terkenal dengan kekayaan kebudayaan dan warisan sejarahnya. Namun, tidak hanya kaya akan budaya dan sejarah, Jogja juga terkenal dengan kekayaan kuliner yang begitu beragam. Ada banyak makanan khas Jogja yang dapat kita nikmati, salah satunya adalah nasi kucing. Apa itu nasi kucing? Nasi kucing adalah sejenis makanan yang disajikan bersama berbagai lauk kecil seperti sambal goreng hati, telur balado, tempe, tahu dan masih banyak lagi.

Nasi kucing merupakan makanan ringan yang sangat identik dengan Jogja. Saat berkunjung ke Jogja, jangan lupa mencoba makanan yang satu ini. Biasanya nasi kucing dijual di warung-warung kecil atau pedagang kaki lima yang menjajakan di pinggir jalan. Warung nasi kucing paling terkenal di Jogja ada di sekitar jalan Malioboro dan Jalan Kotabaru. Biasanya warung nasi kucing ini buka pada pagi hingga siang hari saja.

Harga nasi kucing di Jogja cukup terjangkau, berkisar antara Rp3.000,- hingga Rp5.000,- saja. Selain murah meriah, nasi kucing juga sangat praktis karena dapat dimakan dengan menggunakan satu tangan saja. Selain itu, nasi kucing juga sangat cocok sebagai menu sarapan atau sebagai camilan di saat lapar di tengah hari. Coba bayangkan, saat kita jalan-jalan di Yogyakarta di pagi hari yang cerah, sambil menikmati nasi kucing dan segelas teh hangat. Sungguh nikmat sekali bukan?

Tidak hanya itu, nasi kucing juga memiliki nilai historis. Menurut sejarahnya, nasi kucing awalnya diciptakan oleh seorang pedagang makanan di Jogja yang bernama Mbah Karto. Dulu, Mbah Karto biasanya menjual makanannya di depan kampus universitas. Karena lokasinya yang berdekatan dengan kampus, maka dia menciptakan nasi kucing yang praktis untuk dimakan oleh para mahasiswa yang memiliki waktu yang terbatas untuk makan siang. Demi mempercepat proses penyajian, ia memilih untuk menyajikan nasi dalam porsi kecil.

Nasi kucing merupakan salah satu makanan khas yang menjadi ikon dari Jogja. Tak heran jika kuliner yang satu ini menjadi primadona di antara wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Jogja. Jika anda berkunjung ke Jogja, jangan lupa untuk mencicipi sensasi meriah yang terdapat pada nasi kucing ini. Jangan sampai kelewatan untuk mencicipi kelezatan nasi kucing yang hanya dapat ditemukan di jogja.

Enaknya Kuliner di Jogja: Wisata Kuliner yang Bikin Lidah…

Warung Sate Sapi Pak Pong Jogja tak hanya terkenal dengan keindahan bicaranya, namun juga terkenal akan wisata kuliner di setiap sudutnya. Namanya saja pernah...
Ar Rayan Alif
7 min read

Kuliner Jogja: Menikmati Kelezatan Bakmi

Sejarah Bakmi di Jogja Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budayanya. Budaya tersebut juga diwariskan pada makanannya. Salah satunya...
Ar Rayan Alif
5 min read

Menikmati Wisata Kuliner Jogja yang Menggoyang Lidah

Keunikan Instagram Wisata Kuliner Jogja Jogja dikenal sebagai salah satu kota yang sangat kaya akan kuliner. Ada banyak makanan khas Jogja yang menjadi tujuan...
Ar Rayan Alif
9 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *