Kuliner

Menikmati Kuliner Dekat Tugu Yogyakarta

Kuliner Jogja Terenak di Agenan


Es Dawet Ayu Jogja di Tugu Yogyakarta

Jogja, begitu familiar dan punya nama ketenaran di Indonesia terutama di kalangan anak muda. Salah satu identitas kota Jogja adalah kuliner yang lezat dan terkenal pada setiap daerah. Salah satunya adalah Agenan.

Agenan adalah nama daerah di Yogyakarta yang terletak di tengah-tengah kota. Dalam bahasa Jawa, Agenan artinya Kapuk, yakni sejenis daun kapuk yang tumbuh subur di daerah tersebut. Agenan terkenal bukan hanya karena kuliner yang enak tetapi juga sebagai daerah yang kental dengan adat istiadat Jawa.

Karena letaknya yang strategis di pusat kota Jogja, Agenan menjadi destinasi wisata kuliner yang digemari. Bagi Anda yang ingin mencicipi berbagai kuliner tradisional Jogja, Agenan adalah destinasi yang tepat.

Salah satu kuliner terkenal di Agenan adalah Gudeg Wijilan. Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dalam waktu lama dengan bumbu khas Jawa. Gudeg Wijilan terkenal sebagai yang terbaik di Yogyakarta karena memiliki cita rasa yang unik, tampilan yang menarik, serta pengemasannya yang hygienis. Harga yang ditawarkan di Gudeg Wijilan juga cukup terjangkau bagi para pecinta kuliner.

Berikutnya, ada juga Gule Kambing Pak Edi yang juga sangat populer di kalangan masyarakat Jogja. Gule atau kari adalah sajian khas India yang kemudian diadaptasi oleh masyarakat Indonesia. Namun, Gule Kambing Pak Edi memiliki cita rasa yang khas dan unik. Gule kambing tersebut terbuat dari daging kambing yang disajikan dengan kuah yang gurih. Tak heran kuliner ini selalu ramai pengunjung, apalagi bagi pecinta kuliner pedas.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati Es Dawet Ayu di Tugu Jogja. Es Dawet Ayu adalah minuman tradisional yang terbuat dari campuran santan, gula Jawa, dan daun pandan. Kemudian dicampur aduk dan disajikan dengan es serut serta potongan nangka atau kelapa. Rasanya manis, segar, dan cocok disantap di tengah panasnya kota Jogja.

Terakhir, bagi kamu penggemar mie, nggak boleh kelewatan sama Sate Klathak Pak Pong. Warung sederhana ini terletak di kawasan Tugu Jogja. Sate Klathak sendiri merupakan olahan mie sederhana yang diberi bahan isian, kemudian digiling dan dibentuk bulat seukuran jempol ibu jari. Isian sate klathak dapat berupa daging sapi atau ayam. Satenya dibakar dengan nyala api dari arang, citarasa yang dihasilkan pun terasa begitu khas.

Inilah sejumlah kuliner terenak Jogja yang bisa kamu nikmati di Agenan. Selamat mencoba dan jangan lupa berbagi pengalamanmu di media sosialmu!

Kuliner Legendaris di Kemantran


Lotek Mekarwangi

Kuliner di Kemantran, Yogyakarta tidak lepas dari legenda. Salah satunya adalah Lotek Mekarwangi yang sudah ada sejak 1980-an. Lotek Mekarwangi ini terkenal dengan rasa yang autentik dan pedas yang dijamin bikin ketagihan.

Lotek Mekarwangi ini berlokasi di Jalan Kemantran, tepatnya di tengah kawasan Wisata Kemantran. Sejak hampir empat dekade Lotek Mekarwangi menjadi salah satu kuliner legendaris di Yogyakarta yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Jogja.

Lotek yang disajikan pun sangat ala Jogja dan khas dengan sayuran segar seperti kacang panjang, kol, timun, dan tauge. Semua bahan-bahan sayurannya diracik dengan paduan bumbu kacang yang pedas nan gurih. Di dalam lotek ini terdapat juga tahu goreng yang krispi dan emping yang renyah. Porsinya pun cukup besar dan bikin puas perut. Yang menarik dari Lotek Mekarwangi, pengelola masih mengolah lotek dengan cara tradisional dan menggunakan bumbu kacang membuat sendiri.

Selain Lotek Mekarwangi, di area Kuliner Kemantran juga dikenal dengan segudang kuliner yang legendaris lainnya. Mulai dari nasi pecel yang terkenal lezat di Warung Bu Murti, sate klatak di Sate Pak Pong, bakmi jowo Mbah Mo di Warung Mbah Mo, dan aneka jajanan pasar di Warung Kopi Mbah Pamikir.

Warung Kopi Mbah Pamikir sendiri juga terkenal sudah berdiri sejak tahun 1950-an. Selain tempatnya yang nyaman dengan suasana klasik, warung ini menyajikan aneka jajanan khas pasar tradisional seperti cenil dan klapes. Di sini kamu bisa merasakan sensasi jajan pasar yang otentik.

Bagi pencinta makanan pedas, kamu bisa mencicipi lezatnya sate klatak di Sate Pak Pong. Sate yang biasanya menggunakan daging sapi atau ayam, sate klatak ini menggunakan daging sapi kampung yang dikukus dulu sebelum dibakar. Keunikan lain dari sate klatak adalah saus sambalnya yang sangat pedas, jadi bisa membuat lidahmu bergoyang.

Untuk penggemar mie, bisa mendatangi Warung Mbah Mo yang terkenal dengan bakmi jowonya. Bakmi jowo Mbah Mo ini memiliki kuah yang gurih, daging ayam yang empuk dan rasanya yang cukup lumayan.

Jadi, ingin merasakan kuliner legendaris Yogyakarta di Kemantran? Jangan lewatkan Lotek Mekarwangi, Warung Kopi Mbah Pamikir, Sate Pak Pong, dan Warung Mbah Mo yang sudah buka sejak dekade lalu.

Suasana Baru Kuliner Pusat Kota Jogja


kuliner jogja dekat tugu

Tidak dapat dipungkiri, Jogja memiliki aneka ragam kuliner yang membuat kita semua tergoda untuk mencicipinya. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke Jogja untuk mencoba beragam kuliner khas yang unik dan menggugah selera. Terutama pada suasananya yang baru, Jogja menjadi destinasi kuliner yang terkenal dengan banyak kafe dan restoran baru yang menarik perhatian kita di pusat kota. Salah satu kawasan kuliner yang populer dekat Tugu Jogja menjadi tempat yang sangat ramai dikunjungi.

Salah satu kuliner yang paling populer di Jogja adalah nasi gudeg. Nasi gudeg sudah menjadi ikon kota Jogja, dan banyak wisatawan yang datang ke Jogja untuk mencicipi masakan itu. Meski sudah dijajakan di berbagai wilayah Indonesia, tetapi keunikan rasa gudeg di Jogja tidak dapat ditandingi. Nasi gudeg biasanya disajikan dengan berbagai pelengkap seperti ayam suwir, telur, tahu, tempe, dan sambal krecek.

Tak hanya nasi gudeg, kuliner Jogja dekat Tugu juga menawarkan berbagai jenis kuliner lainnya yang patut dicobai. Warung Mie Ayam Mbah Gito misalnya, menyajikan mie ayam dengan kuah bening yang khas. Rasanya yang lezat dan aroma rempah membuat kita semakin tergoda untuk mencicipinya. Selain itu, Sate Klathak Pak Pong dianggap sebagai sate khas Jogja yang paling nikmat dengan bumbu kecapnya yang gurih dan manis. Tak hanya itu, Sate Klathak Pak Pong juga menggunakan bahan daging sapi pilihan yang membuat rasanya semakin terasa.

Untuk pecinta kue, Kuliner Jogja dekat Tugu juga menawarkan kue-kue khas. Seperti Inul Vizta Indonesia yang menyajikan berbagai macam kue khas Indonesia, termasuk kue lapis legit dan klepon. Kue klepon adalah kue bola kecil yang terbuat dari ketan yang diisi dengan gula aren dan taburan kelapa parut. Kuliner khas Jogja ini dapat ditemukan di hampir semua sudut kota Jogja, tetapi Inul Vizta Indonesia menjadi salah satu tempat yang paling populer.

Bagi pecinta kopi, Kuliner Jogja dekat Tugu juga menawarkan banyak tempat kopi terbaik di Jogja. Salah satu tempat kopi yang paling populer adalah Hava Coffee. Hava Coffee adalah kafe yang menyajikan kopi dengan cita rasa yang unik dan berbeda. Dari menu kopi dengan aroma vanilla hingga kopi dengan rasa dark chocolate, Hava Coffee menawarkan aneka ragam pilihan yang bisa membuat para pecinta kopi semakin merasa tergoda untuk mencobanya. Tak hanya kopi, Hava Coffee juga menawarkan aneka jenis teh dan minuman dingin lainnya yang bisa membuat suasana kumpul-kumpul menjadi semakin menyenangkan.

Suasana yang baru dan lebih modern di pusat kota Jogja menarik perhatian orang untuk datang ke kawasan kuliner Jogja dekat Tugu. Dengan menawarkan kuliner yang lezat dan beragam bagi para pengunjungnya, Jogja semakin mendapat julukan surganya kuliner.

Tempat Kuliner Serba Ada di Depan Tugu Jogja


Kuliner Jogja Dekat Tugu

Jogja adalah sebuah kota budaya yang sangat terkenal di Indonesia. Selain memiliki keindahan alam yang menawan, Jogja juga mempunyai keunikan pada kuliner yang disajikan. Tidak hanya menyenangkan mata, tetapi juga dapat menyenangkan lidah. Di Jogja, kalian dapat menemukan berbagai tempat kuliner yang cocok untuk semua selera, mulai dari makanan berat hingga camilan. Salah satu tempat kuliner yang wajib untuk dicoba adalah tempat kuliner serba ada di depan Tugu Jogja.

Bakmi Gloria

1. Bakmi Gloria

Jika kalian mencari tempat makan yang enak dan murah, maka Bakmi Gloria adalah pilihan yang tepat. Bakmi Gloria merupakan tempat makan yang menyajikan berbagai macam menu mie seperti mie goreng, mie bakso, dan mie kuah. Satu porsi mie di tempat ini hanya dihargai dengan Rp 12.000,-. Suasana di dalam Bakmi Gloria sangat nyaman karena menggunakan AC dan dapat menampung sekitar 50 orang.

Gudeg

2. Gudeg Bu Tjitro 1925

Jika kalian ingin mencoba makanan khas Jogja, maka Gudeg Bu Tjitro 1925 adalah tempatnya. Gudeg Bu Tjitro 1925 adalah salah satu tempat makan gudeg paling terkenal dan terbaik di Jogja. Berdiri sejak 1925, tempat ini menyajikan gudeg yang enak, lezat dan terbuat dari bahan-bahan berkualitas. Harganya cukup terjangkau, satu porsi dihargai dengan Rp 30.000,-. Suasananya yang Khas Jogja akan menambah kesan bagi setiap pengunjung yang makan di tempat ini.

Pecel Lele

3. Pecel Lele Lugon Pelem

Bagi kalian penggemar makanan bebek dan lele, maka tempat ini cocok untuk kalian kunjungi. Pecel Lele Lugon Pelem menyajikan bebek dan lele yang enak, gurih, empuk dan disajikan dengan sambal pecel yang pedas. Harganya juga cukup terjangkau, belum lagi ukuran porinya yang besar. Satu porsi dihargai dengan Rp 16.000,-. Tempat ini menggunakan meja dan kursi dari kayu, memberikan suasana yang hangat dan nyaman.

Bakso Cumplik

4. Bakso Cumplik

Bakso merupakan salah satu makanan yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Dan, Bakso Cumplik adalah tempat yang tepat untuk menikmati bakso terlezat di Jogja. Di tempat ini, kalian dapat menikmati bakso dengan beberapa variasi, seperti bakso kepala ikan, bakso daging sapi, bakso daging ayam dan masih banyak lagi. Satu porsi bakso dihargai dengan Rp 12.000,-. Tempat ini selalu ramai karena sudah menjadi ciri khas dari kuliner Jogja.

Es Dawet Hitam

5. Es Dawet Hitam

Jika kalian ingin mencicipi makanan atau minuman yang segar dan manis, maka Es Dawet Hitam adalah tempatnya. Minuman ini terbuat dari bahan utama yang terdiri dari Santan, gula merah, tepung ketan hitam, dan es serut. Dijamin segar dan menyehatkan. Sangat cocok untuk dijadikan minuman penutup setelah makan-makan. Satu cangkir es dawet hitam dihargai dengan Rp 6.000,- saja. Tempat ini cukup sederhana, tetapi memberikan kesan yang unik dan menarik.

Itulah beberapa rekomendasi tempat kuliner serba ada yang dapat kalian kunjungi di depan Tugu Jogja. Semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi tempat kuliner kalian di Jogja.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button