Kuliner

5 Kuliner Enak Dekat Malioboro yang Wajib Dicoba

Kuliner Legendaris di Sekitar Jalan Malioboro


Jamu

Jogja merupakan destinasi wisata kuliner yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun internasional. Salah satu kawasan kuliner terkenal di Jogja adalah Malioboro. Di sekitar Jalan Malioboro, terdapat banyak tempat makan yang sudah legendaris dan menjadi favorit bagi pengunjung.

Jamu

Jamu

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan minuman segar yang bernama jamu. Di Malioboro, terdapat sebuah warung jamu legendaris yang sudah ada sejak masa penjajahan Belanda, yaitu Jamu Nyonya Joko. Warung ini terletak di pertigaan Jalan Malioboro dan Jalan Sosrowijayan. Jamu Nyonya Joko menyediakan berbagai macam jenis jamu tradisional dengan bahan-bahan yang alami. Salah satu menu jamu yang paling disukai adalah jamu kunyit asam. Jamu ini terbuat dari kunyit, asam jawa, dan gula merah. Rasanya yang segar dan manis tentu jadi pilihan yang tepat untuk menyegarkan diri setelah berkeliling Malioboro.

Selain Jamu Nyonya Joko, terdapat juga warung jamu khas Jogja yang tak kalah legendaris, yaitu Jamu Jokotole. Warung ini terletak di Jalan Wijilan, dekat dengan Yogyakarta Palace. Jamu yang disajikan di sini memiliki cita rasa yang khas dan segar, seperti jamu beras kencur atau jamu temulawak.

Bagi penggemar es krim, terdapat salah satu tempat es krim di Malioboro yang sudah legendaris, yaitu Tempo Gelato. Terletak di Jalan Sosrowijayan, Tempo Gelato menyajikan berbagai pilihan rasa es krim yang dijamin bikin lidah kamu bergoyang. Mulai dari rasa vanila, coklat, stroberi, hingga rasa durian tersedia di sini. Es krim yang disajikan di Tempo Gelato memiliki tekstur yang lembut dan lezat di lidah.

Bagi kamu yang ingin mencicipi kuliner legendaris khas Jogja, cobalah mencari Gudeg Yu Djum. Terletak di Jalan Wijilan, Gudeg Yu Djum sudah ada sejak tahun 1950-an dan telah menjadi primadona bagi warga Jogja dan pengunjung yang datang dari luar daerah. Gudeg yang disajikan di sini terkenal gurih, manis, dan sangat lezat. Selain itu, kamu juga bisa mencoba nasi ayam dan soto yang tak kalah enaknya.

Sudah tidak sabar untuk mencicipi kuliner legendaris di sekitar Jalan Malioboro? Jangan lupa untuk mencoba satu per satu ya, karena masing-masing memiliki cita rasa yang khas dan alami. Selamat menikmati!

Aneka Masakan Enak dan Murah Terdekat dengan Malioboro


Jajanan Khas Jogja

Malioboro bukan hanya pusat belanja dan wisata, tapi juga merupakan surga kuliner bagi para pengunjung. Di sekitar kawasan ini, kamu bisa menikmati aneka masakan lezat dengan harga yang ramah di kantong. Berikut ini adalah beberapa pilihan tempat makan enak dan murah dekat dengan Malioboro yang bisa kamu coba:

1. Warung Heru

Warung Heru

Sudah lebih dari 50 tahun Warung Heru menjajakan aneka kuliner khas Yogyakarta. Tempat makan ini terletak di Jalan Gandekan Lor Nomor 1, dan cukup terkenal di kalangan wisatawan yang mencari makanan enak dengan harga yang terjangkau. Cita rasa masakan khas nusantara dijamin membuatmu ketagihan. Menu favorit di sini adalah Gudeg Keprabon dan Ayam Goreng Heru yang harganya tidak lebih dari Rp 25.000 per porsi.

2. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man

Jika kamu ingin merasakan kuliner khas Jogja dengan harga yang sangat murah, Angkringan Lik Man bisa menjadi pilihan ideal. Tempat makan ini terletak di Jalan Wongsodirjan dan sudah berdiri sejak 1968. Di sini kamu bisa menikmati aneka jajanan lezat seperti nasi kucing, gudeg, oseng tempe, sate usus dan masih banyak lagi dengan harga yang sangat terjangkau.

3. Mie Ayam Gondangdia

Mie Ayam Gondangdia

Mie Ayam Gondangdia merupakan tempat makan mie ayam legendaris di Jogja yang wajib kamu cicipi. Berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan Nomor 44, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para penggemar mie ayam. Di sini kamu bisa menikmati mie ayam dengan kuah yang nikmat dan daging ayam yang empuk dengan harga yang terjangkau yaitu dengan harga Rp 15.000 hingga Rp 25.000 per porsi.

4. Gudeg Bu Tjitro

Gudeg Bu Tjitro

Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang tidak boleh dilewatkan. Dan Gudeg Bu Tjitro adalah salah satu tempat makan gudeg yang sangat terkenal. Terletak di Jalan Wijilan, gudeg Bu Tjitro sudah berdiri sejak tahun 1925, dengan cita rasa gudeg yang sangat autentik dan praktis tiada tanding. Porsi gudeg di sini seharga Rp 20.000 hingga Rp 35.000. Terdapat juga paket khusus dengan harga lebih murah.

5. Depot Bu Rudy

Depot Bu Rudy

Depot Bu Rudy yang terletak di Jalan Parasamya, Sekip, merupakan salah satu tempat makan murah dekat Malioboro yang menawarkan aneka masakan lezat. Di sini, kamu bisa menikmati masakan nusantara dengan harga Rp 18.000 hingga Rp 30.000. Menu andalan di sini adalah sate kere dan ayam goreng yang rasanya sangat lezat.

Nah, itulah beberapa tempat makan murah meriah di Jogja dekat dengan Malioboro yang bisa kamu kunjungi. Jangan khawatir tentang rasa dan kualitas karena makanan yang dijajakan di sini sudah teruji dan pasti lezat. Selamat menikmati!

Menu Kuliner Terfavorit di Dekat Malioboro


Depot Manggar Lesehan

Jogja terkenal dengan makanannya yang lezat dan juga murah meriah, apalagi kalau bukan jajanan kaki lima. Salah satu tempat yang selalu dipenuhi oleh para pelancong adalah Malioboro. Di daerah tersebut terdapat banyak sekali tempat makan dan kulineran enak yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Berikut beberapa kuliner terfavorit yang berada di dekat Malioboro:

1. Depot Manggar Lesehan


Depot Manggar Lesehan

Depot Manggar Lesehan merupakan salah satu tempat makan terpopuler di Jogja. Tempat makan yang buka sejak malam hingga subuh ini menyediakan menu makanan khas Jogja seperti nasi liwet, nasi goreng jawa, dan juga mie goreng. Menu-menu ini juga dilengkapi dengan pilihan lauk seperti sate ayam, ayam goreng, tempe goreng, dan lain-lainnya. Setiap sajian di Depot Manggar Lesehan memiliki harga yang terjangkau dan rasanya pun sangat lezat.

2. Gudeg Permata


Gudeg Permata

Gudeg Permata adalah salah satu tempat makan legendaris yang berada di dekat Malioboro. Walaupun letaknya di gang kecil, namun Gudeg Permata selalu ramai oleh pengunjung baik dari dalam maupun luar kota. Menu andalan dari tempat makan ini adalah gudeg yang dikenal menjadi makanan khas Jogja. Selain itu, Gudeg Permata juga menyediakan menu makanan lainnya seperti nasi campur, ayam goreng, dan gado-gado. Suasana yang nyaman dan harga yang terjangkau membuat tempat makan ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Jogja.

3. Kedai Kopi Pak Ndul


Kedai Kopi Pak Ndul

Apabila Anda adalah pecinta kopi, Kedai Kopi Pak Ndul merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Jogja. Terletak di Jalan Dagen, Kedai Kopi Pak Ndul menyediakan aneka jenis kopi yang berasal dari daerah-daerah di Indonesia seperti Aceh, Bali, dan juga Flores. Selain itu, tempat kopi ini juga menyediakan menu makanan seperti mie goreng dan nasi goreng. Harga yang murah meriah dan dekorasi interior yang unik membuat Kedai Kopi Pak Ndul menjadi salah satu tempat makan dan nongkrong yang asyik.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner terfavorit di dekat Malioboro. Selamat berburu kuliner dan jangan lupa menikmati keindahan Jogja!

Kuliner Anak Muda di Sekitar Jalan Sosrowijayan


Kuliner Anak Muda di Sekitar Jalan Sosrowijayan

Jalan Sosrowijayan terkenal sebagai salah satu destinasi di Yogyakarta yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Destinasi ini terletak di sebelah utara Malioboro dan terdapat banyak penginapan, pusat perbelanjaan, hingga kuliner yang tersedia di sepanjang jalan tersebut. Saat malam tiba, Jalan Sosrowijayan semakin ramai oleh anak muda yang mencari tempat makan dan hiburan. Berikut adalah daftar kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Jalan Sosrowijayan.

1. Warung Heru

Warung Heru

Warung Heru terletak di sebelah utara Jalan Sosrowijayan yang ramai. Menyajikan menu kuliner Jawa dengan harga terjangkau, warung ini selalu ramai setiap malamnya. Salah satu menu paling populer di Warung Heru adalah Sate Klathak. Sate ini terbuat dari daging sapi yang dicincang dan dicetak menjadi bulat-bulat kecil. Setiap satu porsinya tersedia dalam enam tusuk sate. Sate Klathak disajikan dengan irisan ketupat dan sambal kacang yang lezat. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menu lain seperti Gudangan, Sayur Lodeh, dan Soto Ayam.

2. Bakso Rusuk Pak Pong

Bakso Rusuk Pak Pong

Bagi kamu yang ingin mencari kuliner yang mengenyangkan, Bakso Rusuk Pak Pong bisa menjadi pilihan yang tepat. Warung ini menyajikan bakso dalam ukuran jumbo yang diisi dengan daging sapi dan tulang rusuk. Rasanya yang gurih dan empuk membuat Bakso Rusuk Pak Pong selalu ramai pengunjung. Tidak hanya bakso, kamu juga bisa memilih lauk seperti nasi goreng, mie goreng, hingga kwetiau goreng.

3.Lekker Bites

Lekker Bites

Bagi kamu yang ingin mencari tempat nongkrong sambil menikmati kuliner, Lekker Bites bisa menjadi pilihan yang tepat. Warung ini menyajikan aneka makanan dan minuman dengan sentuhan western. Menu andalan di Lekker Bites adalah burger dan grilled cheese. Burger disajikan dengan roti yang empuk dan patty daging yang juicy. Sedangkan grilled cheese memiliki tekstur roti yang crunchy dan keju yang leleh.

4. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi makan dengan cara ngoprek, Angkringan Lik Man bisa menjadi pilihan. Warung ini menyajikan aneka makanan khas angkringan seperti nasi kucing, sate telur puyuh, dan gorengan. Selain itu, kamu juga bisa menikmati kopi tubruk yang nikmat sambil menikmati suasana malam jogja di Angkringan Lik Man. Harga yang terjangkau dan suasana yang ramai menjadi daya tarik dari Angkringan Lik Man.

5. Sate Klathak Pak Bari

Sate Klathak Pak Bari

Warung Sate Klathak Pak Bari menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba saat kamu berkunjung ke Jalan Sosrowijayan. Sate ini terbuat dari daging sapi yang dipadukan dengan rempah-rempah khas Jogja. Sate Klathak disajikan dengan irisan ketupat dan sambal kacang yang pedas. Meskipun sederhana, rasa sate yang legit dan empuk membuat warung ini selalu ramai pengunjung. Harga yang terjangkau menjadi nilai tambah dari Sate Klathak Pak Bari.

Kuliner anak muda di sekitar Jalan Sosrowijayan menawarkan aneka pilihan kepada kamu yang sedang berkunjung ke jogja. Dari yang murah meriah hingga yang mewah, kuliner yang tersedia di Jalan Sosrowijayan siap memanjakan lidahmu. Selamat menikmati sajian kuliner khas Jogja!

Kuliner Khas Yogyakarta yang Harus Kamu Coba di Dekat Malioboro


Rujak Es Krim

Malioboro, the heart of Yogyakarta. A bustling street filled with shops, restaurants, street performers, and tourists. It’s not just famous for shopping or souvenir hunting, but also well-known for its culinary delights. So, let’s check out some of the must-try dishes that can be found in the area!

1. Gudeg Pawon


Gudeg Pawon

One of the most famous dishes from Yogyakarta is Gudeg. And when it comes to Gudeg, Gudeg Pawon is a must-visit place. It’s called ‘Pawon’ because the cooking process is done using a traditional Javanese stove made of clay, known as ‘Pawon’. The unique taste and texture of Gudeg Pawon come from the natural ingredients, the mixture of sweet and savory flavor, and the slow-cooking process using firewood. It’s definitely worth the wait!

2. Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak is a unique type of satay in Yogyakarta, where the meat is grilled using a small iron grill made from old rail tracks. The shape of the grill is flat, and it’s called ‘Klathak,’ hence the name ‘Sate Klathak.’ Pak Pong is one of the most famous vendors of Sate Klathak in Yogyakarta. The marinated meat is crispy on the outside, tender on the inside, and served with soy sauce mixed with chopped shallots, chili, and tomato. It’s a perfect snack to enjoy while strolling along Malioboro.

3. Bakmi Jawa Mbah Gito


Bakmi Jawa Mbah Gito

For those who love noodles, Bakmi Jawa is a must-try dish from Yogyakarta. And the most recommended place is Mbah Gito, located near the intersection of Malioboro and Jl. Ahmad Yani. The noodles are made from wheat flour, eggs, and salt, then cooked with chicken, soy sauce, garlic, and sprinkle of fried onion. The taste of the broth is rich and savory, and the portion is quite generous. No wonder it’s always crowded with customers from both locals and tourists.

4. Wedang Ronde


Wedang Ronde

Wedang Ronde is a traditional Javanese sweet beverage served with glutinous rice balls filled with peanuts, sesame, and brown sugar. The hot ginger water with a hint of cinnamon and clove will warm up your body, especially in a chilly evening. There are several street vendors selling Wedang Ronde along Malioboro, but the most famous one is Depot Wedang Ronde Mbah Payem, located at the corner of Jl. Pasar Kembang.

5. Es Krim Pak Dhe


Es Krim Pak Dhe

If you’re looking for a perfect dessert after a delicious meal, Es Krim Pak Dhe is a must-try dessert in Yogyakarta. The ice cream is made using traditional techniques, using a wooden bucket and ice cubes. The flavors are various, from chocolate, durian, jackfruit, avocado, and many others. You can choose to have it with a crispy cone or in a cup. It’s refreshing and satisfying, especially on a hot and humid day.

So, those are five of the must-try culinary delights that you can find around Malioboro in Yogyakarta. Don’t forget to bring your family or friends to share the joy of exploring the flavors of the city. Selamat mencoba!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button