Kuliner

Kuliner Jogja Selama Bulan Puasa: Tidak Hanya Gudeg

Menu-menu Tradisional yang Wajib Dicoba di Bulan Puasa

Bulan puasa selalu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain menjadi momen untuk meningkatkan spiritualitas, bulan puasa juga identik dengan keberagaman kuliner. Salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kuliner khasnya selama bulan puasa adalah Jogja. Berikut adalah beberapa menu tradisional yang wajib dicoba di Jogja selama bulan puasa.

Gudeg

GudegGudeg, makanan khas Jogja yang satu ini sudah tak asing lagi di telinga para pecinta kuliner Nusantara. Gudeg menjadi salah satu primadona di Jogja, terutama selama bulan puasa. Berbahan dasar nangka muda yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah, Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, ayam atau telur, dan kerupuk. Rasanya yang manis dan legit membuat Gudeg nikmat disantap sebagai hidangan berbuka puasa.

Sate Klathak Pak Pong

Sate KlathakSatu lagi kuliner Jogja yang tidak boleh dilewatkan pada saat bulan puasa adalah Sate Klathak Pak Pong. Sate ini berbeda dari sate biasanya karena menggunakan daging sapi yang dipotong melintang sepanjang tulang belulang. Daging kemudian dibakar dan disajikan dengan sambal kacang yang pedas. Selain enak, Sate Klathak Pak Pong juga dijual dengan harga yang terjangkau. Jadi jangan ragu untuk menyantap hidangan ini saat berbuka puasa.

Bakmi Jowo

Bakmi JowoBakmi Jowo adalah makanan khas yang bisa ditemukan di hampir setiap sudut kota Jogja. Terdiri dari mie kuning yang disajikan dengan kuah gurih dan daging ayam atau sapi yang empuk. Bakmi Jowo biasanya disajikan dengan tambahan bawang goreng, seledri, dan tomat. Hidangan ini cocok dinikmati sebagai menu takjil karena rasanya yang lezat dan mengenyangkan.

Soto Betawi

Soto BetawiMeski bukan makanan khas asli Jogja, Soto Betawi juga menjadi salah satu menu wajib selama bulan puasa di Jogja. Soto Betawi terdiri dari kuah kaldu yang dibuat dari susu sapi, daging sapi, dan rempah-rempah. Kuah kaldu ini kemudian disajikan dengan nasi, telur, dan potongan kentang. Hidangan yang hangat dan mengenyangkan ini bisa ditemui di berbagai tempat makan di Jogja.

Klepon

KleponKlepon adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang berasal dari Jogja. Terbuat dari ketan dan gula jawa yang dikukus, Klepon kemudian dilengkapi dengan parutan kelapa yang dicampur gula dan bertabur tepung ketan. Rasanya yang manis dan legit menjadikan Klepon sebagai salah satu camilan yang cocok disajikan sebagai hidangan berbuka puasa.

Demikianlah beberapa menu tradisional yang wajib dicoba di Jogja selama bulan puasa. Selamat mencoba dan semoga selalu diberikan kesehatan selama beribadah di bulan suci Ramadan.

Pumpkin Spice dan Varian Rasa Unik untuk Menemani Berbuka di Jogja

Di bulan puasa, Jogja selalu menawarkan pengalaman kuliner yang unik dan menggugah selera. Buat kamu yang ingin mencoba sensasi berbuka puasa yang berbeda dan tak ingin ketinggalan tren kuliner terbaru, kamu bisa mencoba menu hidangan yang mengandung pumpkin spice dan berbagai varian rasa unik di beberapa tempat berikut.

Pumpkin Spice dan Varian Rasa Unik untuk Menemani Berbuka di Jogja

1. Buat Pencinta Cokelat: Choco Bomb

Jogja memiliki sajian berbuka puasa yang cocok bagi kamu yang mencintai cokelat. Choco Bomb adalah hidangan berbuka puasa yang terdiri dari bola goreng yang berisi cokelat leleh. Rasanya begitu lezat dengan kombinasi manis dan gurih yang lembut saat masuk mulut. Choco Bomb dapat ditemukan di beberapa tempat di Jogja. Tempat pertama adalah di Kafe Tiga Dara, dengan harga sekitar Rp20.000 per porsi. Tempat kedua adalah di Raja Melayu, dengan harga sekitar Rp16.000 per porsi. Choco Bomb adalah hidangan yang cocok untuk kamu nikmati sambil berbuka puasa dan juga bisa menjadi cemilan untuk menemani perjalananmu di Jogja.

2. Varian Rasa Es Krim Unik: Kinley Merica

Kinley Merica adalah es krim berbuka puasa yang memiliki rasa unik dan pedas. Es krim ini dibuat dengan campuran susu dan merica. Rasanya asam dan segar di tenggorokanmu namun gurih dan manis di dalam mulutmu. Kamu bisa mencari Kinley Merica di Gudeg Yu Djum, hanya dengan harga sekitar Rp15.000 per porsi. Es krim ini bisa menjadi pilihanmu untuk melepas dahaga dan perasaan laparmu setelah seharian berpuasa. Selain itu, es krim ini juga cocok dipadukan dengan beberapa menu berbuka puasa lainnya.

3. Pumpkin Spice Pancake: Gurih-Manis yang Tak Terlupakan

Siapa sangka, Jogja juga menyediakan pancake berbuka puasa dengan cita rasa yang unik yaitu pumpkin spice pancake. Pancake ini memiliki sensasi gurih dan manis yang tak terlupakan dengan aroma wangi rempah yang membumbui. Pancake dibuat dengan adonan tepung dan labu kuning, serta dicampur dengan berbagai bumbu rempah yang khas. Kamu bisa menemukan pancake berbuka puasa ini di Dapur Kue Nia atau Kedai Koffie Fugens, dengan harga sekitar Rp18.000 per porsi. Pancake ini cocok untuk kamu yang ingin mencoba sesuatu yang berbeda namun tak ingin melewatkan hidangan tradisional sebagai penghormatan pada bulan suci Ramadhan.

Itulah beberapa pilihan hidangan berbuka puasa dengan varian rasa unik yang bisa kamu temukan di Jogja. Mulailah serunya menjelajahi kuliner Jogja dan berbuka puasa dengan berbagai pilihan rasa dan cita rasa yang tak terlupakan.

Restoran dan Warung Makan yang Tetap Buka Selama Bulan Puasa

Bulan puasa tidak menghalangi wisata kuliner di Jogja. Berikut adalah daftar restoran dan warung makan yang tetap buka selama bulan puasa di Jogja:

1. Depot Setiawan


Depot Setiawan

Depot Setiawan menjadi salah satu restoran yang patut dikunjungi selama bulan puasa. Restoran dengan nuansa klasik ini menyajikan hidangan Indonesia dan Tionghoa. Salah satu menu yang paling populer di sini adalah nasi liwet ayam. Hidangan ini terdiri dari nasi yang diberi santan dan rempah-rempah, disajikan bersama dengan ayam suwir, telur dadar, dan sayur asem.

Alamat: Jl. Wahid Hasyim No.67, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta

2. Alun-Alun Gourmet


Alun-Alun Gourmet

Bagi yang mencari suasana yang lebih cozy, dapat mencoba Alun-Alun Gourmet. Restoran yang berlokasi di area Alun-Alun Utara ini menyajikan hidangan Indonesia dan Barat. Beberapa menu yang populer adalah bakso bakar, nasi bebek goreng, dan burger. Selain makanan, Alun-Alun Gourmet juga menyediakan minuman segar seperti es buah dan es campur.

Alamat: Jl. Kridosono No.3, Mantrijeron, Kota Yogyakarta

3. Bakmi Jawa Mbah Mo


Bakmi Jawa Mbah Mo

Warung makan legendaris ini buka sejak tahun 1960-an dan masih tetap ramai hingga sekarang. Bakmi Jawa Mbah Mo terkenal dengan bakmi pangsit, yaitu mi dengan kuah kaldu ayam disajikan bersama dengan pangsit, bakso, tahu, dan sayur. Walau porsinya tidak terlalu besar, bakmi pangsit di sini sangat nikmat dan memikat selera.

Alamat: Jl. Kauman, Kraton, Yogyakarta

4. Gudeg Yu Nap


Gudeg Yu Nap

Jogja terkenal dengan gudeg, hidangan khas yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan kental. Salah satu tempat makan gudeg yang menjadi favorit di Jogja adalah Gudeg Yu Nap. Warung yang berlokasi di kawasan Sleman ini menyajikan gudeg dengan berbagai pilihan lauk seperti telur, ayam, kikil, dan sate. Harga di sini juga relatif murah, sehingga cocok bagi kantong yang tidak terlalu tebal.

Alamat: Jl. Perumnas No.14, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta

5. Waroeng Kopi Oyen


Waroeng Kopi Oyen

Bagi yang suka nongkrong di kafe, dapat mencoba Waroeng Kopi Oyen. Kafe yang berlokasi di tengah kota ini menyediakan berbagai jenis kopi dan teh, serta makanan ringan. Suasana di sini sangat cozy dan asri, cocok untuk menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga.

Alamat: Jl. Suryodiningratan No.39, Mantrijeron, Kota Yogyakarta

Itulah daftar restoran dan warung makan yang tetap buka selama bulan puasa di Jogja. Selamat menikmati kuliner Jogja!

Wisata Kuliner Malam untuk Menikmati Suasana Kota Jogja di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan selalu menjadi momen spesial bagi umat Islam di seluruh dunia. Sama halnya dengan masyarakat Jogja yang selalu menyambut dengan suka cita. Walaupun sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, suasana ramai di malam hari tetap dapat dirasakan di banyak lokasi di Kota Gudeg ini. Bagi kamu yang sedang mencari wisata kuliner malam, berikut 5 tempat kuliner yang cocok untuk menikmati suasana Jogja di bulan Ramadhan:

1. Pasar Malam Ngasem


Pasar Malam Ngasem menjadi salah satu tempat kuliner malam yang ramai di bulan Ramadhan. Berada di sekitar Keraton Jogja, pasar ini menawarkan berbagai macam kuliner yang menggugah selera, mulai dari nasi goreng, sate, bakso, hingga gudeg. Tak hanya kuliner, kamu juga bisa menikmati berbagai macam kesenian dan kerajinan tangan yang dijual di tempat ini.

2. Alun-alun Kidul


Alun-alun Kidul menjadi destinasi yang ramai dikunjungi oleh wisatawan maupun masyarakat Jogja setiap malamnya. Di bulan Ramadhan, tempat ini semakin meriah dengan berbagai kuliner malam yang dijual di sekitarnya. Kamu bisa mencicipi jajanan khas Jogja seperti wedang ronde, es dawet, sate kelinci, hingga cilok.

3. Jalan Malioboro


Jalan Malioboro selalu menjadi destinasi utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Di bulan Ramadhan, jalan ini semakin ramai dengan berbagai kuliner malam yang dijual di sekitarnya. Mulai dari sate padang, bakso, pecel, hingga ayam goreng. Kamu juga bisa menikmati suasana malam Jogja dengan berjalan-jalan di sepanjang jalan Malioboro.

4. Kampoeng Kopi Banaran


Selain kuliner malam, kamu juga bisa menikmati kopi khas Jogja di Kampoeng Kopi Banaran. Berada di Jalan Magelang, tempat ini menawarkan berbagai jenis kopi yang diolah langsung oleh petani kopi setempat. Di samping itu, kamu juga bisa mencicipi berbagai makanan ringan khas Jogja seperti apem, lumpia, dan bakpia.

5. Angkringan


Angkringan menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati kuliner malam di Jogja. Dengan suasana yang khas, kamu bisa mencicipi berbagai macam jajanan khas Jogja seperti nasi kucing, sate usus, tahu tek, hingga wedang ronde. Lokasi angkringan juga banyak dijumpai di berbagai sudut kota Jogja, sehingga kamu bisa memilih yang paling dekat dengan tempatmu berada.

Itulah 5 destinasi wisata kuliner malam yang cocok untuk menikmati suasana Jogja di bulan Ramadhan. Selain berbagai kuliner, kamu juga bisa menikmati suasana khas kota Jogja yang ramah dan menyenangkan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button