Kuliner

Explore Kuliner Jogja Terdekat dari Candi Borobudur

Nikmati Keindahan Arsitektur Candi Borobudur Sekaligus Menikmati Sajian Kuliner Jogja


Keindahan Arsitektur Candi Borobudur dan Sajian Kuliner Jogja

Borobudur, candi Buddha abad ke-8 terletak di Magelang, Jawa Tengah dan dikenal sebagai tempat tujuan wisata terkenal di Jawa Tengah. Tidak hanya sebagai tempat tujuan wisata, tetapi juga situs warisan dunia yang dilindungi UNESCO. Para pengunjung yang datang ke Candi Borobudur tidak hanya dapat menikmati keindahan arsitektur candi yang indah, tetapi juga dapat menikmati berbagai kuliner khas Jogja di sekitarnya.

Borobudur menampilkan keindahan arsitektur yang megah yang terdiri dari ribuan patung dan relief yang menceritakan tentang kehidupan Buddha dan filosofi kehidupan. Seluruh keindahan arsitektur Candi Borobudur membuat banyak pengunjung terpesona hanya dengan sekali pandangan. Pengunjung dapat memanjakan diri di keindahan arsitektur candi sambil menikmati kuliner khas Jogja yang dapat memenuhi selera kuliner mereka.

Tidak hanya wisatawan lokal, turis asing juga menyukai keindahan arsitektur dan kuliner khas Jogja. Mereka bisa memuaskan lapar di sekitar area candi, yang dipadati oleh banyak penjual makanan. Mulai dari nasi gudeg, sate klathak, ayam geprek, hingga es dawet, semua bisa didapatkan di sekitar Candi Borobudur untuk memuaskan lidah para pengunjung yang lapar.

Jika pengunjung ingin mencicipi makanan khas Jogja yang lebih lengkap, mereka dapat berkunjung ke warung-warung kuliner khas Jogja yang berada di sekitar Candi Borobudur. Ada banyak warung kuliner khas Jogja yang menawarkan berbagai macam masakan yang harus dijajal. Satu di antaranya adalah Restoran Saung Desa, yang menyediakan masakan nusantara dengan konsep tradisional, menyajikan berbagai jenis masakan khas Jawa Tengah dan Jogjakarta. Selain itu, pengunjung juga dapat menemukan warung makan sederhana di sekitar Candi Borobudur yang menawarkan jajanan pasar dan makanan ringan khas Jogja seperti klepon, kue lumpur, dan sosis solo.

Jangan khawatir dengan harga masakan yang ditawarkan di sekitar Candi Borobudur, karena semua masakan yang ditawarkan berada di kisaran harga yang terjangkau dan sangat sesuai dengan kualitas dan rasa masakan. Ada banyak pilihan makanan lezat disertai dengan harga yang sangat terjangkau. Hal ini jelas sangat menguntungkan bagi turis asing yang ingin menikmati kuliner Jogja sekaligus mengeksplorasi keindahan arsitektur Candi Borobudur.

Bagi pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh di sekitar Candi Borobudur, mereka tidak akan kecewa dengan berbagai oleh-oleh yang tersedia di sekitar candi. Mulai dari kain batik tulis, patung Kayu, hingga makanan khas Jogja seperti keripik tempe, keripik pisang, atau krupuk gendar. Semua kesempatan ini bisa didapatkan di Borobudur Marketplace yang dekat dengan Candi Borobudur.

Dalam kesimpulan, menikmati keindahan arsitektur Candi Borobudur dan kuliner khas Jogja adalah pengalaman yang tak terlupakan selama liburan. Terlebih bagi turis asing yang datang ke Indonesia, mengunjungi Candi Borobudur dan merasakan kelezatan kuliner khas Jogja adalah cara yang tepat untuk menemukan keunikan budaya Indonesia. Melalui keindahan arsitektur Candi Borobudur dan kuliner khas Jogja, para pengunjung akan merasakan atmosfer magis dari Yogyakarta dan semua keindahannya.

Restoran-Restoran Recommended yang Harus Dikunjungi jika Berada di Dekat Borobudur


Manohara

Selain mempunyai keajaiban arsitektur pada candi Borobudur, Yogyakarta juga terkenal dengan aneka kuliner yang istimewa. Ketika berada di dekat Borobudur, kamu jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner-kuliner enak yang ada di sekitar candi tersebut. Berikut ini adalah beberapa restoran recommended yang bisa kamu kunjungi:

1. Manohara Restaurant


Manohara Restaurant

Manohara Restaurant adalah restoran yang terletak tepat di sebelah candi Borobudur. Disini kamu bisa menikmati hidangan dengan panorama indah candi sebagai pemandangan yang mempesona. Salah satu menu yang wajib dicoba adalah Nasi Gudeg yang merupakan gudeg khas Jogja. Di sini kamu juga bisa mendapatkan paket wisata Candi Borobudur Sunrise yang menyediakan sarapan pagi dan melihat langsung keindahan matahari terbit dengan background candi.

2. Gazebo Garden Resto


Gazebo Garden Resto

Sesuai dengan namanya, restoran ini memiliki taman yang menawarkan suasana yang tenang dan nyaman (cozy) untuk makan siang maupun makan malam. Menu andalan di Gazebo Garden Resto adalah Nasi Tumpeng dalam beberapa variasi, seperti Nasi Tumpeng Ayam Bakar, Nasi Tumpeng Ikan Bakar, dan Nasi Tumpeng Rendang. Selain itu, kamu juga dapat menikmati berbagai macam menu lain seperti Sate Kambing dan Es Kelapa Muda.

3. Rumah Makan Padang Sederhana


Rumah Makan Padang Sederhana

Jika kamu ingin mencoba makanan Padang ketika liburan di Yogyakarta, maka rumah makan Padang Sederhana adalah jawabannya. Terletak di Desa Karanganyar, Candi Borobudur, rumah makan ini menyajikan berbagai hidangan Minang yang otentik. Beberapa menu yang paling direkomendasikan adalah rendang sapi dan ayam, gulai ikan tongkol, dan dendeng balado. Selain menikmati makanan yang lezat, kamu juga bisa menikmati hamparan sawah yang hijau sebagai pemandangan yang menenangkan.

4. The Sawah Jogja


The Sawah Jogja

Tempat makan satu ini terkenal dengan view yang sangat indah yaitu hamparan sawah yang begitu luas. Dari tempat ini kamu bisa menikmati asyiknya melihat deretan pegunungan di sekitar dan tentu saja dengan background yang hijau dan segar. The Sawah Jogja menyajikan aneka masakan tradisional dengan cita rasa dan penyajian yang modern. Beberapa menu yang menjadi favorit pengunjung antara lain Soto Ayam dan Nasi Goreng Kambing.

5. Kedai Kopi Paksi Coffee House


Kedai Kopi Paksi Coffee House

Jika kamu hobi ngopi dan berkunjung ke Borobudur, pastikan kamu melipatkan kaki di Kedai Kopi Paksi Coffee House. Kedai kopi yang terletak di Jalan Badrawati No.1, Desa Borobudur ini tentu saja mendapat dukungan dari wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Candi Borobudur. Paksi Coffee House memiliki banyak varian kopi mulai dari kopi hitam, cappuccino, latte, mocca, dan sejenisnya. Selain itu kamu juga dapat mencicipi berbagai jenis kue yang menemani minum kopi.

Cicipi Kuliner Legendaris Jogja di Dekat Candi Borobudur


Cicipi Kuliner Legendaris Jogja di Dekat Candi Borobudur

Jogja atau Yogyakarta identik dengan wisata kuliner. Kota ini memiliki banyak sekali makanan yang memiliki cita rasa yang nikmat dan sudah terkenal sejak dulu. Jangan lupa mengunjungi beberapa tempat makanan legendaris di Jogja saat berkunjung ke Candi Borobudur. Berikut adalah beberapa makanan legendaris Jogja yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke Candi Borobudur.

Gudeg Pawon


Gudeg Pawon

Gudeg adalah masakan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan rempah-rempah. Salah satu tempat makan Gudeg terenak yang harus dikunjungi adalah Gudeg Pawon. Terletak di Jalan Janturan No.36, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, dengan konsep warung yang dijadikan rumah. Gudeg Pawon selalu ramai dikunjungi dan akan membuat Anda bosan berdesak-desak dalam antrean yang panjang. Gudeg di sini disajikan dengan nasi, ayam atau telur, dan sambal goreng krecek yang gurih. Gudeg Pawon buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 22.00.

Mie Ayam Gondolayu


Mie Ayam Gondolayu

Jika kamu mencari makanan berat yang murah meriah, cobalah Mie Ayam Gondolayu. Mie ayam ini cukup terkenal di Jogja dan tepatnya di Jalan Magelang Km 11,5 Pakembinangun, Sleman. Mie ayam ini disajikan dengan kuah yang bening, ayam yang empuk dan sayuran. Cuilan bawang gorengnya memberikan rasa sedikit gurih dan renyah. Cocok banget untuk memulihkan tenaga Anda setelah seharian berjalan-jalan di Candi Borobudur.

Es Buah PK


Es Buah PK

Setelah menikmati hidangan berat yang di atas, kamu mungkin sedikit haus atau ingin menyegarkan tenggorokan. Kamu bisa mencoba minuman segar khas Jogja yang satu ini, yaitu es buah dari Es Buah PK. Es Buah PK terletak di Jalan Kaliurang km 5,4 No. 42 (sebrang Gadjah Mada University Club) Sleman, DIY. Es buahnya dikenal dengan ukuran potongannya yang besar dan disajikan dengan gula merah dan susu kental manis. Ada banyak variasi buah segar yang disajikan di sini, seperti mangga, alpukat, jeruk, nanas, dan lainnya. Rasakan sensasi buah segar yang menyegarkan tenggorokanmu setelah seharian lelah berjalan-jalan di Candi Borobudur. Es Buah PK buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 23.00.

Menu Kuliner Unik dan Spesial yang Hanya Ada di Kuliner Jogja Dekat Borobudur


Makanan Enak Jogja Dekat Borobudur

Jogja memang dikenal sebagai kota kuliner yang sarat dengan sejarah dan budaya. Tidak hanya karena banyaknya makanan tradisional yang lezat, namun juga karena semuanya dapat ditemukan dengan mudah di setiap sudut kota. Salah satu wilayah yang menjadi spot wisata kuliner populer adalah kuliner Jogja dekat Borobudur. Di kawasan ini, Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan candi Borobudur, namun juga mencicipi makanan-makanan unik yang hanya ditemukan di sana. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Gudeg menjadi salah satu makanan khas Jogja yang paling terkenal. Namun, jika Anda ingin mencicipi gudeg yang paling lezat, maka wajib mencari Kuliner Jogja Dekat Borobudur yang satu ini. Gudeg Yu Djum menjadi salah satu warung gudeg legendaris di Jogja yang telah berdiri sejak lama. Gudeg yang disajikan di sini sangat khas dan teksturnya empuk, sehingga membuat lidah Anda ketagihan.

2. Sate Buntel Pak Pong


Sate Buntel Pak Pong

Jika biasanya sate disajikan dengan tusuk bambu atau kayu, berbeda dengan Kuliner Jogja Dekat Borobudur yang satu ini. Sate Buntel Pak Pong merupakan sate yang menggunakan kulit sapi sebagai buntelannya. Selain itu, sate ini juga disajikan dengan bumbu kacang yang sangat spesial dan lezat. Jika Anda ingin mencicipi sate yang unik dan lezat, maka sate buntel Pak Pong menjadi salah satu pilihan yang tepat.

3. Bakmi Mbah Mo


Bakmi Mbah Mo

Bakmi merupakan salah satu makanan yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Kuliner Jogja Dekat Borobudur yang satu ini menawarkan bakmi dengan cita rasa yang berbeda dengan bakmi pada umumnya. Bakmi Mbah Mo adalah salah satu warung bakmi legendaris di Jogja yang telah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Bakmi yang disajikan di sini sangat gurih dan memiliki tekstur yang sangat lembut. Tidak hanya itu, di sini Anda juga bisa menikmati bakmi dengan berbagai macam topping yang sangat lezat.

4. Bika Ambon Sari Murni


Bika Ambon Sari Murni

Kuliner Jogja Dekat Borobudur tidak hanya menghadirkan makanan berat, namun juga makanan ringan seperti Bika Ambon. Bika Ambon Sari Murni merupakan salah satu toko kue legendaris di Jogja yang menyajikan bika ambon dengan rasa yang sangat lezat dan legit. Bika ambon yang disajikan di sini terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas dan diolah dengan standar kebersihan yang tinggi. Selain itu, Anda juga bisa membeli Bika Ambon ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman di rumah.

Setelah membaca beberapa menu kuliner unik dan spesial yang hanya ada di Kuliner Jogja Dekat Borobudur di atas, pasti Anda semakin ingin mencicipinya. Selain lezat dan unik, makanan-makanan tersebut juga bisa menjadi pengalaman tersendiri bagi Anda yang berkunjung ke Jogja. Jangan lupa untuk mencoba mencari kuliner lainnya di kawasan tersebut dan rasakan nikmatnya wisata kuliner di Jogja.

1. Nasi Gudeg Bu Tjitro


Nasi Gudeg Bu Tjitro

Kuliner khas Jogja yang paling terkenal adalah Nasi Gudeg. Bagi Anda yang ingin mencicipi Nasi Gudeg yang autentik dan lezat, Nasi Gudeg Bu Tjitro adalah pilihan yang tepat. Restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1970-an dan ramai dikunjungi oleh turis domestik dan mancanegara.

Gudeg Bu Tjitro terkenal karena rasanya yang legit dan empuk. Makanan tersebut terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan rempah-rempah khas Jogja seperti daun salam, lengkuas, dan gula aren. kemudian disajikan bersama nasi, ayam, serta krecek khas gudeg.

2. Bakpia Pathuk


Bakpia pathuk

Bakpia adalah makanan ringan khas Jogja yang terbuat dari tepung terigu, wijen, dan kacang hijau sebagai isian. Bakpia Pathuk adalah produsen bakpia yang terkenal dengan kuliner khasnya ini. Sejak tahun 1948, Bakpia Pathuk telah dikenal sebagai tempat wisata kuliner yang wajib dikunjungi di Jogja.

Cita rasa Bakpia Pathuk yang khas dan lezat membuatnya menjadi oleh-oleh favorit para wisatawan. Selain rasa kacang hijau, Bakpia Pathuk juga memiliki rasa lain seperti coklat, keju, dan moka.

3. Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak

Sate Klathak adalah makanan khas Jogja yang mirip dengan sate pada umumnya, namun yang membedakan adalah menggunakan bahan baku daging kambing berlemak. Sate Klathak Pak Pong adalah produsen sate yang terkenal di daerah Klathak, Jogja.

Sate ini disajikan dengan bumbu kacang yang pedas dan kenyal-kenyal. Sate Klathak Pak Pong juga menyediakan kerupuk dan es timun sebagai tambahan.

4. Gudeg Pawon


Gudeg Pawon

Berbeda dengan Nasi Gudeg Bu Tjitro yang lebih modern, Gudeg Pawon menawarkan suasana berbeda bagi wisatawan. Restoran ini berdiri di rumah penduduk dengan pengaturan yang sederhana, namun mampu memberikan pengalaman kuliner yang autentik.

Gudeg Pawon menjadi favorit wisatawan karena gudegnya yang lezat dan rasanya yang berbeda dari gudeg kebanyakan. Menurut mereka, gudeg di rumah ini lebih kaya akan rasa rempah dan memiliki aroma yang harum.

5. Kesenian Wayang Kulit


Wayang Kulit

Selain menikmati kuliner khas Jogja, wisatawan juga dapat menikmati seni tradisional yang terkenal di daerah ini, yaitu Wayang Kulit. Wayang Kulit adalah sebuah pertunjukan boneka berbahan kulit yang menceritakan cerita-cerita tentang mitos dan sejarah Indonesia.

Di sekitar Candi Borobudur terdapat banyak pengrajin Wayang Kulit yang masih mempertahankan tradisi serta menghasilkan karya-karya yang berkualitas tinggi. Wisatawan dapat menikmati pertunjukan Wayang Kulit maupun mengunjungi tempat produksi Wayang Kulit.

Kunjungan ke tempat pengrajin Wayang Kulit juga dapat dilakukan sambil belajar cara membuat, mewarnai, dan memainkan wayang kulit. Ini akan menjadi pengalaman belajar yang berharga bagi wisatawan yang ingin mengetahui lebih dalam tentang seni tradisional Indonesia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button